Belajar Arperggio Dasar Untuk Pemula Belajar Gitar - Formula Chord

Belajar Arperggio Dasar Untuk Pemula Belajar Gitar - Formula Chord

Hari ini kita akan belajar teknik dasar arpeggio khusus pemula. Kita tidak akan belajar tentang cara bermain arpeggio tapi kita akan belajar konsep dasar dan pola bermain gitar arpeggio. Arpeggio akan memperindah permainan gitar solo dan bisa lebih mendalami tentang gitar dan seni musik.

belajar arpeggio dasar untuk pemula
Belajar arpeggio untuk pemula - Pixabay.com
Apa itu Formula Chord? Apa itu Petikan Gitar Arpeggio?

Tenang saja, 2 pertanyaan di atas bahkan beberapa pertanyaan yang ada di dalam kepalamu akan segera terjawab pada artikel tentang formula chord dan arpeggio ini. Ada 2 topik dasar yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu formula chord dan dasar bermain petikan arpeggio.

A. Formula Chord


Kita akan memulainya dari mengenal formula chord. Sebenarnya dua materi ini dapat saja dipisahkan namun saya melihat ada beberapa keunikan dan relasi yang tepat dalam menjelaskan formula chord dan teknik arpeggio ini.


Formula Chord adalah not-not yang membentuk sebuah chord atau singkatnya sebuah chord terdiri dari beberapa not-not yang digabungkan. Contoh sederhananya, chord C merupakan gabungan dari not C-E-G. Not C-E-G merupakan interval nada ke 1-3-5 dengan bunyi do-mi-sol.

Formula Chord dapat diartikan sebagai rumus atau susunan not-not yang membentuk sebuah chord.

Saya yakin, jika kamu pernah belajar gitar melodi di blog Soksimon.com ini, kamu sudah memiliki bayangan tentang interval nada. Sebelum mengenal lebih jauh tentang formula chord ada baiknya kita mengenal tentang berbagai jenis chord dalam seni musik dan intervalnya. Tujuan dari mengenal jenis-jenis chord adalah untuk melihat interval setiap nadanya untuk memperoleh formula chord.

Hanya dengan mengetahui interval sebuah chord berdasarkan jenisnya maka kita sudah bisa mengetahui semua bentuk chord dari jenis chord tersebut. Sebuah chord dapat terdiri dari 3 atau lebih not. Untuk lebih jelasnya, perhatikan yang berikut ini!

Lihat Lagu dan Chord Gitar Yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula

Jenis-jenis Chord


Pada bagian bawah, kamu akan melihat nada-nada triad atau tiga nada pembentuk chord major dan minor dan berbagai chord lainnya. Jika kita perhatikan dengan seksama maka hal yang membedakan antara jenis chord di bawah ini adalah interval nada-nadanya. Dengan mengetahui interval nada setiap chordnya maka kita sudah bisa menghafal semua chord.

Major

- Major = 1-3-5 = C

- Major 6th = 1-3-5-6 = CG
- Major 7th = 1-3-5-7 = CMaj7
- Major 9th = 1-3-5-9 = CMaj9

Dominant

- Dominant 7th = 1-3-5-7b


Minor

- 1-b3-5 = C-D#-G = Cm


Dimished

- 1-b3-b5 = C-D#-F# = C7


Augmented

- 1-3-#5 = C-E-G#


Agar kamu dapat mengerti tutorial di bawah ini, kamu harus terlebih dulu mengerti tentang scale dan interval nada. Tidak perlu semuanya, tapi setidaknya kamu harus mengerti tentang penjelasan singkat ini.

*Naik 1 nada sama dengan 2 fret pada gitar
*Naik 1/2 nada sama dengan 1 fret pada gitar
*Hanya nada E-F dab B-C yang memiliki interval 1/2, selebihnya memiliki interval 1 nada untuk menjangkau nada lainnya.
*Kress = # artinya naik 1/2 nada
*Mol = b artinya turun 1/2 nada

Jika kamu masih belum mengerti, kamu dapat belajar scale diatonik mayor pada artikel belajar gitar melodi dasar pemula atau mengenal CAGED System untuk menghafal Semua Chord Gantung di cara belajar kunci gitar gantung.

1. Chord Major

Chord Major memiliki interval nada 1-3-5 sehingga formula chordnya :


Chord C = C-E-G
Chord D = D-F#-A
Chord E = E-G#-B
Chord F = F-A-C
Chord G = G-B-D
Chord A = A-C#-E
Chord B = B-D#-F#

2. Chord Minor

Chord Minor memiliki interval nada 1-b3-5 sehingga formula chordnya :

Chord Cm = C-D#-G
Chord Dm = D-F-A
Chord Em = E-G#-B
Chord Fm = F-G#-C
Chord Gm = G-Bb-D
Chord Am = A-C-E
Chord Bm = B-D-F#

B. Arpeggio


Apa itu arpeggio? Arpeggio dikenal juga dengan sebutan "broken chord". Arpeggio adalah nada-nada (chord) yang dimainkan satu persatu dengan catatan nadanya harus berbunyi satu persatu atau nadanya tidak boleh berbunyi dalam waktu yang sama. Misalnya, ketika kita bermain chord C maka kita dapat memainkan nadanya satu per satu. 

Saya pikir kamu sudah mulai mengerti hubungan antara formula chord di atas dengan pembahasan arpeggio ini. Pastikan kamu sudah bisa memetik senar gitar dengan lancar menggunakan teknik petikan gitar fingerpicking.

Saat sebuah lagu memainkan chord C maka kamu hanya memainkan petikan-petikannya pada nada 1-3-5 yang adalah formula dari chord C. Begitupun saat bermain chord lainnya dari chord major, minor dan lain-lain, kamu hanya perlu memetik nada pembentuk chord-nya saja.

Pada tahap ini, bisa dikatakan kita hanya belajar formula chord yang sangat penting dalam bermain gitar melodi menuju fingerstyle. Dan untuk sampai ke tahap fingerstyle kita juga mengenal tentang arpeggio ini. Meskipun hanya arpeggio dasar, itu sudah cukup mengantarmu untuk berimprovisasi dengan petikan-petikan gitar keren.

Kesimpulan dari Arpeggio adalah nada dari chord yang dipecah dan dimainkan satu per satu. Bedanya dengan chord adalah chord dimainkan secara bersamaan. Permainan gitar dengan teknik arpeggio dapat memperindah permainan gitar melodi dan fingerstyle. Untuk bisa menguasai arpeggio, dibutuhkan latihan yang teratur dan konsisten agar permainan menjadi rapi dan bersih.

Lihat juga Gambar Kunci Gitar Dasar Lengkap Untuk Pemula Belajar Otodidak

Demikianlah artikel tentang formula chord dan dasar bermain petikan gitar arpeggio. Arpeggio merupakan teknik gitar tingkat tinggi yang menandakan skill gitaris di atas rata-rata. Teknik dasar arpeggio yang dijelaskan di atas adalah kunci mengetahui arpeggio bagi seorang pemula.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!