Cara Daftar Internet Banking BRI dan Kelebihannya

Cara Daftar Internet Banking BRI dan Kelebihannya

Internet Banking BRI benar-benar membuat saya semakin mudah dalam bertransaksi. Sebelumnya saya hanya memanfaatkan SMS Banking yang ternyata cukup mahal dan kurang efisien dalam bertransaksi. Setelah mendaftar IB BRI, berlaku prinsip transaksi tak terbatas ruang dan waktu.
cara daftar internet banking BRI dan kelebihannya
Cara daftar dan Login Internet Banking BRI

Kelebihan Menggunakan Internet Banking BRI


Saya akui bahwa jangkauan Bank Rakyat Indonesia memang sampai ke setiap pelosok Nusantara. Tapi dengan adanya internet banking ini, kita tidak perlu ke ATM atau bertemu teller untuk bertransaksi seperti transfer, membayar tagihan bulanan dan mengecek saldo yang ada.

Apa saja kelebihannya?


1. Akses 24 jam non stop


Dengan menggunakan Internet Banking BRI, kita dapat bertransaksi 24 jam di manapun dan kapanpun. Selama ada jaringan internet maka proses transaksi tidak akan ada masalah.

2. Hanya butuh web browser


Berbeda dengan mobile banking BRI yang membutuhkan aplikasi BRI Mobile untuk dapat diakses di android, internet banking dapat diakses langsung karena merupakan suatu website. Cukup dengan browser seperti Google Chorme atau Mozilla Firefox, baik di komputer maupun android kita sudah bisa menggunakan fasilitas internet banking.

3. Keamanan tingkat tinggi


Anda tidak perlu meragukan keamanan internet banking. Semua fasilitasnya dikendalikan oleh pengguna rekening itu sendiri. Hanya saja, kita harus tetap waspada dengan berbagai tingkat kriminal yang tidak terduga saat menggunakan internet banking.

4. Cek mutasi rekening


Apakah kamu boros atau tidak, atau dari mana uang kamu masuk, bisa dengan mudah diketahui dengan cek mutasi rekening. Di sini juga kita bisa meliaht potongan-potongan yang dilakukan bank BRI, mulai dari potongan tiap bulannya sampai potongan setiap transaksi.

Lihat juga Daftar Kode Error Internet BRI Lengkap

Tips Aman Menggunakan Internet Banking


Panduan-panduan keamanan saat menggunakan IB yang lebih lengkap baca di website resmi BRI aja.

1. Selalu jaga hp Anda


Akun internet banking BRI tidak dapat diakses begitu saja oleh sembarangan orang. Username dan password hanya diketahui oleh pemilik akun sendiri. Jadi, pastikan saat selesai login ke internet banking pastikan untuk selalu logout. Selain itu, jaga selalu hp Anda, terlebih nomor hp yang digunakan untuk menerima Mtoken.

2. Jangan akses di sembarangan tempat


Sekalipun tingkat keamanannya sangat tinggi, sebisa mungkin untuk tidak mengakses akun internet banking dari jaringan wifi. Saat login pun sebaiknya perhatikan keadaan sekitar, jangan sampai ada mata yang mengamati username dan password.

Selain itu, pastikan untuk login hanya di website resmi internet banking BRI. Hati-hati dengan halaman palsu (Fake login/phising) yang tampilannya menyerupai tampilan IB BRI.

Satu hal yang tidak kalah penting, sebaiknya Anda hanya login di gadget dan perangkat Anda sendiri.

3. Rutin Update Password


Kita tahu bahwa password IB BRI benar-benar aman. Menggunakan kombinasi huruf kapital, kata, dan juga angka. Meskipun demikian, password sebaiknya diganti paling tidak 6 bulan sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan menggunakan kombinasi kata sandi yang mudah ditebak.

Cara Daftar Internet Banking BRI


Ada 2 cara mendaftar IB BRI, yaitu daftar internet banking bri tanpa ke bank dan langsung ke bank cabang terdekat.

Jika tidak ingin ke bank, kita bisa mendaftar melalui ATM BRI. Caranya cukup mudah!

- Masukkan kartu ATM seperti biasa
- Masukkan PIN ATM
- Masuk ke menu Transaksi Lainnya
- Pilih Daftar
- Pilih Internet Banking
- Siapkan Nomor HP yang akan digunakan untuk menerima kode MTOKEN BRI

Setelah mengikuti prosedur di atas, Anda akan mendapatkan struck yang berisi Akun ID dan password.

Gunakan akun tersebut untuk login internet banking bri di https://ib.bri.co.id/

Kita juga dapat melakukan pendaftaran akun internet banking bri lewat hp android melalui aplikasi Mobile Banking BRI yang dapat didownload di playstore.

Kekurangan daftar dengan cara di atas adalah status aktivasi regitrasi finansial belum aktif. Artinya kita hanya dapat menggunakan internet banking untuk cek saldo. Selebihnya seperti transaksi pembelian, pembayaran, transfer tidak akan bisa dilakukan.

Satu-satunya cara aktivasi registrasi finansial agar dapat menikmati semua fasilitas IB BRI dengan mendatangi bank BRI cabang terdekat.

Untuk apa repot-repot? Datangi langsung aja bank BRI dan langsung berhubungan dengan CS atau teller. Saya pernah menggunakan langkah-langkah di atas dan hasilnya tidak bisa. Setiap memasukkan nomor hp di ATM untuk daftar internet banking selalu ada pesan nomor tersebut telah digunakan. Memang pernah saya daftar tapi lupa.

Karena itu, saya langsung ke bank BRI dan prosesnya tidak butuh waktu lama, semuanya selesai. Internet banking siap digunakan. Dari CS BRI kita akan mendapatkan username dan password yang digunakan untuk login. Semua informasi tersebut dapat diubah sesuka hati, termasuk email yang digunakan.

Syarat memiliki akun internet banking yang saya tahu adalah memiliki kartu ATM dan telah terdaftar SMS Banking. Saat ke bank cabang untuk registrasi pendaftaran IB BRI, pastikan untuk membawa KTP dan Buku Rekening Tabungan.

Untuk lebih jelasnya, bisa pelajari lebih lanjut dan baca Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan, Tips keamanan internet banking di situs resminya di atas atau langsung tulis di Google "Internet Banking BRI.

Bisakah menggunakan akun internet banking 2 rekening sekaligus? Bisa, karena memang BRI menyediakan fasilitas tersebut. Kita bisa menggunakan beberapa rekening BRI dalam 1 akun IB. Saat menerima mtoken kita juga hanya akan menerima di satu nomor yang didaftarkan.

Apa itu MTOKEN BRI? Cara kerja mtoken ini seperti one time password (OTP) pada situs-situs toko online. Saat akan melakukan transaksi finansial (Transfer, Pembayaran, dan Pembelian) maka kita akan menerima mtoken yang berlaku dalam waktu 5 menit untuk dapat digunakan. Lebih dari itu akan hangus dan harus request ulang.

Berapa biaya untuk daftar internet banking? Saat saya daftar IB di bank cabang terdekat, saya tidak membayar apapun. 

Apakah ada potongan setiap bulannya saat daftar internet banking BRI? Potongan hanya terjadi saat melakukan transaksi finansial seperti biasanya. Artinya internet banking gratis. Kita hanya membayar mtoken yang direquest saat akan transaksi finansial sebesar Rp650,- dipotong sesuai dengan operator yang digunakan. Hanya pulsa yang dipotong. Jadi sebaiknya manfaatkan betul-betul permintaan mtoken agar lebih hemat pulsa. 

Alasan Menggunakan Internet Banking


Berikut beberapa alasan pribadi saya lebih senang menggunakan internet banking BRI. Banyak manfaatnya!

1. Bebas cek saldo dan gratis

Berbeda dengan mobile banking atau SMS banking, cek saldo di internet banking 100% gratis. Cukup login dan masuk ke informasi rekening untuk cek saldo.

Baca juga Cara Bebas Masalah Keuangan Untuk Pemuda

2. Tidak perlu ke ATM 

Antrian yang panjang atau pun lokasi mesin ATM yang jauh menjadi alasan kedua saya menggunakan internet banking BRI. Cukup dengan hp android dan koneksi internet, semua jenis transaksi non finansial dan finansial bisa dilakukan.

3. Lebih murah dan efisien dari SMS Banking

Sebelum menggunakan internet banking BRI, saya menggunakan layanan SMS Banking. Proses transaksi sms banking dilakukan 2 kali pemotongan pulsa dan cukup ribet. Berbeda dengan internet banking yang lebih cepat prosesnya dan lebih murah karena cukup melakukan 1 kali permintaan mtoken.
Demikianlah pengalaman saya mendaftar dan cara menggunakan Internet Banking BRI. Semoga bermanfaat dan pelayanan BRI kedepannya lebih baik lagi.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!