Skip to main content

Cara Burning DVD dan Membuat Bootable Windows 7

Membuat bootable DVD Windows 7 memang sedikit lebih rumit dari pada menggunakan flashdisk sebagai media installer. Saya membuat postingan ini agar tidak banyak yang membuang-buang DVD karena gagal pada proses burning file ISO. Saya sudah menghabiskan beberapa media penyimpanan yang sudah tidak populer ini untuk melakukan percobaan.
gambar tentang bootable dvd windows 7
Burning DVD untuk Membuat DVD Bootable Windows 7
Pixabay
Apa itu bootable DVD? Bootable adalah suatu proses menjadikan DVD atau flashdisk sebagai media untuk menginstall windows 7. Proses itu melewati tahap burning. Jangan salah paham. Burning di sini dilakukan dengan laptop dan tidak menggunakan api sama sekali. Mudahnya burning adalah cara memasukkan sebuah file ke dalam CD/DVD.

Sedikit cerita, semua file dan aplikasi untuk membuat bootable DVD masih tersimpan di laptop yang akan diinstall windows 7. Termasuk file ISO-nya.

Kan saya memang masih punya Bootable DVD yang masih work saya gunakan beberapa bulan yang lalu.

Tanpa pikir panjang saya kemudian melakukan proses instalasi windows 7 seperti biasanya. Masukkan DVD Installer dan langsung menuju partisi system C yang menjadi tempat penyimpanan sistem operasi lama.

Klik format. Lanjutkan proses instalasi. Loading windows 7 masih aman. Tapi kok prosesnya lama sekali? Ternyata DVD bootable tersebut sudah tidak bisa digunakan. Penyebabnya bisa dipastikan karena sudah terlalu sering digunakan.

Jadi gimana dong? Kalau bootable flashdisk atau DVD yang paling utama itu kan file Master Windows 7.ISO. Masalahnya system operasi laptop tersebut sudah dihapus dan ISO-nya masih di partisi E.

Syukurlah ternyata ISO dan CDBurnerXP masih ada di laptop teman saya. Jadi, gak perlu susah-susah download ISO windows 7 yang ukurannya sampai GB itu. Bisa habis kuota atau seharian di warnet. Akhirnya saya bisa memburning DVD dan segera membuat bootable windows 7 untuk keperluan menginstall laptop yang sedang error.

Lihat juga Sistem Operasi

Berikut Cara Untuk Membuat DVD Bootable Windows 7


Langsung saja, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah untuk memburning file ISO agar dapat dijadikan sebagai media menginstall laptop windows 7.

Keterangan:

Tutorial ini hanya berjalan jika laptop yang digunakan memiliki disk drive-RW. Jika tidak kita bisa menggunakan perangkat eksternal atau lebih mudah lagi menggunakan flashdisk bootable.

1. Siapkan Alat dan Bahan


- DVD-R


Pastikan untuk membeli DVD tipe R yang memiliki kapasitas 4.7 GB. Bukan CD-R ya atau semacamnya. Harga DVD-R kosong hanya sekitar Rp5.000,-

Inilah yang akan kita isi dengan master windows 7.ISO untuk digunakan sebagai media installer.

- File ISO Windows 7


Banyak yang juga menyebutnya sebagai master windows. Jika kita berbicara tentang aplikasi file ISO ini sama dengan file mentah dari suatu sistem operasi. Dalam kasus ini OS windows.

- Aplikasi Bootable DVD


Tidak semua aplikasi bootable yang dapat digunakan di flashdisk dapat juga digunakan untuk membuat bootable flashdisk. Contohnnya rufus yang tidak mendeteksi sebagian jenis CD/DVD-R.

Cara membuat DVD bootable windows 7 langsung tanpa software


Sebenarnya kita bisa saja membuat bootable windows 7 langsung menggunakan windows explorer tanpa aplikasi pihak ketiga. Praktek aja!

1. Caranya langsung masukkan DVD kosong ke dalam driver windows

2. Terus masuk ke my computer atau this pc (windows explorer) terus buka DVD RW yang masih kosong

cara burning file iso dvd bootable windows 7 tanpa aplikasi tambahan
Burning file.ISO untuk membuat bootable windows7
tanpa software ketiga

Ikuti gambar di atas agar hasil burning DVD menjadi bootable windows 7. Jangan sampai menjadi media penyimpanan file iso.

Pilihan pertama : like a USB flashdisk adalah pilihan untuk menjadikan DVD-R hasil burning menjadi media penyimpanan file

Pilihan kedua : With a CD/DVD player adalah pilihan yang tepat jika ingin membuat bootable windows 7. Ini juga berfungsi untuk membuat CD/DVD menjadi media pemutar musik atau film.

Cara Membuat DVD Bootable windows 7 dengan CDBurnerXP


Saya sudah beberapa kali berhasil melakukan burning DVD menggunakan aplikasi yang satu ini. Ukurannya sangat kecil dan ringan. Jika dibandingkan dengan Nero, powerISO, dan ultraISO, cara menggunakan CDBurnerXP jauh lebih mudah.

1. Download dulu CDBurnerXP (cdbxp_setup_4.5.8.6795)

Ukuran filenya hanya sebesar 6 mb. So, bisa digunakan diwindows berapa pun, termasuk windows XP dan Vista. Aplikasi yang paling cocok dan recommendet untuk membuat DVD bootable

2. Install dan buka aplikasi CDBurnerXP

Install software CDBurnerXP seperti biasa. Setelah install langsung jalankan saja. Biasanya akan otomatis terbuka sih.

3. Pilih Burn ISO Image

Saat mengikuti tutorial bootable CD/DVD di Google, saya tidak paham apa itu Burn ISO Image sementara bahasa CDBurnerXP yang saya gunakan adalah bahasa Indonesia. Ternyata bahasa Indonesianya Rekam Citra ISO.
cara membuat bootable dvd untuk windows 7
Cara membuat DVD Bootable dengan CDburnerXP

4. Pada kotak dialog Burn ISO Image > Burn ISO Options


Cari file ISO yang telah disiapkan dengan mengklik browse. Saya menyimpannya di Drive F:\Master Apps\Windows 7 AIO.iso
Cara burning DVD untuk membuat bootable windows 7
Settingan sebelum melakukan burning CDBurnerXP

5. Proses burning berjalan

cara dan proses belajar bootable DVD
Proses burning file ISO berjalan
Tunggu sampai burning selesai. Tandanya jika warna hijau sudah sampai ke ujung maka proses burning sukses tanpa gagal. Biasanya juga ditandai dengan keluarnya disk drive secara otomatis. Hanya jika kita mencentang eject disc after burning sebelum mengklik burn disc. DVD bootable windows 7 siap digunakan.

Namun beberapa kejadian yang saya alami, sebelum tuntas diburning, disk drive sudah keluar secara otomatis. Bahkan tanda signal warna hijaunya belum jalan sama sekali atau pun baru setengah jalan.

Jika seperti itu maka otomatis burning ISO gagal dan DVD tidak bisa digunakan untuk menginstall windows 7 karena tidak berisi file bootable.

Beberapa penyebabnya DVD-R yang digunakan tidak support untuk burning file ISO. Seperti DVD-R yang saya gunakan ini misalnya.

Saya beli 2 keping kaset DVD kosong dengan merek yang sama dan kedua-duanya tidak bisa digunakan sebagai media bootable windows. Gagal saat diburning. 

Kesimpulan yang masih belum pasti adalah DVD jenis ini tidak support (Just in my opinion). Jika ada yang punya pengalaman seperti saya, silahkan berbagi di komentar di bawah.

Ini DVD-R yang sukses dijadikan bootable dengan CDBurnerXP dan siap digunakan untuk menginstal laptop dengan sistem operasi windows 7.

Baca juga Cara Instal Windows 7 Dengan CD Tanpa Kehilangan Data

Kesimpulan!

Dalam membuat bootable DVD kita memerlukan alat-alat seperti file ISO windows 7 dan DVD kosong. Kita bisa memburning menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Saya pilih CDburnerXP karena lebih ringan dan mudah digunakan.

Seperti yang saya katakan di atas bahwa saya sudah beberapa kali gagal dalam memburning DVD. Umumnya, masalah utama ada pada saat proses memburning file ISO yang salah. Atau pun jenis DVD-R yang digunakan tidak support dijadikan bootable windows 7. UPDATE! Terakhir saya berhasil burning DVD-R atau DVD-RW menjadi bootable windows 7 semuanya made in Taiwan.
Demikianlah artikel tentang cara burning ISO untuk membuat DVD bootable windows 7. Semoga bermanfaat.
  October 29, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close