Skip to main content

Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Laptop Baru - Syukur nih, punya uang untuk beli laptop baru. Tapi tunggu dulu, jangan asal beli! Hati-hati tertipu! Jangan sampai uang hasil kerja sebulan raib begitu saja akibat tertipu oleh pedagang yang tak berperikemanusiaan. Bukannya dapat laptop baru malah kena tipu karena kurang teliti dalam membeli laptop.
tips membeli laptop baru agar tidak tertipu
Tips membeli laptop baru agar tidak tertipu - pixabay.com

Penipuan memang dapat terjadi di mana saja, termasuk saat berniat membeli laptop baru. Saya tahu bahwa membeli laptop baru bagi sebagian besar orang, termasuk saya adalah kesempatan yang tidak muncul setiap tahunnya. Karena itu, saya ingin memberikan tips dan trik cara membeli laptop baru agar tidak tertipu oleh pedagang nakal yang tidak peduli dengan uang haram hasil nipu.

Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu


Selalu berhati-hati dan waspada terhadap penipuan agar tidak tertipu dalam membeli. Tanpa basa-basi, langsung saja berikut tips membeli laptop baru agar tidak tertipu

1. Beli Laptop Online atau Offline


Perlu diperhatikan bahwa baik beli laptop secara offline maupun online, resiko penipuan tetap ada. So, selalu waspada. Jika membeli laptop baru dengan cara online maka resiko tertipu bisa 2x lipat lebih besar dari pada membeli secara offline.


Jika beli laptop secara online online maka pastikan bahwa penjual adalah orang yang memiliki kredibilitas yang tinggi sehingga lebih terhindar dari resiko penipuan. 

Saya lebih merekomendasikan beli laptop secara offline terutama jika kita sudah bisa menjangkau laptop di kota besar. Dari pada ambil resiko yang tidak perlu, lebih baik langsung COD ke toko laptop sekalipun jauh dari jangkauan. 

Sekalian tuh, jalan-jalan. Tapi jangan sampai jalan-jalannya keterluan dan budget untuk beli laptop malah terkuras.

2. Cek Harga Laptop Toko Sebelah


Selalu bandingkan harga laptop yang satu dengan harga laptop yang lainnya dengan tipe yang sama. Jangan sampai harga yang ditawarkan lebih mahal, kan lumayan tuh. Apalagi laptop yang jauh lebih murah. 

Bisa-bisa niatnya beli laptop baru malah menjadi angan-angan karena tertipu oleh oknum jahat yang tidak bertanggung jawab. Harga murah masih menjadi daya tarik utama pembeli laptop. So, waspada dengan harga murah yang keterlaluan.

Dalam membeli suatu produk, terutama produk elektronik, harga dan kualitas terjamin itu selalu berbanding lurus. Jadi, saat beli laptop yang terpercaya, belilah ditempat yang harganya tidak murahan.

3. Penjual adalah Narasumber


Pernyataan bahwa pembeli adalah raja sangat saya junjung tinggi. Why? Karena memang mereka mendatangkan berkat bagi penjual. Namun masalahnya, banyak penjual, terutama penjual laptop online yang hanya memasang spesifikasi laptop yang dijual dan tidak ingin ditanya-tanya.

Bahkan yang lebih parah lagi, tidak sedikit selller laptop online yang langsung mencantumkan rekening transfer untuk segera mentransfer dana sebelum mengajukan pertanyaan seputar laptop yang mereka tawarkan. Kan aneh, masa iya mau jual laptop tapi gak mau ditanya perihal spesifikasi dan kualitas dagangannya?

Jika ada toko laptop offline yang tidak berniat menjelaskan produk yang mereka tawarkan maka saya tidak akan lama-lama. Bertanyalah sebelum membeli! Itu lebih baik dari pada membeli baru bertanya. Jangan malu bertanya, kan tugas penjual yang sejati adalah menjawab pertanyaan pembeli dengan ramah. 
Jangan terlalu banyak tanya juga ya, tanya seperlunya aja. Rugi tuh penjual kalau sudah menjawab semua pertanyaan kamu dan ujung-ujungnya gak jadi beli.

4. Beli Laptop Baru atau Bekas


Beli laptop baru juga bisa dalam keadaan bekas lho. Kan baru beli laptop? Tentu saja, tingkat penipuan membeli barang elektronik bekas jauh lebih tinggi kena tipu, apalagi jika secara online. Saya pernah membaca salah satu artikel tentang tips terbaik membeli laptop bekas secara online adalah hindari kata murah. Ya, lebih murah laptop maka kualitasnya akan semakin berkurang. 

Jika mau beli online laptop sebaiknya memang laptop baru ya, bukan laptop bekas yang resiko hardwarenya sudah digonta-ganti dengan spare part laptop murahan. Jangan percaya jika penjual mengatakan ini barang ori atau ini bekas rasa baru. Selidiki dan pastikan sendiri kebenarannya agar tidak tertipu.


5. Beli Laptop Hanya yang ORI


Jangan pikir untuk beli laptop KW rasa ORI. Emang ini pakaian atau sepatu? Beli sepatu atau pakaian murah berkualitas KW tidak menjadi masalah yang besar bagi sebagian besar orang. Tapi barang elektronik, jangan toleransi. 

Beli laptop baik bekas maupun baru pastikan bahwa semua kelengkapannya menggunakan spare part ORI. Tidak ada tuh yang kw-kw-an kualitas premium untuk barang elektronik. 

6. Ajak Rekan atau Saudara


Yang paling penting adalah ajak teman untuk mengecek laptop yang akan dibeli, baik itu di toko offline maupun seller yang bermaksud COD. Satu atau dua teman sudah cukup dan lebih baik ajak teman yang tahu tentang laptop dan seluk-beluknya biar bisa cek langsung spesifikasi laptop itu sendiri. 

Hitung-hitung teman juga bisa jadi pengawal yang siap meringkus penipu yang lihai. Asal jangan asyik ngobrol aja, bisa-bisa kalian malah jadi korban penipuan. Tertipu rame-rame gak seru ya.

7. Beli Laptop Sesuai Kebutuhan


Ternyata penipu itu bisa kamu sendiri lho! What? Gimana ceritanya tuh? Saat beli laptop baru, sebaiknya kamu pertimbangkan tujuan penggunaan laptop itu nantinya. Jangan sampai kamu membeli laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan diri sendiri. Bisa jadi karena tidak tahu jenis laptop yang dibutuhkan.

Jangan sampai ditipu oleh penjual untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Bisa jadi karena kemakan rayuan mbak-mbak salesnya yang cantik kamu beli laptop tanpa mempertimbangkan budget dan kebutuhanmu. Haduh! Jangan sampai deh tertipu oleh kata-kata manis sehingga ujung-ujungnya nangis juga karena menyesal.
Karena itu, selalu cari referensi cara membeli laptop berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai beli laptop asalah, bisa jadi kamu menipu diri sendiri dan menyesal karena tidak membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Selalu berhati-hati dalam membeli barang elektronik online karena tingkat penipuan cukup tinggi sehingga resiko untuk menjadi korban penipuan juga sangat besar. Sekali lagi, jangan sampai tertipu membeli laptop baru. Kalau pun baru tertipu, jangan sedih-sedih amat ya, pasti ada jalan keluar kok.

Demikianlah ulasan saya tentang cara dan tips membeli laptop baru agar tidak tertipu. Mengapa kita harus membaca artikel seperti ini? Silahkan jawab di komentar di bawah! Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dikoreksi. Terima kasih atas kujungannya ke blog Soksimon.com.
  October 17, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close