Cara Terbaik Menghentikan Perang Dunia

Cara Terbaik Menghentikan Perang Dunia

Mengapa perang bisa terjadi saat semua tahu dampak buruk dan mengerikan dari perang? Apakah tidak ada solusi untuk mengatasi dan menghentikan perang? Kenyataan yang pahit dari peperangan adalah membuat kedua belah pihak mengalami kerugian dan kehancuran, termasuk pihak yang keluar sebagai pemenang perang.
akibat dan dampak perang dunia
Cara menghentikan perang dunia - pixabay.com
Belajarlah sejarah untuk mengetahui penyebab, dampak dan akibat dari perang dunia I dan II. Dengan demikian, kita tidak akan mudah menyatakan perang.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati sangat tepat untuk mendefinisikan akibat dari perang. Sebelum belajar cara menghentikan perang sebaiknya kita lebih dulu belajar cara mengatasi perang agar tidak terjadi. 

Cara Mengatasi Perang


Ada berbagai jenis perang mulai dari perang dagang seperti yang berlangsung antara China dan Amerika saat ini, perang saudara maupun perang dunia yang sangat mengerikan. Dari semua bentuk-bentuk perang tersebut semuanya berasal dari keinginan. 

Hari ini kita akan membahas tentang perang antar negara yang juga tidak pernah ada habisnya. Bagaimana cara menghentikan perang agar tidak terjadi lagi?

1. Mengetahui dampak mengerikan perang


Jika meihat pengalaman dan sejarah perang dunia seharusnya semua pihak harus waspada terhadap ungkapan perang. Perang berdampak buruk bagi kedua pihak yang bertikai. Kita harus tahu bahwa perang adalah sesuatu hal yang sangat mengerikan dan jangan sampai terjadi lagi. 

Akibat perang, suatu negara harus berjuang kembali untuk pulih yang kadang membutuhkan waktu puluhan tahun bahkan lebih. Perang mengakibatkan banyak kerugian seperti kemiskinan, kematian, hilangnya kedamaian dan hidup dalam teror. Ketahuilah, itu semua tidak akan mengasyikkan. Bukankah damai itu indah?

2. Mengetahui penyebab yang dapat menimbulkan perang


Mengapa perang terjadi? Banyak pemimpin dunia yang tidak terkendali dan menyatakan perang saat konflik terjadi. Seharusnya semua pihak bisa menahan diri. Jika semua tahu penyebab yang dapat melahirkan perang maka penyebab itu harus diselesaikan dengan secepatnya. Pemecahan masalah peperangan bukan hanya tugas PBB sebagai lembaga perdamaian dunia tapi juga tugas semua manusia yang ingin hidup damai. Aturan internasional harus ditegakkan sehingga perang baru tidak lagi terjadi.

3. Saling memahami dan mengerti


Perang diawali dari konflik kecil yang kemudian semakin luas saat cara penyelesaiannya tidak tepat. Jika masalah diselesaikan dengan jalan di mana semua pihak merasa diuntungkan maka perang dan konflik pasti akan mudah diatasi. Namun yang menjadi masalah adalah sangat sulit membuat kedua pihak merasa beruntung atas solusi yang ada. 

Jika sudah seperti ini, maka manusia harus bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain. Satu-satunya cara adalah dengan mengasihi manusia seperti dirinya sendiri. Dengan demikian mereka akan kasihan untuk memukul orang lain terlebih membunuhnya.

4. Perang bukanlah solusi


Konflik yang terjadi di dunia ini memang tidak bisa dihentikan. Tapi apakah semua konflik harus diselesaikan dengan perang? Tidak bukan?  Apapun alasannya, bagaimana pun kuatnya suatu negara mendominasi negara lain, perang bukanlah solusi.

Perang hanya akan melahirkan rantai kebencian untuk saling membunuh. Perang mengakibatkan luka yang dalam. Membuat banyak manusia harus mengalami penderitaan dan hidup dalam ancaman setiap harinya.

Hentikan Perang! Cukup Untuk Generasi Ini


Perang... Berapa banyak yang kita ketahui tentang perang? Mengapa orang begitu mudah mengatakan perang dan tempur? Apakah perang itu permainan? Ketahuilah! Perang itu tidak seperti di film-film  hollywood di mana pemain utamanya dapat mengendalikan sebagian besar jalannya perang.

Banyak yang dengan mudah menyatakan perang karena mereka tidak tahu betapanya mengerikannya perang itu. 

Sejak zaman dahulu, perang telah menjadi momok menakutkan bagi umat manusia. Perang selalu membawa kehancuran kepada kedua belah pihak dan melumpuhkan ekonomi. Perang membawa kerusakan dan kematian, saling membunuh dan dibunuh. 

Sampai saat ini, dalam sejarah kehidupan manusia perang besar telah terjadi beberapa kali dan tercatat sampai saat ini telah terjadi 2 kali perang dunia, Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Sampai saat ini pun, di era modern ini, sebagian wilayah di dunia belum merasakan kedamaiaan. Perang terus terjadi dan tidak pernah bisa dihentikan. Terkadang kita hanya turun ke jalan memprotes semua kejadian ini namun tidak pernah benar-benar selesai. 

Sebagian kehidupan saudara kita masih bergantung pada keberuntungan, tidak tahu harus bagaimana. Dalam keadaan perang, jangankan esok hari satu jam kedepan pun kita tidak tahu apakah kita masih bisa bertahan untuk hidup di hari berikutnya.

Perang sudah terjadi dari zaman purbakala dan masih terus berlangsung. Apakah kita akan terus diam melihat keadaan ini? Apakah kita hanya cukup menjadi penonton dan tidak mau berusaha untuk mengubah ini?

Era 21 adalah era modern dan perang belum juga berhasil dihentikan. Memang tidak mudah menghentikan peperangan. Semua atau kedua belah pihak yang terlibat menganggap bahwa merekalah yang paling berhak dalam mendapatkan sesuatu yang sedang diperebutkan. 

Jika sebagian orang mengatakan, bukankah perang itu merugikan, kenapa harus diadakan? Semua orang tahu bahwa perang membawa dampak buruk, bukan hanya untuk saat ini tetapi di waktu yang akan datang. Keadaan dan kondisi wilayah bekas perang selalu membekas bukan hanya di hati yang menyebabkan depresi tetapi juga keadaan secara fisik, sebut saja dampak dari perang dunia II masih terdapat dibeberapa wilayah di dunia.

Perang terjadi karena keadaan manusia yang tidak dapat saling memahami. Keserakahan dan keinginan untuk memiliki sesuatu sekalipun merebut hak-hak orang lain, itulah yang menjadi penyebab dari terjadinya perang. Menganggap diri dan golongan paling benar dan tidak menghargai pendapat orang lain juga sering menjadi penyebab dari terjadinya perang.

Perang bukankah solusi! Yakin bahwa Anda dan saya mengakui kebenaran tersebut. Apapun alasannya perang bukanlah solusi melainkan sebuah bencana baru dari belum bertemu dasn tercapainya suatu kesepakatan. 

Dengan dapat saling mengerti dan memahami seharusnya perang dapat dicegah sebelum terjadi. Jika demikian, bagaimana dengan perang yang sedang berlangsung? Perang yang sedang berlangsung sampai detik ini memang tidak akan mudah dihentikan. 

"Namun percayalah bahwa akan tiba masanya dimana manusia dapat saling mengerti dan memahami." - Jiraiya.

Jika hari ini perang masih terjadi maka jangan perlihatkan terlebih mengajarkan hal itu kepada generasi berikutnya. Cukup generasi yang sedang berlangsung ini yang merasakan dampak terburuk dari perang. 

Jangan Biarkan Perang Berlanjut ke Generasi Berikutnya! Perang Cukup Untuk Genarsi Ini.

Cintailah anak-anak yang akan hadir kelak jangan biarkan mereka sama seperti kita dan menyusahkan kehidupan mereka yang cerah dengan perang yang berkelanjutan. Jika hari ini perang hanya bisa dihentikan dengan perkataan maka di generasi selanjutnya perang harus dihentikan dan bersih dari bunuh membunuh.

Jangan biarkan anak-anak dan generasi penerus merasakan sakit dan pahitnya perang itu. Jangan membebankan kepada mereka kesalahan yang diperbuat oleh generasi ini. Jangan biarkan mereka menghina generasi ini karena telah membebankan tanggung jawab dari pelanggaran kita kepada mereka yang akan datang.

"Jika hari ini perang hanya bisa dihentikan dengan perkataan maka besok sebelum generasi baru hadir perang sudah harus dihilangkan. Cukup tinggalkan bekasnya sebagai pelajaran bagi generasi yang akan datang." - WAYS. 

Kamu mau menghentikan perang dunia? Pikir-pikir lagi deh. Sebelum kamu bisa mengatasi konflik dan bisa memahami saudara dan orang-orang di sekelilingmu maka kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menghentikan perang dunia. Jika setiap manusia sudah bisa mengendalikan setiap keinginannya maka itu sudah cukup untuk mengatasi masalah perang. 

Lihat juga Teori Efek Kupu-kupu

Perang hanya dapat dihentikan ketika manusia bisa saling memahami. Jika tidak, maka hal itu tidak akan terjadi dan perang akan terus berlangsung. Mulailah miliki sifat untuk bisa memahami orang lain kemudian jadilah agen perdamaian dunia. Perang dunia III masih menanti, dan jangan sampai hal itu terjadi!
Dari pada menghentikan perang lebih mudah untuk mengatasi perang. Mencegah lebih baik dari pada mengobati!
Lihat juga 15 Cara Menjadi Orang Yang Menyenangkan dan Asyik Diajak Bergaul
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!