9 Aplikasi Android Wajib Untuk Mahasiswa, Bikin Keren Dan Penting

9 Aplikasi Android Wajib Untuk Mahasiswa, Bikin Keren Dan Penting

Apa sih, aplikasi yang seharusnya ada di smartphone android mahasiswa? Setelah melakukan survei di antara anak-anak kuliahan teman saya, dan hasil penemuannya cukup miris. Ternyata, umumnya bukan aplikasi penting untuk belajar yang diinstal oleh mahasiswa, tapi aplikasi untuk bergaya dan juga game online.
aplikasi android wajib untuk mahasiswa yang paling penting
Aplikasi android wajib untuk mahasiswa, bikin keren dan paling penting

Namun tidak semua sih. Ada beberapa orang dari mereka yang memang tidak menginstal game online sama sekali, namun benar-benar aplikasi berguna untuk belajar. Nah, mahasiswa seperti ini cukup keren, dapat memanfaatkan kecanggihan smartphone untuk menambah wawasan.

Apa saja aplikasi android yang wajib dimiliki oleh mahasiswa?

Aplikasi Android Wajib Untuk Mahasiswa


Langsung saja, berikut beberapa aplikasi android paling penting dan wajib yang harus terinstal di ponsel mahasiswa.

1. Kamus Inggris Indonesia


Salah satu kamus transletter kata yang paling banyak saya temukan adalah aplikasi Dictionary Offline English Indonesia. Kebutuhan akan bahasa Inggris memang sangat besar. Banyak sekali yang mencari arti dari kosakata Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Baik untuk belajar maupun hanya untuk menambah wawasan berbahasa Inggris.

Jangankan jurusan Bahasa Inggris, semua orang butuh aplikasi android kamus Inggris-Indonesia ini. Pelajar SMP dan SMA aja. Wajib hukumnya menginstal aplikasi kamus Inggris Indonesia. Terlebih untuk mahasiswa.

2. KBBI Offline


Gak nyangka, ternyata banyak kosakata bahasa Indonesia yang masih asing di telinga saya. Dan untuk mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia, pastinya harus memiliki aplikasi KBBI ini. Setiap kata yang tidak lazim dalam bahasa Indonesia dapat memudahkan kita mengetahui maknanya dengan memanfaatkan aplikasi ini.

3. Todoist


Bagi yang suka lupa dan masih kurang pandai mengatur waktu, bisa menggunakan aplikasi Todois. Aplikasi android ini sangat membantu dalam memanajemen kegiatan dengan lebih baik. Salah satunya menjadi pengingat jatuh tempo pembayaran. Bisa juga untuk mengingatkan deadline tugas nih biar gak dapat nilai buruk dari dosen.


4. RealCalc Scientific Calculator


Dituntut belajar dengan kalkulator ilmuwan? Tenang saja, kamu tidak perlu beli kalkulator ilmuwan asli yang harganya mahal. Di zaman sekarang ini, kita bisa memanfaatkan kalkulator ajaib di playstore smartphone android.

Salah satunya RealCalc Scientific Calculator. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyulap android menjadi kalkulator yang sangat komplit. Dan tampilannya pun benar-benar menyerupai kalkulator asli.

5. Programming HUB


Anak IT wajib punya aplikasi yang satu ini. Saya pernah menginstalnya dan memang banyak pelajaran tentang bahasa pemrograman di dalamnya, mulai dari HTML, CSS, PHP, JavaScript, semua mudah dipelajari dengan Programming HUB. 

Sekali lagi, yang kuliah di jurusan Informatika dan komputer, aplikasi android yang satu ini sangat recommendet untuk diinstal.

6. Aplikasi Document


Mahasiswa memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya dokumen. Dan kebanyakan harus menggunakan laptop untuk bisa mengerjakan tugas dari dosen. Namun saat ini, aplikasi-aplikasi android semakin canggih.

Kita bisa membuka berbagai dokumen mulai dari powerpoint, word, excel di smartphone android. Dan tidak ketinggalan. File PDF juga sering menjadi media pembelajaran yang populer diberikan oleh dosen yang biasanya berisi modul pembelajaran. Nah, agar mahasiswa dapat dengan mudah membuka file PDF, instal aja aplikasi android WPS Office + PDF dari playstore. WPS Office + PDF adalah aplikasi wajib yang direkomendasikan oleh banyak orang.

7. CamScanner


Apa sih yang gak bisa dilakukan dengan ponsel android saat ini? Hampir semua tugas di laptop sudah bisa dijalankan di smartphone android. Terutama untuk tugas-tugas yang ringan. Salah satu aplikasi wajib bagi mahasiswa adalah CamScanner untuk men-scan dokumen. Hasilnya lebih real.

Selain CasScanner, aplikasi scan yang juga dapat digunakan adalah Scanner Pro. Silahkan coba saja, dan pilih yang bagus.

8. Duolingo


Banyak mahasiswa yang bingung mau ngapain setelah pulang kuliah. Terlebih mereka yang tidak ikut organisasi dan hanya memiliki kegiatan yang berpusat di kos dan kampus. Agar waktu tidak terbuang percuma, Duolingo bisa menjadi sahabat yang baik.

Aplikasi Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa asing yang cukup keren di android. Dari pada gak ngapa-ngapain, sebaiknya isi waktu dengan belajar bahasa asing. Pasti akan membuat keseharianmu lebih keren. Dan pastinya, mahasiswa atau pelajar yang menguasai lebih dari satu bahasa akan terlihat sangat cool

9. PhotoMath


Salah satu aplikasi android yang pertama kali membuat saya kagum sekaligus khawatir dengan kecanggihan teknologi. Bagaimana tidak, dengan aplikasi PhotoMath, pelajar tidak perlu lagi berpikir dalam menyelesaikan sebuah soal Matematika.

Bisa dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik untuk menghitung perhitungan Matematika. Bukan hanya sebagai kalkulator, tapi juga memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah menyelesaikan suatu persoalan Matematika.

Namun jika dilihat dari fungsinya, sebaiknya aplikasi yang satu ini tidak diinstal di hp mahasiswa atau pelajar. Kecuali jika dimanfaatkan sebagai pembanding, ya mungkin baguslah. Asal jangan membuat kita malas dalam belajar.

Itulah beberapa aplikasi wajib untuk mahasiswa, bisa bikin keren dan tentunya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Manakah yang menjadi aplikasi android favoritmu? Saya sendiri, hanya menggunakan aplikasi KBBI dan Kamus Translate Inggris Indonesia. Karena itu yang paling berguna dan penting bagi saya. Kamu ya?

Penting untuk diingat, bahwa aplikasi digunakan untuk mempermudah aktivitas, dan harus digunakan dengan bijak. Jangan sampai aplikasi membuat kita lebih banyak berpikir instan. Bisa bahaya ketika diperhadapkan dengan soal ujian yang tidak memperbolehkan membuka smartphone.
Demikianlah artikel tentang aplikasi android wajib untuk mahasiswa, semoga tambah semangat belajarnya. Instal aplikasi yang benar-benar penting. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!