Masalah Kehidupan Yang Unik

Masalah Kehidupan Yang Unik

Apakah saya perlu konseling untuk menghadapi dan mengatasi masalah kehidupan saya? Mengapa hidup ini penuh dengan masalah? Tenang saja sob, bukan hanya kamu kok, saya juga dan banyak orang di dunia ini hidupnya tidak pernah lepas dari masalah. But sometimes, masalah membawa hikmah dan pelajaran berharga.
cara menyelesaikan masalah kehidupan
Tips menyelesaikan masalah kehidupan - pixabay,com

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang masalah seputar kehidupan yang sangat unik dan cara ampuh mengatasi suatu masalah dalam kehidupan. Don;t worry, masalah kehidupan adalah sesuatu yang umum dalam kehidupan yang harus dihadapi.

Keunikan Masalah


"Masalah, masalah, dan masalah. Lagi-lagi masalah." Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup di dunia ini selalu dihiasi oleh persoalan-persoalan, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Kisah menyedihkan yang paling sering dialami adalah masalah kehidupan.

Masalah tidak akan pernah absen di kehidupan kita setiap harinya. Tapi masalah dalam kehidupan akan selalu hadir, ya kadang-kadang juga bolos ketika lagi senang atau sedang libur.

Itulah masalah, dia selalu seenaknya, mau datang dan pergi sesuka hatinya. Masalah memang tidak bisa diprediksi (kecuali jika anda sengaja mencarinya), namun bisa dipastikan bahwa hidup di dunia ini tidak akan pernah bisa benar-benar lepas dari masalah. 

Jangan mencari-cari masalah ya! Why? Karena penyesalan selalu datang terlambat. Jangan sampai masalah yang kamu buat menjadi penyesalan di kemudian hari.

Saat masalah hari ini selesai maka bukan tidak mungkin masalah yang lain akan muncul beberapa jam kedepan, entah berhubungan dengan masalah sebelumnya ataupun masalah baru yang tiba-tiba hadir tanpa diundang. Bisa dikatakan bahwa semua manusia memiliki masalah. Semua orang memiliki suatu persoalan yang harus diselesaikan.

Hidup tidak akan pernah terbebas dari masalah dan masalah tidak perlu dihindari apalagi ditakuti, namun jangan pernah mencari masalah yang tidak perlu. Beberapa orang meskipun memiliki begitu banyak masalah tetap baik-baik saja. Hal ini karena mereka telah tahu pasti mengenai keunikan masalah itu sendiri.

Keunikan masalah adalah bahwa ia selalu menghiasi kehidupan manusia. Dia (masalah) datang namun akan pergi kembali. Bisa dikatakan masalah hanya singgah dan akan segera pergi, jika lama tinggal bersama anda, mungkin saja ia mengambil cuti yang sedikit lebih panjang. Namun ketahuilah ia tidak akan tinggal selamanya bersama anda, tidak selamanya. Ia akan pergi cepat ataupun lambat. Itulah keunikan masalah.

Masalah diberikan kepada manusia untuk dapat menggunakan daya nalarnya dalam bertahan dan bersabar menghadapi cobaan. Tidak semua masalah berakibat buruk, beberapa membawa kebikjasaan untuk meninggalkannya bersama anda.

Cara mengatasi dan menyelesaikan suatu masalah itu sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan jalan keluar atau solusi yang tepat. Seperti mengerjakan soal matematika. Masalah itu unik dan selalu ada solusi dari suatu masalah. Just believe!

Tips Ampuh Menyelesaikan Masalah Kehidupan


Berikut beberapa cara yang sudah terbukti dan mudah dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan.

1. Bersikap tenang


Ketika memiliki masalah, anggap saja Anda sedang dalam tugas penyelesaian misi. Pikirkan anda berada dalam ruangan yang gelap dan tertutup dengan kegelapan yang luar biasa sehingga anda tidak bisa melihat sedikit pun. Tugas anda adalah menemukan pintu keluar. Bagaiamana menemukan pintu keluar itu? Caranya dengan duduk diam dan menggunakan daya pikir dan nalar untuk menyusun strategi sebelum bertindak.

Hati-hati dalam melangkah dan mengambil keputusan karena bukan tidak mungkin dalam kegelapan itu terdapat benda-benda berbahaya yang dapat mengancam keselamatan nyawa sendiri.

Begitu pun dalam menghadapi masalah kehidupan. Memang tidak mudah, namun kita tidak perlu tergesa-gesa karena dapat membuat semuanya semakin buruk. Anda membutuhkan ketenangan dan "tetap diam" untuk dapat menemukan jalan keluar itu. "Tetap diam" yang saya maksud adalah tidak perlu ingin menyelesaikan masalah secara cepat. Mungkin saja anda butuh istirahat untuk membicarakan masalah anda kembali setelah keadaan sudah lebih terkendali. Dengan modal ini, niscaya setiap masalah akan meninggalkan kebijaksanaan dan pelajaran berharga untuk anda.

Kata-kata Bijak Masalah : Tidak semua masalah berakibat buruk. Beberapa membawa kebijaksanaan dan meninggalkannya bersama Anda ketika ia pergi. - WAYS

2. Definisi masalah


Apa itu masalah? What is the meaning of problem? Kita tidak akan membahas teori tentang masalah. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa masalah dalam kehidupan adalah sesuatu yang memang menjadi warna pembeda dalam kehidupan setiap orang. 

Dalam menghadapi suatu masalah, kita harus mampu mendefinisikan masalah itu sendiri sebelum mengambil langkah-langkah konkret untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Hati-hati dengan cara menyelesaikan suatu masalah karena ada macam-macam masalah yang cara penyelesaiannya juga berbeda tiap masalah.

Bagaimana mendefinisikan masalah? Kita harus mampu mendefiniskan jenis masalah dengan cara mengidentifikasi penyebab dari suatu masalah.

3. Fokus pada penyelesaian masalah


Siapa yang harus bertanggung jawab? Siapa yang harus membayar kerugian dari masalah kehidupan? Masalah kehidupan terkadang lebih rumit dari pada masalah dengan dunia lainnya seperti masalah dengan orang lain yang mengakibatkan ganti rugi barang. Masalah kehidupan berbeda dengan masalah seperti itu.

Masalah dalam kehidupan umumnya masalah konflik argumen atau adu pendapat, baik dengan orang lain maupun batin. Mencari siapa yang benar dan siapa yang salah untuk bertanggung jawab tidaklah tepat untuk menyelesaikan masalah kehidupan. Justru mencari siapa yang salah hanya akan memperburuk keadaan.

Dari pada mencari siapa yang salah akan lebih bijak kalau kita bersama-sama mencari solusi dari suatu masalah. Mencari penyebab masalah yang adalah objek dengan tujuan menyalakannya seringkali membuat situasi semakin memanas dan sulit untuk menemukan solusi dari masalah itu sendiri.

Dalam masalah kehidupan sehari-hari, apakah orang yang membuat masalah harus dipenjara? Tidak bukan? Ya, karena masalah dalam kehidupan yang paling umum berkaitan dengan hal-hal ringan dan hubungan sosial dengan lingkungan.

Masalah kehidupan yang saya maksud di artikel ini adalah masalah pribadi dan masalah kehidupan sehari-hari. Meskipun masalah ini bersifat pribadi, tetap saja membutuhkan solusi dan cara penyelesaian yang bijak.
Cara menyelesaikan masalah hidup dengan bijak hanya dengan mencari solusi yang tepat tanpa mencari siapa yang bertanggung jawab atas kehidupan pribadi. Ini bukanlah masalah yang membutuhkan tersangka. Masalah kehidupan harus dihadapi dengan dewasa agar tidak menimbulkan efek yang buruk dengan sesama di kemudian hari. Hidup ini indah bro, jangan terlalu baper.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!