Skip to main content

Tips Membeli Laptop Bekas Murah Berkualitas

Pasti banyak alasan membeli barang bekas, salah satunya membeli laptop bekas atau second. Namun ternyata membeli laptop bekas tidak boleh sembarangan. Ada tips dan standar pengecekan terhadap laptop second agar tidak menyesal di kemudian hari.
cara cek laptop bekas berkualitas baik
Tips membeli laptop murah berkualitas - pixabay.com

Dari pengalaman teman yang membeli laptop bekas secara sembarangan, masa pakainya kurang dari 6 bulan. Karena itulah, saya menulis artikel tentang tips membeli laptop bekas murah berkualitas ini. Aasan utama seseorang membeli laptop bekas adalah harganya yang lebih murah dan spesifikasi yang berkualitas.

Tips Cara Membeli Laptop Bekas Murah


Langsung saja, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas murah yang bagus dan berkualitas.

1. Cek fisik / hardware laptop


Apa sih, hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas? Tentu saja casing laptop itu sendiri. Jika body laptop masih mulus dan perlengkapan lengkap maka bisa dipastikan bahwa cara pemilik sebelumnya merawat laptop tersebut juga baik. So, perhatikan pada layar LCD, touchpad, keyboard dan lain-lain. 

Pada bagian bawah laptop perhatikan setiap bautnya, jika ada tanda-tanda seperti telah pernah dicungkil maka sebaiknya perhatikan dan tanyakan kepada penjual jangan sampai terjadi penggantian hardware seperti RAM dan HDD. Jika ada kerusakan secara fisik, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli laptop bekas tersebut.

2. Merk laptop bekas yang bagus


Pada umumnya, orang membeli laptop bekas tanpa melihat merk dan brand. Hal ini disebabkan karena biasanya orang yang mencari laptop bekas langsung saja ingin memiliki laptop tanpa pikir panjang. Alhasil, hasilnya juga tidak awet dan harus beli baru lagi.


Entah itu laptop bekas merk Thosiba, Acer, Asus, Lenovo, Dell, Mac, dan lain-lain, hal pertama yang harus dilihat saat membeli laptop bekas berdasarkan merk adalah spesifikasi laptop itu sendiri. Kita harus mencari spesifikasi laptop bekas yang cukup murah dan kemudian membandingkan setiap merknya. Pastikan merk laptop tersebut memang terpercaya. Kalau bisa yang masih memiliki garansi resmi ya.

3. Beli di tempat terpercaya


Tempat terpercaya untuk membeli laptop ada 2, yaitu teman sendiri dan yang kedua bengkel resmi laptop second. Jika membeli di teman maka otomatis kita akan tahu kondisi laptop tersebut dan kalau membeli laptop di tempat yang memang telah menjual laptop bekas terpercaya, setidaknya mereka akan memberikan jaminan terhadap kualitas laptop bekas yang mereka jual.

3. Masa pakai


Yang tidak kalah penting dalam membeli laptop bekas murah adalah masa pakai. Saya merekomendasikan untuk membeli laptop bekas dengan pemakaian kurang dari 1 tahun. Atau seminimal-minimalnya adalah 1 tahun 6 bulan. Jika lebih dari itu, biasanya akan ada masalah-masalah yang tak terduga dan bikin kecewa.

Kecuali jika membeli laptop bekas dari orang terdekat. Pada awal masuk kuliah, saya mendapatkan laptop dari om, merknya Acer Aspire 4732z. Masa pakainya itu sudah sekitar 5 tahun tapi kondisi masih ok dan mulus, hanya baterai yang sudah drop. Nah, meskipun sudah sangat lama laptop masih tetap ok secara performa karena dirawat baik-baik oleh pemilik sebelumnya.

4. Alasan penjual


Jangan langsung percaya deh! Ada banyak alasan orang menjual barang kepunyaannya, salah satunya laptop. Saya sangat mempertimbangkan alasan penjual laptop. Jika alasannya seperti butuh dana cepat atau lain-lain maka ada kemungkinan laptop masih ok ataupun ingin mencari laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi juga masih dapat ditoleransi. Tapi jika alasan penjualnya kurang jelas, sebaiknya jangan buru-buru membeli laptop bekas.

5. Cek kesesuaian spesifikasi laptop


Jangan sampai laptop yang kamu beli adalah hasil rekondisi di mana hardwarenya sudah banyak yang diganti dan sudah tidak original. Cek kesesuaian antara laptop dan spesifikasinya dengan cara tekan CTRL + R kemudian ketik "dxdiag" untuk melihat spesifikasi laptop yang akan dibeli.

6. Kekurangan laptop


Tanyakan kepada penjual kekurangan dan kelebihan laptop tersebut. Dengan mengetahui kekurangan laptop kita akan lebih mudah mempertimbangkan untuk membelinya atau pun memasang harga beli yang tepat. But jangan mudah percaya jika pemilik mengatakan bahwa laptopnya masih 100% mulus dan performa ok. Pasti ada kekurangan terutama untuk laptop bekas yang sudah cukup berumur. Alasan penjual lagi-lagi menjadi pertimbangan di sini.

7. Cek harga jual


Harga pasaran laptop bekas dengan harga barunya perlu dipertimbangkan. Jika ada perbedaan yang cukup jauh maka perhatikan baik-baik lagi, pasti ada kekurangan yang membuat harga laptop tersebut anjlok. Atau bandingkan juga tipe laptop tersebut antara penjual yang satu dengan penjual yang lainnya. Biasanya semakin murah semakin banyak kekurangannya. Untuk mendapatkan laptop bekas murah selalu bandingkan harga laptop di setiap toko dan daerah yang berbeda. Jangan mencari informasi hanya satu tempat referensi.

Beli Laptop Bekas Online


Apakah aman membeli laptop bekas online? Saya pikir resiko membeli laptop second secara online sangat besar. Jika harga yang ditawarkan pelapak sangat murah dan tidak masuk akal maka hati-hati sebelum membeli. jangan sampai tertipu. Ada banyak kekurangan membeli laptop bekas secara online seperti ongkos kirim yang mahal.


Tips membeli laptop bekas atau barang apapun secara online adalah dengan meminta penjual untuk memfoto barang tersebut dengan jelas pada saat bertanya. Pastikan hasil foto bukan hasil editan ataupun buram sehingga tidak jelas. Jangan sampai barang yang sampai ke rumah tidak sebaik barang yang terlihat di foto.

Saya lebih merekomendasikan untuk membeli laptop bekas dengan sistem COD (Cash on delivery) atau langsung ke toko atau orang yang menjualnya. Pastinya sistem seperti ini lebih aman dan terhindar dari penipuan. Jika laptop bekas tersebut tidak ada di kota Anda, sebaiknya meminta saudara di kota lain untuk mencari laptop tersebut di kotanya. Pesan saat membeli barang bekas murah terlebih secara online adalah jangan tergiur dengan harga yang murah namun tidak masuk akal. Cek, cek dan bandingkan harga agar tidak tertipu.

Demikianlah cara dan tips membeli laptop bekas murah berkualitas. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog Soksimon.com. Selalu membeli apapun dengan berdasarkan pada kebutuhan bukan karena ada diskon ataupun karena haraga barangnya yang murah.
  October 18, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close