Skip to main content

Tutorial Dasar CorelDRAW yang Wajib Dipahami

Ternyata belajar menguasai dan mahir corelDRAW itu sangat gampang lho. Asal kita tahu cara dasar menggunakannya, kita sudah bisa melakukan berbagai jenis editan yang mengagumkan terhadap suatu obyek. Tutorial dasar CorelDRAW seperti apa dulu nih?
tutorial dasar belajar coreldraw untku pemula
Tutorial dasar CorelDRAW untuk pemula

Berikut beberapa hal dasar dan wajib dipahami oleh seorang editor pemula dalam menggunakan CorelDRAW.

1. Memahami setiap Menu dan Sub Menu


Bukan hanya mengetahui letak-letaknya tapi kita juga harus mengetahui fungsi setia menu pada CorelDRAW. Itulah tutorial dasarnya, tapi kamu tidak perlu menghafal semuanya sekarang. Akan lebih mudah mengingat tool-tools CorelDRAW saat mengerjakan sebuah proyek.

2. Mengenal Shortcut Key CorelDRAW


Shortcut key berfungsi untuk mempercepat seorang designer dalam mendesain. Lebih mudahnya, tombol pintas pada keyboard. Ternyata tombol CTRL dan SHIFT memiliki segudang fungsi pada corelDRAW. So, manfaatkan tombol-tombol tersebut dengan baik. Kita juga bisa menambah tombol pintas dengan mengaturnya pada tab customize.

Tidak perlu takut mengedit di CorelDRAW, kan ada fasilitas Undo dan Redo. Undo (CTRL + Z) dan Redo (CTRL + Shift + Z)

3. Memahami penggunaan CMYK dan RGB


Seorang desainer grafis pemula harus memahami penggunaan warna. Penggunaan warna CMYK untuk gambar dengan tujuan print out sedangan RGB untuk gambar yang ditampilkan di monitor.


4. Cara import gambar


Saat pertama bekerja menggunakan CorelDRAW, saya bahkan tidak tahu cara memasukkan gambar ke dalam lembar kerja. Ternyata setelah membuat lembar kerja baru dengan CTRL + N, untuk memasukkan gambar bisa dengan menekan tombol CTRL + I dan memilih gambar yang akan diimport. CTRL + E untuk mengekspor file editan menjadi file dalam bentuk lain seperti gambar.jpg dan lain-lain.


5. Menggunakan Bezier Tool dan Shape Tool > Tu Curve


Membuat obyek sesuai dengan keinginan itu sangat mudah. Pertama buat dasarnya menggunakan Bezier Tool dan rapikan dengan Shape tool to curve. Maksudnya begini, saat menggunakan bezier tool, garis yang dibuat akan kaku dan tidak bisa dilengkungkan. Untuk melengkungkan garis tersebut harus dilanjutkan dengan mengaktifkan Shape Tool > Tu Curve.

6. Memberikan warna sesuai dengan obyek dasar


Dalam membuat gambar kartun dari wajah menggunakan CorelDRAW, kita akan kesulitan dalam memilih warna yang cocok dengan wajah asli. Untuk itu, manfaatkan Menu Eyedropper Tool untuk membuat warna sesuai dengan warna dasar obyek.

7. Membuat obyek transparan


Agar gambar atau obyek yang dibuat terlihat senatural mungkin, gunakan Menu Blend Tool > Transparansi > Uniform untuk membuat obyek transparan secara merata.

8. Mengubah posisi obyek


Pernah mengalami kejadian obyek tidak bisa diklik? Itu karena obyek tersebut tertutup obyek di atasnya. Cara kerja CorelDRAW seperti buku, obyek yang pertama dibuat akan berada di lapisan terbawah saat kita membuat obyek yang kedua. So, untuk mengedit obyek yang pertama kita harus membuka lembaran kedua. 

Caranya Pada Menu Utama > Arrange > Order > Pilih mau diapakan obyek yang sedang aktif, ditaruh dibelakang atau di depan, tergantung kebutuhan.

Pada CorelDRAW X6 yang saya gunakan, menu file, edit, arrange dan lain-lain berwarna putih, so tidak kelihatan sampai kita menyorotnya dengan kursor.

9. Lock dan Unlock Object


Pastikan untuk selalu mengunci obyek utama yang akan di edit agar tetap pada posisinya selama proses editing. Caranya klik kanan foto / obyek > klik lock object.

Agar setiap object dapat diedit seperti diberi warna dan lain-lain kita harus membuka kuncinya kembali dengan cara klik kanan object > klik unlock object pada obyek yang terkunci sebelumnya.

10. Langsung kerjakan tugas


Setelah memahami hal-hal di atas, langsung kerjakan tugas editing menggunakan corelDRAW. Semua tools coreldraw dasar akan lebih mudah dihafal saat mengerjakan tugas proyek.

Pada dasarnya, CorelDRAW maupun Photoshop atau aplikasi apapun itu, sudah didesain untuk memudahkan penggunanya. Kita cukup memahami hal dasarnya saja, seperti letak-letak tools pada setiap menu dan fungsinya. Dan itu mudah kok. Hanya satu hari, kita sudah bisa membuat vektor wajah dengan aplikasi CorelDRAW dan lain sebagainya setelah mengetahui dasarnya. Meskipun hasilnya tidak akan sebagus mereka yang telah profesional dan sudah terbiasa.  Tapi untuk ahli dalam desain 3D tidaklah semudah membuat kartun wajah ya. Perlu latihan dan upaya yang keras dan cerdas. 

Untuk menjadi seorang ahli designer tidak perlu sekolah, namun sekolah itu penting. Semua tutorial belajar CorelDRAW dasar di internet telah tersedia, tinggal cara kita berlatih dan teliti dalam membuat obyek lebih halus dalam kaitannya dengan garis dan warna.

Demikianlah tutorial dasar menggunakan CorelDRAW yang wajib dikuasai oleh pemula. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah mampir ke gubuk Soksimon.com ini. Jangan bosan-bosan dan silahkan berkomentar sesuka hati namun tetap bertanggung jawab.

  October 20, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close