Skip to main content

5 Aplikasi Browser Android Hemat Kuota Internet

Menurut kalian apa browser hemat kuota terbaik di android? Atau jangan-jangan kalian masih belum tahu tentang adanya perbedaan antara aplikasi browser dalam hal menyedot data internet?
aplikasi browser hemat kuota internet di android
Aplikasi Browser Android Hemat Kuota Internet - pixabay

Berdasarkan pengalaman penggunaan beberapa browser android, saya menyimpulkan bahwa memang ada perbedaan antara satu browser dengan browser yang lainnya berkaitan dengan besarnya kuota yang diserap saat digunakan. Mana yang lebih hemat?

Browser Android Paling Hemat Kuota Internet


Hari ini saya akan memberikan beberapa review aplikasi browser terpopuler di android yang digunaan oleh jutaan orang di seluruh dunia berkaitan dengan tingkat penggunaan data kuota internet. Manfaatnya? Kita jadi bisa cara hemat kuota internet yang mahal. Setidaknya ini berdasarkan pengalaman pribadi Admin Soksimon.com.

5. Google Chorme


Browser Chorme adalah aplikasi yang sudah menjadi aplikasi bawaan dari hp Android. Salah satu kelebihan dari Chorme adalah adanya fitur data saver atau penghemat data yang dapat diaktifkan saat digunakan untuk menjelajah.

Namun fitur ini tidak terlalu bekerja dalam hal menghemat kuota internet. Namun jujur saja, saya lebih senang menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi yang membutuhkan informasi visual seperti tutorial karena tampilannya yang sangat menarik dan sederhana.

Dan saya pikir ini adalah browser internet paling boros kuota yang pernah saya coba di Android karena tidak ada fitur ad-blocknya. Tapi dalam hal kenyamanan pengguna, bisa dikatakan chorme adalah aplikasi terbaiknya. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa diubah ke tampilan desktop layaknya di PC.

Saya juga menggunakan Chorme di PC karena terbukti ringan dan hemat RAM jika dibandingkan dengan browser seperti Mozilla Firefox.

4. Internet


Browser bawaan android yang satu ini memegang predikat sebagai aplikasi penjelajah ter-simple menurut saya.. Fiturnya sudah cukup lengkap dan nyaman digunakan karena sistem navigasi yang mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Kekurangan aplikasi browser Internet adalah tampilannya yang kurang menarik dan terkesan jadul. Kelebihannya adalah dapat memblokir pop-up iklan dari suatu halaman website.

3. UC Browser


Semua pasti mengenal browser yang satu ini. Fiturnya cukup lengkap dan keren. Juga terdapat fasilitas ad-block untuk menghemat kuota internet. Namun untuk masalah tampilan biasanya tidak akan sebaik saat menggunakan aplikasi chorme, tergantung website yang diakses. 

Dan memang setiap browser internet berbeda-beda dalam menerjemahkan tampilan suatu website dan blog. Untuk penggunaan, saya lebih suka menggunakan UC Browser untuk mendownload file atau video karena kecepatan downloadnya yang memang sudah terbukti. Di atas rata-rata browser yang lain.

2. Opera Mini Beta


Siapa yang tidak mengenal opera mini? Aplikasi Opera merupakan salah satu browser tertua di dunia. Di android sendiri, saya tidak terlalu suka dengan browser yang satu ini. Kelebihannya terdapat ads block dan memang terbukti dapat menghemat kuota. Namun untuk masalah tampilan, beberapa fitur seperti saat membuka Gmail kita tidak bisa menghapus pesan masuk karena terhalang navigasi.

1. Opera Mini


Nah, urutan browser terbaik yang paling sering saya gunakan dan terbukti dapat menghemat kuota internet jatuh pada Opera Mini. Berbeda dengan Opera Mini Beta, tampilan aplikasi ini setidaknya sudah bisa menghapus pesan di gmail karena tidak terhalang oleh navigasi.

Kelebihannya terdapat fitur ads block yang akan memblokir semua iklan adsense di blog dan website yang diakses. Sejak 2018, saya juga lebih memilih aplikasi ini untuk mengakses facebook karena lebih hemat kuota internet dari pada langsung menggunakan aplikasi facebook.

Kesimpulan

Jadi yang terbaik dan terbukti bagus mana nih?

Untuk kamu yang memiliki data pas-pasan, kamu sebaiknya memilih browser android paling hemat kuota. Rekomendasi dari saya adalah Opera Mini. Jangankan iklan diblokir, gambar saja terkadang tidak ditampilkan. Tapi saya pikir ini karena pengaruh kecepatan internet di daerah saya aja yang lambat. Maybe. Jika informasi yang kamu cari kebanyakan teks maka browser ini sangat recommendet.

Browser android tercepat untuk download yang sudah terbukti jatuh pada UC Browser.

Dan untuk yang ingin berselancar seperti mencari tutorial dan tips, bisa menggunakan Chorme yang memiliki data saver tapi tidak memiliki ads block sehingga iklan akan bertebaran di mana-mana, tergantung situs web yang diakses. Mengapa? Karena tampilannya sangat menarik dan lebih bagus dalam menampilkan gambar.

Intinya gunakan aplikasi browser android yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Ada yang cocok digunakan untuk download, berselancar, dan juga membaca tips dan tutorial.

Demikianlah artikel tentang aplikasi browser android hemat kuota internet terbaik, semoga bermanfaat.
  October 31, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close