Skip to main content

Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat Mahir Tanpa Kursus

Belajar bahasa Inggris adalah suatu keharusan bagi generasi milenial jaman now. Beribu-ribu kebaikan dan manfaat menguasai dan jago bahasa Inggris. Tapi tidak semua bisa mahir dengan cepat karena salah menjalankan tips belajar bahasa Inggris.
Gambar tips belajar bahasa Inggris secara cepat mahir secara otodidak tanpa kursus
Tips belajar Bahasa Inggris Cepat Mahir Otodidak
pixabay

Banyak pemula yang ingin mendapatkan teknik tepat dan cepat belajar bahasa Inggris. Karena itu banyak yang salah persepsi terhadap tempat kursus online yang menggunakan slogan "Pintar bahasa Inggris dalam 1 hari." Tidak ada cara cepat menguasai bahasa Inggris hanya dalam waktu singkat. No! Tapi belajar adalah sebuah proses. Bahkan beberapa orang harus mencari tempat belajar bahasa Inggris yang mahal dan pergi ke kampung Inggris untuk bisa mahir percakapan dan berbahasa Inggris. Tapi tetap saja semua butuh waktu dan proses.

Hari ini, saya akan berbagi tips dan trik cara belajar bahasa Inggris otodidak tanpa kursus dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah sendiri dan lingkungan.

Mau jago bahasa Inggris? Mau mahir dalam bahasa Inggris? Belajarlah. Tidak tahu harus mulai dari mana? Karena itu ikuti tutorial di bawah ini.

Berikut Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat Mahir Tanpa Kursus


Mungkin kamu akan berpikir bahwa saya tidak konsisten. Katanya tadi tidak ada cara cepat. Memang betul tapi tips di bawah ini akan membuat kita lebih cepat menguasai bahasa Inggris secara otodidak.

1. Temukan cara belajar


Saya sering mendengar bahwa untuk bisa mahir berbahasa Inggris kita harus mengubah lingkungan belajar. Dan saya setuju dengan itu. 

Pertama-tama mari kita temukan tempat belajar yang menyenangkan untuk diri kita sendiri. Jangan terpaku pada keadaan dan pendapat sebagian besar orang yang mengatakan bahwa kita akan bisa bahasa Inggris jika kita berada di lingkungan yang identik dengan Inggris.

Tidak semua orang bisa pergi ke tempat tersebut karena berbagai alasan. Juga tidak perlu mengubah lingkungan kita menjadi Inggris sepenuhnya agar mahir berbahasa Inggris. Yang dibutuhkan adalah cara belajar yang tepat. Bukan tempat belajarnya.

2. Tempat belajar itu penting


Apa sih maksud Admin Soksimon.com ini? Tadi katanya tidak perlu tempat belajar. Baca baik-baik! Yang saya katakan di atas memiliki makna bahwa hal pertama dalam belajar bahasa Inggris adalah metode belajarnya, setelah itu kita akan menemukan tempat yang tepat.

Semua pasti setuju kalau tempat kursus adalah solusi yang paling tepat dalam belajar bahasa Inggris. Namun tahukah Anda bahwa tempat kursus lebih ditujukan untuk para pemula yang benar-benar masih asing dengan bahasa internasional ini. Jadi yang sudah punya basic

Sedangkan untuk mempermantap bahasa Inggris lebih tepat dengan mendatangi kampung Inggris. Jangan sampai terbalik ya. Tanpa kursus kita bisa mahir tapi pasti akan lebih cepat jika ada yang membimbing. Solusinya? Untungnya kita bisa menciptakan suasana tempat belajar yang menyenangkan. Dan ada banyak mentor untuk itu. Salah satunya internet.

Kisah inspirasi Jack Ma, founding dari Alibaba Group menceritakan caranya dalam menciptakan suasana belajar bahasa Inggris otodidak yang menarik dan menyenangkan. Tempat tinggalnya yang berada tidak jauh dari obyek wisata dan sering dikunjungi oleh turis membuatnya melihat peluang untuk bisa belajar bahasa Inggris.

Dia menawarkan diri untuk menjadi tour guide gratis hanya untuk bisa mahir bahasa Inggris. Why you don't try it? 

3. Berhenti berpikir cepat


Tidak ada yang instan dan semua butuh waktu untuk berproses. Berhenti mencari cara curang dengan berpikir bisa mahir bahasa Inggris dalam 1 hari. Mulailah belajar dan menghilangkan rasa malas. Karena ingin yang instan banyak dari kita yang gagal dan berhenti berjuang sebelum mencapai target.

Ada satu masalah umum orang malas yang ingin menguasai bahasa Inggris, yaitu saya bisa mahir percakapan bahasa Inggris jika saya sudah berada di Inggris. Bukan seperti itu. Berada di lingkungan yang full english hanya akan membuat kita lebih cepat bisa. Jika benar-benar pemula yang tanpa dasar sama sekali, cobalah pergi ke lingkungan orang yang berbahasa Inggris. 

Bagaimana rasanya? Hidup terasing tanpa paham apapun. Jika kamu masih balita yang tidak mengerti bahasa mungkin cara ini bisa. Karena itu, sejak kecil kamu harus mengingatkan orang tuamu untuk membawamu ke Inggris agar bisa mahir bahasa Inggris tanpa belajar :)

4. Jangan takut salah


Mendapat tugas bahasa Inggris atau pun saat bertemu dengan turis merupakan saat yang paling tepat untuk mengetahui tingkat berbahasa kita. Intinya jangan takut salah. Tahukah kamu bahwa di luar sana, termasuk turis yang datang ke Indonesia tidak semua lancar menggunakan bahasa Inggris. Bahkan ada juga yang sama sekali tidak bisa.

Tapi mereka tidak khawatir dan tidak takut. Mereka berani. Kuncinya adalah jangan pernah takut salah. Kita kan masih belajar? Ngapain takut salah ungkap ini ungkap itu menggunakan bahasa Inggris. Akan ada yang menegur dan menertawakan tata bahasamu. Dan itu sangat bagus, kita dapat belajar dari situ. 

Perbanyak kesalahan dengan berani berbicara dalam bahasa Inggris agar lebih mahir suatu hari nanti. Jangan takut salah. Itu lebih baik dari pada tidak mencoba sama sekali. Jika pronounce salah, apa coba masalahnya. Why not? Kenapa itu tidak mungkin? Namanya juga tahap belajar.

Nonton Timnas U-16 saat bertanding melawan Thailand beberapa bulan yang lalu dalam final AFF 2018? Ada suporter yang membawa spanduk bertuliskan "You is the best!" Tanpa sengaja komentator membacanya dengan semangat penuh kemudian menyadari bahwa kata yang tepat adalah "You are the best!" Salah itu wajar dalam tahap belajar. Yang pro juga masih terus belajar. Inilah yang membuat kita sering mendengar ungkapan "kita masih ada di dunia dan saya juga manusia."

6. Perbanyak vocabulary


Bagaimana mau belajar bahasa Inggris kalau masih miskin kosakata? Hal dasar yang paling pertama dalam belajar bahasa Inggris adalah menghafal sebanyak mungkin kata dalam bahasa Inggris. Cara mudahnya adalah dengan memulai dari benda-benda umum dan yang ada disekitar kita. Kemudian menghafal kata kerja. Jadikan kebiasaan!

Setelah itu, barulah kita belajar tentang grammar. Berbeda dengan belajar vocabulary yang mengandalkan kekuatan menghafal, grammar lebih cepat dikuasai dengan memahami. Grammar inilah yang akan digunakan untuk menghubungkan setiap kosakata dengan kata kerja, kata hubung dan lain-lain.

Memiliki banyak perbendaharaan kosakata akan membuat kita lebih mudah dalam merangkai suatu kalimat, termasuk dalam percakapan bahasa Inggris pemula. Tips terbaik belajar bahasa Inggris menurut saya adalah dimulai dari yang paling simple, seperti penggunaan sapaan hi, hello dan lain-lain.

7. Belajar Grammar


Ada satu lagi teknik mencari orang yang ingin menguasai bahasa Inggris, yaitu mahir tanpa perlu belajar grammar. Hei! Itu hanya teknik agar kita termotivasi dan tidak takut belajar bahasa Inggris. Banyak tempat kursus yang berhasil menggunakan slogan ini dengan baik. Mereka mengajarkan metode belajar bahasa Inggris seolah-olah tanpa grammar. Padahal mereka mengajarkannya tanpa membuat orang merasa curiga dengan kesulitannya.

Seberapa pentingkah belajar grammar? Saya pernah membaca artikel tentang apa yang akan terjadi jika menggunakan bahasa Inggris tanpa grammar. Ternyata sangat berbahaya dan bisa membuat orang salah tafsir dengan makna yang kita ungkapkan. Saya lupa nama website tersebut tapi kurang lebih Adminnya mengatakan: "Belajar bahasa Inggris tanpa grammar itu seperti menggunakan tanda baca yang salah dalam suatu kalimat. Contohnya saat ada orang yang menanyakan tentang hobi:

Contoh kalimat tanpa tanda baca.

I love cooking dog and my mother
Saya suka memasak anjing dan ibu saya

Coba bandingkan dengan yang menggunakan tanda baca yang tepat.

I love cooking, dog, and my mother
Saya suka memasak, anjing, dan ibu saya

Dari contoh tersebut kita dapat melihat peran grammar yang juga sangat penting. Tapi haruskah belajar grammar untuk bahasa Inggris? Itu harus! Namun kamu tidak perlu khawatir. Pahami ini dulu agar lebih termotivasi.

Kamu akan lebih mudah belajar bahasa Inggris dan lebih cepat mahir dengan grammar. Dan tidak perlu kursus untuk itu. Semua tutorial dan tips lengkapnya ada di internet dan youtube.

Grammar adalah tata bahasa dan itu adalah hal yang paling dasar. Inti dari grammar adalah cara tepat menggunakan tenses dalam bahasa Inggris. Ini akan kita bahas dalam pertemuan yang akan datang tentang cara mudah dan asyik belajar grammar.

8. Jago bahasa Inggris


Saya tidak pernah takut salah saat berbicara Inggris meskipun tata bahasanya salah. Toh, sebagian orang akan tetap berusaha untuk memahami arti dari ungkapan yang kita lontarkan meskipun terbalik-balik. Bicara dengan orang bule pun mereka terkadang tidak peduli soal itu, terutama saat berbicara terhadap para pelancong yang sedang berwisata. Mereka lebih menghargai usaha kita dan sebagian besar dari mereka menganggap itu adalah kesan yang menarik.

Kita harus mengubah pola pikir jago bahasa Inggris. Bahasa Inggris sama saja dengan bahasa lainnya di dunia. Ditujukan untuk dapat berkomunikasi dengan sesama. 

Jadi tidak perlu jago bahasa Inggris, terkecuali kalau kita ikut dalam lomba pidato atau lain sebagainya. But in conversation, asal kamu dan lawan bicara dapat memahami, why not? Belajar bahasa Inggris itu menyenangkan asal kita tidak terikat dengan aturan-aturan main yang menyulitkan.

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mengasyikkan


Pasti kamu sering mendengar tentang belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan musik, menonton video subtitle. Semua itu adalah usaha dan memang benar sekali. Namun metode mahir bahasa Inggris setiap orang pastilah berbeda, tergantung passion juga sih. Karena itu, berikut beberapa cara yang mengasyikkan dalam belajar bahasa Inggris.

1. Menonton video


Saya sering menggunakan cara ini dan memang tergolong ampuh dan terbukti. Saya lebih cepat mengerti grammar dengan menonton video berbahasa Inggris dengan subtitle. Banyak yang menyarankan film berdurasi panjang dan itu tepat sekali. Tapi saya pribadi lebih suka mendengarkan khotbah dari pendeta-pendeta karena saya suka itu. Juga lebih memilih mendengarkan kata-kata motivasi dari orang-orang sukses, terlebih mereka yang bukan native speakers (pembicara asli) karena lebih mudah mencerna apa yang mereka katakan.

Saya belajar bahasa Inggris dengan mendownload video-video motivasi dan inspirasi berbahasa Inggirs dengan subtitle Indonesia dari youtube. 

2. Berbicara dalam bahasa Inggris


Cara ini tergolong unik dan jika ada yang mendengarkan mungkin mereka akan menganggap saya stres ataupun gila. Saya sering berbicara sendiri dalam bahasa Inggris dan mengungkapkan ide-ide dalam bahasa Inggris yang pas-pasan. Jika ada kosakata yang tidak saya ketahui, ya itulah saatnya menggunakan teknik Cinta Laura yang menggabungkan bahasa Inggris dan Indonesia. Bedanya, dianya lupa kosakata dan saya tidak tahu vocabulary. 

Untuk para pemula, lebih baik belajar bahasa Inggris dengan menonton video dari pada mendengarkan lagu bahasa Inggris. Pronounce dalam lagu biasanya lebih sulit dipahami dan didengarkan dengan jelas.

3. Menuangkan ide


Saya biasanya belajar bahasa Inggris dengan mencari solusi dari suatu masalah. Saya menuangkan ide dalam bahasa Inggris, baik dalam bentuk tertulis maupun pikiran. Cara ini cukup efektif dan terbukti. Imajinasi lebih terbentuk. Dan biasanya kita belajar di mulai dari sini. Tidak ada yang tahu sebelum diungkapkan.

4. Membaca Novel dan Cerpen


Saya sendiri lebih suka membaca cerpen dalam bahasa Inggris. Dibandingkan dengan novel, cerpen lebih singkat, padat, dan jelas, langsung pada inti dari suatu permasalahan. Banyak aplikasi belajar bahasa Inggris di Playstore yang menyenangkan, termasuk aplikasi yang berisi kumpulan cerpen bahasa Inggris dan artinya. Hari-hari yang akan datang, saya juga akan berniat membaca artikel berita dalam bahasa Inggris.

5. Memanfaatkan kata-kata bijak


"Sambil menyelam minum air." Pepatah ini sangat tepat dalam belajar bahasa Inggris yang mengasyikkan. Kata-kata bijak inspirasi (Quotes dari para superstar) akan menjadikan kita lebih termotivasi dalam belajar, termasuk menguasai bahasa Inggris. Hal ini sejalan dengan tips nomor 1 yang menggunakan video menginspirasi. 

Selain menambah kosakata dan lebih mudah belajar grammar, kata-kata bijak juga akan memberikan motivasi untuk terus berjuang tanpa henti. Never give up! Belajar bahasa Inggris plus++. Satu kali action 2 hal berharga yang didapatkan.

Mungkin hanya itu tips belajar bahasa Inggris dari saya yang semoga dapat membuat kita lebih cepat mahir dalam berbahasa Inggris secara otodidak tanpa kursus. Tips terakhir yang paling penting, jika sudah punya dasarnya langsung masuk ke percakapan (Conversation). 
  October 30, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close