13 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar, Pasti Sukses!

13 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar, Pasti Sukses!

Ada tidak bisnis untuk mahasiswa tanpa modal? Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Dan saya akan bagikan 13 ide tersebut yang dipastikan akan sukses karena semuanya menjanjikan.
ide bisnis kreatif tanpa modal besar untuk mahasiswa yang menjanjikan
Ide bisnis untuk mahasiswa tanpa modal besar - pixabay

Namun masalah dari dulu sampai sekarang yang masih banyak ditemui di masyarakat adalah tingginya tingkat pengangguran sarjana. Mengapa bisa begini? Satu karena sarjana banyak yang gengsi bekerja serabutan dan yang kedua kuliah hanya untuk memenuhi kampus yang terbuka.

Seorang mahasiswa dituntut untuk rajin bertindak, berpikir kreatif dan inovatif. Menciptakan peluang kerja sendiri dan memperkerjakan masyarakat. Tapi memang tidak semudah itu. Bisnis untuk mahasiswa memang banyak tapi tidak sedikit yang gagal karena kurangnya konsep yang jelas.

Ngomong-ngomong soal konsep, masih bingung cari ide bisnis? Berikut beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang cocok dijalankan sambil kuliah karena tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak mengganggu waktu belajar.

1. Jualan di kost


Salah satu istilah yang populer di dunia kuliah untuk para mahasiswa pemula adalah istilah 3K, kampus, kos, dan kampung. Dari pada hanya duduk termenung di kos, lebih baik mencoba jualan sesuatu di kos.

Jual apa dulu nih? Banyak hal yang bisa dijual, salah satunya barang bekas. Selain itu, yang cukup menarik adalah hasil kerajinan tangan. Bagaimana agar sukses?

Juallah barang bekas yang masih baik. Jika membuat kerajinan tangan, buatlah kerajinan yang unik. Salah satu tips dari penglihatan saya adalah membuat kerajinan unik yang dapat menjadi cinderamata suatu daerah. Pasti akan laris dan cepat terkenal.

2. Usaha kuliner


Usaha makanan dan minuman masih banyak digemari. Hal ini karena modalnya cukup murah jika dilihat dari cepatnya uang untuk modal diputar. Usaha kuliner seperti minuman coklat saya pikir memiliki peluang yang besar. Selain itu, memiliki banyak teman pasti akan membuat dagangan laris jika rasanya memang enak.

Sedikit tips aja, jangan membuat produk asalan. Biarkan orang yang mencicipinya merasakan nikmatnya dan tertarik untuk membeli untuk kedua kali.

3. Menjadi blogger


Banyak pengalaman yang bisa ditulis oleh mahasiswa. Salah satunya tentang dunia perkuliahan. Paling tidak, curhat tentang kerasnya kehidupan sebagai seorang mahasiswa pasti akan mendapat banyak simpati. Atau jika ingin lebih keren, menulis tentang inspirasi bertahan di bangku perkuliahan dan lain-lain.

Ide menulis seorang mahasiswa pasti akan lebih banyak karena memiliki banyak pengalaman, baik di organisasi kuliah maupun di luar kuliah. Agar bisa sukses menjadi blogger yang dibutuhkan adalah kualitas tulisan dan belajar teknik SEO (Search Engine Optimition).

Hari ini, mahasiswa yang tidak memiliki kesibukan harus punya blog! Di luar sana banyak orang yang tidak sekolah aja bisa mendapatkan penghasilan besar dari ngeblog. Asal tahu aja, blog merupakan bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan oleh siapa pun juga. Jika mau investasi jangka panjang di bisnis online, maka blog adalah jawabannya.

4. Fotografi


Saya tidak akan berbicara banyak tentang dunia fotografi. Pakai kamera DSLR aja masih bingung nih. Banyak teman-teman saya yang memiliki kemampuan fotografi yang lumayanlah untuk pemula dan bisa menghasilkan uang sedikit-sedikit dari jasa fotografi.

Modalnya memang cukup besar karena harus memiliki kamera DSLR yang harganya cukup mahal.


5. Youtuber


Youtuber semakin eksis aja nih. Yang sering nonton youtube pasti tahu dengan Atta Halilintar. Yups! Salah satu youtuber Indonesia tersukses tersebut sudah tidak terbilang penghasilannya. Mau jadi youtuber sukses?

Kunci utamanya membuat konten berkualitas yang dapat bermanfaat. Agar tidak jenuh, buatlah konten yang sesuai dengan passion. Jika tujuan untuk menghasilkan uang di awal maka bisa dipastikan akan sulit memperoleh penghasilan.

6. Industri kreatif


Gaya industri kreatif di bidang seni dan daur ulang aja ya. Banyak hal-hal unik di sekitar kita saat ini. Jika jeli, sekilas pandang saja maka kita sudah bisa menciptakan sesuatu yang cukup berbeda. 

Salah satu yang bisa dicoba adalah membuat kerajinan tangan. Contohnya? Mungkin bisa daur ulang kardus dan botol bekas menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Saat ini, keindahan estetika suatu seni tidak terlalu diperhitungkan banyak orang. Karena itu, kita harus membuat sesuatu yang berguna pakai agar target pasar yang dituju semakin luas.

7. Bisnis online


Orang kaya aja jualan, masa kamu enggak? Hidup di era milenials tidak akan bisa tanpa berjualan. Dan kemajuan dunia digital memungkinkan kita untuk berjualan produk secara online.

Agar sukses bisnis online dan bisa menjanjikan, sebaiknya fokus pada satu produk terlebih dahulu. Misalnya jual baju kaos, khusus kaos aja dulu. Nanti jika permintaan banyak maka kesempatan untuk mengembangkan sayap semakin besar. Intinya bangun merk (Brand) terlebih dahulu.


8. Membuka les private


Bisnis rumahan tanpa modal yang cocok untuk mahasiswa pada bidang jasa adalah membuka les private atau tempat kursus. Hal ini sangat bagus mengingat kuliah membuat mahasiswa memiliki keahlian khusus. 

Bisnis bimbel ini dapat ditujukan terhadap ibu-ibu rumah tangga atau pun pelajar SMP dan SMA. Banyak hal-hal yang bisa dibagikan dalam bentuk pelajaran kepada orang lain yang membutuhkan. Berbagi sambil dapat uang? Why not. Intinya ikhlas dalam memberikan ilmu, terutama saat orang berani membayar mahal. wkwkwk!

9. Desain grafis


Bisa pakai photoshop atau coreldraw? Ternyata ada peluang bisnis di dalamnya yang cocok untuk mahasiswa. Untuk jago desain grafis memang dibutuhkan teknik-teknik khusus dan semua itu dapat diperoleh secara gratis dari internet.

Punya laptop tapi hanya untuk nonton drama Korea? Cobalah membuat desain dengan target pasar para pecinta drama Korea. Pasti keren tuh, hobi digabung dengan hobi, pasti menyenangkan untuk dijalankan.

10. Jual pulsa


Kalau jual pulsa sih saya juga pernah coba. Jangan pikir mudah ya! Banyak tantangan di dalamnya. Mulai dari teman yang bon sampai yang gak ingat-ingat sudah beli pulsa juga banyak. Bahkan yang paling lucu tapi saya pernah ditipu oleh teman sendiri. Beli pulsa tapi tidak ngaku. Ya sudahlah, namanya juga bisnis pasti ada untuk ruginya.

Jangankan mahasiswa, pelajar di SMA aja banyak yang sukses jualan pulsa. Bisa dikatakan, selain nasi, makanan pokok generasi milenials hari ini adalah pulsa untuk kuota internet. Karena itu, peluang usaha jual pulsa terbuka lebar.

Agar tidak gagal seperti saya kamu harus sukses. Kamu harus jadi penjual yang keras dan tegas. Tagih mereka yang tidak bayar. Saya berhenti jual pulsa karena tidak punya skill menagih hutang.

11. Jasa percetakan


Di dekat-dekat kampus, banyak teman-teman mahasiswa yang join dalam sebuah grup dan membuka tempat khusus untuk percetakan foto, fotocopy, dan printer. Agar lebih banyak yang lirik, pastikan pelayanan yang diberikan unik dan kreatif.

Jasa percetakan foto bisa di-include dengan jasa pengetikan atau pun membuka layanan wifi. Kalau mau lebih keren lagi, sambil jualan minuman dan roti juga bisa laku tuh.


12. Jual beli buku


Jangan salah, dosen aja banyak yang jualan buku. Mengapa tidak coba menjual buku juga? Banyak penerbit yang siap menerima reseller untuk menjual buku-buku mereka. Jika mau sukses, bisa coba juga menjual buku-buku bekas dengan harga yang lebih murah.

Pasti banyak orang yang berpendapat bahwa jual beli buku sudah gak jaman. Sekarang sudah ada Ebook dan hampir informasi semua sudah ada di internet. Tapi itu tidak benar. Buku fisik lebih nyaman dibaca. 

"Saya suka deh, sama orang suka baca buku. Kelihatan lebih keren." Itu merupakan salah satu contoh teknik marketing agar orang mau beli buku yang kita jual.

13. Sablon kaos


Saya benar-benar tertarik dengan usaha yang satu ini. Sayangnya gak punya modal untuk membeli alat-alatnya. Jika kamu punya uang lebih, sebaiknya buka jasa sablon kaos. Bisa untuk jual kaos juga. Kaos sablon memang banyak diminati, terlebih jika bisa pesan kaos hasil desain sendiri.

Tapi itu dia, modalnya cukup besar untuk membuka jasa sablon kaos. Sekitar 10 jutaan. Untuk mahasiswa, ini bisa ringan jika dirintis bersama-sama.

Selain bisa sablon kaos, kita juga bisa menjual kaos yang sudah didesain sendiri. Pemasarannya tidak akan sulit karena saat ini eranya jualan online. Cukup take and take picture kirim ke sosial media. Pasti banyak yang minat jasa ini, percaya deh.

Tidak ada lagi tuh, yang namanya susah cari kerja ketika sudah sarjana. Persiapakan sejak masih duduk di bangku kuliah. Niscaya kita akan sukses mengikuti jejak beberapa senior yang sukses mempekerjakan orang sebelum menyelesaikan kuliah.

Lowongan kerja masih terbuka lebar, but cobalah membuka lapangan pekerjaan baru. Atau paling tidak bekerjalah secara freelance saat masih kuliah. Kuliah dengan hasil sendiri lebih memuaskan dari pada mengandalkan uang orang tua, sekaya apapun mereka.
Demikianlah 13 ide bisnis untuk mahasiswa tanpa modal besar yang pasti sukses jika dijalankan dengan tekun. Ide harus segera dijalankan. Ingat pepatah bijak yang mengatakan "Membangun gubuk di dunia nyata jauh lebih baik dari pada membangun istana dalam mimpi." Think about it!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!