Suka Duka Menjadi Blogger

Suka Duka Menjadi Blogger

Hari ini, saya akan berbagi pengalaman suka duka menjadi blogger dari hari pertama sampai hari ini. Artikel ini hanya sebuah tulisan sederhana dari cerita seorang blogger pemula tentang kisah suka dan duka seorang blogger.
cerita dan pengalaman menjadi blogger
Cerita Pengalaman Blogger Pemula - pixabay.com

Pekerjaan blogger dapat menjadi suka jika dilakukan dengan benar dan dapat menjadi duka ketika mulai terasing dengan lingkungan sekitar.

Jangan pikir menjadi blogger itu hanya senang-senang aja! Banyak pergumulan dan derita yang terjadi dan silih berganti dengan sukacita.

Ini sedikit cerita dari saya sebagai blogger pemula yang hanya ingin fokus menulis dan belajar SEO sedikit demi sedikit. Penghasilan dari blog? Nantilah, fokus aja dulu. Karena menulis di blog sudah menjadi hobi saya maka duka itu sudah tidak terasa lagi.

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger


Berbicara tentang dunia online dan bisnis online memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya blogger. Kenapa? Karena setiap informasi peluang bisnis dan bisnis yang dibutuhkan di internet lebih banyak diberikan oleh blogger.

Namun tahukan kita bahwa menjadi seorang blogger itu juga tidak mudah? Pada tulisan ini, saya akan bercerita sedikit suka dan duka saya menjadi seorang blogger sebagai blogger yang masih berjuang untuk tampil di halaman pertama Google.

Mengenal Dunia Blogger


Pertama mengenal dunia blogger sejak masih SMP dulu saat berumur 14 tahun. Saya sudah menjadi blogger mulai dari duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Saat itu, saya menggunakan Mywapblog yang sekarang sudah nonaktif. 

Menjadi blogger di platform mywapblog hanya membutuhkan hp nokia java karena memang khusus untuk ponsel wap. Saya menggunakan hp nokia java pinjaman dari kakak.

Pada saat itu, kegiatan nge-blog itu bukan bertujuan untuk mendapatkan uang tapi sekedar sebagai hobi . Senang saja dapat menulis informasi tentang trik-trik hp java dan symbian serta membahas dunia anime. 

Beberapa tahaun kemudian, saya off dari dunia blogger di mywapblog karena sudah malas dan berbagai kesibukan lainnya di dunia nyata. 

Kembali ke dunia blogger 


Tahun 2017 saat duduk di tingkat 3, bangku Sekolah Menengah Atas menjadi awal bagi saya untuk kembali ke dunia blogger. Awal kembali ke dunia blogger adalah karena hobi yang kemudian menjurus ke arah monestisasi blog untuk mendapatkan penghasilan.

Di saat itulah, suka duka sebagai blogger sangat terasa. Saat berniat menghasilkan uang malah seakan mengeluarkan banyak modal, waktu dan tenaga. Pertama menghasilkan uang melalui blogging itu pun karena menjual blog mymelody13.blogspot.com yang sudah dikelola selama 10 bulan. 

Alasan penjualan blog tersebut karena alasan blog gado-gado yang katanya sulit untuk berkembang. Harga penjualannya hanya sekitar Rp260.000,- yang juga sudah terkoneksi dengan Google Adsense Hosted. Jauh dari kata sebanding tapi itu merupakan salah satu langkah berharga saya menjadi seorang blogger.

Dari hasil penjualan blog pertama di platform blogger.com yang juga masih blogspot tersebut saya gunakan untuk membeli domain TLD COM dari Rumahweb, salah satu jasa penyedia domain dan hosting di Indonesia.

Domain TLD COM tersebut saya gunakan untuk membangun blog toko online blogger gratis, hanya bayar domain di atas 100k. Setelah membuat blog toko online tersebut, saya memposting foto sepatu-sepatu dan kualitasnya yang kemudian melakukan share ke media sosial seperti Facebook.

Hasilnya nol, kuota habis tiap bulannya tanpa penjualan satu pun, meskipun banyak yang bertanya dan katanya siap jadi reseller untuk toko online saya. 

Menjadi Peternak Akun Adsense


Tidak menyerah sampai di situ, saya kemudian mencoba mendaftar Google Adsense dengan blog tersebut yang akhirnya di terima dengan cepat. 

Hanya beberapa menit menawarkan di grup facebook Blogger Indonesia dan adsensenya berhasil sold out.

Ketika melihat peluang bisnis online ini, saya semakin yakin bahwa menjadi seorang blogger memang adalah peluang. Setelah membuat blog baru lagi, saya langsung tancap ke domain TLD yang akhirnya mampu mendapatkan Google Adsense lagi dan lagi. Sebelum akhirnya di blok oleh google adsense.

Saya kemudian membangun beberapa blog lagi untuk menjadi peternak akun adsense. Cita-cita sederhana saya adalah menjadi peternak akun adsense terbesar di dunia blogger Indonesia. Tuhan mengabulkan.

Membuat email, mendaftar Adsense, menunggu review, hasilnya diterima atau ditolak menjadi kisah panjang saya menjadi seorang blogger peternak adsense. Proses membosankan tersebut terulang selama beberapa bulan. Berhasil diterima adsense adalah karunia dari Tuhan. 

Peternak akun adsense mendapat keuntungan dengan adanya teknik fb ads to adsense dan CSE. Banyak Internet Marketers yang membutuhkan akun adsense fresh yang kami jual untuk keperluan tim dan eksperimen.

Fokus Membangun Blog Branding


Setelah bosan dengan ternak adsense, saya kembali ke jalan blogger sukses untuk pemula, yaitu fokus membangun blog branding. Beberapa kali membeli domain TLD dan berencana membuat blog branding namun gagal karena kesalahan memilih niche blog dan juga nama domain.

Akhirnya, menjelang satu minggu terkakhir bulan September 2018, saya menemukan nama yang pas untuk domain dan niche blog yang tepat untuk saya, yaitu Soksimon.com yang penuh filosofi. Jual blog gado-gado dan membangun blog gado-gado kembali bukankah sebuah kesalahan? Tidak, karena ini berbeda, beda nama dan beda tujuan.

Itulah pengalaman dan perjalanan saya dalam dunia blogger yang penuh suka duka. Perjalanan yang masih terus berlanjut karena perjalanan saya belum mencapai pertengahan untuk mencapai puncak kesuksesan seorang blogger. 
Lelah dan letih, malas dan kehilangan fokus menjadi teman hidup seorang blogger pemula.

Suka duka seorang blogger ketika rasa malas untuk menulis artikel karena kesibukan di dunia nyata atau pun karena kebutuhan di dunia nyata yang menyebabkan blog terbengkalai dan lambat dalam berkembang. 

Namun semua suka duka itu mungkin akan hilang saat seorang blogger sudah dapat mendapatkan surat cinta dari google adsense setiap bulannya. Mungkin ya, bisa juga tidak?

Namun itulah tujuan saya nge-blog sekarang, untuk membuat blog branding dan kalaupun tidak bisa ya mau bagaimana lagi. Jika tidak mendapatkan ribuan visitor perharinya maka satu pengujung pun tidak masalah agar artikel dan tulisan saya dapat bermanfaat.

Menjadi seorang blogger memang tidak akan mudah jika hanya berfokus pada penghasilan tanpa berniat membangun kualitas blog dari segi artikel untuk mendapatkan ribuan pengunjung setiap harinya. 

Saya pun masih pemula dalam dunia tulis menulis dan dunia blogger. Saya menulis untuk blog sendiri sebagai investasi dan untuk berbagi cerita dan pengalaman saya hidup di dunia ini. Mengapa menulis? Ketika saya mati, tulisan-tulisan ini akan tetap tinggal sebagai kenangan untuk generasi berikutnya.
Sekian pengalaman saya menjadi seorang blogger pemula yang penuh suka duka. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Jangan lupa bagikan pengalamanmu menjadi seorang blogger di kolom komentar di bawah ini.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!