Skip to main content

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google Adsense

Dari mana seorang blogger dapat menghasilkan uang dari blognya? Pertanyaan tersebut cukup menggelitik dan sering kali ditanyakan oleh para blogger pemula yang ingin terjun ke dunia internet marketing secara khusus menjadi seorang blogger. Menurut saya, pertanyaan yang lebih tepat adalah bagaimana membuat blog yang berpenghasilan dari iklan Google Adsense.

Cara mendapatkan uang dari Blog Google Adsense
Cara Dapat Uang dari Blog - pixabay.com
Cara paling umum yang digunakan oleh para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya adalah dengan menjadi pubisher iklan google adsense. Menjadi publisher google adsense sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, untuk menghasilka penghasilan yang cukup dari google adsense maka blog haruslah bervisitor.

Info Blogger: Google Adsense adalah layanan Google yang digunakan oleh blogger untuk menayangkan iklan Google Adsense di blog atau situs miliknya. Iklan Google Adsense berasal dari para advestiser atau pengiklan di Google AdsWords.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google Adsense


Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menghasilkan uang dari google adsense yang bisa PO tiap bulannya. Mengapa Google Adsense? Pasti kita semua bisa, baik blogger pro maupun pemula pernah mendengar tentang Google Adsense. Bahkan tidak sedikit blogger yang menjadi blogger karena Google Adsense.

Seperti yang saya sebutkan di atas, publisher iklan Google adsense tidaklah sulit karena proses review blog hingga full approve atau diterima adsense cukup cepat jika menggunakan blog TLD. Terutama blog yang memang dibangun dengan serius.

Bagaimana menghasilkan uang dari Google Adsense? Berikut tips dan trik menghasilkan uang dari Google Adsense tiap bulannya.

1. Konsisten Menulis Artikel


Hal pertama dan tidak boleh dilupakan adalah menulis artikel. Banyak blogger pemula yang gagal memonestisasi blognya karena tidak konsisten dalam menulis. Menjadi blogger bukanlah soal ada waktu dan tidak ada waktu. Saat kamu memiliki blog dan ingin menghasilkan uang dari blog tersebut maka tidak ada pilihan selain menulis dan update artikel.

Artikel yang ditulis pun sebaiknya tidak asalan. Hal ini saya alami selama beberapa bulan ngeblog di mana menulis sangat banyak tanpa belajar seluk-beluk dunia blogging. Alhasil, niatnya dapat penghasilan dari blog malah visitor pun tidak ada.

Banyak pakar SEO yang mengatakan bahwa artikel yang baik dan berkualitas adalah artikel yang panjang katanya lebih dari 500 kata atau bahkan di atas 800 kata dalam satu artikel. Target jumlah kata dalam artikel seperti itu hanya akan membuat artikel kurang berkualitas. Bisa saja seorang blogger pemula tidak memperhatikan struktur penulisan yang enak dibaca dan hanya berfokus pada target 500 atau 800 kata.

Artikel yang berkualitas tidak ditentukan dari jumlah katanya tapi seberapa pada dan berbobotnya sebuah artikel. Karena hal itulah, maka artikel yang panjang identik dengan artikel SEO dan berkualitas. Padahal, artikel berkualitas adalah artikel yang jelas dan memiliki manfaat yang dapat langsung dipraktekkan atau istilah kerennya call to action (CTA).

2. Belajar SEO


Menjadi seorang blogger berarti membuat kita selalu belajar. Tidak ada ilmu yang pasti dalam dunia blogging. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang sangat cepat dan algoritma google yang berubah-ubah. Jika tulisan dan artikel yang kita tulis di blog berkualitas dan bermanfaat maka masalah algoritma google, Panda atau Pinguin sebenarnya tidak akan berpengaruh jika blog kita memang relevan dan pantas tampil di page one google.

Jika demikian, apakah belajar SEO itu penting? Sangat penting! Lihat saja blog seperti PanduanIM.com, Sugeng.id, blogdolar dan lain-lain. Mereka semua dapat tampil dan eksis di halaman pertama google karena teknik SEO. Belajar teknik dasar SEO sebenarnya sudah cukup. Inti dari SEO adalah penggunaan keyword dan keoriginalan artikel. So, buatlah artikel yang ramah pengunjung karena bisa dipastikan artikel tersebut akan ramah juga oleh search engine seperti google.

Sekali lagi, saat ngeblog usahakan pahami sedikit saja tentang SEO, setidaknya cara membuat judul dan artikel yang memiliki keyword yang biasa dicari di google.

3. Fokus Pada 1 Niche


Fokus pada satu niche membuat blog lebih mudah terindeks dan dikenal oleh google dan pengguna google. Jika membahas tentang bisnis online sebenarnya masih termasuk ke dalam niche umum karena banyak sekali niche yang lebih spesifik dari pada hanya niche bisnis online.

Setelah sukses dengan beberapa artikel, niche bisnis online tersebut dapat menjadi niche bisnis yang lebih luas lagi. Misalnya bisnis di dunia pertanian, peluang bisnis untuk berbagai profesi dan umum, dan berbagai bidang yang masih berhubungan dengan dunia bisnis online. Intinya begini, saat pertama membangun blog maka sebisa mungkin membangun blog baru dengan satu niche spesifik yang dapat dikembangkan ke niche yang lebih luas lagi.

4. Kesabaran


Menghasilkan uang dari blog yang terbukti ampuh memang tidaklah mudah, Jika kamu melihat blogger sukses saat ini kamu jangan tergiur untuk mendapatkan apa yang mereka dapatkan saat ini dalam waktu singkat. Lihatlah perjuangan mereka dalam membangun blog berpenghasilan mereka. Ada yang berhenti kerja dan memutuskan untuk menjadi full time blogger dan berbagai kisah menarik dari blogger sukses lainnya.

Membangun blog untuk pemula memang tidaklah mudah tapi bukan hal yang mustahil. Kamu cukup membuat artikel berkualitas yang dibutuhkan oleh orang banyak. Tidak banyak bertanya dan mulai menulis.

5. Fokus Membangun Blog Berkualitas


Jangan memikirikan penghasilan dari blog saat baru mulai ngeblog. Fokuslah pada blogmu dan jangan fokus pada visitormu pada awal membangun blog baru. Penghasilan hanya akan ada ketika visitor blogmu sudah ada. Kalau pun sudah ada, ya tentu saja harus ramai dulu untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Saat awal membangun blog terkadang akan ada kejenuhan. Terlebih jika artikel belum diindeks oleh google atau pun belum bisa tampai di halaman 3 pencarian google. Namun percayalah, semakin lama usia blogmu dan semakin kamu update artikel maka dalam beberapa tahun atau bahkan hanya beberapa bulan blog kamu akan bertengger di posisi satu google, tergantung niche ya.

Hal ini telah saya buktikan! Blog gado-gado yang saya bangun saat masih duduk dibangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas pada saat saya kelolah hanya mampu menempati beberapa posisi pertama google untuk artikel yang keywordnya kurang populer. Namun setelah beberapa setahun dan saat ini hampir 8 bulan sejak saya jual sudah ada beberapa yang masuk ke page one google.

Semakin tua dan konsisten blogmu dalam update artikel original maka semakin dalam akar-akarnya menembus tanah sehingga semakin kokoh blog tersebut dan dapat tumbuh tinggi dan masuk ke page one google. Ingat bahwa bukan hanya menunggu blog menjadi tua tapi dalam proses tersebut tetaplah konsisten. Hanya dengan jalan demikian, maka kamu bisa menghasilkan uang dari blog.


Contoh Blog yang Menghasilkan Uang dari Google Adsense



Ada banyak sekali blogger yang sudah membuktikan manisnya gajian dari Google Adsense. Blogger Indonesia pun tidak mau ketinggalan menjadi publisher adsense. Blog seperti Mastimon, Bungfrangky, Mastrigus, dan Kompiajaib merupakan blogger-blogger sukses yang juga menggunakan adsense sebagai penghasilannya.

Tentunya untuk bisa PO tiap bulannya maka harus membuat artikel yang mampu bersaing dan bertahan di page one Google. Uniknya, para blogger sukses tersebut tidak hanya menghasilkan uang dari Google Adsense melainkan dari jual template dan juga jual backlink. Jadi, intinya ada pada visitor. Semakin banyak visitor, semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan dari blog, terutama melalui Google Adsense.

Demikianlah artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula dari Google Adsense dan contoh blogger Indonesia yang sukses. Semoga bermanfaat! Ingat! Blog berpenghasilan tidak jauh dari visitor! 
  October 02, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close