Skip to main content

Hidup Dalam Kebahagiaan Sejati

Apa kebahagiaan sejati itu? Mengapa saya tidak bahagia? Hari ini manusia tidak bahagia penyebab utamanya adalah karena kamu tidak tahu arti kebahagiaan yang sesungguhnya. Jangan sampai deh, kamu menghabiskan waktumu setiap harinya tanpa senyuman dan perasaan bahagia.
arti kebahagiaan yang sesungguhnya
Kebahagiaan Sejati -pixabay.com

Today you don't happy because you don't understand, what the meaning of happiness in your lifes. Tidak perlu mencari kebahagiaan, cukup kendalikan perasaan dan kamu akan bahagia.

Definisi Kebahagiaan


Simpelnya, kebahagiaan adalah perasaan senang atau bahagia karena sesuatu hal atau banyak hal. Kebahagiaan dapat bersumber dari kebiasaan hidup dan pola pikir seseorang. Saat seseorang hidup dalam rasa syukur dan berkecukupan maka hidupnya pasti akan bahagia.

Mengapa kita tidak bahagia? Jawabannya sederhana. karena kita tidak bisa mengendalikan perasaan sepenuhnya. Seseorang bahagia ataupun sedih semua berasal dari persoalan hati dan perasaan. 

Suatu hal yang perlu diketahui tentang kebahagiaan bahwa kebahagiaan tidak datang dari harta yang berlimpah. Banyak orang kaya secara finansial tapi hidupnya tidak bahagia. Why? Karena mereka tidak bisa mengontrol perasaan mereka. So, kaya bukan menjadi sumber utama bahagia.

Arti Kebahagiaan Sejati


Kebahagiaan... Siapakah yang tidak ingin bahagia? Kita semua, saya dan Anda ingin bahagia dan tak seorang pun dari kita yang tidak ingin bahagia dan hidup dalam kesedihan. 

Bahagia adalah mimpi dan dambaan serta tujuan dari kita semua. Saat ini, kita merelakan banyak hal untuk mendapatkan kebahagiaan sejati, kesuksesan suatu saat nanti.

Kebahagiaan sejati bukan berarti hidup tanpa masalah, namun kebahagiaan sejati adalah hidup dengan penuh pengharapaan dan tanpa ragu menjejakkan kaki sedikit pun. Dalam berbagai masalah sekalipun, hidup bahagia masih bisa dirasakan oleh kita yang ingin bahagia. Memang terlihat bodoh jika bahagia meskipun dalam keadaan sulit. Namun hidup bahagia seharusnya seperti itu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini ada saja hal-hal yang membuat kita down. Namun hal ini bukanlah suatu penghalang bagi kita yang ingin bahagia. Hidup bahagia bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja, tidak terbatas ruang dan waktu. 

Hidup bahagia dan kebahagiaan sejati hanya dapat didapatkan melalui keyakinan bahwa semua yang terjadi akan lebih baik. "Apapun yang terjadi hari ini akan mendatangkan kebaikan bagi kita."

Suatu kenyataan bahwa semua tidak akan baik-baik saja. Namun dengan keyakinan, percayalah bahwa semuanya akan lebih baik dan jauh lebih baik. Masalah datang dan pergi tidak akan merebut kebahagiaan kita, meskipun merebut tidak akan lama karena ia akan segera pergi.

Kebahagian sejati didapatkan melalui kebiasaan hidup yang selalu menggantungkan dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan yang kita yakini. Hanya dengan berserah kepada Tuhan bahwa Ia akan selalu memberikan yang terbaik dan rencananya tidak pernah mengecewakan sedikit pun. Percayalah dan Anda akan hidup! Percayalah maka anda akan memperoleh kebahagiaan sejati!

Hidup dalam keyakinan dan pengharapaan membawa kepada kedamaian hati. Hidup dalam kebahagiaan sekalipun semua rencana tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Tetaplah hidup dalam keoptimisan penuh bahwa rencana Tuhan lebih indah daripada rencaya manusia, sebaik apapun dan sehebat apapun ahli strategi dan ahli pikir tidak akan mampu menyelami pengertian Tuhan dalam rencana-Nya.

Kata Bijak Kebagahagiaan Hidup : Kebahagiaan sejati hanya diperoleh dari keyakinan penuh bahwa semua yang terjadi sudah tertata dengan rapi dan sangat baik oleh Tuhan.

Cara Menemukan Kebahagiaan Sejati


Bagaimana mendapatkan kepuasan hidup? Bagaimana menemukan kebahagiaan sejati itu? 

1. Manfaatkan waktu


Quality time adalah hal yang paling berharga. Saat kita memiliki waktu bersama dengan keluar, orang tua dan anak maka kebahagiaan sejati yang sesungguhnya akan muncul. 

Jika hari ini kamu masih sering berdebat dengan orang tuamu, percayalah kamu akan menyadari suatu saat nanti bahwa orang tuamu sangat peduli terhadapmu lebih dari siapa pun. Saat kamu jauh dan pergi merantau karena pekerjaan ataupun karena pendidikan kamu akan terus rindu terhadap mereka. Karena itu, pergunakan waktu sebaik mungkin bersama orang tuamu selagi kamu masih bersama mereka.

2. Berpikir positif


Seperti yang saya katakan di atas bahwa kebahagiaan adalah salah satu perasaan. Perasaan selalu hadir karena banyak hal. Ada yang membawa kebahagiaan ada yang membawa kesedihan. Tapi seperti apapun keadaan, saat kita dapat berpikir positif maka kebahagiaan sejati itu akan datang dengan sendirinya.

3. Tulus iklhas


Bekerja dan melakukan sesuatu harus didasarkan pada satu prinsip teguh, yaitu tulus ikhlas. Bekerja dengan tulus terutama membantu orang lain tanpa mencari imbalan merupakan salah satu kebahagiaan terbesar di dalam hidup.

Banyak orang yang merasa memiliki kepuasan dan kenikmatan tersendiri setelah berhasil membantu orang lain. Kunci mendapatkan kebahagiaan sejati karena menolong seseorang adalah dengan tulus ikhlas.

4. Sabar dan bersyukur


Kunci menemukan kebahagiaan dalam hidup yang selanjutnya adalah dengan sabar, sabar dan sabar. Saat kita ingin mendapatkan sesuatu kita harus sabar. Dengan bersabar, hidup akan lebih tenang dan pikiran akan selalu positif. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan hidup lebih bahagia dan lebih bahagia.

Mengucap syukur adalah adalah salah satu bukti kesabaran. Banyak orang yang bahagia dalam hidupnya sekalipun tanpa dukungan materi dan finansial. Why? Karena dengan bersyukur rasa kekurangan akan segera hilang. 
Kata bijak : Bersykur membuat hidup berkelimpahan dan jauh dari kata kurang! Bersyukur bukan berarti puas ya!

5. Miliki tekad dan keyakinan yang teguh


Saat kita memiliki tekad dan keyakinan yang teguh maka hidup akan lebih tenang. Hidup seperti ini adalah hidup yang penuh pengharapan. Pengharapan membuat kita lebih bersemangat dan terus bertahan dalam penderitaan.

Itulah kunci menemukan kebahagiaan sejati dalam hidup, yaitu manfaatkan waktu bersama keluarga, berpiki positif, bekerja dengan tulus iklhas, mempunyai kesabaran, dan memiliki tekad dan keyakinan dalam pengharapan.

Gaya hidup mewah dan punya harta berlimpah bukanlanlah syarat untuk mendapakan kebahagiaan sejati. Kebahagiaan sejati bukan berarti tidak pernah sedih. Tapi kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan penuh karena memiliki pengharapan untuk tetap hidup dalam semangat yang membara, baik susah maupun mudah. Ini kehidupan guys, so enjoyed!

Lihat juga 15 Cara Menjadi Orang Yang Menyenangkan dan Asyik Diajak Bergaul

Demikianlah artikel tentang definisi kebahagian dan arti kebahagiaan sejati serta cara menemukan kebahagiaan. Tetaplah bahagia dalam segala keadaanmu dengan hidup bersyukur. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
  October 10, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close