Skip to main content

Cara Pemangkasan Tanaman Buah Dalam Pot

Cara Pemangkasan Tanaman - Sebelum masuk ke cara pemangkasan tanaman, mari kita lihat apa saja manfaat dari memangkas tanaman. Perlu diketahui bahwa cara dan teknik pemangkasan setiap tanaman itu berbeda-beda. Cara pemangkasan pohon rambutan dan pemangkasan pada tanaman mangga itu berbeda teknik.
cara memangkas tanaman buah dalam pot dengan mudah
Cara pemangkasan tanaman buah dalam pot - pixabay.com

Teknik pemangkasan tanaman ini secara khusus dapat diterapkan pada tanaman buah dalam pot agar pertumbuhannya tetap terpelihara dan tidak membuat orang resah karena menunggu musim berbuah. Ya, tanaman tabulampot dapat berbuah di luar musim buah dengan memanfaatkan teknik dan cara pemangkasan terhadap tanaman buah dalam pot.

Manfaat Pemangkasan Ranting pada Tanaman


Mengapa kita harus memangkas tanaman? Apakah pentingnya memangkas tanaman? Berikut alasan-alasan yang akan membuat kita menyadari pentingnya melakukan pemangkasan pada ranting tanaman.

1. Membentuk Tanaman

Dengan pemangkasan yang baik dan benar, maka tanaman akan lebih cepat bertumbuh. Memangkas tanaman sejak tanaman masih muda akan membuat kita dapat mengendalikan bentuk suatu tanaman.

Tanaman yang berada di halaman rumah sebaiknya dipelihara dengan baik agar tidak tumbuh menjulang melewati kabel listrik. Cara memelihara tanaman tersebut adalah dengan rutin memangkasnya agar tidak tumbuh terlalu besar dan menghalangi padangan keluar rumah. 

2. Meningkatkan Produksi Buah

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan pemangkasan tanaman adalah untuk meningkatkan produksi buah. Namun jangan salah, pemangkasan ranting tanaman untuk menghasilkan buah yang lebih banyak ini tidak sembarangan. Dibutuhkan teknik dan tips khusus memangkas tanaman yang rapi dan benar agar tanaman dapat berbuah lebat/

Kapan dan bagaimana memangkas tanaman buah? Mengapa perlu untuk melakukan pemangkasan tanaman? Seperti yang saya jelaskan di atas, salah satu tujuan penting dalam pemangkasan tanaman buah dalam pot adalah untuk membuat tanaman berbuah lebat.

Jenis Pemangkasan Tanaman


Berdasarkan tujuannya, pemangkasan tanaman dibedakan atas 2 jenis, yaitu:

1. Pemangkasan Dengan Tujuan Pembentukan Model dan Bentuk Tanaman


Pemangkasan tanaman yang pertama ini bertujuan untuk membentuk model tanaman sesuai dengan keinginan. Pemangkasan ini dapat berupa penjarangan tangkai untuk mendapatkan bentuk dan model tanaman yang terbaik.

Pemangkasan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan, dan hanya membutuhkan sedikit daya imajinasi dan kreatif untuk menghasilkan model yang terbaik. Pemangkasan untuk membentuk model tanaman harus memperhatikan hal-hal seperti tangkai yang harus dibuang dan yang harus ditinggalkan.

Pemangkasan model tanaman bertujuan agar tanaman tetap simetri agar tetap kuat didalam pot ketika telah berbuah lebat. Yang terpenting dari pemangkasan jenis ini adalah pembentukan model yang baik dan pembuangan atau penjarangan tangkai untuk pemaksimalan buah pada tanaman.

Pemangkasan tanaman sangat penting pada tanaman muda agar bentuknya sesuai dengan yang diinginkan.

2. Pemangkasan Dengan Tujuan Agar Tanaman Cepat Berbuah


Pemangkasan yang kedua bertujuan untuk menghasilkan buah pada tanaman. Pemangkasan jenis ini dilakukan dengan memotong tangkai tanaman pada bagian pucuk tanaman agar tanaman cepat berbuah.

Pemangkasan untuk segera menghasilkan buah ini dapat memaksa tanaman untuk segera berbuah. Setelah pemotongan tangkai pada pucuk dan memberi pupuk pada tanaman maka tanaman akan membawa bunga bersamaan dengan munculnya tunas baru.


Pemangkasan tanaman dengan tujuan untuk menghasilkan buah harus memperhatikan nutrisi pada tanaman. Sebelum melakukan pemangkasan sebaiknya tanaman tabulampot dipupuk terlebih dahulu. Umur tanaman juga menentukan tingakt keberhasilan tanaman menghasilkan dan membawa buah.

Pemangkasan ranting tanaman akan merangsang pertumbuhan, memaksa dan membuat tanaman cepat berbuah.

Cara Pemangkasan Tanaman Tabulampot

cara pemangkasan tanaman tabulampot
Cara pemangkasan tanaman 
Dalam pemeliharaan tanaman tabulampot, pemangkasan merupakan salah satu bagian terpenting. Pemangkasan tanaman mempunyai beberapa tujuan, misalnya membuat agar tanaman cepat berbuah, pengendalian diameter tanaman atau pembentukan model tanaman.

Teknik pemangkasan tanaman pun harus diperhatikan berdasarkan tujuan pemangkasan tanaman. Pemangkasan tanaman dengan tujuan pembentukan model tanaman berbeda dengan pemangkasan untuk tujuan agar tanaman cepat berbuah.

Sebelum melakukan pemangkasan, kita terlebih dahulu mempersiapkan gunting pruning yang khusus digunakan untuk pemangkasan tangkai pada tanaman. Setelah semua alat yang dibutuhkan untuk melakukan pemangkasan, kita menuju ke objek yang akan dipangkas, yaitu tanaman.
Demikianlah tulisan tentang cara pemangkasan tanaman berdasarkan jenis pemangkasan tanaman yang sangat mudah dan tepat jika diterapkan pada tanaman tabulampot. Mau tanaman cepat berbuah? Rutinlah memangkas ranting tanaman.
  October 08, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close