7 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

7 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal - Mahasiswa ingin terjun ke dunia bisnis bukanlah hal yang baru lagi. Peluang bisnis saat ini sudah tidak terhitung banyaknya. Bahkan Bob Sadino mengatakan bahwa di mana-mana ada peluang. Pendapat tersebut sangat benar. Disekitar kita banyak sekali peluang bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan bagi para pelakunya. Dan modal yang dibutuhkan juga kecil.

Peluang bisnis dan usaha tanpa modal hanya sebagai pemanis. Segala sesuatu butuh modal. Modal tenaga, waktu, pikiran, materi dan berbagai pengorbanan lainnya.
peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil
Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Modal Kecil - pixabay.com
Bisnis tanpa modal bisa dikatakan tidak mungkin, Semua butuh modal, bukan hanya uang tapi waktu dan pikiran. Judul di artikel ini ditulis agar Anda membaca bagian ini bahwa : "Bisnis Tanpa Modal Tidak Ada, Semua Butuh Modal." Modal bukan hanya uang ya.

Yang menjadi pokok permasalahan adalah kurangnya pelaku yang siap kerja. Ada yang beralasan modal, ada yang beralasan tidak bisa menjalankan bisnis karena fokus kuliah. Semua itu hanya alasan. Seseorang yang benar-benar ingin terjun ke dunia bisnis tidak akan terfokus pada masalah ada tidaknya waktu dan modal. Di mana ada kemauan disitu ada jalan.

Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil


Berikut beberapa peluang yang cocok dijalankan oleh mahasiswa dengan tanpa modal atau modal kecil.

7. Menjadi Freelancer


Peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang ke 7 adalah menjadi seorang freelancer. Pekerjaan freelancer dikalangan mahasiswa sudah tidak asing lagi. Hanya duduk di depan komputer seorang mahasiswa bisa mendapatkan jutaan sampai puluhan juta setiap bulannya.

Beberapa peluang freelancer untuk mahasiswa adalah menjadi seorang blogger atau youtuber. Tentu saja menghasilkan uang dari blog atau pun youtube memerlukan ide yang kreatif dan inovatif. Peluang untuk menjadi blogger dan youtuber masih sangat besar.

Masalah yang paling utama dalam mengelolah suatu blog atau akun adalah menentukan niche atau tema dari blog atau pun video. Konsistensi adalah kunci mendapatkan uang saat menjadi freelancer. Sedikit saran, menjadi youtuber atau blogger membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup bahkan kebutuhan kuota aja.

6. Membuka Les Privat


Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris maka kamu bisa membuka les private untuk pelajar maupun teman-teman mahasiswamu. Atau pun di dunia musik jika kamu punya kemampuan bermain gitar atau pun alat musik lainnya maka kamu kemungkinan dapat menghasilkan penghasilan dari keahlianmu tersebut.

Untuk membuka jasa les privat kamu membutuhkan kepercayaan diri dan harus memiliki banyak referesensi untuk menjadi pengajar atau pelatih.

5. Bisnis Pertanian


Dari pertanian, peluang bisnis memang masih terbuka lebar. Berbagai peluang bisnis dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa di dunia pertanian adalah menanam sayur-sayuran organik atau pun usaha tabulampot dengan menanam bibit-bibit dan memasarkannya.

Jika kamu mau menjalankan usaha tabulampot kamu hanya butuh beberapa keahlian dalam mengatur dan menata tempat tinggalmu untuk dapat memuat pot-pot tabulampotmu.

4. Menjadi Driver Ojek Online


Invasi teknologi di berbagai bidang telah merasuki hampir seluruh lini kehidupan kita. Dan peluang bisnis semakin terbuka untuk itu. Menjadi seorang tukang ojek online dapat membantumu mendapatkan penghasilan saat masih duduk di bangku kuliah. Tidak membutuhkan banyak modal tapi penghasilan yang kamu dapatkan cukup lumayan terlebih dengan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan tempat kamu bermitra. Menjadi mitra perusahaan ojek memberikan banyak manfaat serta keuntungan tambahan.

3. Jualan Pulsa Data dan Seluler


Bisnis yang satu ini memang sangat mudah dilakukan. Saya juga pernah melakukannya dan memang hasilnya cukup menguntungkan. Menguntungkan bukan dari segi profit tapi dari efisiensi waktunya. Untuk berjualan pulsa, kita tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama.

Cukup katakan dan berikan pelayanan terbaik kepada para pembeli pulsa dan mereka akan menjadi pelanggan yang setia. Satu-satunya yang menjadi tantangan untuk menjalankan peluang bisnis adalah menagih teman-teman yang melakukan bon.

2. Menjadi Dropshipper


Bisnis yang satu ini memang sangat laris manis dan peluang menjalankannya masih terbuka. Menjadi seorang dropshipper tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup hp atau laptop dan kuota internet maka kita bisa menjalankan bisnis dropshipper ini.

Menjadi seorang dropshipper tidak perlu melakukan stok barang. Seorang dropshipper hanya perlu mencari supplier yang terpercaya. Mulai dari harga sampai kualitas barang. Setelah cukup sukses menjadi dropshipper maka kamu bisa mulai mengeluarkan duit untuk stok barang. Hal ini sebagai tanda bahwa bisnismu semakin berkembang.

1. Reseller


Menjadi reseller dalam dunia online berarti membeli barang untuk dijual kembali. Biasanya bisnis ini dijalankan setelah menjadi dropshipper yang sukses atau mencoba mengambil resiko untuk mengeluarkan modal melakukan stok barang.

Tentu saja, keuntungan menjadi reseller bisa dikatakan lebih berprofit jika dibandingkan dengan dropshipper. Modal yang dibutuhkan untuk menyetok barang cukup Rp 500.000 untuk barang seperti baju kaos atau kemeja dan Rp 1.000.000 untuk menyetok barang seperti sepatu, sesuai kualitas. Harga tersebut berpacu pada barang-barang yang sering di order secara grosir. KW atau ori? Entahlah, yang penting kualitasnya terjaga.

7 peluang bisnis di atas hanya sebagian kecil dari gambaran banyaknya peluang bisnis disekitar kita, secara khusus yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Saya tahu bahwa kesibukan di dunia kampus dan tugas-tugas kuliah memang membatasi gerak seorang mahasiswa. Tapi dengan management time yang baik, menjadi mahasiswa sekaligus berbisnis bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Banyak yang berhasil, masa kamu tidak?

Apapun jenis usaha dan bisnis, yang paling penting adalah ketekunan yang mendatangkan kefokusan. Setiap usaha pasti akan berhasil jika kita selalu belajar.

Demikianlah artikel tentang peluang bisnis yang cocok bagi mahasiswa tanpa modal. Eh, peluang usaha dengan modal kecil lebih tepatnya. Jika ada peluang usaha yang menurutmu juga bagus, mari kita diskusikan di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung! 
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!