Penyebab Kue Bolu Kukus Bantat dan Tips Mengatasinya

Penyebab Kue Bolu Kukus Bantat dan Tips Mengatasinya

Penyebab Kue Bolu Kukus Bantat dan Tips Mengatasinya - Kok bolunya bantat sih? Padahal resepnya sudah benar lho "resep bolu kukus anti bantat enak dan sederhana." Ternyata ada banyak penyebab yang mengakibatkan cake atau bolu bantat. Hari ini, kita akan belajar mengenal penyebab kue bolu atau cake menjadi bantat dan tips mengatasinya.

penyebab bolu bantat dan tips mengatasinya
Penyebab Bolu Bantat

🔹PENYEBAB PEMBUATAN CAKE/BOLU YANG SELALU GAGAL/BANTAT🔹


Cake nya kok bantat yaa?
Cake pas di oven mengembang tapi waktu dikeluarkan dari oven kok kempes, kenapa ya?..
Itu yang sering kita alamin saat membuat cake atau bolu, trus bagaimana tips nya?... 😊

Yuukks... Disimak beberapa kesalahan dalam pembuatan nya yang menyebabkan cake atau bolu selalu gagal (bantat/kempes) 👇

Langsung saja, berikut tips-tips cara membuat kue bolu yang anti bantat.

Peralatan yg akan di gunakan dlm keadaan kotor (ada bekas minyak, bekas air sehabis mencuci peralatan, sisa adonan sebelumnya, debu dll) pastikan peralatan bersih/di lap. 

Telur dalam keadaan dingin dari lemari es, mengakibatkan telur sulit naik ketika dikocok. Sebelum digunakan keluarkan terlebih dahulu telur dari kulkas smp normal suhu ruang.

Terlalu banyak baking powder, cake akan beremah/berpori terlalu banyak.

Adonan belum cukup stabil, pengocokan sudah dihentikan, sehingga adonan turun dengan segera, mengakibatkan kue bantat.

Mencampur terigu ke dalam adonan telur dengan adukan kuat, mengakibatkan udara dalam telur terbuang dan terigu membentuk gluten, kue menjadi liat/bantet.

Mencairkan mentega/margarin sampai mendidih sehingga daya emulsi mentega hilang dan kandungan airnya habis.Cake menjadi berminyak tapi tidak moist (lembab). Cairkan mentega/ margarin "asal cair" saja, angkat dari api sebelum semua bagian mentega meleleh. Bagian yang belum cair akan mencair sendiri smbil di aduk karna suhu hangat.

Jangan langsung mencampurkan lelehan margarin/mentega dlm keadaan panas, dpt menyebabkan adonan kocokan telur langsung kempes/turun, tunggu smp dingin/hangat kuku baru tuang. 

Mentega/margarin cair belum tercampur rata dengan adonan telur, masih ada yang tertinggal di dasar mangkuk. Mentega yang tidak tercampur ini akan membuat endapan keras di dasar kue.

Penambahan bahan cair lain (misalnya: susu) dalam keadaan dingin. Semua bahan sebaiknya berada pada suhu ruang.

Oven belum cukup panas ketika adonan masuk, akibatnya adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang.

Api terlalu besar atau terlalu kecil. Api terlalu besar akan menghanguskan bagian luar cake sementara tengahnya belum matang. Api terlalu kecil akan membuat adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang.

Panas oven tidak rata, akibatnya kue miring atau matang/hangus sebagian

Terlalu lama memanggang, mengakibatkan kue menjadi kering, tidak moist lagi. Jika kue belum matang setelah waktu yang dianjurkan, tambah waktunya kurang lebih 5 menit, lakukan test, dan segera angkat kue setelah lidi yang digunakan untuk menusuk kue keluar dalam keadaan bersih.

Membuka oven saat pemanggangan berlangsung. Suhu oven akan turun dan jika struktur kue belum kokoh, maka kue akan kempis (turun). Jika ingin membuka pintu oven, lakukan paling cepat setelah ¾ waktu pemanggangan.

Kebanyakan/kurang tepung terigu, takaran antara tepung terigu dgn bahan2 lainya harus pas. 

Jika kita sudah mengetahui penyebab kue bolu kukus bantat, sudah pasti akan lebih mudah bagi kita untuk menghindari penyebabnya dan menemukan cara terbaik untuk mengatasi bolu yang bantat.
Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara atasi kue bolu kukus bantat dengan tepat. Semoga bermanfaat dan terima kasih dengan atas kunjungannya. Salam tips dunia kuliner dari Soksimon.com.

Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!