Belajar Cara Memaafkan

Belajar Cara Memaafkan

Belajar memaafkan kesalahan orang lain - Bagaimana kita bisa memaafkan orang yang menyakiti kita? Saya tahu belajar memaafkan secara ikhlas adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun saya sudah membuktikan bahwa memaafkan adalah hal yang mudah dilakukan. Dan ending-nya pasti bahagia.
cara memaafkan orang lain meskipun sulit
Belajar untuk memaafkan - pixabay.com

Mengapa memaafkan itu sulit?

Biasanya memaafkan akan sulit jika kita membelenggu hati dan pikiran kita. Saya pernah mendengar ilustrasi :

Ketika kita menggunakan baju putih seluruhnya namun terdapat sedikit noda hitam maka orang lain akan mengatakan bahwa ada noda hitam di pakaianmu.

Pada dasarnya sifat manusia itu lebih mudah melihat kesalahan orang lain dibandingkan dengan kebaikan orang lain. Karena itulah, muncul peribahasa yang mengatakan bahwa 1000 kebaikan dapat hilang dengan 1 kesalahan.

Mengapa sulit untuk memaafkan? Memaafkan begitu sulit karena kita masih membelenggu hati dan pikiran kita dan terus-menerus melihat kesalahan orang lain. Banyak dari manusia yang selalu menuntut kesalahan orang lain yang seharusnya sudah dilupakan.

Selain itu, memaafkan juga diukur dari tingkat kesalahan. Semakin besar kesalahan dan semakin besar sakit hati yang ditimbulkan maka memaafkan akan semakin sulit.

Cara memaafkan orang yang menyakiti kita


Bagaimana agar saya bisa memaafkan kesalahan orang lain? Berikut tips dan cara sederhana yang dapat diterapkan untuk dapat belajar memaafkan kesalahan orang lain.

1. Kata-kata mutiara tentang memaafkan

Salah satu tips dan trik agar dapat memaafkan orang yang menyakiti kita adalah dengan mendengar atau membaca kata-kata mutiara tentang cara memaafkan dengan ikhlas. Ada banyak sekali quotes memaafkan yang akan membuat hidup lebih bahagia.

Carilah kata-kata mutiara yang menurut Anda dapat membuat kita memaafkan secara ikhlas.

2. Semua orang melakukan kesalahan

Pahami ini dulu! Semua orang pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali kamu. So, kita tidak perlu membakar dan menyalakan kesalahan orang lain dengan berlebihan. Kesalahan adalah proses yang harus dilalui oleh setiap manusia. Semua manusia biasa pasti pernah melakukan kesalahan dan tidak akan luput dari kesalahan. Jadi, tetaplah bersikap santai. Tapi jangan pernah sengaja melakukan kesalahan dengan tujuan pasti akan mendapatkan kata maaf.

3. Dendam tidak ada gunanya

Apa yang terjadi ketika kita tidak dapat memaafkan? Dendam yang membara. Apakah ketika kita hidup dalam dendam kita akan bahagia? No, I don't think so. Dendam hanya akan menyiksa diri sendiri dan menjadikan hidup penuh permasalahan.

Jadi, lepaskan dendam dan hilangkan ingatan terhadap kesalahan orang lain. Dendam hanya akan menyiksa diri sendiri. Percayalah, tanpa dendam hidup akan lebih sejahtera dan penuh dengan kedamaian.

Pentingnya Memaafkan Secara Total


Tapi mengapa kita harus memaafkan? Sebenarnya secara tidak langsung dendam dan sakit hati terhadap orang lain berdampak buruk terhadap diri sendiri. Karena itulah, penting untuk bisa memaafkan secara total.

- "Maaf karena aku telah melakukan kesalahan. Seharusnya aku tidak melakukan..."
- "Maaf karena aku telah membuatmu kecewa. Seharusnya aku tidak mengatakan..."

Dari kalimat di atas, dapat diketahui bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat penyesalan yang membuat pelakunya merasa bersalah dan harus meminta maaf. Dan berikut jawaban umum yang sering digunakan untuk merespon permintaan maaf dari seseorang yang telah bersalah karena suatu hal.

- "Aku tidak akan pernah memaafkanmu karena tindakanmu/perkataanmu telah melukakan hati saya."
- "Aku belum bisa memaafkanmu sampai saat ini, Jadi sampai saat itu aku tidak bicara kepadamu."
- "Aku telah memaafkanmu, namun aku tidak mau lagi bicara denganmu atau pun bertemu denganmu lagi."n
- "Aku telah memaafkanmu, tapi aku tidak bisa melupakan semua ini."
- "Aku telah memaafkanmu, namun dengan syarat kau mau..."
- "Aku telah memaafkanmu, namun kau harus berjanji suatu hal bahwa kau tidak akan melakukannya lagi."
- "Aku telah memaafkanmu, sebelum kau meminta maaf kepadaku."

Dari respon-respon di atas, manakah yang termasuk dalam memaafkan secara total? Memaafkan secara total adalah memaafkan tanpa syarat. Memaafkan secara total berarti tidak mengingat semua yang telah terjadi atas diri kita sekalipun menyakitkan. 

Memaafkan secara total berarti memaafkan dengan melupakan semua yang telah terjadi tanpa bekas sedikit pun di hati. Memaafkan secara total juga terkadang diungkapkan seseorang dengan memberikan respon terhadap permintaan maaf dengan ungkapan "Aku telah melupakan dan sama sekali tidak mengingat semua yang telah terjadi. Jadi, tidak perlu dibahas lagi."

Memaafkan memang salah satu hal yang sulit, lebih sulit lagi daripada meminta maaf, terlebih jika hati yang terluka sedikit lebih dalam. Namun ketahuilah, jika Anda tidak bisa memaafkan dengan melupakan segala tindakan dan perkataan orang lain maka Anda tidak akan pernah hidup dengan bahagia.

Rasa benci kepada mereka yang telah menggoreskan luka dihati hanya akan memperparah keadaan. Memaafkan adalah kunci untuk hidup bahagia. Siapakah kita yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain? Hidup dengan saling memaafkan akan menuntun kehidupan kepada kebahagiaan sejati. Apakah untungnya, jika tidak memaafkan orang yang telah melakukan kesalahan? Tidak ada sama sekali!

Quotes belajar memaafkan : "Memaafkan secara total adalah memaafkan dengan tidak mengingat sedikit pun semua kejadian yang pernah terjadi sebelumnya." -

Bukan berarti kita harus tutup mata terhadap kesalahan orang lain. Tapi kita harus memahami bahwa dendam dan pembalasan hanya akan menyusahkan diri sendiri. Sekali pun sulit untuk memaafkan bukan berarti kita tidak dapat memaafkan. 

Memaafkan adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk dapat hidup dalam kebahagiaan penuh bersama dengan orang-orang yang dikasihi. So, belajarlah cara untuk memaafkan setiap kesalahan mulai dari sekarang.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!