Kesabaran Yang Sejati

Kesabaran Yang Sejati

Dikutip dari Hipwee, kesabaran merupakan bukti kerendahan hati seseorang dalam menunggu, mencari, dan memperjuangkan. Kesabaran memang sangat penting. Why? Karena kesabaran dapat mengurangi resiko penyesalan di masa depan. Sabar dan bersabarlah!
cara melatih kesabaran untuk mencapai sabar yang sesungguhnya
Kesabaran yang sejati - pixabay.com

Kata-kata bijak kesabaran : Banyak yang berpendapat bahwa dibalik kesabaran hati ini menangis. But today, dibalik kesabaran menanti kemenangan yang besar.

Kesabaran tidak semudah menyusun puzzle atau menyusun batu yang tidak simetris. Bahkan yang lebih parah lagi, kesabaran itu seperti menunggu bunga yang mekar di dalam tanah yang kering dan tandus. Itu semua membutuhkan level kesabaran tingkat tinggi.

Arti Kesabaran


Kesabaran atau dalam bahasa Inggris "Patience" merupakan suatu upaya untuk menanti dengan tekun. Dan saya akui bahwa bersabar adalah salah satu kegiatan menunggu sesuatu hal yang sangat menyebalkan. Tidak perlu dijelaskan lagi, kita semua selalu ingin mendapatkan apa yang kita inginkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Dan tidak mudah untuk bersabar.

Bersabar dalam menghadapi proses adalah sesuatu yang terkadang sangat melelahkan. Bersabar untuk sukses, bersabar untuk mendapatkan sesuatu, bersabar untuk gajian dan membeli sesuatu, bersabar dalam menabung untuk suatu tujuan, bersabar menghadapi tingkah laku orang-orang yang menyebalkan. Itu semua adalah ujian kesabaran yang benar-benar sangat terkadang sangat menyebalkan.

Kesabaran membutuhkan ketenangan dan tidak tergesa-gesa untuk mencapai suatu tujuan atau dalam menghadapi suatu masalah. Kesabaran membutuhkan kedamaian dengan diri sendiri untuk memperoleh ketenangan jiwa. Kesabaran tidak mudah dikendalikan dan sangat sulit untuk tetap tenang dalam keadaan yang benar-benar terdesak.

Mencapai kesabaran membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang. Kesabaran tidak hanya diuji satu kali namun setiap saat. Ujian kesabaran lebih sulit daripada ujian-ujian lainnya karena ujian kesabaran sudah termasuk dalam segala bentuk ujian di dunia ini.

Kata-kata mutiara : Sabar itu seperti Ujian Nasional. Jika kita gagal untuk sabar maka kita gagal dalam salah satu ujian penting di dalam kehidupan. Ujian dalam hubungan percintaan, ujian dalam persahabatan, ujian dalam pergaulan dengan lingkungan. Jika tidak dapat melewati itu semua maka penyesalan di masa depan sedang menanti.

Ujian kesabaran tidak membutuhkan banyak rumus untuk dapat diselesaikan. Namun lebih membutuhkan ketenangan jiwa untuk tetap tenang dalam keadaan apapun. Tenang menjadikan seseoarang lebih percaya diri dan mau mengikuti sebuah proses, meskipun prosesnya terbilang panjang untuk dilalui. Kesabaran membutuhkan ketekunan untuk terus melangkah meskipun langkah yang diambil merupakan langkah terkecil.

Bersabar memang kegiatan yang sangat sulit dilakukan. Diam dan tidak melakukan apa-apa adalah suatu kegiatan yang seakan-akan membunuh jiwa seseorang. Namun satu hal yang pasti, segala sesuatu membutuhkan proses. Dan dalam proses itulah kita akan menemukan ujian-ujian dan yang terpenting cara menjawabnya. Dan semua ujian itu hanya bisa dijawab melalui kesabaran.

Kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan hidup mengajarkan kita untuk selalu hidup dalam ketekunan. Kesabaran dalam menanti memang sesuatu yang sulit namun sangat berharga dalam menghadapi sebuah proses. Dengan kesabaran, kita akan terhindar dari suatu penyakit yang disebut "Penyakit Serba Instan."

Cara Meraih Kesabaran


Bagaimana saya bisa sabar? Bagaimana melatih kesabaran? Apakah kita benar-benar sudah sabar? 

Kata-kata kesabaran : Kesabaran tidak membutuhkan banyak hal, hanya kemampuan untuk tetap tenang dan tekun dalam pencobaan. - WAYS

1. Menikmati proses


Proses adalah jalan dan tangga, gunung  yang harus terus didaki. Kesabaran membutuhkan proses. Di dalam proses, kesabaran akan diuji dengan berbagai ujian yang tidak mengenakkan. So, nikmati saja karena dibalik kesabaran menanti hal-hal yang luar biasa dan tidak terduga.

2. Mau belajar 


Apapun yang terjadi, sepintar apapun dirimu, kamu harus terus belajar. Kesabaran adalah sebuah pelajaran dan untuk suskses dalam suatu pelajaran membutuhkan kesabaran. Belajarlah cara kesabaran melatih hidup Anda.

3. Mencari kata-kata kesabaran


Sekarang zaman sudah jauh lebih maju. Kita dapat menemukan kata-kata penyemangat di manapun dan kapanpun. Google dan carilah kata-kata bijak dan mutiara tentang kesabaran. Dengan ini, kita akan terus mengingat dan belajar untuk bersabar dan arti bersabar itu seperti apa.

4. Rencana dan realita


Tidak semua rencana berjalan sesuai dengan realita. Saat itulah, ujian kesabaran dimulai. Realita yang semakin jauh dari rencana awal juga membutuhkan kesebaran yang jauh lebih besar.

5. Berdoa


Percayalah satu hal, ada hikmah dibalik kesabaran. Berdoa dan tetap percaya, mendekatkan diri kepada Tuhan adalah jalan satu-satunya meraih kesabaran yang sejati.
Apakah kesabaran ada batasnya? Kesabaran tidak perlu dibatasi. Kesabaran dan keikhlasan sebenarnya dapat diterapkan tanpa batas. Tapi terkadang hal itu sangat sulit dilakukan. Tapi jika ingin sukses maka harus lulus ujian kesabaran. Kesabaran itu lebih berharga dari apapun!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!