Skip to main content

Peraturan Terbaru Google Adsense, Bikin Peternak Mundur!

Google Adsense lagi-lagi mengeluarkan aturan baru. Seperti biasanya, perturan dan kebijakan Google Adsense yang baru selalu membawa informasi buruk bagi publishernya iklannya. Namun kali ini kabar buruk dari aturan Google Adsense terbaru ditujukan untuk para peternak akun adsense.
Masalah penambahan situs blog di adsense terbaru
Peraturan Terbaru Google Adsense Update 2018 - pixabay.com

Adsense sepertinya menyadari akan banyaknya pendaftar adsense dengan tujuan berjualan akun adsense hasil full approve. Tentu saja, semakin banyak pendaftar adsense maka akan membawa keuntungan bagi Google. Namun tetap saja, Google Adsense harus tetap menjagi kepercayaan pengiklannya.

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang aturan adsense terbaru ini. Tapi, intinya adalah saat ini agar bisa mendaftar dan menjadi publisher iklan adsense ada 3 komponen utama yang berlaku, yaitu akun gmail, blog dan domain. Domain inilah yang menjadi masalah utama pendaftaran akun adsense saat ini. Kita masih tetap berfokus pada blog saat daftar adsense, tapi setelah full approve kita sudah tidak bisa sembarangan menampilkan iklan adsense di situs blog. Jawaban terupdate ada di bagian bawah artikel!

Peraturan Terbaru Google Adsense, Bikin Peternak Mundur! Yups! Dulu senang-senang bisa daftar dan full approve dengan mudah, sekarang susahnya banyak. Terutama adsense yang harus review lagi.

Aturan Baru Adsense Update 2018


Kronologi aturan baru adsense ini ditandai dengan berubahnya tampilan full approve Google Adsense yang diterima lewat email sekitar 3 hari sebelum aturan baru tersebut berlaku. Tampilan full approve adsense bukan lagi tampilan kuning emas seperti biasanya dengan kartun pria.

Pada 4 Oktober 2018, aturan adsense terbaru kemudian berlaku. Bukan hanya tampilan saat diterima oleh Google Adsense yang berubah tapi juga tampilan dashboard menu utama Google Adsense juga sudah berubah. 
dampak peraturan baru Google adsense
Tampilan Full Approve Google Terbaru

Syukur, aturan baru tersebut yang mengubah tampilan menu utama Google Adsense hanya berlaku untuk akun adsense fresh yang diterima pada tanggal 4 Oktober 2018. 

Perubahan tersebut terletak pada terdapatnya Menus Situs (Sites) pada dashboard utama yang selama ini berapa dalam Menu Pengaturan submenu Situs. Berpindahnya letak pengaturan situs keluar Menu Pengaturan tersebut membuat Menu Sites berdiri sendiri dengan aturannya sendiri.
peraturan dan kebijakan terbaru Google Adsense
Aturan Adsense Terbaru 2018

Tapi ada kok yang daftar Google Adsense diterima 4 Oktober bahkan 5 Oktober 2018. Lanjutkan aja bacanya dulu, nanti akan dibahas juga kok di bagian bawah artikel ini.

Dampak Aturan Terbaru Google Adsense


Apa saja dampak dari aturan adsense baru ini? Seperti biasanya, selalu ada dampak negatif dan dampak positif dari suatu kejadian. Berikut akibat buruk dan baik dari aturan adsense terbaru 2018.

Dampak Positif Aturan Google Adsense Terbaru


Berikut dampak positif terbaru peraturan Google Adsense untuk para blogger.

1. Masa depan blogger


Seperti beberapa tahun yang lalu, persaingan blogger akan kembali ke tujuan utama blogger, yaitu membuat artikel populer dan berkualitas. Pertarungan SEO akan kembali menjadi pertandingan utama para blogger termasuk blogger pemula yang kurang fokus dalam mengelolah blog karena fenomena ternak adsense yang menghasilkan uang dengan cepat.

Aturan baru Google Adsense tersebut seharusnya menjadi teguran bagi para peternak adsense untuk tetap membangun blog branding berkualitas yang dapat bersaing secara SEO. Aturan baru ini bisa menjadi motivasi dan tantangan dari Google yang harus dijawab oleh blogger baru.

2. Kualitas blogger


Kita semua masih belajar. Tapi dengan adanya aturan adsense baru ini, kita akan lebih berusaha untuk dapat membuat blog dan konten yang berkualitas. Kualitas dari seorang blogger terlihat dari blognya dan manfaat kontennya bagi para pembaca.

3. Registar Domain


Keuntungan dari aturan baru ini tentu saja paling dinikmati oleh para penyedia hosting dan domain. Akan ada pembelian domain besar-besaran akibat aturan baru Adsense ini yang tentunya membuat para penyedia domain akan mengalami keuntungan yang berlipat ganda. 

Dampak Negatif Aturan Google Adsense Terbaru


Dampak positif aturan baru Google Adsense sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Dampak negatif aturan baru Adsense bisa dikatakan sangat terasa oleh sebagian besar Internet Marketers seperti peternak akun adsense dan para pemain CSE dan fb ads to adsense. Apa saja dampak negatif aturan terbaru Google Adsense?

1. Peternak akun adsense berkurang


"Berhenti ternak adsense, biar aku aja, berat!" Aturan baru ini bisa dikatakan menjadi aturan yang sangat mendisiplinkan para peternak adsense. Dengan adanya aturan terbaru ini, diterima Google Adsense atau full approve adsense bukan lagi hal yang langkah. Bukan berarti mudah full approve ya, tapi sebaliknya semakin sulit untuk bisa diterima oleh Google Adsense.

Aturan baru adsense membuat situs yang bisa menampilkan iklan adsense hanya situs blog yang telah diterima full approve adsense itu sendiri. Jika ingin menampilkan iklan adsense pada akun yang sama dengan situs blog yang lainnya harus melalui review ulang lagi. Alhasil, ini sama saja dengan mendaftar ulang Google Adsense.

2. Pemain CSE dan Fb ads to adsense


Dampak terburuknya sebenarnya bukan dialami oleh para peternak adsense tapi dialami oleh para sultan dan suhu pengguna Google Adsense fresh dari para peternak. Sebut saja para pemain fb ads to adsense yang harus mencari akun adsense beserta blognya. 

Belum lewat badai banned akun Google Adsense, masalah baru muncul lagi. Tapi saya suka dengan semangat juang para pemain fb ads to adsense yang tidak tanggung-tanggung dalam belajar fb ads to adsense sehingga bisa menghasilkan kesuksesan yang besar. Baik rugi maupun untung, mereka akan terus berusaha. Karena itu, saya tidak melihat ada satupun pemain fb ads to adsense yang akan menyerah terhadap aturan baru ini.

Solusi Terhadap Aturan Baru Google Adsense


Saya selalu percaya bahwa di mana ada kemauan di situ ada jalan. Banyak sekali peternak adsense yang khawatir dengan aturan baru ini. Mereka berpikir ini akan menjadi akhir kegiatan jual beli adsense. Sebenernya hal itu tidak akan mungkin juga untuk saat ini. Kegiatan jual beli akun adsense masih akan berlangsung beberapa tahun ke depan sampai batas waktu yang tidak diketahui.

Untuk para peternak adsense harus bekerja lebih keras lagi agar pekerjaan ini tidak berhenti sampai di sini. Perubahan baru tersebut sebenarnya bukanlah masalah yang serius. Seriously. Ya, saya serius. 

Aturan baru adsense Oktober 2018 ini bukanlah masalah besar. Kegiatan para peternak dan para pemain fb ads to adsense akan tetap berjalan. Kemarin saya sempat tertawa ketika melihat perang yang dinyatakan oleh para teman-teman blogger, secara khusus teman-teman peternak adsense yang menyatakan perang terhadap aturan baru Google dengan misi mencari BUG atau celah untuk mendaftar adsense seperti biasanya. Semangat ini sudah berhasil memberikan jawaban atas masalah baru di dunia adsense.

Apa saja solusi yang dapat digunakan untuk menangani masalah aturan baru Google Adsense ini?

1. Perubahan metode daftar Google Adsense


Sebelumnya, full approve adsense tergantung penuh pada blog yang didaftarkan dan akun adsense full approve bebas menayangkan akun adsense di blog manapun. Saat ini karena aturan baru, blog bukan hanya sebagai faktor utama yang penting tapi juga domain yang sudah didaftarkan.

Domain yang sudah full approve memegang peranan penting dalam menayangkan akun adsense. Domain tersebut adalah partner dari akun adsense full approve itu sendiri.

Dengan kata lain, saat ini daftar adsense itu bukan hanya daftar blog tapi secara khusus daftar domain untuk Google Adsense. Jadi, jangan sekali-kali menghapus domain yang sudah didaftarkan adsense dan berhasil diterima pada Menu Sites karena hanya domain tersebut yang dapat menampilkan iklan adsense. Menghapus domain tersebut sama saja dengan mendaftar domain baru.

2. Jual domain dan akun adsense fresh


Kebutuhan utama para pemain fb ads to adsense adalah akun Google Adsense. Bukan karena mereka tidak tahu daftar adsense tapi karena mereka sudah tidak mau ribet dengan daftar dan ditolak adsense. Membeli akun adsense tanpa domain yang terhubung tidak akan berarti banyak.

3. Kerjasama antara peternak dan pemain fb ads to adsense


Solusi terbaik sampai hari ini sejak aturan baru tersebut diresmikan hanya satu, yaitu membangun kerjasama antara pemain fb ads to adsense dengan peternak adsense. Paling tidak, para peternak harus siap menjual domain approvenya kepada para pemain fb ads to adsense beserta dengan akun Google Adsensenya.

Tentu saja, harga jual akun adsense fresh akan mengalami penurunan tapi dengan menjual adsense + domain approve harganya malah akan lebih melambung dari sebelumnya. Memang akan sedikit berat bagi blogger peternak adsense untuk melepas domain approvenya.

4. Kerja keras pemain fb ads to adsense (Adsense)


Sebenarnya masalah ini sama sekali tidak berarti jika para pemain fb ads to adsense siap menunggu review situsnya di akun adsense yang sudah full approve tersebut. Asumsi saya, adsense yang sudah diterima meskipun harus mereview situs lain yang ingin menggunakannya tidak akan seketat saat proses review diterimanya akun Google Adsense. 

Proses review situs baru di akun Google Adsense yang telah diterima tidak akan selama situs yang digunakan untuk daftar Google Adsense.

Jika para pemain fb ads to adsense memutuskan untuk membuat akun adsense sendiri sepertinya akan lebih rumit lagi. Nomor hp fresh untuk daftar email dan proses daftar email sampai akun adsense pastinya akan membutuhkan waktu lama. Belum lagi kalau sudah berminggu-minggu digantung dan hasil akhirnya tragis, penolakan dari Mbah Google. Berbeda dengan para peternak yang sudah mengetahui seluk-beluk daftar Google Adsense dengan cepat.

Melihat dari beberapa pilihan, solusi terbaik atas masalah aturan baru Google Adsense dari saya adalah tetap seperti biasanya. Para peternak tetap menjual akun adsensenya terhadap para pemain fb ads to adsense dan pemain fb ads menambahkan situsnya untuk direview kembali oleh Google Adsense yang tentunya akan lebih cepat proses mengetahui statusnya.

Solusi kedua dari saya, jika para pemain fb ads to adsense tidak ingin repot mereka bisa membeli domain beserta akun adsensenya. Solusi kedua ini yang paling memungkinkan kedepannya agar para peternak adsense dan pemain fb ads to adsense tetap awet dengan penghasilannya.

5. Menunggu solusi dari para Master


Yes, gak jadi pensiun fb ads maupun beternak akun adsense. Benar saja, dari beberapa percobaan teman-teman yang sudah berpengalaman, proses review blog dengan domain TLD tidak seketat seperti saat daftar Google Adsense terbaru.

So, para pemain fb ads tetap bisa menggunakan situs miliknya dan menunggu beberapa saat sampai menerima pemberitahuan dari Adsense kembali. Prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan mendaftar Google Adsense. Semuanya tetap berjalan normal kembali

Ada blog yang ditolak jika ingin daftar adsense tapi ketika ditambah di situs yang akan menampilkan iklan pada akun adsense yang sudah di approve tetap sukses melewati review.

Update terbaru 2018! 


Para master telah melakukan percobaan dan hasilnya, proses review blog untuk menampilkan iklan adsense lebih mudah dari pada daftar adsense. Jadi, masalah yang dijelaskan di atas tidak berlaku seperti:

1. Tidak perlu jual domain + akun adsense, cukup adsense aja
2. Registar domain tidak jadi untuk 2X lipat :)
3. Harga akun adsense fresh stabil karena tidak terjadi inflasi akun maupun kelangkaan akun.

Normal Kembali untuk Saat Ini!

Demikianlah ulasan saya tentang aturan adsense terbaru dan solusinya bagi para peternak adsense dan pemain fb ads to adsense. Masih ada satu!

Baca juga Rahasia Ternak Akun Adsense Terbaru 2018

Akun yang Bebas dari Aturan Google Adsense Terbaru


Bagaimana dengan akun adsense yang diterima pada tanggal 4 Oktober 2018 yang tidak mengalami perubahan. Berdasarkan hasil diskusi teman-teman blogger, adsense yang mengalami perubahan tersebut hanya berlaku untuk akun adsense fresh yang menggunakan email baru beberapa hari sebelum hal ini terjadi.

Jadi, untuk adsense yang sudah didaftarkan beberapa minggu atau bulan sebelumnya yang belum ada kabarnya ataupun telah berkali-kali ditolak sebelum aturan tersebut tidak akan mengalami perubahan, bisa dengan bebas menambahkan situs blog.

Hal ini telah saya buktikan di mana saya mendaftar Google Adsense dengan 2 blog. Akun gmail yang sudah beberapa bulan yang lalu saya daftarkan dan full approve pada 5 Oktober 2018 tidak mengalami perubahan Menu Sites. Berbeda dengan akun gmail yang baru saya daftar beberapa Minggu terakhir yang berhasil full approve pada 5 Oktober 2018 telah terkena dampak aturan baru tersebut.

Jadi, akun adsense yang telah didaftarkan sebelum berlakunya aturan ini akan terbebas dari aturan baru adsense 2018.

Sekian dari saya, selalu ada solusi dan BUG dari suatu aturan. Don't worry dan hiduplah seperti biasanya. Sebenarnya saya sudah beberapa kali mengingatkan agar blogger membangun blog branding sendiri dengan mengutamakan kualitas artikel agar tidak kewalahan dengan masalah seperti ini. Saya juga berpendapat bahwa peraturan adsense ke depannya akan jauh lebih ketat dari pada yang saat ini.

Dengan aturan Google Adsense terbaru ini, baik peternak adsense maupun peternak fb ads to adsense harus bekerja lebih keras lagi. Jika pemain fb ads beli adsense beserta domainnya, maka yang ribet blogger yang harus beli domain baru. Jadi, ambil yang bagian tengahnya aja, hari ini, domain dan akun adsense sudah harus dijual sepaket dengan harga yang tetap terjangkau. Jangan ada yang saling merugikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 
Masukan dan saran serta kritik di kolom komentar dari teman-teman semua sangat dibutuhkan, terutama masalah yang berkaitan dengan aturan baru Google Adsense 2018 ini.
  October 05, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close