Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Yang Telah Saya Buktikan

Beberapa tahun silam tidak semua orang tahu cara menghasilkan uang dari internet. Jadi bisa dikatakan mendapatkan uang di dunia maya itu masih rahasia besar. Berbeda dengan tahun 2018 ini, semakin mudah dan banyak alternatif untuk mendapatkan penghasilan hanya dengan duduk di depan gadget dan komputer setiap harinya.
cara menghasilkan uang dari internet yang terbukti
Cara menghasilkan uang dari internet - pixabay
Sejak SMP saya sudah mulai mencari cara menghasilkan uang dari internet. Mulai dari kerja online bermain PPC (Pay per click), download aplikasi, mining dan trading bitcoin, sampai game online pernah saya coba. Namun hasilnya nihil, zonk. Banyak yang berhasil menambang bitcoin tapi memang mereka memiliki modal. Saya yang bermain gratisan, sering mendapatkan situs yang tidak kredibel yang akhirnya berujung scam. Gak jadi payout deh.

Saya tidak berhenti di situ. Sampai akhirnya saya mengenal dunia blogging sejak kelas 3 SMA. Namun karena kurang fokus, itu pun gagal. Namun itulah awal saya mendapatkan uang dari blog, yaitu dengan menjual blog. Rugi? Sudah pasti! Blog seharusnya tidak dijual tapi saya tidak menyesal.

Berikut beberapa cara yang pernah saya coba dan berhasil memperoleh uang dari internet, baik dengan modal maupun tanpa modal atau gratis. 

1. Buat blog dan jual


Dari pengalaman saya, ini merupakan cara bodoh untuk menghasilkan uang dari internet. Tapi banyak kok yang melakukan ini. Mereka ternak blog kemudian membangunnya beberapa bulan kemudian dijual. Tapi sebenarnya cara ini kurang efektif. Karena lebih baik membangun blog secara berlahan dari pada dijual. Meskipun untuk pemula itu adalah hal yang sulit.

2. Buat toko online gratis


Sebenarnya cara menghasilkan uang yang satu ini tidak pernah saya anjurkan. Kenapa? Ini rumit sekali dan tidak semudah yang dibayangkan. Saya tidak pernah belajar coding (Bahkan belajar bahasa program pun tidak pernah), namun berniat membangun e-commerce.

Tapi memang terbukti lho. Saya membuat toko online gratis dari Blogger kemudian mendesainnya beberapa hari dengan template gratis. Meskipun tanpa modal, mendapatkan uang dari internet dengan cara ini memang cukup mudah.

Pasalnya saya hanya mencari grup jual beli atau peluang usaha di Facebook dan menyusur para penjual di sana. Setelah memberikan contoh toko online dan kelebihan memiliki toko online sendiri dari pada menjual di marketplace, banyak yang tertarik.

Saya tidak menggeluti cara mendapatkan uang yang satu ini karena tidak banyak yang paham cara menggunakan toko online tersebut dan memang tidak akan mudah bersaing dengan situs e-commerce besar, terlebih menggunakan platform gratis dan subdomain blogspot. Butuh totalitas untuk sukses di sana.

3. Ternak Google Andsense


Saat artikel ini dibuat, ternak Google Adsense sudah tidak selegit dulu. Sekarang harganya anjlok. Bagi peternak akun adsense mendapatkan uang banyak dalam sehari itu mudah saja. Tanpa perlu paypal atau lainnya, tanpa perlu download aplikasi penghasil uang, ternak adsense sangat gampang, oleh sebagian orang.

Cara inilah yang benar-benar bisa membuat beberapa orang menghasilkan uang jutaan rupiah tiap minggunya. Modalnya hanya membuat blog gratis dari blogspot dan membeli domain murah. Daftar adsense, diterima, lalu jual. Banyak yang beli, tapi itu dulu. Sekarang sudah jarang.

4. Mendapatkan uang dari blog


Cara mendapatkan uang dari Google yang paling baik adalah dengan membuat blog. Banyak orang yang berhasil membangun blog bervisitor kurang dari 1 tahun. Setelah blog bervisitor, menghasilkan uang di internet memang lebih mudah dan gampang. Jalan dan proses mencapainya aja yang butuh kerja keras.

Modal yang dibutuhkan oleh blogger pemula cukup mahal, butuh laptop untuk menulis, kuota internet untuk posting artikel dan kesabaran untuk terus belajar. Intinya harus paham tentang SEO dan artikel berkualitas original. Hanya itu jika ingin sukses di dunia blogging.

Mereka yang telah sukses menjadi blogger kebanyakan akan berhenti dari tempat kerjanya. Jika dulu kerja online membangun blog hanya sebagai sampingan sekarang sudah menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Tidak ada cara cepat menghasilkan uang dari internet melalui dunia blogging.

5. Menjadi Youtuber


Sama seperti blogger, menjadi youtuber memang benar-benar terbukti bisa menghasilkan uang dari internet. Butuh totalitas untuk menjadi youtuber yang sukses dan berbakat membuat konten yang bermanfaat.

Jika mau menghasilkan uang dari internet langsung dari Google ke rekening bank, kamu bisa coba menjadi blogger atau youtuber. Tapi tetap konsisten untuk dapat membangun aset yang menjanjikan ini.

Cara terbaik untuk investasi di dunia online adalah membuat konten berkualitas sebagai menu utama blog dan youtube.

6. Menjadi Trader Bitcoin


Biasa lihat screenshot para sultan dari Indodax? Indodax adalah salah satu wallet atau dompet di dunia online. Nah, kebanyakan yang menggunakan indodax sebagai dompetnya merupakan para trader bitcoin maupun doge coin. Banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk trading bitcoin. Namun para trader harus tetap teliti sebelum melakukan investasi.

Ada situs trading bitcoin yang gratis tapi tidak semua bisa payout. Kalaupun bisa, tidak akan secepat dengan yang melakukan investasi. Pilihlah situs yang benar-benar kredibel sebelum melakukan investasi. Banyak kok situs Indonesia yang terbukti membayar.

7. Jual beli artikel


Untuk cara yang satu ini memang dapat dengan mudah dilakukan. Banyak pemilik blog yang bersedia membeli artikel yang kita tulis. Harga per artikelnya sesuai dengan kategori tulisan dan panjang artikel. Mulai dari tulisan tentang teknologi, tips dan trik terbaru, android, keuangan dan asuransi semuanya dapat dipasarkan.

Artikel yang biasanya memiliki harga tinggi seperti artikel kesehatan dan kecantikan. Tapi pastinya artikel yang akan dibeli adalah artikel hasil tulisan sendiri dan bukan hasil copy paste atau pun artikel hasil spin (Spin agar lolos aplikasi cek plagiat).

Salah satu tips mengetahui tulisan yang layak dibeli adalah dengan melihat dari harganya. Semakin mahal suatu artikel maka akan semakin bagus juga kualitasnya. Tergantung orang yang jual juga sih.

8. Menjadi content writer


Menulis dan dibayar memang bukan rahasia lagi di dunia online. Banyak situs yang bersedia membeli artikel kita. Bedanya dengan menjual artikel langsung, biasanya situs-situs yang menyediakan pekerjaan online untuk penulis lepas adalah situs yang telah sukses.

Contoh situs yang dapat dicoba oleh penulis yang ingin menghasilkan uang dari internet adalah UC News, Babe.News, dan Jalantikus. Saya pernah bergabung dengan situs-situs tersebut dan menjadi kontributor di sana. Hasilnya memang jos, tapi membutuhkan kerja keras. Karena itu saya tinggalkan dan fokus dengan menulis untuk blog sendiri, di Soksimon.com.

9. Menjadi Reseller atau Dropshipper


Kedua cara mendapatkan uang dari internet ini sudah menjadi pekerjaan sebagian besar manusia saat ini. Hanya dengan media sosial kita bisa meningkatkan hasil penjualan. Jika mau menghasilkan uang full internet maka kita bisa memilih dropshipper dan menjual produk orang lain. 

Tapi jika ingin lebih serius bisa menjadi reseller dan membeli barang yang lebih murah untuk dijual kembali. Reseller juga sebenarnya tidak perlu media sosial dan internet tapi itu akan lebih meningkatkan hasil penjualan karena dapat menjangkau banyak orang dengan waktu cepat.

Bayangkan Anda memposting baju-baju baru atau sepatu dan hanya beberapa menit ada yang komen dan like :) Tapi tidak beli. Dengan internet jangkauan pasar akan semakin luas.

Tips untuk menjadi reseller atau dropshipper yang sukses adalah menguji sendiri barang dan produk yang dijual. Banyak yang bisa menghasilkan uang dengan cepat tapi tidak mampu bertahan. Why? Because, their sale product low quality yang menyebabkan pembeli tidak puas. 

Jangan sampai kita menjual barang yang membuat orang merasa rugi. Penghasilan seperti itu tidak akan bertahan lama. Kuncinya dapatkan kepercayaan dari pelanggan sehingga mereka setia terhadap produk yang kita tawarkan.

Kesimpulan


Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Tapi tidak cocok dengan yang kita mau. Ada yang bisa sukses dengan menjadi reseller ada yang lebih sukses dengan dunia blogging. Intinya, kuasai dan pelajari teknik internet marketing untuk melambungkan tingkat pembelian produk yang kita tawarkan.

Saya sendiri masih setia dan menekuni dunia blogging. Setelah beberapa kali melakukan riset dan trial and error, saya akhirnya memutuskan membangun blog ini. Sudah beberapa kali membangun blog namun ini yang paling bagus menurut saya karena konsepnya sudah lebih baik dari semua yang pernah saya lakukan dan gagal. Doakan ya, semoga blog ini benar-benar sukses suatu hari ini nanti...

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan cara menghasilkan uang dari internet? Jika ya, tunggu apa lagi, langsung hajar aja bro and sis. Semoga bermanfaat!

  October 27, 2018

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close