Tips Membeli Laptop Gaming Harga Murah

Tips Membeli Laptop Gaming Harga Murah

Laptop Gaming pada umumnya adalah laptop dengan desain khusus yang terlihat sangar dan gahar jika dibandingkan dengan laptop biasa pada umumnya. Bisa dikatakan, laptop gaming itu seperti hp Nokia jadul yang penuh dengan berbagai model unik dan menarik perhatian. Namun ada juga kok, yang modelnya keren dan bagus.
beli laptop gaming murah harga 5 jutaan
Tips membeli laptop gaming murah berkualitas - pixabay.com

Mengingat harganya yang mahal, tidak semua orang dapat memiliki laptop gaming. Ada standar spesfikasi laptop gaming yang berkualitas. Tapi saya pikir, untuk bermain game kelas ringan dan menengah, dana 5 jutaan kita sudah bisa membeli laptop gaming berkualitas harga murah. Untuk game kelas sedang dan berat minimal dana harus di atas 7 jutaan untuk memiliki laptop gaming. Bahkan sampai puluhan juta.

Tips Membeli Laptop Gaming Berkualitas Harga Murah


Seorang gamers sejati memang tidak akan hitungan dengan dana yang digunakan untuk mendapatkan laptop gaming terbaru dengan harga 20 jutaan. Tapi tidak semua orang yang hobi game memiliki budget sebesar itu. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips dan trik cara membeli laptop gaming berkualitas harga murah.

Mengapa membeli laptop gaming lebih bagus dari pada bangun PC Gaming? PC untuk gaming memang didesain khusus untuk bermain game dengan segala spesifikasinya dan tidak dapat digunakan di mana saja seperti halnya laptop gaming.

Berikut tips membeli laptop gaming berkualitas dengan harga miring untuk Anda para gamers sejati.

1. Tentukan Harga Sesuasi Budget


Apakah ada laptop gaming harga 4 jutaan? Pasti ada, tapi tidak akan sama dengan laptop gaming yang sesungguhnya. Umumnya laptop gaming memilki harga di atas 7 jutaan. Untuk budget di bawah harga tersebut kemungkinan tidak akan mendapatkan laptop gaming yang bagus.

Harga laptop gaming untuk memainkan game kelas paling rendah minimal 5 jutaan dengan prosesor i3 generasi 7. Tapi sebenarnya laptop dengan harga murah memang tidak diperuntukkan untuk bermain game, terlebih game kelas berat.

Minimal budget untuk bermain game kelas sedang adalah 7 jutaan untuk mendapatkan prosesor i5 generasi 7. Yang memiliki dana di atas itu, siap-siap, game kelas berat telah siap menanti. Jangan memaksakan budget untuk membeli laptop gaming yang mahal jika tidak terlalu hobi main game. Namun jika kamu memang berniat bermain game di laptop maka tips terbaik yang dapat dicoba adalah menabung sampai uang beli laptop gaming. Memang agak tanggung sih, kalau beli laptop gaming harga 5 jutaan. So, be patience and work hard everyday untuk mendapatkan penghasilan lebih untuk membeli laptop gaming impian.

2. Tipe prosesor Laptop Gaming


Prosesor adalah otak dari komputer. Semakin tinggi tipe prosesor maka akan semakin baik dalam menjalankan game kelas berat. Bagaimana melihat prosesor yang cocok untuk bermain game? Performa laptop gaming sangat dipengaruhi oleh besarnya kecepatan prosesor GHz. Semakin tinggi GHz maka performanya akan lebih enak dan cepat.

Bagusan mana, prosesor Intel atau AMD? Persoalan serius oleh para gamers. Jika kamu memiliki dana lebih kamu bisa mencoba prosesor terbaru yang terintegrasi dengan grafis. Hal ini akan membuat performa laptop gaming bekerja lebih cepat.

Untuk para pemain game yang sering bermain game berjam-jam disarankan untuk menggunakan prosesor intel yang lebih hemat daya. Tapi kebanyakan laptop gaming yang hemat daya ULV memiliki performa yang kurang baik dibandingkan dengan tipe prosesor HQ. Kode-kode tersebut terdapat pada nama prosesor yang menandakan tujuan utama penggunaan laptop itu sendiri.

Minimal prosesor untuk dapat dikategorikan sebagai laptop gaming adalah i5 dan i7 dari intel. Untuk AMD sendiri disarankan untuk mencari tipe A10 dan FX Series, selain itu akan sulit mendapatkan laptop gaming berkualitas untuk bermain laptop kelas berat.

Tips Membeli Laptop Gaming : Selalu perhatikan generasi prosesor dan kode unik dibelakang nama prosesor. Generasi prosesor intel terbaik untuk bermain game kelas middle dan berat adalah generasi 7, tergantung prosesor dan VGA yang digunakan.

3. Tipe kartu grafis / VGA 


Kartu grafis atau biasa disebut graphic card / Video Graphic Adapter adalah pertimbangan utama dalam membeli laptop gaming. Pilihan yang tepat bisa jatuh ke VGA NVIDIA GTX atau GeForce. Untuk seri VGA NVIDIA GTX 750 menandakan angka 7 sebagai generasi kartu grafis dan 50 menunjukkan performa. Karena itu, ada VGA NVIDIA yang generasi 7 lebih baik dalam hal grafis dari pada VGA NVIDIA generasi 9 tapi angka dibelakangnya kurang dari pada pada generasi 7 ini.

Cari-cari lagi sumber tentang AMD dan intel dalam hal urusan penganganan gaming berat dan pastikan untuk NVIDIA memperhatikan skor performa kartu grafis seperti yang disebutkan di atas. Minimal skor yang disarankan adalah 40 ke atas.

4. RAM laptop gaming


Pastikan membeli laptop gaming yang dibeli dapat di-upgrade atau upgrade-able. Biasanya laptop yang bisa diupgrade ditandai dengan tersedianya slot RAM tambahan. Minimal RAM yang disarankan untuk bermain game adalah 8 GB ke atas. Untuk 4 GB bisa memilih yang bertipe DDR4.

5. Media Penyimpanan HDD vs SSD


Tipe SSD (Solid State Drive) memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan media penyimpanan HDD (Hard Disk). Jika menggunakan hardisk pastikan ruang penyimpanannya mencapai 1000 GB (1 TB) untuk menyimpan file instalasi game. Tapi kelemahan dari SSD  adalah kapasitas penyimpanan yang terbatas. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan HDD jika game yang dimainkan memiliki file hasil installer yang besar. SSD lebih tepat digunakan untuk menyimpan sistem operasi .

6. Daya Tahan Baterai


Hal yang tidak kalah pentingnya bagi seorang gamers adalah daya tahan baterai dari laptop gamingnya. Bayangkan jika sudah asyiknya main game harus dihentikan oleh daya baterai yang lemah. Ada 2 tipe baterai laptop saat ini, yaitu removealble dan non-removeable (Baterai tanam/tidak bisa dilepas). Bagusan mana? Baterai-baterai tersebut sudah didesain dengan bagus, tergantung cara pengguna itu sendiri merawatnya.

Saya sebenarnya lebih prefer ke laptop gaming yang baterainya bisa dicabut. Hal ini untuk memudahkan penggantian baterai jika sudah ngedrop. Pastikan juga untuk tetap mengecas laptop saat menggunakannya dalam keadaan yang lama. Jangan cabut baterai. Amankah?

Baterai didesain dengan siklus pengisian ulang yang sudah ditentukan. Jadi lama kelamaan baterai laptop pasti akan mengalami penurunan kualitas. Apakah itu cepat atau lambat, tergantung penggunanya. Tips agar baterai laptop tetap awet adalah dengan menjaga suhunya tidak panas berlebihan tertuma saat matahari sedang terik di siang hari karena bisa membuat laptop lebih panas.

Satu lagi, saat membeli laptop baru agar tidak menyesal, pastikan untuk melihat kualitas dari layar LCD. Ada banyak laptop termasuk laptop keluaran terbaru yang efek glossy-nya sangat mengganggu saat digunakan di luar ruangan.

6. Desain dan Ukuran Layar Laptop Gaming


Untuk masalah ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Standar ukuran laptop gaming 15- 17 inch yang memang bagus. Namun, tentu saja, ukuran laptop gaming yang sebesar itu akan lebih sulit dibawa kemana-mana dibandingkan dengan layar 14 inch. So, tergantung selera. 

Hal kedua adalah masalah model dan desain laptop. Hal ini juga menyangkut pemilihan warna casing laptop. Pilihlah warna favorit agar tidak mudah bosan. Jika suka beraktivitas dengan laptop di luar ruangan sebaiknya membeli laptop yang ringan dan tipis. Saya punya laptop jadul yang ukurannya cukup kecil tapi beratnya lumayan. Jadi pegal-pegal saat mententengnya keluar rumah.

7. Keyboard Backlight


Untuk keyboard pastikan yang nyaman digunakan dan memiliki backlight atau lampu keyboard agar lebih mudah digunakan bermain gaming dalam keadaan minim cahaya.

8. Port HDMI


Kadang ukuran layar laptop masih terlalu kecil untuk bermain game. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membeli laptop yang memiliki banyak port untuk disambungkan dengan piranti lainnya. Salah satunya adalah port HDMI untuk memainkan game dengan tampilan yang lebih besar. Selain itu, port untuk audio juga penting ya.

Solusi Memilih Laptop Gaming Harga Murah


Kesimpulannya apa nih? Untuk kesimpulannya, saya tidak akan memberikan tipe laptop gaming terbaik karena sesungguhnya laptop gaming terbaik harus didasarkan pada budget dan kebutuhan. Minimal laptop gaming untuk bermain gaming kelas menengah harus i5 VGA NVIDIA generasi 750 sampai 940.

Untuk tipe prosesor sendiri, kualitas intel masih mendominasi meskipun harganya masih terbilang mahal jika dibandingkan dengan AMD. Saya bukan anak gaming tapi saat membeli laptop, saya akan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Setelah laptop yang sesuai dengan kebutuhan sudah siap saatnya untuk mencari budget. Jangan sampai membeli laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga memiliki fitur terbatas. Namun jika hanya untuk blogging dan kuliah, laptop 4 jutaan sudah cukup, kecuali unuk anak sipil dan informatika, harus mempertimbangkan dalam membeli laptop karena akan berurusan dengan masalah desain grafis dan multimedia.

Beli Laptop Gaming Terbaru


Untuk kamu yang memiliki budget di atas rata-rata, kamu pasti tidak akan sulit untuk membeli laptop gaming seperti Acer Predator, Asus ROG, MSI dan berbagai merk laptop gaming terbaik lainnya. Jika memang memiliki uang lebih pastikan untuk membeli yang paling baru.

Beli Laptop Gaming Bekas


Solusi terbaik yang terakhir adalah membeli laptop gaming bekas yang murah dan berkualitas. Penting untuk diperhatikan agar selalu membeli laptop bekas dengan hati-hati. Jangan sampai laptop gamingnya memiliki masalah rumah tangga. Namun membeli laptop bekas saya hanya rekomendasikan untuk orang yang sudah paham dengan komputer agar mudah mengetahui kualitas laptop tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. 

Bagus mana, membeli laptop gaming bekas dengan harga murah tapi kualitas ok atau membeli laptop gaming baru dengan spesifikasi yang lebih di bawah? Jika perbedaannya tidak terlalu besar, maka memang sebaiknya membeli yang baru saja dibandingkan mengambil resiko dengan barang yang belum diketahui asal usulnya.

Demikianlah cara dan tips membeli laptop gaming harga murah dengan kualitas terbaik. Pesan terakhir, belilah laptop berdasarkan kebutuhan dan budget yang tersedia. Jika tanggung untuk membeli laptop intel i5 sebaiknya tabung sampai dapat harga intel i7. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!