Skip to main content

Macam-macam Ekstensi Gambar dan Penjelasannya

Jenis-jenis  Ekstensi  File  Gambar dan perbedaannya - Ini ekstensi gambar kok banyak banget sih? Kenapa tidak JPG, PNG atau GIF aja? Ternyata ekstensi gambar yang beraneka macam dan jenis tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing sesuai dengan format file itu sendiri. 
perbedaan ekstensi gambar png, gif, dan jpg serta cara penggunaannya
Perbedaan format gambar JPG, GIF, dan PNG - pixabay.com

Mengapa kita harus mengerti tentang format file gambar dan ekstensinya? Dalam dunia blogging gambar memiliki peranan untuk memperindah tampilan web. Tapi karena format gambar yang besar terkadang membuat loading halaman blog semakin lambat. Karena itu, penting untuk mengenal ekstensi file gambar. 

Dalam dunia multimedia, percetakan, terlebih kamu yang suka edit-edit foto dengan aplikasi photoshop atau coreldraw, mengenal jenis dan fungsi ekstensi gambar adalah hal yang wajib. Yang hobi fotografer juga sangat penting untuk mengetahui kualias suatu gambar saat akan diedit.

Jenis-Jenis  Ekstensi  File  Gambar


Untuk ekstensi gambar JPG/JPEG, GIF dan PNG pastinya sudah tidak asing lagi. Ada berbagai jenis file berkas gambar dilihat dari formatnya tapi kita tidak akan membahas semua format dan ekstensi gambar. Kita hanya akan membahas ekstensi gambar yang umum ditemui dan fungsi-fungsinya serta cara penggunanaan gambar setiap ekstensi beserta cara penggunanaanya.

1. Ekstensi Jpg atau Jpeg (Join  Photographic Experts Assemble)


Format gambar jpg digunakan untuk menyimpan gambar-gambar foto dengan ukuran kecil dan memiliki Warna maksimum 24 bit atau sama dengan 16,7 juta warna. Format gambar JPG mendukung 24-bit di RGB dan CMYK serta 8-bit Grayscale. Format gambar.jpg adalah standar profesional fotografer.

Penggunaan ekstensi gambar jpg


- Cocok digunakan untuk foto wajah dan pemandangan
- Standar gambar fotografis
- Cocok untuk dipasang di situs web dan email karena ukurannya kecil
- Mengkompres file jpg terlalu banyak akan mengurangi kualitas detail gambar
- Ekstensi JPG umumnya digunakan untuk menyimpan foto dalam bentuk file dan bukan untuk manipulasi foto

Kelebihan ekstensi gambar jpg 


- Menjadi standar gambar di internet karena bisa dikompresi ke ukuran yang lebih kecil
- File jpg cocok digunakan untuk file gambar yang memiliki gradien, misalnya perubahan warna yang perlahan dari suatu warna ke warna lainnya.

Kekurangan ekstensi gambar jpg

- Tidak cocok untuk typography, crisp line
- Hasil fotografi dengan sudut yang tajam membuat obyek kadang menjadi blur
- Mengkompres file jpg akan mengurangi kualitas gambar (lossy compression) yang ketika diperbesar (zooming) akan pecah

Kesimpulan format jpg


Gambar ekstensi jpg masih menjadi primadona sampai hari ini. Mulai dari fotografi sampai penggunaan gambar di internet umumnya menggunakan format jpg. Penting untuk diperhatikan dari ekstensi jpg adalah mengkopresi file gambar dapat mengurangi kualitas gambar sehingga hasilnya akan pecah atau buram.

2. Ekstensi PNG (Portable Network Graphic)


Format gambar png cocok digunakan untuk file penyimpanan citra untuk web. Format PNG mendukung kelas 8 bit dan 24 bit. 

Penggunaan ekstensi gambar PNG


- Format PNG mendukung transparansi
- Ekstensi PNG sangat baik untuk grafis internet
- Memiliki kelebihan tidak pecah-pecah pada saat kompresi gambar sehingga kualitas gambar tetap
- Kelemahan PNG ukuran filenya cukup besar (Tergantung) dan tidak didukung oleh web browser lama

Kesimpulan ekstensi PNG


Kelebihan gambar dengan ekstensi PNG ini adalah proses kompres foto yang lebih baik dari JPG karena tidak terlalu mengurangi kualitas gambar. Dalam dunia editing gambar atau foto, format PNG sangat sering digunakan karena mendukung transparansi dan kualitasnya lebih tajam. Juga sangat cocok digunakan dalam dokumen microsoft office seperti pada pembuatan makalah yang membutuhkan logo.

3. Ekstensi GIF (Graphics Interchage Format)


Pernah lihat gambar bergerak di internet? Jika kita mendownload gambar tersebut maka ekstensi gambar tersebut adalah gif. Dulu saya senang mendownload animasi gif Naruto karena dapat menampilkan animasi yang singkat dan unik. Format GIF adalah gambar dengan 8 bit warna atau sebanyak 256 warna. 

Penggunaan ekstensi GIF pada gambar


- Format gambar gif digunakan untuk gambar animasi
- GIF tidak cocok untuk menampilkan foto 
- GIF cocok untuk gambar dengan jumlah warna sedikit
- Cocok digunakan di situs web seperti banner iklan, logo  dan gambar animasi
- Umumnya ukuran lebih besar dari JPG 
- Format GIF cocok digunakan untuk pembuatan logo dengan sedikit warna.

Kesimpulan


Gif umumnya digunakan pada gambar bergerak atau animasi sederhana yang digunakan di situs web seperti pada banner iklan yang berbentuk gambar bergerak atau animasi. Ekstensi GIF sangat cocok digunakan dalam desain web yang mendukung transparansi dan juga animasi. Gambar gif tidak cocok digunakan untuk foto yang memiliki banyak warna seperti pemandangan dan foto selfie.

4. Ekstensi Gambar BMP (Bitmap)


Bitmap adalah representasi citra grafis yang terdiri dari susunan titik (pixel) yang jika diperbesar akan  membentuk kotak-kotak (cell grid). Dalam dunia multimedia, format gambar bitmap akan sering digunakan. 

Penggunaan Gambar Bitmap


- Format file bitmap seperti BMP, PCX, TIFF
- File Format Bitmap sangat bergantung pada resolusi
- Ukuran file lebih besar sesuai dengan besarnya resolusi gambar
- Contoh software yang berbasis Bitmap : Adobe Photoshop, Paint, Paint 3D, CorelPhotoPaint, dan lain-lain.

Kesimpulan


Semakin besar resolusi gambar maka ukuran file juga akan semakin besar. 

5. Ekstensi Gambar TIFF


Format gambar TIFF dapat menyimpan gambar dengan kualitas 32 bit termasuk data RGB dan data CMYK yang berhubungan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar. Ekstensi TIFF ini biasa digunakan untuk tujuan manipulasi gambar karena memiliki kualitas yang sangat tajam. 

Penggunaan ekstensi TIFF


- Format TIFF biasa digunakan pada pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi
- Format TIFF biasa digunakan pada tema smartphone seperti Android
- Dalam file TIFF gambar tidak dikompresi sehingga memiliki kualitas yang tajam dengan ukuran file yang besar
- Format berkas TIFF digunakan untuk keperluan pertukaran antar program atau platform (PC, Macintosh, Silicom Graphic, dan lain-lain)

Sudah dapat membedakan antara satu ekstensi gambar dengan ekstensi yang lainnya? Mengetahui ekstensi gambar sangat baik untuk keperluan editing foto dan melakukan kompresi gambar yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Salah kompres gambar akan mempengaruhi kualitas suatu gambar. Dan mengekspor gambar ke ekstensi yang lainnya harus dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tujuan penggunaan gambar itu sendiri.

Demikianlah jenis-jenis ekstensi gambar dan penjelasannya masing-masing. Jika ada kelebihan dan kekurangan ekstensi gambar yang disebutkan di atas, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah untuk diupdate suatu saat nanti. "Benarlah kata pepatah yang mengatakan bahwa semakin banyak tahu semakin banyak juga yang tidak kita ketahui." Terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa dipelajaran dasar multimedia lainnya.
  October 16, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close