Cara Mudah Cek Spesifikasi Laptop Windows 10

Cara Mudah Cek Spesifikasi Laptop Windows 10

Tahu cara cek spesifikasi laptop memberikan banyak manfaat. Salah satunya saat membeli laptop baru kita harus melihat terlebih dahulu kesamaan antara keterangan yang tertera di meja dan hardware yang sesungguhnya. Untuk apa? Agar kita tidak tertipu lah.
cara cek spesifikasi laptop mudah dan cepat
Cara cek spesifikasi lengkap windows 10 - pixabay
Untungnya, untuk melihat spesifikasi suatu laptop kita tidak perlu menjadi seorang ahli komputer dan tidak perlu membongkar casing kompi. Cukup dengan langkah sederhana dan mudah dilakukan, kita sudah bisa mengeceknya.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10


Pada tutorial cek spesifikasi laptop ini, saya menggunakan sistem operasi Windows 10. Selain tidak perlu ahli dalam bidang komputer, kita juga tidak perlu online untuk melihat komponen fisik laptop. 

Cara ini menggunakan tools bawaan windows 10, yaitu DirectX Diagnostic Tool. Jadi aplikasi ini sudah otomatis ada di sistem operasi windows dan tidak terkait dengan merk laptop seperti Acer, Lenovo, Asus, Dell dan lain-lain. Asal sistem operasinya windows maka maka cek spesifikasi laptop dengan cara di bawah ini akan sukses.

1. Buka kotak dialog RUN

Caranya tekan tombol windows + R secara bersamaan.

2. Tulis dxdiag 

Pada kotak RUN langsung tulis perintah dxdiag kemudian klik ok. Tunggu beberapa detik agar dirext dapat muncul.

cara cek spesifikasi laptop tanpa aplikasi dengan directx
Kode DXDIAG untuk cek spesifikasi laptop

3. Melihat spesifikasi laptop langkap

Aplikasi DirectX Diagnostic Tool memungkinkan kita untuk mengecek RAM (memory) , vga, processor laptop dalam satu kali jalan.

Gambar di bawah ini adalah tampilan DirectX Diagnostic Tools pada menu system. Apa saja yang terdapat di menu system ini? Sangat banyak, termasuk system operasi, processor dan RAM yang sering menjadi patokan seseorang dalam membeli laptop.

Spesifikasi system laptop dengan Directx Diagnostic Tool

Pada menu Display kita akan melihat graphics yang digunakan termasuk spesifikasinya. Mulai dari nama, manufacturer, chip type, display memory (VRAM). Pada praktek ini saya menggunakan Laptop lenovo ideapad 320 dengan intel(R) HD Graphics 620.

cara cek spesifikasi processor dan RAM laptop
Spesifikasi VGA laptop Intel HD

Pada menu Render sama saja dengan menu Display, yaitu graphics. Namun umumnya laptop seperti ini biasanya memiliki spesifikasi laptop yang cukup tinggi untuk membuat windows memunculkan menu ini. Spesifikasi VGA laptop Lenovo yang satu ini menggunakan chip type GeForce 920MX dengan VRAM 2020 MB.
Pada menu Display, VGA intel HD biasanya berfungsi untuk mengeksekusi program ringan sedangkan menu Render VGA Nvidia akan berjalan otomatis saat kinerja intel HD tidak mampu untuk menangani desain grafis dan multimedia sehingga proses lebih cepat. Silahkan cek sendiri untuk menu Sound dan Input.

Cara Cek Sistem Operasi Laptop


Sebenarnya tutorial pertama di atas, kita sudah bisa melihat sistem operasi yang digunakan oleh sebuah laptop. Namun  untuk spesifikasi lengkap OS atau operating system yang digunakan kita dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Windows Explorer

Jika tidak tahu apa itu windows explorer, itu lho my computer atau this pc pada laptop windows 10 yang berisi partisi-partisi hardisk. Cara masuknya agar lebih cepat tekan tombol windows + E secara bersamaan.

2. Memunculkan spesifikasi OS yang digunakan

Langsung klik kanan pada area yang tidak terdapat folder > pilih Properties > Tampilan spesifikasi windows akan muncul. Lihat gambar di bawah ini.

cara cek spesifikasi sistem operasi windows 10
Cek sistem operasi windows 10

Pada gambar di atas, ternyata laptop yang sedang saya pakai ini menggunakan sistem operasi windows 10 64-bit. Cara ini benar-benar ampuh untuk melihat status keaktifan suatu sistem operasi. Jangan sampai tertipu dan menggunakan windows bajakan. Windows is activated dengan product key-nya.

Cara cek spesifikasi laptop menggunakan DirectX memang sangat familiar dan banyak digunakan. Selain fasilitasnya yang komplit, penjelasannya memang sangat simple dan jelas. Terlebih gratis. Selain menu system, display, render, juga masih ada sound dan input. Silahkan masing-masing dicek sendiri di laptopnya.
Ada banyak cara cek dan melihat informasi spesifikasi suatu laptop. Dan cara di atas adalah yang terbaik untuk saat ini, yaitu menggunakan DirectX Diagnostic Tools yang langsung berasal dari windows OS..

Demikianlah artikel tentang cara cek spesifikasi laptop dengan mudah. semoga bermanfaat. See you next time in windows 10 tutorial.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!