12 Aplikasi Edit Video Di PC Gratis Untuk Pemula Sampai Pro

12 Aplikasi Edit Video Di PC Gratis Untuk Pemula Sampai Pro

Apa ya aplikasi edit video terbaik di PC yang cocok untuk pemula? Tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali aplikasi edit video saat ini, baik gratis maupun berbayar. Dan yang susahnya adalah memilih aplikasi editor yang benar-benar terbaik untuk kita dan pastinya dapat digunakan di sistem operasi laptop kita dengan ringan, misalnya Windows. Hari ini, kita akan melihat beberapa rekomendasi software editing video yang gratis dan ringan.
aplikasi edit video di laptop gratis dan terbaik untuk pemula
Aplikasi edit video di pc gratis untuk pemula terbaik

Aplikasi edit video terbaik yang terbaik memang bisa dikatakan dipegang oleh Adobe Priemiere Pro. Namun untuk pengguna windows yang RAM-nya pas-pasan tidak akan dapat mengedit video dengan aplikasi yang satu ini. Karena itu, hari ini saya akan berbagi beberapa aplikasi edit video di laptop gratis dan cocok untuk pemula bahkan sampai yang sudah handal pun.

Aplikasi Edit Video Di PC Gratis


Langsung saja, berikut list-listnya dan pahami.

1. Camtasia


Camtasia adalah salah satu aplikasi edit video PC yang terkenal. Ukurannya lumayan besar dan memiliki fitur yang cukup beragam. Salah satu yang menjadi andalannya adalah rekam layar atau biasa disebut screen recording. Cocok untuk mereka yang ingin membuat video seputar tutorial.

Dan untungnya lagi, Camtasia tidak hanya untuk Windows tapi juga dapat digunakan di MAC.

2. Avidemux


Aplikasi edit video di PC yang satu ini juga lumayan terkenal. Fiturnya yang dapat dibanggakan adalah dapat menyimpan file dalam berbagai file format video, seperti MP4, DVD, AVI, dan lain-lain sehingga kita tidak terlalu butuh software conventer lagi.

Untuk mendapatkan Avidemux tidak perlu bayar alias gratis. Cocok untuk pemula yang baru belajar menyunting video.

3. Windows Movie Maker


Bisa dikatakan aplikasi edit video yang satu ini cukup mudah digunakan. Sayangnya, fitur-fitur di dalamnya cukup terbatas untuk dasar editing video.

Fitur-fitur unggulan dari Windows Movie Maker adalah membuat video dari gabungan gambar atau foto dengan menyisipkan efek transisi yang keren.

Banyak juga yang menggunakan aplikasi besutan Windows yang satu ini karena sudah mendukung fasilitas seperti slow motion, memasukkan sound audio lagu, Sampai fitur untuk memberikan subtitle.

4. AVS Video Editor


Salah satu aplikasi edit video di laptop yang sangat direkomendasikan. Mengapa? Karena AVS Video Editor merupakan aplikasi yang kaya efek dan fitur lengkap. Ukuran aplikasinya cukup ringan, hanya sebesar 138 MB.

Untuk pemula, tidak perlu terlalu khawatir dengan cara editnya, karena video editor yang satu ini cukup nteraktif

Salah satu fitur AVS Video Editor yang dibanggkanan adalah Video Cache yang dapat mempercepat penyuntingan suatu video Full-HD lancar 

5. Sony Vegas


Untuk kalangan pro dan industri profesional, pasti sudah pernah mencoba Sony Vegas. Kelebihan aplikasi ini, meskipun lumayan setara dengan Adobe Priemer Pro, namun mudah dioperasikan sehingga cocok untuk pemula. Ukuran filenya sama dengan 500 MB.

6. Corel Video Studio


Anak desain pasti sudah tahu siapa vendor dari Corel Video Studio. Yups! Aplikasi ini dikembangkan oleh Corel sendiri. Yang membedakan aplikasi ini dari aplikasi lain adalah pengoprasiannya cukup ringan.

Bisa dikatakan, aplikasi edit video yang satu ini memiliki fitru yang sedang. Bahkan cukup lengkap. Bagi kamu yang mau jadi Youtuber pemula, aplikasi ini cukup direkomendasikan.

7 Adobe Preimiere Pro


Saya tidak akan membahas Adobe Preimiere Pro secara deteail. Karena sesungguhnya sampai hari ini, Adope  Premiere Pro menjadi aplikasi terbaik untuk edit video di laptop.

Sangat recommendet! Bnayak digunakan oleh profesional, mulai dari proyek kecil sampai besar, seperti halnya pembuatan film dan lain-lain. Jika ingin fitur yang lebih komplit dalam hal pengeditan video di pc, maka pilihan terhadap Adobe Preimiere Pro sangat tepat.

8. Blender


Bukan blender juice ya. Blender adalah salah satu aplikasi edit video terbaik. Hal ini karena aplikasi Blender cukup ringan dan mudah digunakan untuk membuat animasi 3d. Tersedia banyak obyek 3d dan tidak ketinggalan film animasi Indonesia dan internasional yang menggunakan Blender dalam proses pengeditannya.

9. Virtualdub


Dilengkapi dengan fitur dasar editing video, Virtualdub bisa dikatakan aplikasi terbaik dan sangat ringan untuk fitur sekomplit itu.

Beberapa kelebihannya adalah  file yang sudah diedit bisa disimpan dalam format file AVI. Selain itu, fitur rekam layar juga cocok digunakan dalam membuat video tutorial youtube. 

Efeknya biasa saja seperti blur, slow motion dan lain-lain. 

Untuk yang ingin download aplikasinya, sangat ringan, kurang dari 2 MB dan yang pasti gratis. Khusus untuk pengguna windows.

10. VSDC Free Video Editor


Kelebihan software edit video yang satu ini adalah merekam aktivitas layar menjadi sebuah video. Selain itu, video yang diedit juga dapat diekspor ke dalam file gambar kembali.

Dapat membuat banyak format video sehingga tidak perlu video converter juga menjadikan VSDC banyak digunakan.

11. LightWorks


LightWorks menjadi salah satu program aplikasi untuk edit video pro yang bisa didapatkan secara gratis. Untuk fiturnya, sudah lumayan. memiliki kapasitas untuk mengedit video-video yang paling dasar.

Fitur yang juga membuat aplikasi ini cukup diperhitungkan sebagai aplikasi edit video terbaik di PC adalah memiliki efek-efek keren seperti After Effects dan GenArt Shappire. Dan yang ditunggu-tunggu adalah kemampuannya untuk menghilangkan background gambar dengan fitur Greenscreen.

12. VideoPad Video Editor


Aplikasi edit video yang satu ini termasuk aplikasi edit video ringan dengan ukuran file yang sangat kecil, hanya 5 MB. Namun untuk fiturnya, sudah bisa dibilang cukup komplit.

Memiliki kemampuan untuk recording, menyisipkan audio effect dan video effect. Dan yang tidak kalah menarik adalah fitur pengubah teks menjadi ucapan atau istilah kerennya text to speech.

Masih banyak aplikasi edit video terbaik di PC yang gratis. Tapi aplikasi di atas sudah cukup baik digunakan. Untuk pemula, belajar menggunakan Adobe Premiere sebenarnya tidak terlalu sulit. Asal kita mau belajar. Silahkan coba satu per satu sendiri.

Update terbaru, salah satu aplikasi komplit dan gratis yang digunakan untuk edit video terbaik di Windows bernama Davinci. Memang ada versi berbayar tapi ada juga versi gratis. Masih ada satu software terbaik dan banyak digunakan oleh youtuber saat ini, yaitu filmora. Namun sayang, aplikasi flimora tidak gratis.

Demikianlah aplikasi edit video di PC gratis dan cocok untuk pemula, bahkan yang sudah pro sekalipun. Semoga bermanfaat! Terbaik!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!