Cara Georeferencing Peta Menggunakan ArcGIS

Cara Georeferencing Peta Menggunakan ArcGIS

Mari kita mulai belajar cara membuat peta dengan aplikasi ArcGIS dengan memasuki tahap pertama, yaitu tahap georeferencing. Apa itu georeferencing pada pembuatan peta?
cara membuat peta dengan arcgis
Cara Georeferencing Peta ArcGIS 10.2.2

Saya tidak akan banyak memberikan teori seputar ini tapi pada dasarnya, proses georeferencing peta bertujuan untuk mengolah data raster menjadi peta sehingga memiliki koordinat. 

Sistem Informasi Geografis : Data raster adalah data hasil penginderaan jauh yang direpresentasikan ke dalam bentuk cell grid atau pixel atau dengan kata lain, hasil scan peta dalam bentuk image.jpg dan lain-lain.

Jadi, georeferencing merupakan proses pemberian titik koordinat pada data raster. Tahap-tahap georeferencing meliputi pemberian zona waktu, titik ikat atau titik kontrol dan update georefencing. Masih bingung? Biarkan dosennya aja yang menjelaskan kasus yang rumit itu.

Tahapan Kerja Georeferencing Pada Peta


Pastikan telah menginstall dan membuka aplikasi ArcMap dan memiliki data raster berupa peta dalam bentuk gambar.jpg.

Langsung saja kita bahas langkah-langkah cara melakukan georeferencing pada ArcGIS menggunakan ArcMap.

1. Buka aplikasi ArcMap 10.2.2

Tekan tombol windows, pada folder ArcGIS terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstall. Pilih ArcMap 10.2.2 untuk membuat peta dari hasil data raster.

2. Pilih tab Customize kemudian klik toolbars

Cara Georeferencing Peta Menggunakan ArcGIS 10.2
Cara aktifkan georeferencing ArcGIS
Centang semua yang perlu digunakan dalam pembuatan sebuah peta. Tool-tools ini akan memudahkan editor dalam mengedit peta.

Menu utama yang harus dicentang untuk diaktifkan meliputi tool-tools dasar seperti draw, editor, layout, georeferencing, raster dan masih banyak lagi, Silahkan tampilkan toolbars yang diinginkan dan tarik ke posisi yang diinginkan, jangan sampai yang toolbar menutupi lebar kerja atau workspace.

3. Upload gambar peta.jpg

cara georeferencing peta arcgis 10.2
Cara add data peta dan connect to folder ArcGIS10.2

Caranya klik tombol Add Data kemudian connect to folder sehingga lokasi peta Anda 1 folder project juga nantinya. Pilih gambar peta yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Klik yes dan ok untuk setiap perintah yang muncul.

4. Membuat zona untuk menyamakan koordinat dan proyeksi

cara georeferencing peta
Membuat peta dengan World WGS 1984

Klik kanan pada peta > Data Frame Properties > Pilih Tab Coordinate System > Buka direktori Geographic Coordinate Systems > Pilih World > Pilih WGS 1984 > Apply dan OK

4. Membuat titik ikat pada data raster peta.jpg

Minimal titik ikat atau titik kontrol yang dibuat adalah 4 titik terluar pertemuan garis bujur dan lintang.

cara membuat titik ikat arcmap 10.2
Titik ikat 1 pada pertemuan terluar garis bujur dan garis lintang

Pada titik pertemuan pertama antara garis bujur dan garis lintang di atas, kita mendapatkan data titik ikat 1 dengan data sebagai berikut.

- 120 4'0" BT
- 2 54' 30" LU

Cara membuat titik ikat dengan cara zoom data raster atau peta untuk mencapai titik terdalam hingga pixel terkecil agar kesalahan lebih kecil.

Klik Add Control Point > Masuk ke tengah titik pixel > Klik kiri > Klik kanan > Pilih Input DMS lon dan lat

Masukkan seperti data berikut yang di dapat pada titik ikat yang pertama

cara memasukkan titik koordinat pada titik ikat arcgis
Cara memasukkan garis bujur dan garis lingtang dalam titik ikat
Keterangan :

Longtitude adalah garis bujur
Latitude adalah garis lintang

Setelah selesai menambah titik ikat pertama, langsung klik kembali icon tangan agar tidak menambah titik ikat sembarangan. Setelah itu langsung kembali ke menu layers dan klik kanan pada 01peta Administrasi.JPG dan pilih zoom to layer untuk kembali ke tampilan peta. Ulangi cara menambah titik ikat ke titik ikat yang lain.

membuat georeferencing peta arcgis 10.2
Cara membuat titik ikat pada peta ArcGIS

Titik ikat 2

120 14' 30" BT
2 54' 30" LU

Titik ikat 3

120 14' 30" BT
3 5' 0" LU

Titik ikat 4

120 4' 0" BT
3 5' 0" LU

Setelah keempat titik ikat atau titik kontrol dibuat, klik view link table untuk melihat hasil dari titik koordinat yang telah dibuat. Jangan lupa save link pada tampilan view link table.

cara melihat link view of table pada georeferencing
Melihat ketepatan titik ikat atau titik kontrol yang dibuat

Pada kolom residual, semakin mendekati angka nol maka tingkat kesalahan lebih diminimalisir. Jika angka residual masih jauh dari nol koma, ulangi proses georeference dengan menghapus link sebelumnya dan membuat titik ikat yang baru.

5. Update Georeference

Setelah selesai mengedit data raster pada peta menggunakan ArcGIS, pastikan untuk selalu upgrade georeferencing.

Setelah titik ikat tepat maka silahkan diklik Georeference > Update georeferencing.

cara dan langkah kerja georeferencing pada peta ARCGIS
Cara Update Georeferencing

Sebenarnya menggunakan aplikasi ArcGIS dan ArcMap tidaklah sulit. Yang penting kita tahu dasar-dasarnya. Mudah bukan, membuat peta dengan ArcGIS fasilitas ArcMap 10.2.2?

Hal terpenting yang perlu diperhatikan pada tahap georeferencing adalah membuat titik ikat dengan cermat dan teliti agar meminimalisir kesalahan.

Demikianlah artikel tentang cara membuat peta menggunakan ArcGIS 10.2 pada tahap georeferencing, yaitu memilih zona waktu, membuat 4 titik ikat atau titik kontrol dan mengupdate georeferencing yang sudah dibuat.

Semoga artikel multimedia ini berguna untuk kamu yang belajar multimedia. Terima kasih kepada pembaca Soksimon.com hari ini. Lanjut ke tahap mendigitasi peta!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!