Cara Mendapatkan PIN Google Adsense

Cara Mendapatkan PIN Google Adsense

Hah! Keep smile Brother's and Sister! Hari ini, saya akan berbagi sedikit tips dan pengalaman saya menerima PIN google adsense dan cara mendapatkan PIN dari Google Adsense.

Pengalaman Mendapatkan PIN Google Adsense Dari Pak POS

pengalaman mendapatkan PIN google adsense
Pengalaman Dapat PIN dari Google Adsense

Beberapa hari sebelumnya tepatnya pada 4 Juli 2018, saya bekerja sama dengan salah satu pengguna fb ads to adsense yang cukup senior. Saya meminta agar dia mengisi satu akun adsense saya hanya agar bisa dapat PIN Google Adsense. Sebagai imbalan saya  memberikan satu akun adsense fresh juga.

Setelah diisi saldo sampai batas ambang pembayaran dalam waktu 1 hari, hanya beberapa jam kemudian notifikasi PIN sudah terkirim ke alamat pembayaran di akun adsense saya tersebut. Setelah notifikasi PIN tersebut dikirimkan, saya tidak peduli lagi. Karena, teman-teman blogger yang juga sudah sering mendapatkan PIN Adsense mengatakan bahwa yang penting alamat pembayaran lengkap maka PIN akan sampai di rumah. Ok lah!

Pada 24 Juli 2018, saya sedang sedang keluar bersama Mama  dari siang, kira-kira jam 12.30 sampai sore hari, sekitar jam 16.04 . Sesampai di rumah, nenek langsung menyodorkan surat yang sudah tidak asing lagi yang selama ini hanya saya lihat di tv, eh di facebook. Surat yang tidak ditunggu-tunggu tersebut sampai di waktu yang tidak terduga.

Nenek: "Ada surat dari pacarmu di Malaysia."
Saya : "Wah, terima kasih ya. Siapa yang bawa?"
Nenek : "Dari Pak POS tadi sekitar jam 2 siang."
Mama : "Itu apa ya?"
Saya : "Bukan apa-apa, hanya sebuah surat. :) "

Akhirnya sampai juga ya, lebih cepat dari yang saya pikirkan. PIN adsense sampai di rumah hanya sekitar 21 hari sejak request PIN terkirim. Cukup cepat di daerah terpencil seperti di daerah tempat tinggal saya di Desa Mukti Tama, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Saya lama mengamati cara membuka PIN Adsense. Ternyata harus digunting sesuai dengan petunjuk pada kertas. Di dalamnya akan terdapat PIN berupa 6 digit angka. Sepanjang sore itu, saya hanya bisa tersenyum tanpa tahu harus diapain akun adsensenya karena belum memiliki blog bervisitor dan juga belum siap bermain fb ads to adsense.

Akhirnya, semua tentang mendapatkan PIN dari Google Adsense tinggal kenangan, akunnya dijual. Yang tersisa tinggal artikel ini yang semoga dapat masuk ke page one google suatu hari nanti.

Cara Mendapatkan PIN dari Googel Adsense


Banyak blogger yang berniat jadi publisher iklan adsense. Dan memang sampai hari ini, menjadi publisher iklan Google Adsense adalah cara yang populer dan umum digunakan oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog.

Bagaimana Mendapatkan Akun Google Adsense?


Untuk bisa mendapatkan akun google adsense maka dapat mengikuti panduan cara mendapatkan akun google adsense seperti berikut ini.

1. Mendaftar Google Adsense di blog.


Sebenarnya ini cara yang paling umum untuk mendapatkan akun google adsense. Membuat blog kemudian mengubahnya menjadi domain TLD dan mendaftar ke www.google.com/adsense. Jika blog yang didaftarkan memenuhi syarat maka permintaan untuk menjadi publisher iklan akan disetujui atau istilah kerennya full approve adsense.

2. Mendaftar Lewat Youtube


Semenjak ketentuan baru, mendaftar akun adsense lewat youtube cukup sulit, Membutuhkan syarat-syarat seperti jumlah suscriber dan lama tayangan di channel youtube. Namun setelah mendaftar di youtube dan konten atau videonya original maka akan lebih mudah untuk mendapatkan akun adsense. Namun kekurangannya adalah akun adsense tersebut bertipe hosted dan bukan non hosted.

3. Membeli Akun Adsense Non Hosted


Cara paling mudah mendapatkan akun adsense adalah dengan membelinya. Banyak peternak yang memiliki akun adsense fresh yang siap untuk dijual. Harganya lumayan mahal mengingat sulitnya di approve saat ini. Harga tidak menetap namun sejak artikel ini diterbitkan (9/24/2018) harga untuk standar untuk 1 akun adsense non hosted Rp450.000,-. Bisa turun atau naik, ya!

Bagaimana Mendapatkan PIN Google Adsense?


Seperti yang saya jelaskan pada paragraf pembuka di atas bahwa untuk mendapatkan PIN Adsense saldo harus memenuhi batas ambang pembayaran. Untuk itu, dibutuhkan blog bervisitor yang dapat menjadi sumber klik iklan google adsense agar saldo bertambah. Untuk kasus saya ini, saya bekerja sama dengan pemain fb ads to adsense untuk membantu saya mengisi saldo akun adsense.

Kapan PIN Google Adsense Dikirim?


PIN akan dikirim pada saat saldo mencapai 10$. Untuk akun adsense Indonesia IDR, notifikasi PIN akan dikirim saat mencapai nilai 10$ berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Beberapa tahun sebelumnya, PIN adsense akan dikirim saat saldo di akun Indonesia IDR sekitar Rp130.000,-. Namun sekarang, notifikasi PIN akan dikirim jika saldo lebih besar dari 130k karena nilai rupiah juga sedang melemah.

Apakah PIN Google Adsense Akan Sampai Di Rumah?


Sebelum mengisi saldo akun adsense, kita harus men-setting menu pembayaran ke alamat kita yang aktif untuk dapat menerima PIN dari Pak POS. Pada umumnya PIN akan diterima dalam waktu 2-4 minggu sejak notifikasi PIN terkirim. Namun, untuk beberapa kasus, PIN sampai lebih lama.

Pada pengalaman pertama menerima PIN Adsense, saya tidak perlu ke kantor POS karena Pak POS yang datang ke rumah. Banyak kasus PIN Adsense tidak kunjung sampai karena menumpuk di kantor POS. Hal ini disebabkan oleh alamat pembayaran di akun adsense yang tidak lengkap.

Tips Agar Adsense Sampai Tepat Waktu Di Rumah


Isi alamat selengkap-lengkapnya, mulai dari RT/RW, Dusun, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Kode POS. PIN akan dikirim Google berdasarkan alamat yang tertera di akun pembayaran kita melalui Kantor POS. Jadi, jika alamat lengkap maka pasti Pak POS akan membawa surat PIN adsense ke rumah sesuai dengan alamat yang tertera.

Contoh alamat pembayaran Adsense agar sampai di rumah

cara mengatasi PIN akun adsense tak kunjung datang
PIN Google Adsense Sampai di Rumah

Keuntungan Mendapatkan PIN Adsense


Berikut beberapa keuntungan mendapatkan PIN Google Adsense.

1. PIN adsense berfungsi untuk memverifikasi alamat sehingga dapat menerima pembayaran dari Google atas iklan yang dipasang di blog.
2. Akun PIN google adsense masih harus diverifikasi menggunakan identitas seperti KTP, SIM dan kartu identitas lainnya. Setelah verifikasi PIN dan KTP maka akun adsense sudah bisa digunakan untuk menerima pembayaran melalui bank lokal atau western union. 
3. Akun adsense PIN dan Verifikasi KTP harganya juga jauh lebih mahal dari pada akun adsense fresh. Biasanya mencapai harga Rp1.000.000,- sampai Rp1.700.000,- untuk akun yang sudah pernah PO.
4. Akun adsense yang sudah verifikasi PIN dan ID Card sudah bisa gonta-ganti akun pembayaran seperti rekening bank lokal.

Bagaimana Jika PIN Belum Datang?


Tidak sedikit teman-teman blogger yang mengalami masalah dengan PIN Adsense yang tidak kunjung datang. Tips yang bisa diikuti jika sudah lebih dari 1 bulan PIN belum datang.

1. Datang Ke Kantor POS


Kita berasumsi bahwa surat PIN dari google memang sudah dikirimkan. Memang terkadang PIN Adsense menumpuk di Kantor POS karena kesalahan kita saat mengisi alamat pembayaran yang kurang detail. Jika sudah seperti ini, maka bisa langsung ke kantor POS sesuai dengan alamat yang kita kirimkan dan menanyakan: "Apakah ada kiriman surat untuk (sebutkan nama)? Jika ada, ya syukurlah.

2. Menggunakan Jasa PIN Adsense


Jasa PIN adsense cukup murah. Mulai dari 50k sampai 70k. Jasa PIN ini bekerja dengan cara memberikan alamat mereka kepada publisher yang belum menerima PIN dari adsense. Biasanya mereka telah mengirim PIN pertama kali namun tidak kunjung tiba. Atau pun sebagian blogger biasanya hidup ditempat yang sulit dijangkau oleh kantor POS atau pun estimasi pengiriman PIN yang lama.

Setelah PIN sampai pada jasa PIN adsense di alamat mereka maka jasa ini akan memberikan PIN kepada publisher adsense untuk untuk memverifikasi akunnya. Namun, sebelum memasukkan PIN, ubah lagi alamat pembayaran ke alamat yang sesuai dengan KTP atau SIM yang akan digunakan untuk verifikasi identitas. 

Note: PIN untuk verikasi alamat dan KTP untuk verifikasi identitas.

3. Batas Request PIN Adsense


Jika masih ngotot untuk dapat PIN di rumah sendiri maka dapat request PIN sebanyak 3 kali. Namun jika dalam waktu 4 minggu sejak request PIN adsense yang terakhir belum menerima PIN, maka dapat melakukan verifikasi langsung menggunakan KTP atau tanda pengenal lainnya.

Cara Verifikasi Akun Adsense dengan KTP


1. Masuk ke akun google yang telah terkait google adsense yang PIN-nya belum kunjung datang. 


3. Isi formulir sesuai dengan petunjuk

4. Upload hasil foto atau scan KTP

Foto KTP harus jelas dan benar-benar jelas. Selain itu, masa expired di KTP elektronik dapat membuat verifikasi identitas google adsense gagal yang dapat berujung pada tidak dapat digunakannya akun adsense. Satu tanda pengenal hanya digunakan pada satu akun google adsense. Tidak diperbolehkan menggunakan KTP yang sama untuk memverifikasi 2 akun adsense.

5. Klik Tombol Kirim

Setelah itu, google akan meninjau identitas yang telah dikirimkan. Untuk kasus saya, hanya beberapa jam langsung di setujui dan akun siap digunakan.

Penyebab Akun Adsense Banned


Banya kasus akun adsense banned bahkan sebelum PIN sampai ke rumah. Hal ini disebabkan oleh kasus yang tidak wajar. Bisa saja karena boom click atau pun karena kesalahan sendiri seperti main fb ads to adsense atau klik iklan sendiri. Bermain fb ads to adsense memang beresiko tapi banyak yang telah terbukti gajian dari adsense dengan fb ads tanpa banned. Tapi tidak bisa dipungkiri, banyak pemain fb ads to adsense yang akunnya dibanned karena menyalahi aturan google adsense.

Bermain dengan curang kemungkinan besar akan mendapatkan peringatan dari google yang berujung pada penonaktifan akun adsense atau banned. Jika mematuhi ketentuan dan syarat yang ditetapkah oleh Google Adsense maka kita tidak perlu khawatir akan banned adsense.

Batas Penarikan Saldo Akun Adsense


Untuk dapat menarik saldo di akun adsense ke rekening maka syaratnya sudah verifikasi PIN dan Identitas. Dan lagi, saldo harus di atas 100$ atau sekitar Rp1.300,000,- berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Jika syarat tersebut terpenuhi maka Google akan membayar publishernya pada tanggal 21 setiap bulannya.

Masalah utama saya saat ini adalah menghasilkan uang dari google adsense dengan visitor unik dari search engine seperti Google. Visitor unik dari Google lebih bernilai dan tentunya lebih murah dari pada bermain fb ads to adsense. Bahkan jika bisa belajar dan memanfaatkan SEO secara otodidak maka mendapatkan visitor unik dari Google bisa gratis tanpa perlu ngiklan berbayar.

Demikianlah pengalaman menyenangkan saya menerima surat cinta dari Google, menerima PIN Google Adsense untuk pertama kalinya. Semoga tips dan trik seputar adsense dan cara mendapatkan PIN dari Google Adsense di atas dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih!
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!