Skip to main content

7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan jerawat secara alami menjadi salah satu topik yang populer. Kenapa? Karena jerawat merupakan masalah umum yang hampir diderita oleh semua remaja maupun dewasa. Menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat menjadi pilihat tersendiri untuk menghindari resiko produk kecantikan wajah yang berbahaya.

cara menghilangkan jerawat secara cepat menggunakan bahan alami
Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat - pixabay
Cara menghilangkan jerawat pada artikel ini lebih disarankan untuk menggunakan bahan alami yang sudah terbukti sekalipun prosesnya cukup lama. Tapi masalah hasil, tidak perlu diragukan lagi. Dari pada menggunakan cara cepat yang bisa berakibat fatal malah memperparah jerawat dan meninggalkan bekas jerawat yang membandel.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami? Jawabannya ada 2 nih, mau yang cepat tapi beresiko atau mau yang agak lambat tapi permanen? Pilih yang terbaik menurut Anda. Jika ingin manggung esok hari, maka bisa pilih cara cepat tapi resiko ditanggung sendiri.

Sebelum masuk ke cara menghilangkan jerawat, sebaiknya baca ini dulu 6 Penyebab jerawat dan cara mengatasinya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Yang pertama kita akan menghilangkan jerawat secara alami dan permanen. Tentu cara alami ini bebas dan aman dari resiko. Selain itu, bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat membandel ini juga mudah ditemukan di rumah.

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa meninggalkan bekas dan flek hitam di wajah.

1. Putih telur


Wajah berminyak menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat. So, ada baiknya juga kalau kita mulai dari cara mencegah kulit berminyak. Namun bagi yang sudah berjerawat, putih telur bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengeringkan kulit berminyak sekaligus mengeringkan jerawat secara alami.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan putih telur secara alami:

  1. Ambil telur dan pecahkan. Ambil putihnya saja dan untuk kuning telur bisa disedekahkan untuk saya goreng.
  2. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air dan lap menggunakan handuk.
  3. Oles putih telur pada wajah dan diamkan beberapa menit sampai kering.
  4. Bilas dengan air hangat.
Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat. Namun tidak boleh sering diaplikasikan pada wajah karena akan membuat wajah kehilangan kelembabannya. Juga gunakan air hangat yang suhunya sudah hampir-hampir dingin. Jangan sering menggunakan air hangat pada wajah.

2. Lidah buaya


Mengatasi wajah berminyak dan jerawat di wajah dengan hasil yang maksimal dan permanen, serta 100% aman, makanan tanaman yang satu ini bisa menjadi solusinya. Ya, apalagi kalau bukan lidah buaya.

Menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat sangat bagus. Selain tanpa resiko, juga dapat menghilangkan bekas jerawat flek hitam di pipi.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya:

  1. Siapkan daun lidah buaya dan kupas kulitnya.
  2. Ambil gelnya aja.
  3. Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  4. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker.
  5. Diamkan sekitar 15 menit.
  6. Bilas dengan air.
Saya sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan lidah buaya karena lebih mudah diaplikasikan pada wajah yang berjerawat. Masker lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

3. Masker tomat


Selain lidah buaya, buah tomat juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Hanya saja, jika salah menggunakannya, maka jerawat bisa bertambah banyak. Salah menggunakannya maksud saya adalah menggunakan alat-alat yang tidak higenis.

Cara menggunakan masker tomat untuk menghilangkan jerawat secara alami:

- Blender 2 buah tomat bersih
- Cuci wajah sampai bersih.
- Oles dan jadikan jus tomat sebagai masker
- Diamkan sampai kering.
- Bilas dengan air bersih.

Cara alami ini juga pasti aman dari resiko. Tapi selalu pastikan alat dan bahan yang digunakan benar-benar bersih.

4. Lemon


Baik lemon atau jeruk nipis kedua-duanya bisa menghilangkan jerawat. Hanya saja, cara ini akan membuat wajah terasa perih. Tapi jika ingin coba membasmi jerawat dengan lemon, berikut caranya:

  1. Ambil perasan air lemon atau jeruk nipis.
  2. Bersihkan wajah dengan air.
  3. Oleskan perasan air lemon ke jerawat.
  4. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat.
Cara ini cukup menyiksa dan resikonya bisa jadi membuat wajah iritasi jika salah menggunakan. Karena itu, bisa menambahkan madu ke dalam perasan air lemon sebelum digunakan pada wajah. Selain itu, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menggunakan bahan alami seperti ini untuk menghilangkan jerawat.

5. Madu


Madu memang memiliki beribu manfaat di bidang kecantikan dan kesehatan. Selain ampuh menghaluskan wajah, juga bisa untuk menghilangkan jerawat membandel dengan mudah.

Jika mau cara yang benar-benar alami dan pastinya juga tidak beresiko sama sekali maka gunakan madu.

Tips menggunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan jerawat:

  1. Siapkan madu secukupnya.
  2. Bersihkan wajah dengan air.
  3. Oleskan madu ke seluruh permukaan wajah.
  4. Diamkan sekitar 15 menit sampai 20 menit.
  5. Basuh dengan air sampai bersih.
Perlu diperhatikan bahwa saat mengoleskan madu pada wajah, tangan harus benar-benar bersih. Begitu pun setelah memakai masker jangan menyentuh wajah lagi sampai dibasuh dengan air.

Perawatan wajah berjerawat memang tidak boleh sembarangan. Jika tidak, maka resiko jerawat meradang dan tambah banyak sangat mungkin terjadi. Salah satu yang jarang diperhatikan namun sangat penting adalah menjaga kebersihan wajah dan alat-alat make up yang digunakan.

Lihat juga Bahaya menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam 1 Hari


Sekalipun di atas saya mengatakan tidak ada cara cepat untuk menghilangkan jerawat tapi ada memang bahan yang dapat digunakan untuk segera meredakan jerawat yang meradang.

Hanya meredahkan bukan untuk menghilangkan. Ini sangat cocok digunakan jika memang jerawatnya parah dan besok harus tampil memesona. Tapi saya benar-benar tidak merekomendasikan tips ini.

1. Menggunakan pasta gigi


Pasta gigi mengandung berbagai senyawa yang dirancang khusus untuk memutihkan gigi. Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat secara alami bisa beresiko untuk menghilangkan kelembaban kulit wajah. Hasilnya, wajah menjadi kering dan mudah keriput.

Namun jika terpaksi, berikut cara menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat secara cepat.
1. Bersihkan wajah.
2. Oles pasta gigi ke jerawat yang meradang.
3. Tunggu sekitar beberapa menit.
4. Basuh wajah dengan air sampai bersih.

Cara ini memang sangat ampuh untuk mengempiskan jerawat dengan cepat, bahkan dalam waktu semalam. Banyak yang merekomendasikan untuk menggunakannya sebelum tidur tapi menurut saya itu terlalu lama. Bahkan dalam tips kesehatan gigi putih pun disebutkan kalau menyikat gigi seharusnya antara 1 sampai 2 menit saja dan tidak lebih.

Produk pasta gigi seharusnya khusus untuk gigi. Jika tidak, kita tidak perlu lagi menggunakan produk kecantikan penghilang jerawat.

Ingat hanya untuk jerawat yang meradang atau istilahnya aktif. Dan sama sekali tidak berfungsi untuk menghilangkan jerawat yang membandel dan bekasnya. Jika kamu tahu, sebenarnya cara ini akan benar-benar membuat wajah kering.

2. Es batu


Cara cepat menghilangkan jerawat dalam waktu 1 hari yang sering dilakukan adalah menggunakan es batu. Seperti cara cepat menghilangkan jerawat dengan pasta gigi, menggunakan es batu juga tidak direkomendasikan. Alasannya, es batu bisa membuat pori-pori wajah semakin membesar.

Namun kalau terpaksa, berikut cara pemakaiannya:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  2. Ambil es batu dan bungkus dengan kain bersih.
  3. Kompres pada jerawat yang aktif.
Saat mengkompres wajah dengan es batu, pastikan untuk selalu membungkus es batu dengan kain. Dan kain yang digunakan juga harus benar-benar bersih. Jangan sampai ada kumannya. Seperti saat menggunakan pasta gigi, cara menghilangkan jerawat secara alami dengan es batu khusus untuk jerawat yang sedang meradang.

Jika sudah dengan cara di atas, bisa lanjutkan dengan tips dan cara menghilangkan bekas jerawat secara permanen.

Kesimpulan menghilangkan jerawat secara alami

Cara mana yang sebaiknya digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami?

Untuk yang mau hasil yang memuaskan sampai pada bekas jerawat juga hilang bisa menggunakan bahan alami nomor 1 sampai 5. Rekomendasi terbaik menggunakan madu, lidah buaya dan masker tomat. Namun memang tidak akan cepat tapi bisa dijamin lebih aman.

Jika ingin manggung atau tampil esok hari maka bisa gunakan cara cepat dalam 1 hari menggunakan pasta gigi atau es batu. Penting untuk diperhatikan bahwa ini bukanlah cara menghilangkan jerawat tapi hanya untuk mengempiskan jerawat yang sedang meradang.

Semua cara di atas, langkah pertamanya hanya satu, yaitu bersihkan wajah. Dan terakhir selalu bilas dengan air dingin maupun hangat. Air hangat yang sudah mendekati suhu dingin. Ingat untuk menggunakan peralatan wajah yang bersih.

Selain itu, selalu gunakan handuk bersih dan halus untuk digunakan pada wajah. Dan jangan memecahkah jerawat karena bisa berakibat iritasi dan meninggalkan bekas jerawat dan flek hitam. Terlebih jika jerawat tersebut sedang meradang dan dipercahkan, maka kemungkinan buruknya bisa meninggalkan bopeng bekas jerawat yang jauh lebih sulit dihilangkan secara alami.
Itulah 7 cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang sudah terbukti ampuh. Silahkan dicoba!

  October 31, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close