Tutorial Cara Install ArcGIS Lengkap

Tutorial Cara Install ArcGIS Lengkap

Pernah ngalamin install aplikasi ArcGIS dan hasilnya tidak bisa terbuka? Bukan kamu yang salah kok, yang salah adalah cara kamu menginstall software ArcGIS yang kurang tepat sehingga menghasilkan error saat dibuka. Pengalaman install ArcGIS 10.2.2 yang error beberapa hari yang lalu membuat saya terinspirasi untuk membuat artikel ini. Jangan sampai ada yang meng-uninstall ArcGIS yang telah diinstall seperti kasus saya. Berat, biar saya aja!
tutorial install arcgis full version di windows 10
Cara install ArcGIS di windows 10 - pixabay.com
Pada artikel ini, kita akan belajar tutorial cara install ArcGIS dengan mudah di semua laptop bersistem operasi windows. Baik windows XP, windows 7, windows 8, windows 8.1 maupun windows 10, pada dasarnya, cara install ArcGIS sama saja. 
Info ArcGIS : SIG atau Sistem Informasi Geografis adalah salah satu mata kuliah yang juga menjadi konsentrasi di Teknik Informatika. Selain multimedia, aplikasi dan jaringan, beberapa universitas di Indonesia juga memiliki konsentrasi SIG yang berkaitan dengan ilmu data geografis. Lebih mudahnya, SIG umumnya belajar tentang tata cara pembuatan peta digital berbasis aplikasi seperti ArcGIS ini.

Cara Install ArcGIS 10.2.2


Langsung saja, berikut alat dan bahan serta tutorial cara install ArcGIS 10.2.2 dengan mudah dan tanpa error.

Alat dan bahan:


Persiapakan file mentah atau installer ArcGIS terlebih dahulu. Aplikasi ArcGIS ini saya dapatkan dengan lengkap dengan nama APLIKASI AGSD-10.2.2 dalam bentuk file ISO. Total berat semua bahan untuk install ArcGIS ini APLIKASI AGSD-10.2.2 sebesar 1.76 GB. So, dari pada download mending cari saja di teman yang punya atau minta didownloadkan oleh pemilik warnet.

Cara install ArcGIS 10.2 di Windows 10


Setelah alat-alatnya siap, mari kita coba cara menginstall aplikasi ArcGIS ini. Percobaan menggunakan aplikasi ArcGIS 10.2.2 di Windows 10.

1. Download dan install dotNet 3.5


- Bagi Windows XP, install dahulu dotNet 3.5
- Bagi Windows 7, langsung saja (sudah ada dotNet 3.5).
- Bagi Windows 8 dan 8.1, install dahulu dotNet 3.5, karena Windows 8 terpasangnya malah dotNet 4.

Berhubung laptop dengan windows 10 yang saya gunakan belum memiliki dotNet 3.5 maka saya mendownloadnya dulu. Tidak perlu mendownloadnya secara terpisah karena ketika akan menginstall ArcGIS ini, peringatan untuk menginstall dotNET 3.5 akan muncul. Jika memiliki koneksi internet sebaiknya langsung download saja. Setelah mendownload dan menginstall dotNet 3.5 secara otomatis di windows 10, laptop harus direstart.

Pakai tool Uninstall Utility untuk menghapus sisa-sisa ArcGIS versi sebelumnya yang pernah terinstall.

2. Install License Manager 10.2.2


Setelah selesai menginstall, langsung close saja dan jangan mengklik apapun. Karena inilah, saya akhirnya menginstall ArcGIS untuk kedua kalinya karena terjadi error ketika akan dibuka. Jika langsung mengclose saat install License Manager ini maka masalah error karena Licenses tidak akan muncul.

3. Install License Manager Crack


File kedua yang kita install adalah file full crack untuk mendapatkan ArcGIS full version. Install seperti biasanya dan ikuti setiap perintah. Allow semua perintah termasuk saat firewall mencegah menginstall aplikasi crack ini. 

4. Install ArcGIS Desktop 10.2.2


Jika sebelumnya kita menginstall pembuka kunci saja, sekarang ArcGIS 10.2.2 adalah file tempur utamanya. Tidak perlu menyeting apapun, seperti localhost, stop/start service, dan sebagainya. Install ArcGIS secara default seperti petunjuk. Proses penginstalan ini memakan waktu yang cukup lama, terutama untk device 32 bit bersistem operasi windows 7.

5. Install ekstensi tambahan


Jika kamu memang tertarik dengan konsentrasi SIG dan suka membuat peta digital maka sebaiknya kamu menginstall ekstensi tambahan seperti Background Geoprocessing 64 bit dan data interopability untuk lebih memudahkan dalam menggunakan aplikasi ArcGIS nantinya. Bagi kamu yang tidak tertarik terhadap konsentrasi SIG terserah kamu aja, mau install ekstensi tambahan atau tidak juga no problem.

Cara Atasi Error License Install ArcGIS 10.2.2

tutorial lengkap install arcgis di windows 10
Cara install ArcGIS full version
Jika dikesempatan lain terjadi error saat membuka aplikasi ArcGIS yang telah diinstall, kamu tidak perlu uninstall lagi. Cukup masuk ArcGIS License Server Administrator pada folder instalasi ArcGIS. Pada menu start/stop license server pasti tidak akan running ditandai dengan status NOT RUNNING. Agar tidak terjadi error saat membuka aplikasi ArcGIS status license server harus running. Klik start aja kemudian apply.

Sekedar informasi, konsentrasi SIG berfokus pada pembuatan peta digital dan pastinya harus mendalami ilmu bumi dan peta juga. Cara membaca peta adalah hal yang wajib dan berbagai hal lainnya dalam konsentrasi Sistem Informasi Geografis ini. Setelah menginstall ArcGIS ini, kita akan belajar membuat peta digital dengan ArcMap 10.2.2.

Jujur saja, konsentrasi SIG dan semua yang ada di dalamnya cukup menyenangkan. But, saya lebih suka bermain coding website, jadi Soksimon.com tidak akan membahas SIG secara keseluruhan. Namun pada tutorial menggunakan ArcMap ke depan, saya akan membahas cara membuat peta digital sederhana dengan ArcGIS 10.2.2 yang telah kita install ini.

Demikianlah cara menginstall ArcGIS 10.2.2 di windows 10 dengan mudah dan aman tanpa error. Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa saya pernah mengalami kegagalan setelah menginstall aplikasi ArcGIS ini. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah masalah install License Manager 10.2.2 pada langkah nomor 2 di atas yang tidak langsung saya close ketika selesai. 
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!