Skip to main content

13 Tips Cara Memilih Laptop Berkualitas

Apa sih, standar laptop dapat dikategorikan sebagai laptop berkualitas? Apakah spesifikasi laptop atau kah ada hal-hal lain yang lebih penting dalam memilih laptop berkualitas? Apa saja tips-tips membeli laptop berkualitas yang harus dipahami sebelum membeli laptop? 
tips membeli laptop berkualitas sesuai dengan kebutuhan
Tips Memilih dan Membeli Laptop Berkualitas - pixabay.com

Pada artikel ini, kita akan membahas tips dan cara membeli laptop berkualitas agar tidak kecewa dikemudian hari. Perlu diketahui bahwa laptop bukan lagi barang mewah tapi menjadi barang elektronik wajib bagi sebagian besar orang di dunia ini, termasuk Indonesia. Karena itu penting untuk mengetahui ciri-ciri laptop berkualitas sebelum memutuskan untuk membeli laptop baru.

Tips Memilih Laptop Berkualitas


Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop? Langsung saja, berikut beberapa hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih laptop berkualitas.

13. Desain Body Laptop

Jangan salah, tampilan bodi dan desain laptop tidak kalah penting dalam membeli laptop berkualitas. Laptop dengan desain yang ringan dan bodi yang kokoh pastinya akan jauh lebih menguntungkan. Dan yang paling penting, model laptop harus sesuai dengan harapan dan kesukaan yang membeli. Jangan memilih laptop berdasarkan pilihan orang lain, terutama dalam hal warna dan desain laptop agar tidak cepat bosan.

12. Sistem Operasi

Meskipun kita bisa menginstall sistem operasi bajakan, laptop dengan sistem operasi original pastinya akan lebih menguntungkan dari segi garansi dan lain-lain. Dibandingkan dengan memilih laptop tanpa sistem operasi (DOS) lebih baik membeli laptop yang sudah included dengan sistem operasi seperti Windows 10. Perlu diingat, saat ini sudah banyak laptop keluaran baru yang tidak mendukung sistem operasi Windows 7.

11. Kelengkapan dan Konektivitas

Kelengkapan laptop seperti DVD-RW, Mouse, lain-lain sangat penting. Selain itu, pastikan konektivitas seperti wifi tidak bermasalah karena dapat membuat kita kesulitan dalam mengatur masalah seperti ini. Kesalahan saya dalam memilih laptop adalah tidak adanya port untuk dikonekkan ke proyektor atau LCD.

10. Laptop Upgrade-Able

Setiap tahunnya, kualitas laptop baru akan mengalami penurunan daya kerja. Karena itu, penting untuk memiliki laptop yang dapat di-upgrade seperti RAM yang hanya 4 GB menjadi ram 8 Gb. Saya lebih suka laptop yang support upgrade-able dari pada yang tidak support.

9. Daya Tahan Baterai

Kita semua pasti ingin memiliki laptop dengan daya tahan baterai yang lama. Daya tahan suatu baterai dapat dilihat dari jumlah cell pada baterai laptop. Baterai dengan 2 cell lebih cepat kosong dari pada baterai 4 cell. Laptop yang sampai 6 cell pastinya akan memiliki daya tahan yang lama dan sehingga lebih menghemat pemakaian daya listrik.

8. Memilih Laptop yang Tidak Jatuh Harga

Memang saat sudah membeli laptop baru kita tidak memiliki harapan untuk menjualnya kembali. Tapi masalah dan hari esok dalam hidup siapa yang tahu? Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui nilai jual kembali suatu barang. Pastikan laptop yang dibeli memiliki harga jual kembali yang stabil.

7. Sesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Kalau saya boleh tahu, kamu beli laptop buat keperluan apa ya? Jika hanya untuk bekerja kantoran seperti mengetik dan browsing maka cukup dengan laptop 3-4 jutaan saja sudah cukup. Jika tujuannya untuk editing sederhana maka kita sudah harus mempertimbangkan spesifikasi laptop yang terbaik untuk kebutuhan kita.

Untuk mahasiswa teknik informatika, sebaiknya membeli laptop dengan kualitas yang sedikit lebih di atas untuk jaga-jaga jika harus bermain multimedia maupun coding program. Bisa memilih laptop desain grafis dengan harga 6 sampai 8 jutaan.

Untuk gamers, banyak yang harus diperhatikan dalam memilih laptop berkualitas untuk gaming. Namun tetap sesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Sebaik-baik dab berkualitasnya laptop adalah laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

6.  Ukuran dan Berat Laptop

Untuk kamu yang suka beraktivitas di luar rumah, pertimbangkan untuk memilih laptop yang ukurannya sedang dengan berat sedang. Hal ini juga tidak kalah penting. Setelah saya mengganti laptop dengan ukuran yang lebih lebar namun dengan berat yang ringan, perbedaan saat mententengnya sangat terasa. Lebih nyaman dan enak dibandingkan sebelumnya yang seperti membawa tabung 3 kg.

Untuk ukuran layar, saya lebih memilih yang sedang, yaitu 14 inch. Kenapa? Karena ukuran ini adalah ukuran yang paling ideal untuk laptop. Aman dan mudah dibawa ke mana-mana.

5. Merk Laptop

Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa spesifikasi laptop adalah hal yang utama. Namun saya sendiri lebih melihat ke merk laptop. Setiap merek atau brand pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya sendiri lebih prefer ke merk ACER. Untuk merk lainnya Thosiba, Dell dan Lenovo.

4. Garansi Laptop

Laptop yang bergaransi pasti akan membuat perasaan dan hati lebih tenang. Garansi membuat kita tidak perlu was-was terhadap kerusakan laptop yang diakibatkan oleh sistem laptop tersebut. So, pastikan ketersediaan service center di kota-kota terdekat agar bisa menikmati garansi yang diberkian.

3. Tipe Prosessor Laptop

Hal terpenting selanjutnya dalam memilih laptop berkualitas adalah dengan berpatokan pada tipe prosessor. Ada 2 produsen prosessor laptop yang populer di dunia, yaitu intel dan juga AMD. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan intel karena kualitasnya sudah terbukti. Intel yang keluaran terbaru ya. Perhatikan jenis-jenis prosessor intel dan generasinya serta kelebihan-kelebihannya masing-masing.

2. Kartu Grafis

Urusan seputar kartu grafis cocok dibahas oleh anak gaming. Kartu grafis yang populer di masyarakat saat ini adalah NVIDIA dan ATI Radeon. Setipa kartu grafis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, cari dulu kelebihan dan kekurangan kartu grafis intel dan ati radeon. 

Yang ngaku anak gaming harus memahami seputar spesifikasi suatu laptop tertuma pada bagian prosessor dan VGA agar mendukung game-game yang selalu up to date. Semakin tinggi spesifikasi laptop semakin mahal pula harganya. Saya juga masih prefer ke grafis NVIDIA dibandingkan dengan Radeon.

1. Cek Laptop Sebelum Meninggalkan Toko

Jangan sampai ada kelengkapan dan barang yang tertinggal. Periksalah laptop secara fisik sebelum meninggalkan toko dengan mengecek secara keseluruhan. Jangan sampai ada penyesalan karena ada yang hilang atau kurang lengkap.

Demikianlah tips cara memilih laptop berkualitas baik untuk pemula. Jangan sampai salah pilih laptop ya. Pesan dari saya, pilihlah laptop berdasarkan kebutuhan setelah itu berdasarkan budget. Kadang-kadang nanggung juga membeli laptop yang tidak sesuia kebutuhan karena alasan budget yang minim. Terima kasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar di bawah.

  October 17, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close