Skip to main content

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar, Hanya Butuh Kuota Internet!

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar sebenarnya banyak sekali. Cek internet dan pasti banyak sekali lowongan kerja untuk pelajar secara online yang bisa dilakukan sambil sekolah. Hanya via hp, seorang pelajar sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Mau sukses bisnis online? 
bisnis online tanpa modal untuk pelajar, gratis dan mudah dilakukan
Bisnis online tanpa modal untuk pelajar - pixabay
Just share aja. Ketertarikan saya dengan dunia bisnis online berawal sejak kelas 3 SMA. Dan penghasilan baru bisa dirasakan saat menjadi mahasiswa. Karena hal tersebutlah, mengenalkan peluang bisnis online untuk anak sekolah sangat penting untuk bekal untuk masa depan. Memulai lebih awal jauh lebih baik.

Jenis pekerjaan apa yang bisa dilakukan secara online dan mendapat uang? Pada umumnya, bekerja part time menjadi seorang freelancer masih mendominasi pekerjaan online. Dan berikut beberapa bisnis online yang cocok dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa. Kebanyakan dapat dilakukan dari rumah.

1. Penulis lepas


Menjadi seorang penulis memang membutuhkan ketekunan. Banyak situs online yang siap membayar tulisan Anda. Tapi yang perlu diketahui bahwa tulisan-tulisan tersebut harus berkualitas. Bagaimana caranya? Belajarlah menulis. 

Per artikel biasanya dihargai Rp5.000,- oleh blogger personal dan untuk situs besar seperti Babe.News dan Jalantikus Rp50.000,- per artikelnya. Tapi susah juga sih membuat artikel yang bisa terbit di situs-situs besar tersebut. Salah satu yang sedang digemari oleh pelajar yang ingin menghasilkan uang dari menulis artikel adalah UC News.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis lepas? Gratis, kecuali modal kuota internet dan waktu aja.


2. Blogger


Jika mau penghasilan yang cepat, jangan jadi blogger. Tapi jika ingin penghasilan yang tahan lama dan seperti investasi, maka bersabarlah menulis di blog. Banyak pelajar yang sukses menjadi blogger dan gajian dari iklan setiap bulannya.

Bagaimana biar sukses jadi blogger? Intinya hanya menulis dan menulis. Buat artikel yang berkualitas dan nyaman dibaca.

Beberapa keuntungan memiliki blog adalah mudahnya menghasilkan uang ketika blog sudah berpengunjung. Banyak pelajar SMK yang menuliskan keahlian yang dimilikinya dan sukses menjadi blogger yang membahas tutorial berdasarkan keahliannya.

Menjadi blogger tidak membutuhkan modal. Kecuali jika menyewa hosting dan membeli domain sendiri. Tapi untuk yang baru belajar, bisa tanpa modal dengan bergabung di platform seperti Blogger dan Wordpress. Untuk pemula, disarankan untuk membuat blog di blogger karena lebih mudah.

3. Online Shop


Bisnis yang pastinya tidak ketinggalan adalah menjadi Reseller dan Dropshipper. Banyak pelajar dan mahasiswa yang bisa membiayai sekolahnya sendiri hanya dengan berjualan online.

Untuk sukses online, pelajar harus bisa mengetahui target pasarnya. Banyak teman-teman saya yang kurang memanfaatkan teknik internet marketing untuk melariskan jualan secara online.

Mereka biasanya hanya melakukan promosi menggunakan akun asli dengan sasaran teman facebook misalnya. Padahal, jika memang mau lebih serius lagi, seharusnya semua media sosial bisa dimanfaatkan, termasuk Instagram, Fanspage facebook dan lain-lain

Tapi saya tidak berani memberikan saran tersebut kepada mereka. Kamu aja gak jual online? Mereka punya penghasilan dari jual baju, sepatu, dan alat-alat elektronik lainnya.

Modal untuk memulai online shop sebenarnya murah aja, atau bahkan bisa dijalankan tanpa modal. Banyak konveksi yang menerima reseller kok. Cari aja dan intinya, temukan pasar Anda. Jangan pikir jualan produk secara online itu mudah.

4. Trading Bitcoin


Salah satu teman saya akhirnya berhasil dengan trading bitcoin dan coin-coin lainnya dari internet. Bisnis yang sudah saya coba sejak dari SMA ini belum mampu menghasilkan. Belum PO aja sudah scam.

Untuk menjadi trader yang sukses seperti teman saya, harus banyak-banyak bergabung dengan forum-forum online pencari receh. Jika memang bisa menghasilkan ya, coba-coba aja untuk deposit. Jika sukses mendarat ke wallet indodax (Salah satu rekening online favorit penambang BTC), maka siap makan-makan.

Trading bitcoin memberikan banyak keuntungan. Mulai dari tanpa modal sampai yang pakai modal. Tapi cukup beresiko juga sih. Jika situs yang ditempati join scam atau tidak membayar, maka kegiatan claim koin selama ini sia-sia saja. 

Karena itu, semakin banyak forum semakin mudah mendapatkan informasi yang akurat dari para suhu atau sultan. Gelar bagi mereka yang sudah pro dalam trading coin secara online.

Modalnya, hanya semangat aja, jika mau cepat bisa deposit tapi pastikan situs tersebut tidak scam. Menarik dicoba nih.


5. Menjual desain grafis


Tutorial edit foto dan video saat ini bertebaran di mana-mana. Tidak perlu kuliah dan menjadi mahasiswa multimedia untuk jago desain. Banyak cara mendapatkan ilmu desain grafis dari Youtube dan Google.

Apa yang dibutuhkan? Untuk editor foto, kamu cukup memiliki laptop dan bisa menggunakan aplikasi seperti Photoshop atau CorelDraw. Jangan salah, membuat satu desain vektor wajah dengan CorelDRAW aja bisa diharga Rp100.000,-. Tawarkan aja di grup-grup Facebook, pasti banyak yang minat.

Modal yang dibutuhkan hanya ketekunan aja untuk terus belajar membuat desain yang menarik. Banyak perusahaan yang butuh desainer grafis. Jangan jauh-jauh deh, blogger aja masih sering mencari jasa buat logo untuk blog miliknya.

Kesimpulan


Menjadi pelajar di era digital seperti saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan. Dari pada bermain sosial media tanpa penghasilan, paling tidak cobalah untuk menjual produk secara online via facebook atau lainnya.

Tapi di antara bisnis tanpa modal untuk pelajar di atas, menjadi blogger adalah pekerjaan online yang paling menjanjikan. Bahkan semua bisnis yang memiliki blog dan mampu mendatangkan pengunjung pasti akan mendapatkan uang puluhan juta setiap bulannya. Kalau masih baru, ratusan ribu per hari sudah cukup kok. 


Untuk membangun sebuah blog yang berpenghasilan, dibutuhkan ketekunan dalam menulis. Sabar dan jangan pernah copy paste. Blog seperti itu tidak akan pernah bertahan. Just believe me dalam hal ini. 

Modal utama untuk berbisnis online sebenarnya hanya kuota internet. Jika punya kuota, maka banyak peluang bisnis online yang bisa dikerjakan oleh pelajar. Lagian, pelajar hari ini sudah pada melek komputer dan dunia internet.

Tertarik menjalani sekolah sambil berbisnis? Cobalah salah satu bisnis online tanpa modal untuk pelajar tersebut. Sekian dari saya, sukses buat pelajar Indonesia yang berbakat!
  November 19, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close