Skip to main content

4 Fungsi Alkitab Bagi Orang Kristen

Fungsi Alkitab - Mengapa Alkitab menjadi kitab yang penting bagi orang Kristen? Dalam film-film hollywod, banyak sekali adegan yang memperlihatkan fungsi Alkitab untuk mengusir drakula. Tapi hari ini kita tidak akan membahas tentang penggunaan Alkitab yang seperti itu. Hari ini kita akab belajar dari Khotbah 2 Timotius 3:15-17 tentang manfaat Alkitab dalam kehidupan orang percaya.

fungsi dan manfaat membaca Alkitab khotbah 2 Timotius 3:15-17
Manfaat dan fungsi membaca Alkitab bagi orang Kristen

Manfaat Alkitab bagi Orang Percaya


Bahan bacaan: 2 Timotius 3:15-17

Syalom! Luar biasa penyertaan Tuhan dalam kehidupan setiap kita. Dari pembacaan kita hari ini diberikan suatu tema "Manfaat Alkitab bagi Orang Percaya."

Mengapa kita harus membaca Alkitab? Seperti tema kita hari ini, Firman Tuhan itu memiliki manfaat yang hebat dan luar biasa dalam kehidupan. Yang harus diperhatikan, kita bukan hanya dituntut untuk membaca Alkitab tetapi juga untuk melakukan setiap perintah di dalamnya.

Lihat juga Akibat Dosa Manusia

Fungsi Alkitab - Firman Tuhan Menurut 2 Timotius 3:15-17


Apa saja fungsi Alkitab dalam kehidupan orang percaya? Mari kita fokus ke 2 Timotius 3:16 terlebih dahulu.

Fungsi Alkitab: Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. - 2 Timotius 3:16
 

1. Untuk Mengajar

Firman Tuhan penuh dengan didikan yang mendatangkan hikmat dan kebijaksanaan. Dengan adanya Alkitab, orang Kristen memiliki panduan tentang bagaimana ia harus bersikap dalam kehidupannya, baik itu terhadap manusia, lingkungan, dan juga terlebih kepada Allah. 

2. Untuk Menyatakan Kesalahan

Firman Tuhan bukanlah senjata untuk menyindir seseorang, tapi untuk menyatakan kesalahan. Alkitab penuh dengan peraturan dan aturan tentang kehidupan antar-manusia dan antara manusia dengan lingkungannya dan tentang bagaimana seorang manusia dapat hidup di hadapan Allah yang kudus.

Berapa banyak dari kita yang tersinggung saat mendengarkan firman Tuhan? Berapa banyak dari kita yang sedih saat membaca Alkitab? Alkitab memang baik untuk digunakan melihat setiap tingkah laku kita.

Percayalah saat kita mendalami firman Tuhan maka kita akan melihat betapa buruknya kita. Karena itu, kita tidak akan sombong dengan kehidupan rohani kita.

Dengan Alkitab, kita mengetahui hukum dan cara berkenan kepada Tuhan dan mengenal setiap kesalahan kita, yang disingkapkan oleh hukum Allah. Tapi banyak orang yang tidak mau membaca Alkitab karena tidak ingin melihat kesalahannya. 

3. Memperbaiki Kelakuan

Disiplin gerejawi dan semua aturan gereja menggunakan Alkitab sebagai dasar dan acuannya. Yang paling menarik dari Firman Tuhan adalah setelah menyatakan kesalahan manusia, pasti akan dilanjutkan dengan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya agar kita tidak terlarut-larut dalam kehidupan yang berdosa. Alkitab bagi orang Kristen berfungsi untuk meluruskan dan membawa kembali orang yang tersesat. 

4. Mendidik dalam Kebenaran

Mazmur 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Dalam hal ini, Alkitab bermanfaat untuk mengajar orang percaya tentang kebenaran yang sejati. Dengan adanya Alkitab, kita bisa mengetahui jalan yang harus dilalui untuk berkenan kepada Tuhan. Bagaimana berjalan bersama Tuhan? Bacalah Alkitab.

Pentingnya Mengenal Kitab Suci


Sejak masa mudanya, Timotius telah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadanya dan juga menuntunnya kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Sejak usia berapa kita harus membaca Alkitab atau mengajarkan anak-anak kita untuk mengenal Kitab Suci? Sedini mungkin! Kita harus mengajarkan Firman Tuhan kepada anak sejak masih kecil. 

Saat mereka terbiasa membaca firman Tuhan setiap harinya sejak kecil maka mereka akan menjadikan Firman itu sebagai kebutuhan, bukan membaca karena rutinitas. Kita harus menanamkan pengetahuan kepada diri kita sendiri dan kepada sesama kita tentang pentingnya mengenal Kitab Suci.

Manfaat Membaca Alkitab


Tak terhitung berapa banyak orang yang telah diubahkan dalam hidupnya karena membaca Alkitab. Banyak orang yang mampu bertahan dalam penganiayaan karena melihat melalui Alkitab betapa besar penderitaan dan pengorbanan Yesus untuknya. 

Dan manfaat membaca Alkitab yang paling penting adalah menuntun kita untuk hidup berkenan kepada Tuhan dan tetap pada jalan yang telah difirmankan. Dalam Alkitab, kita telah diperingatkan akan datangnya pengajar-pengajar palsu dan ajaran-ajaran sesat.

Dengan mendalami Alkitab dan selalu merenungkan firman Allah, kita bisa menghindari hal-hal tersebut. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik (2 Timotius 3:17).

Marilah kita selalu merenungkan taurat Tuhan siang dan malam agar kita semakin bertumbuh dan berbuah lebat di dalam dunia ini hanya untuk kemuliaan Tuhan. Bukan membaca Alkitab yang menyelamatkan tapi Tuhan Yesuslah yang menyelamatkan kita dan itu hanya dapat diketahui dari firman Allah di dalam Alkitab. Terpujilah nama Tuhan, Amin.
Dari khotbah 2 Timotius 3:15-17 di atas, kita mendapatkan kesimpulan bahwa fungsi Alkitab itu untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik dalam kebenaran. Mari kita berjalan bersama Tuhan agar hidup kita semakin merasakan berkat-berkat Tuhan yang melimpah.

Bagaimana kita bisa mengenal Tuhan kalau kita tidak senang membaca Alkitab dan merenungkan firman Tuhan?

Renungan Kristen 


Demikianlah fungsi Alkitab bagi orang Kristen. Teruslah merenungkan taurat Tuhan siang dan malam.
  October 25, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close