Skip to main content

10 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Menguntungkan

Anda ibu rumah tangga dan ingin berbisnis? Gak perlu ragu Mom's, saya ada inspirasi bisnis modal kecil yang menguntungkan dan dapat dijalankan dengan santai.
bisnis menguntungkan untuk ibu rumah tangga modal kecil
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan - pixabay

Kaum ibu saat ini kebanyakan sudah terpengaruh oleh gaya hidup milenials. Dan itu positif jika dapat dimanfaatkan dengan baik. Di desa kecil aja, sudah banyak modern mom's yang menggunakan sosial media. Tapi kebanyakan hanya share status seputar dunia anak tanpa menghasilkan banyak hal. Padahal, ibu rumah tangga di era milenials ini memiliki peluang usaha untuk berbisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Hari ini, saya kita tidak akan belajar cara berbisnsis, tapi untuk melihat ide-ide kreatif untuk ibu rumah tangga yang ingin berwirausaha. Tidak perlu khawatir, karena ide bisnis yang ditawarkan cocok untuk ibu modern dan fresh.

Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Modern


Modern mom's atau teman-teman saya sering bilang tante-tante gaul, mama-mama kece atau apalah memang memiliki tingkat keaktfian yang tinggi. Mereka memiliki daya dan ruang gerak yang cukup luas. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. 

Berikut beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga modal kecil yang menguntungkan.

1. Menjadi freelancer


Jangan pikir hanya pemuda yang bisa jadi freelancer. Saat ini, banyak modern mom's yang juga duduk di depan laptop untuk bekerja part time (Paruh waktu). Apa yang bisa mereka lakukan?

Banyak hal, mulai dari menjadi penulis online sampai penerjamah bahasa asing juga banyak. Sudah ada beberapa ibu rumah tangga yang berhasil sukses dengan menjadi penulis dan bekerjasama dengan penerbit.

2. Jual pulsa


Bisnis yang satu ini akan membuat Anda sangat dibutuhkan. Orang akan datang ke rumah dan Anda tinggal duduk diam melakukan pekerjaan lain. Yups, jual pulsa menjadikan banyak orang dibutuhkan dan hasilnya cukup menguntungkan.

Memang untuk setiap transaksi tidak banyak tapi jika terus menerus dan dalam quantity yang banyak maka hasilnya sama saja, bahkan lebih untung.

Selain jualan pulsa, juga bisa membuka jasa pembayaran tagihan. Istilah kerennya agen PPOB (Payment Point Online Bank) yang melayani pembayaran tagihan PLN, Telkom, PDAM, pulsa all operator dan lain-lain.

Omzet yang didapatkan bisa sampai ratusan ribu per bulan. Jika bisnis ini dijalankan dengan tekun maka bisa diintegrasikan dengan bisnis toko kelontong untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Banyak yang sudah sukses menjalankan bisnis ini dan untuk di desa sendiri, peluang usahanya masih cukup besar.


3.  Dropshipper produk kosmetik


Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak perlu tampil cantik lagi. Make up itu perlu! Ngomong-ngomong soal make up ternyata ada peluang bisnis di dalamnya. Salah satunya menjadi dropshipper produk kosmetik.

Jangan mau kalah sama anak SMA yang baru kemarin belajar make up. Ide bisnis jualan produk kosmenik cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang sudah mengenal alat-alat kosmetik dengan baik. Modalnya kecil kok tapi untungnya lumayan.


4. Agen travel


Tahun depan mau liburan ke mana nih? Ibu rumah tangga modern memiliki ruang gerak yang cukup. Jika daerah Mom's punya tempat wisata yang keren akan lebih mudah mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Salah satu ide bisnis tersebut adalah menjadi agen travel, bisa secara online maupun offline. Tapi carilah perusahaan yang memang memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi.

Seperti yang saya katakan di atas, jika lokasi rumah dekat tempat wisata maka Mom's bisa membuka jasa agen travel sendiri. Misalnya menyewakan mobil kepada para wisatawan.

5. Bisnis Tanaman hias


Tanaman hias menyimpan daya tarik tersendiri, bukan hanya kalangan perempuan tapi juga pria. Menjual bunga dan berbagai tanaman hias lainnya juga merupakan salah satu bisnis menyenangkan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Untuk bisa berhasil, hanya membutuhkan modal membeli media tanam dan tanaman hias untuk dikembangkan. Jangan salah, untung dari jual beli tanaman hias tidak main-main lho, omzet jutaan rupiah per bulannya. Untuk yang sudah memiliki banyak stok bisa dipasarkan secara online. 


6. Jasa asuh anak


Banyak wanita karir di luar sana yang masih ingin bekerja. Dan tidak sedikit dari mereka yang ingin mendapatkan pengasuh anak. Bisnis ini cukup menguntungkan karena kita hanya perlu merawat anak yang dititipkan.

Tapi yang perlu diketahui bahwa pekerjaan seperti ini memiliki resiko yang besar. Amanat orang tua yang menitipkan anaknya harus dipegang baik-baik. Jika tidak bisa mengurus dengan baik, maka siap-siap kena masalah.

Agar bisa sukses membuka jasa asuh anak sebaiknya dibuatkan taman bermain. Jadi bisa deh nampung banyak anak dan bermain bersama teman-temannya sampai orang tua masing-masing datang menjemputnya. Ingat untuk mengawasi! Anak orang itu lho bun, jangan sampai hilang dan disuruh ganti.

7. Blog seputar dunia anak


Bisnis tanpa modal yang cukup menguntungkan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah membuat blog. Banyak bunda-bunda kece yang hanya upload stories di instagram tentang keseharian bayinya yang lucu tanpa mendapatkan apa-apa. 

Karena itu, ide bisnis yang cocok untuk ini adalah menulis di blog tentang cara asuh anak atau pun tips-tips seputar bayi dan anak. Pasti banyak yang cari informasi seperti ini. Setelah blog ramai, bisa dipasang iklan atau menjual produk bayi secara online.

8.  Membuka les private (Tempat kursus)


Punya keahlian tersembunyi?

Banyak bakat ibu rumah tangga yang terpendam setelah menjalin hubungan suami istri. Kenapa tidak coba berbagi aja biar bakatnya bisa dilestarikan?

Ide bisnis yang datang dari bakat ibu rumah tangga bisa dari keahlian menjahit, tenun, memasak, etc. Bisnis membuka tempat kursus sangat cocok dijalankan di rumah. Sampai hari ini, semua orang masih butuh belajar dan belajar. Karena itu, peluang bisinis tanpa modal ini memiliki prospek yang tinggi di masa depan.

9. Salon kecantikan


Di desa saya pangkas rambut aja bisa sampai Rp15.000,- sampai dengan Rp20.000,- rupiah. 

Keuntungan jika membuka salon kecantikan memang cukup besar. Modal yang dibutuhkan cukup kecil. 

Jasa spa, perawatan kulit, rambut, wajah dan lain-lain dapat menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan. Agar mendapatkan omzet yang lebih besar, bisa dibarengi dengan menjual produk-produk kecantikan dan alat-alat kosmetik.

10. Membuat kerajinan tangan


Cinderamata di tempat-tempat wisata pasti menjadi salah satu daya tarik yang diburu oleh wisatawan. Ide tersebut dapat menjadi salah satu peluang usaha modal kecil yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga.

Kerajinan tangan seperti apa nih yang laris di pasaran? Banyak sekali. Yang perlu dibuat itu seperti kerajinan tangan dari kardus bekas hasil daur ulang yang dapat memiliki fungsi. Salah satu tips usaha kerajinan tangan dan bisnis daur ulang adalah membuat produk yang memiliki 2 fungsi, yaitu dari segi keindahan dan daya guna (Manfaat).

Tertarik dengan salah satu ide bisnis di atas?
Demikianlah ide bisnis untuk ibu rumah tangga modal kecil yang menguntungkan. Semua bisa sukses tapi harus melewati proses dulu. Setuju?

  November 20, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close