Skip to main content

5 Aplikasi Edit Lagu PC Gratis dan Terbaik - Rekomendasi Software

Aplikasi edit lagu pc - Apa aplikasi edit lagu di laptop gratis favoritmu?. Ada banyak software untuk edit lagu meskipun gratis kemampuan software-software tersebut sangat lengkap dan bisa mendapatkan gelar aplikasi edit lagu terbaik di PC.

5 aplikasi edit lagu gratis dan terbaik
Aplikasi edit lagu pc terbaik - Wavepad

Namun, masih banyak yang ingin mengedit lagu namun terkendala dalam memilih software yang tepat. Padahal kebanyakan aplikasi edit lagu, baik di android maupun di laptop semuanya tidak jauh berbeda. Kecuali dalam hal interface pasti memiliki perbedaan yang mencolok.

Agar tidak bingung mencari aplikasi edit lagu PC gratis dengan fitur lengkap, berikut saya berikan 5 rekomendasi aplikasi edit lagu terbaik di laptop yang kaya fitur dan efek.

5. MP3 Cutter


Jika hanya untuk memotong lagu dan membuat ringtone, MP3 Cutter dapat menjadi software pemotong audio terbaik di PC. Namanya aja yang sepertinya khusus memotong lagu tapi jangan salah, MP3 Cutter juga merupakan aplikasi konversi audio dengan puluhan format file.

Jadi, dengan aplikasi MP3 Cutter ini, kita tidak perlu susah-susah cari aplikasi converter format lagu lagi. Software MP3 Cutter bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memotong lagu dan mengconvert lagu ke dalam berbagai format audio.

4. Power Sound Editor Free


Aplikasi edit lagu PC terbaik berikutnya bernama Power Sound Editor Free. Kemampuan software ini seperti dapat merekam live audio, paste and mix, dan lain-lain. Aplikasi ini juga cukup kaya fitur untuk aplikasi edit lagu ringan. Memiliki cukup banyak efek.

Salah satu keunggulan Power Sound Editor Free adalah dapat membersihkan rekaman suara dengan fitur noise reduction sehingga hasilnya akan jauh dari suara bising yang mengganggu.

Sayangnya, versi gratis hanya bisa untuk menyimpan file audio dalam format WAV.

3. Wavosaur


Salah satu aplikasi edit lagu di PC gratis yang cukup keren adalah Wavosaur. Running tanpa instal membuat aplikasi ini cocok digunakan pada laptop standar karena sangat ringan dijalankan.

Kemampuan aplikasi Wavosaur dalam mengedit lagu tidak perlu diragukan lagi. Meskipun tidak sekaya dengan fitur pada Audacity dan Wavepad, Wavosaur cukup layak untuk masuk rekomendasi aplikasi edit audio gratis terbaik. Sudah ada fitur merekam suara, memotong dan menggabungkan lagu.

Softaware audio editor ini mendukung format MP3, WAV, OGG, dan lain-lain.

Baca juga Jenis-jenis Format File Audio Terlengkap

2. Audacity


Software audio editor yang memiliki fitur terlengkap saat ini adalah Audacity. Untuk yang sudah profesional pasti pernah menggunakan aplikasi edit lagu yang satu ini.

Salah satu kelebihannya adalah gratis dan bersifat open source sehingga kaya dengan berbagai fitur tambahan.

Audacity memungkinkan untuk memotong lagu, menggabungkan bagian tertentu pada lagu, real sound, menghilangkan suara vokal, dan masih banyak lagi.

Audacity mendukung Format MP3, WAV, OGG, etc. Tak heran jika Audacity menjadi aplikasi edit lagu PC gratis dan terbaik yang cukup direkomendasikan.

1. Wavepad Sound Editor


Aplikasi edit audio terbaik menurut saya jatuh pada Wavepad. Yang sering mengolah dan mengedit lagu pasti familiar dengan aplikasi Wavepad.

Ringan dan bisa berjalan di laptop spesifikasi rendah sekalipun, termasuk windows 7 32 bit. Ukuran file audio editor hanya sekitar 2 Mb.

Namun untuk masalah fitur tidak perlu khawatir. Bisa dikatakah bahwa aplikasi edit lagu di laptop gratis dan terbaik dipegang oleh Wavepad.

Meskipun ukurannya kecil, Wavepad memiliki banyak efek dan fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Beberapa fitur unggulan Wavepad adalah menggabungkan lagu, menyambung, memotong, trim, split, dan silence.

Fitur terbaik menurut saya adalah kemampuan menggabungkan 2 lagu, paste and mix yang berjalan beriringan.

Wavepad juga memilii banyak efek seperti echo, vibrato, dan lain-lain. Dan yang cukup keren adalah fitur penghilang noise pada lagu.

Format file audio Wavepad mendukung MP3, OGG, WAV, WMA, etc. Dan kerennya lagi, bisa langsung mem-burning audio yang telah diedit ke dalam CD/DVD.

Bisa dikatakan, Wavepad adalah software edit lagu PC gratis dan terlengkap serta terbaik untuk semua pengguna karena ukuran aplikasinya yang sangat kecil.

Masih banyak aplikasi edit lagu di laptop tapi menurut saya itulah yang patut dicoba. Paling tidak untuk pemula, mereka harus mampu mengoperasikan aplikasi edit lagu tersebut seperti memotong lagu jadi ringtone, menggabungkan lagu, memberikan efek-efek pada lagu dan menghilangkan suara pada MP3.

Yang mana menurutmu yang paling mudah digunakan?

Jika dilihat dari tampilannya, semuanya sama saja. Tapi jujur, dalam hal mengedit lagu, cukup menggunakan Wavepad saja sudah bisa membuat hasil editan yang keren.

Satu lagi yang perlu diketahui, selain aplikasinya, kemampuan editing Anda juga sangat menentukan. Banyak aplikasi edit lagu di PC yang bisa kita manfaatkan dengan fitur-fitur dasar tapi tanpa imajinasi dan jam terbang, hasil editan pemula pasti akan kelihatan. Namun dalam hal ini, tentu beda orang beda rasa, karena seni tidak ada yang sempurna.

Lihat juga Aplikasi edit video di PC gratis

Demikianlah aplikasi edit lagu di PC gratis dan terbaik, semoga bermanfaat.
  November 22, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close