Skip to main content

Cara Sukses Berbisnis di Usia Muda

Menjadi orang sukses adalah impian semua orang. Tidak terkecuali kaum milenial, pastinya ingin sukses di usia muda. Kita semua akan termotivasi melihat kisah sukses mereka yang sudah banyak menginspirasi dunia ini. Sekarang giliran saya dan Anda untuk membuktikan bahwa siapapun bisa sukses tanpa terkecuali.

Dagang dan berjualan adalah salah satu jenis wirausaha yang akan membuat seseorang tidak pernah kekurangan uang. Bahkan orang kaya pun terus berjualan dan berdagang.

Tips menjadi orang sukses di usia muda ini juga dapat diterapkan dalam dunia bisnis. Selain itu, tips sukses untuk pemuda ini juga berlaku dalam kehidupan setiap kita untuk mengerti makna kehidupan yang lebih berharga.

rahasia dan trik sukses di usia muda
Cara Sukses Berbisnis untuk Pemuda - pixabay.com
Sukses! Siapa yang tidak ingin sukses? Menjadi seseorang yang sukses adalah keinginan semua orang termasuk saya dan anda. Impian untuk sukses terutama di usia muda hampir menjadi impian semua orang. Namun tidak menutup kemungkinan anda yang sudah cukup berumur dan merasa belum sepenuhnya sukses dapat menerapkan trik-trik sukses di bawah ini. Jadi, tips dan trik sukses berikut ini berlaku untuk semua kalangan.

Topik Pembahasan Tips Sukses di Usia Muda

1. Definisi sukses setiap orang
2. Hal-hal yang akan dihadapi dalam meraih kesuksesan
3. Tips dan trik sukses
4. Tutorial sukses di usia muda
5. Cara menyambut kesuksesan

Ketika seseorang hidup dan memiliki tujuan, di situlah terletak tingkat kesuksesannya. Namun tahukah Anda bahwa definisi sukses setiap orang itu berbeda-beda. Karena itulah, muncul definisi umum tentang sukses, yaitu sukses itu relatif artinya tergantung orangnya.

Sebagai contoh, ketika seseorang melihat orang yang memiliki uang lebih, ia akan mengatakan bahwa orang itu telah sukses. Benarkah demikian? Jawabannya bisa ya, bisa tidak artinya sukses itu relatif tergantung orang itu sendiri menganggap dirinya sukses atau belum sukses.

KBBI sendiri mendefinisikan sukses itu sebagai suatu keadaan berhasil dan beruntung, misalnya sukses membuat produk yang menembus pasar luar negeri, dan sabagainya.

Definisi Sukses Setiap Orang


Apa sih, sukses menurutmu? Berikut beberapa definisi sukses yang banyak ditemui di masyarakat kita di Indonesia maupun di seluruh dunia.

1. Sukses itu ketika memiliki banyak materi

cara sukses dalam dunia bisnis
Rahasia sukses berbisnis di usia muda - Pixabay.com
Orang ini menganggap sukses itu ketika memiliki banyak uang, mobil, rumah yang mewah, dan mampu membeli apapun yang dia inginkan. Paham ini memandang kesuksesan dari segi materi dan definisi ini tidaklah salah. Hampir semua orang yang bekerja dan berusaha dalam hidupnya, berusaha mendapatkan uang. Kesuksesan secara finansial memang salah satu tolok ukur manusia di era 21 ini.

Motivasi anda untuk sukses secara finansial harus benar-benar tertuju kepada sebuah kebutuhan dan bukan hanya sebagai keinginan yang melahirkan sikap hidup yang penuh bintang-bintang (glamour).

2. Sukses itu ketika memiliki quality time

Orang ini mendefinisikan sukses ketika ia memiliki manajemen waktu yang baik. Artinya ia bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menikmati hidupnya. Sukses ini biasanya tidak terikat pada suatu organisasi yang dapat membatasinya dirinya dalam berkarya.

3. Sukses itu ketika bisa menikmati hidup

Orang ini menganggap dirinya sukses ketika ia bebas melakukan apapun yang dia suka. Umumnya orang ini memiliki materi yang lebih ditambah dengan quality time, misalnya bisa berlibur ke tempat ekslusif kapan dan dimanapun. Namun kembali lagi, ada orang yang dapat menikmati hidupnya sekalipun tidak memiliki uang yang lebih dan hidup dalam kesederhanaan.

4. Sukses itu ketika dapat membahagiakan orang disekitarnya

Orang ini menganggap dirinya sukses ketika ia dapat bermanfaat dan membuat orang lain tersenyum, entah itu bermanfaat untuk orang tua, saudara, sahabat dan lain-lain yang berada di lingkungan sekitarnya. Tujuan utamanya tidak muluk-muluk, berpikir dan berusaha mencintai lingkungan sosialnya. Definisi sukses ini termasuk ke dalam sukses secara spiritual.

5. Sukses itu ketika tahu tujuan hidup

Orang seperti ini menganggap sukses itu ketika ia tahu untuk apa dirinya dilahirkan ke dalam dunia. Mereka menganggap bahwa setiap orang memiliki arti dan tujuan hidup masing-masing di dalam dunia. Dan tugas mereka adalah mencari arti dan tujuan hidup tersebut.

Dari definisi sukses di atas, adakah yang termasuk definisi sukses menurut anda? Jika ada apakah anda telah meraih sukses itu? Jika belum meraih sukses menurut definisi anda, apa yang seharusnya anda lakukan mulai sekarang?? Pikirkanlah dan mulailah bertindak untuk itu.

Kembali ke topik!

Usia 18 tahun adalah usia yang sangat menyenangkan bagi para pemuda. Saat itu, mereka tidak memikirkan banyak hal kecuali bersenang-senang dan menghabiskan masa remaja dengan meninggalkan kenangan-kenangan indah yang tak terlupakan. Orang tua merupakan penghasilan utama bagi para remaja pada usia-usia tersebut.

Namun seiring bertambahnya umur, keinginan untuk bebas dan berdiri di atas kaki sendiri semakin kuat. Di era 21 ini, rasio pemuda yang sukses di usia muda semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola pikir dan peluang untuk sukses terbuka lebar, hampir setiap saat ide bisnis muncul di saat yang tak terduga.

Generasi muda penuh dengan tekad api yang menyala-nyala. Semangat membara dari pemuda memungkinkan mereka melakukan eksperimen terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya. Tidak sedikit ide dan peluang bisnis tercipta dari eksperimen para pemuda generasi 21.

Banyak cara yang dilakukan untuk meraih kesuksesan namun sedikit yang bekerja, bahkan tidak ada sama sekali. Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam perjalanan meraih kesuksesan, termasuk diri anda sendiri.

Terkadang semangat dan tekad seorang pemuda patah begitu saja karena satu kegagalan. Anda harus tahu bahwa seseorang yang telah sukses pun masih terkadang mengalami kegagalan, apalagi kamu yang baru merintis jalan menuju kesuksesan di usia muda.

Hal-hal yang akan dihadapi saat berusaha meraih kesuksesan


Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam perjalanan seseorang pasti akan ada hambatan dan tantangan. So, kamu tidak boleh kecewa ataupun putus asa dengan hal-hal tersebut. Apa saja hal-hal yang akan dihadapi saat berusaha meraih kesuksesan?

1. Keluar jalur

Dalam perjalanan hidup pasti dan selalu saja ada rambu-rambu yang tidak terduga sehingga kita harus memutar arah atau sekedar menunda perjalanan. Sehebat apapun seseorang mereka tidak bisa mengendalikan semua aspek didalam hidupnya. Begitu pun dengan rencana, sematang dan sedetail apa pun rencana selalu ada alasan untuk keluar dari alunan melodi yang telah kita rangkai.

Pepatah orang bijak mengatakan “selalu ada hikmah yang dapat dipetik dari setiap kejadian”. Kalimat itu harus menjadi dasar yang kokoh agar anda tidak putus asa ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan diluar rencana awal. Tidak semua berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan namun dengan keyakinan dan kerja keras semuanya akan menjadi lebih baik.

2. Proses yang panjang

Cara sukses dalam 28 hari! Cara kaya dalam waktu 15 hari! Begitu banyak tawaran dan iming-iming dari para bisnismen yang berorasi dengan tema menjadi kaya dalam semalam. Dalam meraih kesuksesan sejati, tidak cukup hanya beberapa hari saja, butuh waktu berbulan-bulan bahkan sampai puluhan tahun untuk dapat mengembangkan sebuah usaha yang bertahan lama.

Seringkali seseorang tidak mengenal sesuatu yang disebut dengan proses. “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Itulah yang dinamakan proses! Dikutip dari Amsal “harta yang cepat diperoleh akan lekas hilang”. Lebih baik mengumpulkan sedikit dari pada mengumpulkan banyak dalam satu waktu yang tidak akan bertahan lama.

Ketika membangun sebuah bisnis, anda tidak akan langsung sukses dan berhasil begitu saja. Proses adalah waktu dimana anda harus belajar dari setiap kesalahan. Untuk naik ke anak tangga yang kedua anda harus melalui anak tangga yang pertama. Tahap demi tahap mutlak harus anda lalui dan tidak ada jalan pintas untuk itu. Dalam hal ini kesabaran (patience) berlaku.

Hargailah proses dan jangan berpikir untuk mendapatkan apa yang anda inginkan sebelum anda benar-benar “menderita”. Mereka yang telah bermukim di singgasana kesuksesan telah berungkali jatuh dan bangun dari keterpurukan.

Cintai dan nikmatilah proses karena itu berharga.

3. Pengorbanan

Ketika seseorang menawarkan trik sukses tanpa modal, mohon maaf saya tidak percaya dengan hal yang demikian. Hidup butuh pengorbanan! Sukses dan bisnis butuh modal! Anda harus benar-benar siap untuk masalah ini. Banyak orang yang ingin sukses tapi tidak mau membayar sepeser pun.

Pengorbanan adalah harga yang harus dibayar dan itu mutlak berlaku bagi semua orang yang menginginkan perubahan. Sukses tanpa modal uang memang sangat mungkin, tapi butuh banyak hal yang harus dikorbankan untuk mencapai kesuksesan. Uang hanya salah satu modal yang berfungsi sebagai jembatan dalam proses menuju kesuksesan. Ada banyak modal yang yang harus anda bayar, waktu, perasaan, tenaga, pikiran, termasuk uang.

Bahkan, terkadang anda akan menghadapi saat-saat dimana anda harus berkorban lebih banyak dari yang terbayangkan sebelumnya. Ketika anda ingin sukses pengorbanan adalah hal yang utama dan yakinlah bahwa kerja keras anda tidak akan sia-sia.

Menabur lebih banyak untuk menuai hasil yang berlimpah.

4. Tantangan

Proses yang panjang dan pengorbanan yang telah terbuang ditambah rencana yang “gagal” merupakan tantangan yang tidak akan lupa menghiasi perjuangan anda. Begitu banyak tantangan yang harus anda hadapi yang bahkan terkadang lebih berat dari yang terpikirkan sebelumnya. Namun ketahuilah bahwa tantangan-tantangan tersebut akan membentuk mentalmu menjadi seorang yang lebih baik. Tantangan yang berat mungkin saja melemahkan semangat seseorang. Namun mereka yang bangun lebih banyaklah yang akan berhasil di masa depan. Terjatuh bangun lagi.

Jangan pernah berpikir atau membayangkan bahwa perjalanan anda menuju kesuksesan akan berjalan baik-baik saja, penuh dengan kebahagiaan karena ketika yang terjadi sebaliknya maka anda bisa langsung down dan tidak bisa bangkit lagi. Semakin hebat dan semakin tinggi anda berada di atas puncak, terpaan angin akan semakin keras. Challenge akan hadir setiap saat karena itu bersiaplah.

Orang-orang yang gagal dibagi menjadi 2: mereka yang berpikir gagal padahal tidak pernah melakukannya dan mereka yang melakukan kegagalan dan tak pernah memikirkannya”. (John Charles Salak)

Tips dan trik meraih kesuksesan di usia muda

Dalam meraih kesuksesan ada banyak yang harus anda perhatikan, termasuk faktor internal maupun faktor eksternal. Kedua faktor inilah yang akan menentukan apakah tujuan anda akan berhasil atau tidak. Dan kedua faktor ini sangat berhubungan antara satu faktor dengan faktor lainnya. Faktor internal berhubungan dengan diri anda sendiri dan faktor eksternal di luar diri anda atau faktor lingkungan. Berikut kiat-kiat sukses yang dapat anda terapkan dalam proses meraih kesuksesan.

1. Memiliki mimpi yang besar

Dalam novel laskar pelangi, toko Lintang merupakan toko yang menginspirasi teman-temannya agar tidak takut bermimpi. Penulis (toko Aku) mengungkapkan “Lintang mengajarkan kami untuk bermimpi setinggi-tingginya”.

Mimpi merupakan alasan dan tujuan kamu hidup. Mimpi anda adalah sebuah komitmen yang harus anda lukiskan semenarik mungkin. Mimpi lebih indah dan bermakna di dunia nyata daripada sekedar angan-angan di dalam pikiran yang tersembunyi.

Bermimpilah dan berjuanglah untuk meraih mimpi tersebut, anda memiliki kemampuan untuk itu. Jangan sampai mimpi yang telah anda lukiskan bahkan telah anda orasikan, hanya menjadi angan-angan belaka yang akan menjadi kenangan pahit di masa yang akan datang.

2. Fokus pada sasaran

rahasia sukses berwirausaha di usia muda
Cara meraih kesuksesan sejak usia muda - Pixabay.com
FOKUS! fokus merupakan kata yang sangat sering kita ucapkan namun sulit untuk dilakukan. Fokus bukan berarti hanya menatap satu cara namun sebaliknya fokus merupakan suatu ketetapan yang telah anda pikirkan sebelum memulai sesuatu. Fokus membangun rencana awal dan tidak tergoda dengan tawaran-tawaran yang dapat menunda rencana utama anda atau istilah kerennya “gagal fokus”.

Anda tidak bisa membaca buku dengan baik ketika sedang menonton drama. Artinya bahwa anda hanya perlu melakukan satu hal dalam satu waktu. Anda perlu memperhatikan rencana masa depan namun yang lebih penting adalah apa yang anda lakukan hari ini. Bersifatlah auto focus!

Apa yang kulakukan sekarang akan membantuku di masa depan - (Naruto Uzumaki)

3. Bangun Jaringan

Networking atau jaringan adalah salah satu modal yang sangat berharga. Anda tidak dapat meraih kesuksesan tanpa bantuan orang lain. Anda mungkin berjuang sendiri, namun orang-orang di sekitar anda adalah guru yang akan membimbing anda menuju masa depan yang lebih cerah. Satu hal yang penting mengenai networking adalah anda tidak diharuskan memilih orang-orang yang dapat membantu anda di kemudian hari.

Jangan hanya memanfaatkan orang-orang yang anda yakini dapat membalas kebaikan anda, tetapi berusahalah mengenal semua orang meskipun kedudukannya lebih rendah dari anda. Anda tidak akan pernah tahu nasib setiap orang.

Mengenal lebih banyak orang akan memberikan peluang yang besar. Memiliki banyak jaringan berarti memiliki banyak informan yang dapat memberikan informasi kepada anda setiap saat. Namun seperti yang diungkapkan presiden pertama RI: “Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kalau bukan bangsa itu sendiri” (Ir. Soekarno). Begitupun dengan anda, networking tidak lebih dari fasilitas yang dapat menunjang anda dalam mencapai puncak karir.

Andalah yang harus berusaha karena orang lain hanyalah sebagai pendorong. Sebagai contoh, ketika kamu menginginkan minuman, banyak orang yang telah menyediakannya, anda tinggal berusaha untuk membelinya dan membuka tutupnya lalu meminumnya. Andi Mattuju seorang pengusaha muda asal Makassar mengungkapkan bahwa networking adalah kunci utama yang harus anda bangun dalam bisnis anda.

Namun satu hal yang penting, koneksi dan jaringan akan datang saat kita juga pandai dalam bergaul dan berbicara. Selain itu, memiliki aset akan membuat koneksi itu datang dengan sendirinya.

Semua orang adalah guru dan mentor terbaik yang dapat menyuguhkan film terbaik dengan judul jalan menuju kesuksesan

4. Mengembangkan skill

Skill atau kemampuan terbagi atas 2, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill berkaitan dengan kemampuan teknis yang diperoleh dari usaha kerja nyata yang biasanya didapatkan dari proses pelatihan dan sesuai dengan disiplin ilmu yang telah dipelajari. Hard skill merupakan image atau citra diri tentang kemampuannya dalam salah satu bidang yang menonjol.

Soft skill berkaitan dengan kepribadian anda seperti karakter, sifat, , pola pikir, dan dan lain sebagainya. Soft skill merupakan hal yang tidak kalah penting dari hard skill. Ketika anda memiliki kemampuan yang menonjol dalam salah satu bidang (hard skill), anda butuh soft skill untuk mengendalikan semuanya. Soft skill merupakan kemampuan anda dalam melihat dan menangani keadaan. Soft skill dapat membentuk citra diri yang positif di kalangan rekan-rekan anda. Soft skill dapat membantu anda dalam kerjasama tim, mengendalikan orang lain dalam maksud positif, dan menentukan cara pandang orang lain terhadap diri anda.

5. Menjadi tuli

Beberapa bulan yang lalu, saya mengikuti seminar yang dibawakan oleh motivator muda Makassar, Seftian Chow.

Dari ilustrasinya, ia menggambarkan :

Pada zaman dahulu, di sebuah negeri anta-beranta hiduplah komunitas katak, sebuah perkumpulan yang cukup besar. Pada saat itu, komunitas katak ini baru kehilangan pemimpin mereka. Oleh karena itu, diadakanlah sayembara untuk mengangkat pemimpin baru yang layak menempati posisi tersebut. Seperti yang sudah-sudah, di negeri ini tidak diadakan pemilihan umum untuk mengangkat seorang raja atas mereka, melainkan mengadakan suatu perlombaan yang beresiko. Perlombaan ini adalah memanjat tebing yang tingginya sekitar sepuluh kaki dengan rintangan-rintangan yang berbahaya, tebing yang licin dan batu yang siap sedia menyambut si katak yang ikut berlomba tatkala ia terjatuh.

Karena alasan-alasan tersebutlah, hanya beberapa katak yang bersedia ikut dan seperti beberapa pemilihan sebelumnya hanya dari kalangan-kalangan panglima yang gagah beranilah yang ikut bertarung. Namun ada yang sedikit berbeda pada perlombaan ini, diikuti oleh seekor katak dari golongan pedagang yang terlihat sangat lemah. Semua katak yang menyaksikan perlombaan tersebut mencemooh dan menertawakan si katak pedagang ini, termasuk kompetitor-kompetitornya bahkan sebelum perlombaan dimulai.

Aturan perlombaannya adalah katak yang sampai pertama kali di atas puncak tertinggi dialah yang akan menjadi raja. “Bersedia.. siap... mulai!” aba-aba dari wasit pertandingan. Semua peserta berlomba dan saling berebut untuk menjadi yang tercepat. Hanya beberapa saat, hampir semua peserta mencapai garis tengah perlombaan, kecuali si katak pedagang ini yang memanjat dengan santai dan berhati-hati. “Turun.. turun...” semua penonton meneriaki si katak pedagang ini agar mundur dari perlombaan. Tetapi si katak pedagang ini terus memanjat dan tidak menghiraukan teriakan teriakan-teriakan tersebut.

Melewati garis tengah, tinggal tersisa beberapa katak, termasuk si katak pedagang ini yang baru saja memasuki garis tengah perlombaan. Semakin tinggi, semakin tinggi tinggal tersisa dua katak yang pada akhirnya juga terjatuh saat hendak mencapai garis finish. Sang katak pedagang ini tinggal seorang diri saja yang bertahan. “Turun..turun.. kamu tidak akan bisa! Panglima katak yang sangat kuat saja gagal apalagi kamu yang hanya.... lemah!” seru penonton dengan semakin keras. Si katak ini terus melanjutkan perjalanannya tanpa peduli sedikit pun.

Hampir tidak ada lagi yang memperhatikan jalannya perlombaan hingga pada akhirnya terdengar teriakan dari tebing, “aku berhasil!”. Semua penonton merasa kagum dan bertepuk tangan sambil menyerukan “hidup raja katak, hidup!’

Tiba saatnya pada acara penganugrahan medali dan gelar raja. Si katak ini pun dipersilahkan untuk berorasi di depan warganya. “Kita sambut raja baru kita”, seru sang MC pembawa acara. Si katak ini masih duduk diam dan tidak menoleh sedikit pun ke arah sumber suara hingga sang MC ini menariknya sendiri ke atas panggung.

Sang raja baru, si katak pedagang ini pun mengucapkan kalimat pertamanya, “Maaf pendengaran saya sedikit terganggu, sebelum berangkat ke acara perlombaan saya telinga saya kemasukan air. TAMAT.

Pelajaran berharga yang dapat dipetik dari ilustrasi ini adalah kita kadang-kadang harus bersikap tuli terhadap semua cemooh. Melakukan dan melaksanakan keyakinan dengan tidak peduli terhadap semua yang orang lain katakan.
Bersikap tuli bukan sekedar pura-pura tidak mendengar, namun memang tidak peduli.

6. Rencana bisnis dan kerja

Rencanakan tujuan sukses anda dengan sebaik mungkin. Hal ini dapat menjadi pedoman anda dalam mencapai kesuksesan sehingga tetap fokus pada tujuan utama. Jangan hanya membuat pertanyaan namun tidak menyampaikan pertanyaan. Setelah menyusun rencana anda harus bekerja dan melaksanakannya. Rencana yang diukir sebaik apapun hanya akan sia-sia ketika tidak dilaksanakan.

Hal yang sangat penting dalam pekerjaan adalah profesionalisme dan totalitas. Anda bersikap profesional dengan cara total. Totalitas adalah bekerja sebaik dan sekeras mungkin, bukan hanya asal selesai. Pekerjaan yang anda lakukan harus berhasil menciptakan prestasi yang gemilang.

Kerja keras harus diimbangi dengan kerja cerdas (smart). Jangan hanya menggunakan otot tetapi manfaatkanlah semua yang bisa dimanfaatkan terutama hati dan otak. Kerja, kerja, kerja.

“Hard work itu pasti!” Tapi jangan lupakan waktu istirahat anda. Karena itulah saya mengatakan bahwa hargai proses dan bekerjalah secara perlahan dan jangan pernah berpikir untuk sukses dalam jangka tiga hari. Kesehatan anda sangat penting untuk meraih kesuksesan-kesuksesan yang lebih besar lagi.

7. Berani mengambil keputusan

Berani memutuskan dan mengambil sikap merupakan langkah awal untuk sukses. Kenali rasa takutmu dan mulailah belajar mengatasinya. Anda harus mengumpulkan keberanian untuk bertindak meskipun terkadang tidak seorang pun yang mendukung.

You will never know till you have tried - (dikutip dari buku).

Kamu tidak akan pernah tahu rasa gula yang sesungguhnya sebelum kamu sendiri mencobanya. Kamu tidak akan pernah tahu rasanya digigit kucing sebelum kamu sendiri pernah mengalaminya. Jangan pernah ragu untuk memulai apa yang anda anggap benar. Berani menanggung resiko atas setiap pilihan yang telah kamu buat.

8. Kejujuran yang berharga

Identitas merupakan hal yang sangat berharga. Di dalam kehidupan, pertama-tama anda dan bisnis anda dikenal melaui nama (brand). Integritas sangat berharga dan semua orang menghargai itu sehingga muncul istilah
di tengah-tengah masyarakat bahwa “kejujuran adalah mata uang yang berlaku di semua tempat”.

Jangan pernah menjadi penipu karena dapat merusak citra diri anda dan perusahaan anda. Sekali saja anda gagal mempertahankan integritas maka anda akan di cap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak mudah merubah pandangan itu. Seribu perbuatan baik anda akan dilupakan jika anda melakukan satu kesalahan yang fatal.

Noda titik di baju berwarna putih akan sangat jelas kelihatan di mata orang. (Sutrisno, S.Pd. K)

9. Mentalitas Baja

Selain fisik dan tubuh jasmani, salah satu bagian dari tubuh anda yang harus anda perhatikan adalah jiwa. Jiwa yang kuat membentuk mental yang kuat. Joko Widodo dalam kampanye pada pilpres kemarin menggunakan istilah “revolusi mental”. Hal ini menandakan bahwa mental merupakan hal pertama yang harus kita bongkar untuk dapat mengekspolari dunia. Mental seperti apa yang harus kita bangun? Mental baja!

Mental baja memiliki tekad dan kemauan yang keras yang tidak akan mudah terkalahkan. Mental baja bermula dari keyakinan atau confident (Tuhan). Oleh karena itu, mental baja merupakan pondasi dasar yang melandasi bangunan yang kokoh yang harus anda miliki. Dengan mental baja anda akan memiliki semangat pantang menyerah khas pemuda yang telah sukses.

10. Ciptakan Peluang

Ada orang yang mau berbisnis namun tidak memiliki modal. Jadi, ia menunggu dan duduk diam serta berserah kepada nasib dan lucky factor sampai modal yang dibutuhkan tiba dengan sendirinya baru akan memulai bisnis tersebut.

Tidak perlu menunggu kesempatan datang menghampiri anda. Anda harus berusaha menciptakan peluang dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Terkadang kesempatan kedua tidak akan sebagus kesempatan pertama.

11. Kreatif dan inovatif

Menurut KBBI, kreatif adalah memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan dan inovatif adalah memperkenalkan sesuatu yang baru (pembaharuan). Anda harus memiliki kedua hal ini, terutama bagi anda yang berjuang di dunia wirausaha (entrepreneur). Menciptakan produk bisnis yang berbeda dan berkualitas tentunya akan lebih cepat terkenal dibandingkan bisnis yang dicopas secara mentah-mentah.

12. Terus belajar

Apapun yang terjadi, belajar adalah hal yang penting. Jangan pernah berhenti belajar. Para professor pun tidak pernah berhenti belajar. Belajar, belajar dan belajar. Hidup ini harus selalu belajar agar terus bergerak dan memiliki gairah untuk hidup.

Cara Sukses Berbisnis di Usia Muda


Setelah anda memiliki tips dan trik sukses di atas, saatnya Anda beraksi. Berikut langkah-langkah yang harus anda tempuh dalam perjalanan menuju kesuksesan.

1. Tentukan tujuan

Pada bagian awal di atas, saya memberikan beberapa definisi sukses yang berlaku secara umum. Anda harus mengetahui definisi sukses menurut anda untuk dapat melangkah ketahap yang kedua.

Setelah anda mengetahui definisi sukses menurut anda, anda harus fokus terhadap hal-hal yang dapat membantu anda meraih sukses tersebut. Ketika anda bergerak di bidang teknologi anda harus fokus terhadap teknologi. Ketika anda bergerak di bidang properti anda harus fokus terhadap bidang properti. ketika anda fokus di bidang pertanian anda harus fokus terhadap pertanian. Namun anda tidak harus tertutup pada bidang yang lain, sekedar tahu bukanlah suatu masalah namun anda harus menguasai bidang dimana anda fokus. Pilihlah bidang yang sesuai dengan skill dan hobi anda.

Ketika anda sudah memiliki titik fokus, pasanglah target terhadap usaha yang akan anda jalankan. Pasanglah target dengan logis dan benar-benar dapat tercapai sebelum waktu tenggat yang anda tentukan expired. Terkadang seseorang yang memulai usaha takut memasang target karena takut tidak berhasil memenuhi target yang telah ditentukan. Padahal target ini sangat berguna dalam mengukur tingkat kesuksesan usaha yang sedang anda jalani.

Takut memasang target berarti anda masih memiliki keraguan terhadap diri dan usaha Anda.

2. Strategi cerdas

Di dalam peperangan, pasukan yang memiliki strategi terbaiklah yang akan memenangkan peperangan. Analisalah strategi terbaik yang dapat menuntun anda kepada kesuksesan. Mulailah lakukan riset dan jangan terburu-buru dalam memulai sesuatu. Buat dan rencanakanlah startegi sematang mungkin.

Dalam permainan catur, salah strategi dapat meruntuhkan kerajaanmu.

3. Bertindak lebih awal

Ketika strategi sudah siap, Anda harus segera bertindak (action). Perlahan tapi pasti, tidak perlu tergesa-gesa agar tidak salah langkah. Anda juga tidak perlu menunggu sampai anda cerdas. Ketika anda yakin dengan strategi dan kemampuan anda, segeralah bertindak. Dengan modal keberanian dan sedikit nekat anda dapat meraih kesuksesan.

Pengetahuan tak punya makna, jika anda tidak mempraktikkannya - Anton Chekhov)

4. Teruslah belajar

Kegiatam belajar tidak hanya anda lakukan secara formal di sekolah. Setiap hari anda dapat belajar dari siapa dan dari manapun. Amatilah lingkungan sekitar anda, manusia dan alam dapat memberikan pelajaran yang benar-benar berguna dalam meraih kesuksesan.

Di dalam continuous learning ini mencakup question and answer, pertanyaan dan jawaban. Ketika anda tidak mengerti suatu hal, jangan malu untuk berkonsultasi kepada yang lebih berpengalaman. Meskipun anda akan di cap newbe atau kurang pengalaman itu lebih baik daripada berusaha menjadi seorang master yang penuh dengan pertanyaan yang tidak akan pernah terjawab karena kesombongan.

”Tahu bahwa kita tahu apa yang kita ketahui dan tahu bahwa kita tidak tahu apa tidak kita ketahui. Itulah pengetahuan sejati”. (Copernicus)

5. Coba lagi (retry)

Bersyukurlah ketika metode anda gagal karena dari kegagalan tersebut anda akan mendapatkan sesuatu yang berharga, yaitu pengalaman.

Dikutip dari buku, “Experince is the best teacher”.

Pengalaman adalah guru terbaik yang akan membentuk insting anda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Anda harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan anda pasti memiliki maksud tersendiri. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda artinya bahwa kegagalan adalah sebuah proses yang tidak akan berhenti selama anda berusaha. Anda hanya akan gagal ketika anda berhenti berusaha.

Cara Menyambut Kesuksesan


Setelah cita-cita dan mimpi anda tercapai, anda sebaiknya melakukan beberapa hal yang membuat kesuksesan anda semakin bermakna.

1. Hindari sikap arogan

“Tinggi hati mendahului kehancuran” kitab Amsal. Saya mengingat ilustrasi yang di sampaikan oleh ketua PPGT jemaat Silo Rante Lara dalam khotbahnya pada suatu ibadah yang menggambarkan tentang kehidupan orang yang telah merasa sukses. Saat itu, ia mengajak seseorang untuk maju ke depan dan kebetulan saat itu saya sendiri yang bersedia. Ia berdiri di atas kursi dan saya berdiri di atas lantai, kemudian ia mengulurkan tangannya dengan posisi berjabat tangan dan mengisyaratkan agar kami mengadu tenaga sekuat mungkin. Pada akhirnya dialah yang terjatuh.

Pada ilustrasi ini, kita dapat memetik pelajaran bahwa ketika seseorang berada di atas (sukses), dia akan sangat mudah terjatuh. Karena itu hindari bersikap arogan karena apa yang dapat anda sombongkan hari ini, kemungkinan besar akan lenyap hari esok. Ingat bahwa kesuksesan berasal dari Tuhan dan Ia dapat memberikannya kepada siapa Ia berkenan.

2. Antara bersyukur dan kepuasan

Anda harus bersyukur dalam segala hal, bukan hanya bersyukur dan berterima kasih ketika mendapatkan untung. Bersyukur membuat kehidupan anda lebih cukup dan tak berkekurangan. Namun dalam segala jerih payah dan usaha anda jangan pernah merasa puas. Kepuasan membuat seseorang berhenti berkembang bahkan terkadang menimbulkan kesombongan.

Di atas langit masih ada langit, di atas kesuksesan masih terdapat kesuksesan yang lebih besar. Bersyukurlah dalam segala dalam segala hal.

3. Berinvestasi sejak dini

Anda tidak akan pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di hari esok. Mulailah mengatasi hal tersebut seperti kata pepetah bijak “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Sisihkan sedikit dari penghasilan anda untuk keperluan masa depan. Ketika anda sudah memiliki penghasilan anda dapat menabungnya dengan jalan investasi di pasar modal atau untuk memanimalisir kerugian berinvestasi di bidang properti yang lebih aman.

Investasi akan memanimalisir masalah keuangan anda di kemudian hari. Ketika usaha yang anda lakukan berhenti di tengah jalan, anda tidak perlu berjalan dan memulai membangun kembali dari nol. Dengan demikian, secara tidak langsung anda memiliki asuransi yang sangat berguna ketika masalah datang secara tiba-tiba.

4. Bahagiakan orang lain

Ketika anda berjaya, orang pertama yang harus diingat adalah kedua orang tua anda. Tanpa mereka Anda bukanlah siapa-siapa. Berterima kasilah kepada saudara-saudara anda yang telah membentuk karakter anda melalui perbedaan-perbedaan pendapat yang acapkali menimbulkan perselisihan, sahabat-sahabat anda yang selalu mendukung Anda, bahkan kepada semua orang yang telah berjasa di dalam kehidupan anda. Karena merekalah anda dapat meraih mimpi-mimpi indah yang telah anda lukiskan sebelumnya.

Ketika seseorang telah memilih mendukung Anda, jangan pernah mengecewaakan pilihan mereka. Anda bertanggung jawab memelihara kepercayaan mereka.


5. Bertangguang jawab

Pada akhirnya, anda harus menggunakan pencapaian anda untuk sesuatu yang positif dan mendidik. Ketika anda diberi kesuksesan, anda harus menggunakan segala kemewahan dan kegemilangannya secara bertanggung jawab sekalipun anda bebas memanfaatkannya. Hindari sikap glamour, seperti petuah definisi sukses finansial pada bagian awal tulisan ini.

Tujuan artikel ini bukan semata-mata untuk mendikte Anda dan lain sebagainya. Anda bebas meraih sukses dengan cara anda sendiri. Tujuan saya yang sebenarnya adalah untuk mengantisipasi orang-orang mengatakan bahwa mereka yang telah hidup dalam kesuksesan dapat mengatakan segala sesuatu yang sulit dengan mudah.

Demikianlah artikel tentang cara meraih kesuksesan di usia muda secara khusus sukses dalam berbisnis. Miliki strategi bisnis sejak masih muda sehingga mental dan jiwa bisnis muncul lebih cepat. Dengan terbiasa menghadapi situasi yang di luar kendali maka akan membuat mental bisnis seseorang akan terbentuk.

Semoga bermanfaat dan silahkan berbagi tips dan rahasia suksesmu juga!
  October 08, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close