Skip to main content

Cara Bersyukur yang Sesungguhnya, Jangan Sampai Keliru

Bahagia setiap orang berbeda-beda, tapi satu yang pasti, semua orang yang hidup dengan penuh syukur adalah orang-orang yang pada dasarnya hidup dalam kelimpahan damai sejahtera. Jika demikian, bagaimana cara bersyukur yang sesungguhnya?

Hari ini, kita akan membahas tentang cara bersyukur yang benar. Huh! Cara bersyukur yang benar? Jadi ada dong cara bersyukur yang salah? Salah tidak juga tapi mungkin kurang tepat. Misalnya, saya hanya akan bersyukur jika saya berhasil lulus tes CPNS. Itu adalah salah satu contoh cara bersyukur yang tidak tepat dan bukanlah ungkapan syukur yang sesungguhnya.

Pembahasan tentang 3 cara bersyukur yang keliru ada di bagian bawah artikel.

Berikut poin-poin Cara Bersyukur yang akan dijelaskan secara singkat dan langsung pada intinya pada tulisan ini :

1. Lebih banyak melihat dan mendengar
2. Hidup Berbagi
3. Tidak cengeng
4. Berdamai dengan diri sendiri
5. Bukan otak tapi hati
6. Cukup Percaya!

Trust your self! Bersyukur menjadikan hidup lebih kaya seakan memiliki harta berlimpah melebihi Bill Gates...

Cara bersyukur yang sesungguhnya
Cara bersyukur dalam hidup - pixabay.com
Definisi bersyukur adalah suatu keadaan di mana seseorang benar-benar menikmati hidup tanpa banyak mengeluh dengan semua yang terjadi dalam hidup, baik suka maupun duka. Memang mengatakan bersyukur sangat mudah namun bersyukur sulit untuk diimplementasikan dalam hidup.

Ketika semua atau sebagian kecil harapan dan keinginan tidak sesuai dengan kenyataan maka di saat itulah saatnya sifat manusia diuji, apakah lebih banyak bersyukur atau mengeluh.

Bersyukur memang tidak semudah yang dibayangkan. Ketika masalah dalam hidup datang menghampiri maka hidup terkadang seolah-olah tidak berguna lagi, dalam kasus yang lebih parah, patah semangat dan keinginan untuk segera pulih dari keterpurukan seringkali menyebabkan manusia kurang bersyukur dalam kehidupannya.

Saya tidak tahu banyak tentang cara bersyukur namun saya sedikit mengerti tentang perasaan bersyukur. Perasaan bersyukur membawa saya kepada kehidupan yang tidak banyak meminta namun lebih banyak melihat, lebih banyak mendengar dari pada berbicara dan mengeluh.

Rahasia hidup berlimpah harta adalah dengan bersyukur. Ketika kita bersyukur maka kita akan lupa cara mengeluh yang membuat kita merasa kekurangan.
Bersyukur dapat diperoleh dengan banyak cara, keluar dari zona nyaman dan banyak melihat keadaan sekitar, lingkungan masyarakat dan sosial. Melihat bahwa dunia ini luas dan saya beruntung masih memiliki beberapa hal seperti penghrapan, dan juga melihat kenyataan di luar sana bahwa tidak seorang pun sendirian. Semua orang sering mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan dan itulah hidup. Dan ketika kita dapat berbagi dengan mereka maka kebahagiaan akan muncul dan bersyukur akan lebih mudah dalam berbagi.

Percaya atau tidak, bersyukur membuat perasaan kita damai meskipun jauh dari kata sempurna. Tidak banyak mengeluh dan lebih banyak berterima kasih kepada semua orang, terlebih kepada Tuhan yang telah menuntun dan menyertai sampai saat ini.

Yups! Berterima kasih adalah salah satu cara yang umum untuk mengucap syukur. Namun bukan sekedar kata tetapi lebih kepada ungkapan yang dalam dari lubuk hati. Hidup ini terlalu singkat untuk banyak mengeluh tentang nasib hidup!

Dengan bersyukur, hidup akan lebih berarti dan menjadikan seseorang menjadi pemenang yang sejati. Ambisius bukanlah suatu masalah, namun ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan maka percayalah bahwa sesuatu yang lebih baik sedang menanti di hari esok.

Cara bersyukur yang sesungguhnya


Banyak yang mengatakan bahwa bersyukur dapat menjadikan seseorang hidup dalam kekayaan. Benar, bersyukur menjadikan seseorang hidup dalam kelimpahan meskipun terlihat kekurangan. Berikut beberapa cara bersyukur yang dapat diterapkan dalam hidup ini.

1. Lebih Banyak Melihat dan Mendengar

cara bersyukur dalam hidup
Cara bersyukur yang sesungguhnya - pixabay.com
Cara bersyukur dalam hidup yang paling mudah dan terkesan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang di dunia adalah mendengar dan melihat hidup dengan cara yang berbeda. Kita semua memiliki pandangan hidup yang sesuai dengan sudut pandang kita. Memandang dan hanya mendengar diri sendiri hanya akan menambah rasa kekurangan.

Agar dapat bersyukur maka satu-satunya yang dapat kita lakukan adalah melihat keluar dari diri kita sendiri. Tanpa terpaku kepada diri sendiri dan memberikan perhatian lebih kepada dunia luar akan memunculkan perasaan bersyukur yang sesungguhnya. Banyak sekali pelajaran dari dunia luar yang penuh dengan lika-liku kehidupan yang dapat menjadi acuan dalam untuk hidup bersyukur.

Bukan berarti kita harus bersyukur akibat kekurangan orang lain. Bukan melihat keluar seperti itu yang saya maksudkan.

Mulai sekarang keluarlah dari balik jendela tempat selama ini kamu bersembunyi. Tunjukan kepada dunia siapa kamu yang sesungguhnya dan mulailah berteman dengan siapa pun juga yang dapat membawamu menuju kepada kehidupan yang penuh syukur.

Dengan melihat dan mendengar serta memandang dunia luar akan memberikan pengetahuan kepada seseorang bahwa kehidupannya saat ini jauh lebih beruntung dari pada saudara-saudara mereka di luar sana.

2. Hidup Berbagi


Masalah utama yang dapat menghalangi seseorang untuk hidup dalam perasaan bersyukur adalah kurangnya keinginan untuk berbagi. Banyak orang yang tidak pernah bersyukur dalam kehidupannya hanya disebabkan oleh karena tidak dapat berbagi. Jangankan dengan orang yang tidak dikenal, bahkan dengan orang disekitarnya pun mereka tidak dapat berbagi.

Apa yang dapat saya bagikan? Apa yang dapat saya berikan kepadamu?? Banyak yang berspekulasi bahwa saya tidak dapat berbagi karena saya tidak memiliki apapun untuk dibagikan. Benar! Kita selalu menjadikan diri kita sebagai pihak yang paling menderita dan teraniaya sehingga tidak memiliki daya untuk membantu orang lain.

Sulitnya untuk hidup berbagi dikarenakan manusia pada umumnya hanya melihat materi dalam berbagi. Padahal berbagi yang sesungguhnya itu dari hati yang tulus. Ingat! Bukan hanya materi yang dapat dibagikan tapi setiap pengalaman dan pengetahuan dapat dibagikan dengan nilai yang jauh lebih tinggi dari pada segudang materi yang dapat diberikan.

Berbagi adalah salah satu cara terbaik namun sangat sulit dilakukan jika ingin mencapai kehidupan yang penuh syukur. 
Berbagi adalah satu-satunya cara yang terbukti ampuh dapat membuat manusia bersyukur. Dengan berbagi, kita akan merasa memiliki harta yang melimpah. But, berbagi bukan hanya soal uang dan harta.

3. Tidak Cengeng


Cara agar kita tetap bersyukur
Beginilah cara bersyukur yang sesungguhnya - pixabay..com

STOP! JANGAN CENGENG! Menangis bukan berarti cengeng. Cengeng yang saya maksud adalah selalu merasa tersakiti bahkan tanpa sebab yang jelas. Kehidupan yang penuh dengan syukur menjadikan seseorang menjadi jauh lebih kuat. Tidak seorang pun yang cengeng dapat bersyukur dalam hidupnya.

Umumnya, orang cengeng hanya bermental krupuk yang dapat lemah hanya dengan tersiram sedikit air. Kita bukanlah krupuk! Mereka yang cengeng bisa dipastikan lebih banyak mengeluh dalam hidupnya dan banyak dari mereka yang lupa cara bersyukur. You're strong!

4. Berdamai dengan Diri Sendiri

definisi hidup bersyukur
Cara bersyukur yang sesungguhnya - pixabay.com

Dari semua poin yang dapat dilakukan untuk hidup bersyukur, poin nomor 4 inilah yang paling utama dan menjadi penentu. Semua cara bersyukur yang telah dan akan disebutkan tidak akan berhasil diterapkan jika seseorang belum mampu untuk berdamai dengan kehidupannya sendiri.

Mohon maaf! Tapi saya harus mengatakan ini, jika belum dapat berdamai dengan orang lain maka berdamai dengan dunia dan orang lain yang selama ini kita lakukan merupakan sebuah kebohongan besar. Tak seorang pun di dunia ini dapat berdamai jika mereka belum mampu mencapai perdamaian dengan diri sendiri terlebih dahulu.

5. Bukan Otak tapi Hati


Seringkali kita terlalu mengandalkan kekuatan pikiran dan otak kita. Memang kemampuan dan kecerdasan berpikir sangat penting untuk didapatkan dalam hidup. Namun terkadang kecerdasan berpikir tidak terlalu berguna dan tidak dapat membantu agar kita dapat hidup bersyukur. Oleh sebab itu, kekuatan yang lain harus digunakan untuk mengatasi kesulitan untuk hidup bersyukur.

Kekuatan tersebut hanya berasal dari hati. Kekuatan terbaik dan pasti dapat mendatangkan perasaan penuh syukur hanya berasal dari hati. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengasa dan berlatih mengendalikan hati.

Hati yang tumpul lebih buruk dari pada kecerdasan yang tumpul. Dan pada umumnya, orang yang cerdas secara emosianal lebih menarik dari pada orang cerdas secara intelektual.

6. Cukup Percaya!

Cara bersyukur dalam keadaan sulit
Cara bersyukur kepada Tuhan - pixabay.com

Kesulitan untuk dapat hidup bersyukur juga disebabkan oleh karena kekhawatiran. Khawatir tentang semua yang akan terjadi tidak akan mengubah apapun. Kekhawatiran tanpa sebab menjadikan seseorang tidak mampu mengendalikan hidupnya sendri yang secara otomatis menjadikan mereka seorang pesimis sekalipun mengatakan memiliki keyakinan.

Apakah percaya saja sudah cukup? Banyak yang meragukan keyakinan mereka sendiri. Saya dan mungkin kamu tidak dapat memungkiri hal ini, kecuali kalau kamu ingin berspekulasi lagi. Percaya sudah lebih daripada cukup, bahkan sangat lebih.

Ketika kita memiliki keyakinan yang teguh maka kekhawatiran tentang semua yang berkaitan dengan hidup dapat teratasi sehingga membuka lebar peluang untuk mencapai hidup bersyukur yang sesungguhnya.

Mengapa keyakinan cukup? Bohong ketika seseorang mengatakan mereka memiliki keyakinan namun tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Keyakinan bukanlah hal yang putih abu-abu yang memunculkan perasaan keragu-raguan. Terkadang kita tidak melaksanakan keyakinan dan tidak menunjukkan keyakinan karena kita belum sepenuhnya percaya.

Hanya dengan keyakinan, hidup dengan penuh rasa syukur dapat dicapai.

Jika ada yang rasa yang lebih indah dari perasaan bersyukur maka silahkan cari dan temukan itu kemudian bawa dan tunjukanlah kepada dunia!

Semuanya akan indah pada waktunya. "Tuhan tidak pernah menjanjikan bahwa langit akan selalu biru namun percayalah bahwa Tuhan akan menyertai sampai akhir zaman..." (khotbah ibadah PPGT Klasis Baebunta Selatan, Maret 2018 oleh Pak Sutrisno).

Cara Bersyukur yang Keliru


Kapan dan mengapa kita harus beryukur? Dalam Pengkhotbah dikatakan: "Bersyukurlah dalam segala hal." Sangat jelas bahwa cara bersyukur yang benar adalah bersyukur dalam segala keadaan. Bukan bersyukur dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. Why? Karena bersyukur itu banyak manfaatnya seperti menghilangkan stress.

Ada banyak cara bersyukur namun ada juga cara bersyukur yang keliru dan kurang tepat. Berikut beberapa contoh cara bersyukur yang bisa dikatakan salah dalam kehidupan manusia.

1. Bersyukur jika telah berhasil


Banyak orang di dunia ini yang akan bersyukur dengan syarat sudah mencapai tujuannya. Bersyukur seperti itu kuranglah tepat. Manusia harus bersyukur dan bersyukur dalam menghadapi proses menuju tujuan tersebut. Bersyukur dengna syarat tidak akan pernah membuat seseorang benar-benar bersyukur. Hal ini sama seperti pikiran manusia yang hanya ingin berbagi jika sudah kaya.

Sebelum berhasil kita sudah harus bersyukur, terlebih kalau sudah berhasil. Bersyukur itu wajib untuk orang yang hidupnya ingin berlimpah dan bahagia!

2. Bersyukur akibat kejatuhan seseorang


Ketika ada orang yang membenci kita, terkadang kita mengiktiarkan kecelakaan orang tersebut. Dan seringkali orang yang telah berbuat jahat terhadap kita tersebut terjatuh. Ketika kita bersyukur dan menertawakan orang yang terjatuh tersebut itu bukanlah hal yang seharusnya dilakukan. Hidup penuh syukur tidak akan membiarkan seseorang untuk terjatuh, sekalipun mereka membenci kita.

3. Membandingkan pencapaian dengan orang lain


Kita tidak akan pernah bisa mengetahui cara bersyukur dalam hidup yang sesungguhnya ketika kita masih membandingkan kehidupan kita dengan teman-teman di sekeliling kita. Yang saya maksudkan pada poin melihat keluar diri sendiri di atas adalah supaya kita tidak berfokus pada kelemahan diri sendiri. Dan juga, jangan sampai kita bersyukur karena ada orang yang lebih buruk keadaannya dari pada kita.

Membandingkan prestasi, keadaan keuangan dan finansial dengan sesama kita hanya akan membuka mata kita terhadap kekurangan diri sendiri. Membandingkan pencapaian orang lain dengan pencapaian kita malah akan membuat kita sulit bersyukur dalam hidup.

Apakah kita sudah hidup bersyukur? Jika belum, apa yang membelenggu kehidupanmu sehingga menyiksa diri dengan berbagai keinginan dan lupa untuk bersyukur?

Saat kita belajar cara bersyukur dan tahu cara bersyukur yang sesungguhnya maka kita tidak akan takut dengan hari esok.

Bersyukur dan berpuas diri adalah 2 hal yang benar-benar berbeda. Renungkan tentang itu dan mulailah hidup untuk selalu belajar mengucap syukur dalam segala hal. Bersyukur yang sesungguhnya akan menjadikan seseorang hidup dalam kelimpahan tanpa kekurangan.

Lihat juga 11 Cara Menjadi Orang Yang Menyenangkan dan Disukai Banyak Orang

Mau belajar cara bersyukur yang sesungguhnya? Bergabunglah dengan komunitas-komunitas atau bangun komunitas untuk membantu orang lain dan lingkungan. Dengan demikian, kita akan lebih mudah dalam bersyukur sekalipun dalam keadaan yang sulit.
  October 13, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close