Skip to main content

7 Niche Blog Yang Paling Sering Dicari

Niche Blog Populer Sepanjang Masa - Sebelum membangun sebuah blog, para blogger pemula biasanya akan melakukan riset untuk menentukan niche atau tema blog. Namun, tidak sedikit blogger atau yang ingin terjun ke dunia blogger mengalami kesulitan dalam menentukan topik yang akan dibahas di blog. Mau menulis niche blog yang ramai pengunjung tapi takut tidak masuk ke page one google. Dilema antara memilih niche blog yang paling sering dikunjungi dan laris sepanjang masa atau pun memilih niche blog yang sepi  pengunjung memang kadang menjadi persoalan serius yang membuat sebagian besar pemula tidak jadi ngeblog.
niche blog yang ramai pengunjung
Memilih Niche Blog Populer - pixabay.com

Bahaya dalam memilih niche blog yang salah dan tidak tepat sebenarnya tergantung dari yang punya blog itu sendiri. Pada dasarnya, semua jenis blog memiliki peluang dan potensi yang sama jika dikembangkan dengan ketekunan dan selalu belajar dan konsisten update artikel.

Apa itu niche blog?


Niche dalam sebuah blog dapat diartikan sebagai topik khusus yang akan dibahas. Dalam perjalannya, niche blog dibedakan atas 2 jenis, yaitu:

1. Blog Niche


Blog niche merupaka blog yang hanya membahas satu topik utama. Tujuan dari blog seperti ini adalah untuk memonestisasi blognya dengan targer pasar yang terarah. Contoh blog niche seperti Sugeng.id yang khusus membahas tentang tutorial blogger, atau pun maxmanroe.com yang khusus membahas tentang dunia internet marketer. Blog niche khusus lainnya yang sukses seperti duniailkom.com yang membahas bahasa pemrograman, dan lain-lain.

Kelebihan dari blog niche adalah mempunyai target pasar yang jelas sehingga lebih memungkinkan untuk mendapatkan calon pembeli yang benar-benar siap untuk membeli. Namun dalam perkembangan suatu blog niche, terkadang owner dari blog tersebut mulai akan memperluas niche blognya dengan membahas kategori yang lain. Contoh blog niche yang sukses seperti memperluas jangkauannya seperti  bungfrangki.com yang membahas tentang tips dan tutorial blogger atau pun klikmania.net yang membahas sebagian besar tentang SEO dan tips-tips lainnya.

2. Blog Gado-gado


Blog yang paling banyak ditemui di google sekarang termasuk adalah blog gado-gado. Termasuk blog  Soksimon.com ini adalah blog gado-gado. Sebagian besar blogger pemula takut untuk membangun blog gado-gado karena pandangan yang keliru tentang blog gado-gado yang katanya tidak memiliki pembaca setia. 

Benarkah demikian? Tidak juga! Ada banyak blog gado-gado yang sukses besar dalam memberikan konten kepada google lovers. Blog gado-gado memiliki kemungkinan untuk sukses besar dibandingkan dengan blog niche karena kontennya yang lebih mengarah ke multi-profesi sebagai targetnya. Misalnya blog yang membahas tentang kesehatan dan juga tentang pendidikan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan visitor berbeda profesi yang tidak akan didapatkan oleh blog niche pada umumnya. Contoh blog gado-gado yang sukses adalah Mastimon.com. Jadi, jangan salah dalam mengartikan bahwa blog gado-gado tidak bisa sukses.

Daftar Blog yang Paling Ramai Pengunjung


Pertanyaanmu dapat terjawab pada bagian ini yang selalu bingung dan ingin melihat blog yang paling ramai pengunjung, secara khusus di Indonesia. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak. Jadi, kemungkinan untuk membuat niche blog yang populer masih terbuka luas bagi mereka yang selalu berpikir kreatif dan terbuka.

1. Niche Blog Kesehatan


Blog yang memiliki konten seputar dunia kesehatan memang tidak akan pernah mati. Banyak hal yang bisa dibahas di dunia kesehatan. Di era teknologi modern ini, untuk mengobati penyakit yang ringan seseorang akan cenderung bertanya ke google dari pada ke dokter. Salah satu keuntungan dari blog niche kesehatan adalah menggunakan keyword abadi sehingga tidak terlalu mempersoalkan tentang rutinitas update artikel seperti niche blog lainnya.

Lihat juga Penghasilan Blogger Vs Youtuber, Besar mana?

2. Lifestyle


Blog tipe ini membahas semua tentang gaya hidup. Mulai dari asmara, busana dan cara tampil modis dan keren, tips dan trik wanita maupun pria. Membahas seputar gaya hidup memang lebih mengandalkan kemampuan psikologi sehingga dapat menarik minat pembaca. Konten dari niche lifestyle juga lebih kaya konten dan informatif yang dapat dipraktekkan secara langsung atau call to action (CTA).

3. Internet Marketing dan Bisnis Online


Untuk pemula yang baru mulai membangun blog sebaiknya jangan membahas tentang internet marketing. Pada dasarnya, blog niche dunia IM ini adalah para master yang memang berniat untuk membangun blog yang berkualitas dalam hal segi konten. Biasanya, mereka telah ahli dalam memuat konten blog yang berkualitas sehingga dapat membuat pengunjung betah berlama-lama meskipun membaca puluhan halaman di website miliknya. Contohnya saja Mas Sugeng yang sekalipun konten dalam satu artikel membutuhkan waktu berjam-jam untuk membacanya tidak akan membuat visitornya bosan untuk membaca tulisannya.

4. Peluang Usaha


Untuk kategori peluang bisnis dan usaha memang lebih menguntungkan bagi blogger pemula. Topik yang sebenarnya dapat dibahas oleh banyak orang karena peluang usaha ada di mana-mana. Peluang usaha dapat meliputi usaha di bidang kuliner, usaha di bidang pertanian modern, usaha peternakan ayam dan ikan, dan usaha lainnya yang juga meliputi tips-tips terjun ke dunia bisnis dan inspirasi bisnis dari tokoh entrepreneur dan lain-lain.

5. Tips Komputer dan Smartphone


Niche blog seperti tips komputer dan smartphone memang akan selalu ramai dan populer di dunia. Ada ribuah teknologi baru muncul tiap bulannya yang tidak akan dapat dibahas lengkap hanya oleh satu website. Salah satu kelemahan dari blog tips komputer dan smartphone adalah harus rutin update artikel agar tidak tertinggal dengan informasi teknologi baru. Keuntungannya adalah beberapa tips dan trik dunia teknologi ini memiliki keyword abadi sehingga pengunjung akan tetap berdatangan.

6. Tutorial Blog


Blog yang paling ramai berikutnya adalah blog yang membahas tutorial nge-blog yang meliputi topik bahasan belajar SEO, Tips Google Adsense, dan semua yang berhubungan dengan dunia blogger termasuk tips dan cara menjadi blogger yang berkualitas. 

Meskipun blogger pemula, tidak ada masalah membahas tentang tutorial ngeblog. Tentu saja, untuk dapat bersaing kita harus memiliki kemampuan di atas rata-rata blogger senior yang sudah tahunan mengenal dunia blog. Sedikit tips dari saya, jika membuat blog seputar dunia blogger dan blogging maka belajarlah SEO, sedikit saja sudah cukup, misalnya riset keyword dan cara membuat artikel berkualitas dengan metode LSI. Blogger pemula yang ingin membahas tutorial sukses nge-blog jangan pernah minder, ya.

7. Niche Blog Tutorial


Niche blog tutorial dapat membahas apapun yang berhubungan dengan cara membuat sesuatau atau how to make it. Biasanya blog tutorial juga termasuk blog niche karena sebagian besar blog tutorial hanya membahas satu topik yang selalu berkelanjutan. Contohnya duniailkom.com yang khusus membahas dunia pemrograman dan Teknik Informatika. 

Keuntungan dari blog tutorial adalah mudahnya membuat suatu blog memiliki banyak pengunjung dalam waktu yang singkat. Kuncinya, mulailah membahas tutorial yang jauh dari pasukan blogger senior seperti dunia membahas niche pertanian dan kesehatan. Bahas secara mendetail dan lengkap dengan mencari beberapa sumber blog sebagai acuan untuk membuat artikel yang panjang dan informatif. Tapi, artikel panjang yang saya maksud adalah artikel yang tidak hanya panjang tetapi memiliki daya interest sehingga membuat visitor tetap nyaman. 

Perlu diketahui, keyword density sudah tidak efektif lagi setelah update algoritma terbaru oleh google. Tutorial ini akan dibahas jika saya memiliki waktu yang tepat. Kita akan membahas teknik SEO dasar yang baik dan benar, serta tidak perlu membahas SEO yang tidak penting.

Blog niche tutorial yang cukup dan sangat sukses adalah hipwee.com yang membahas tutorial dan tips-tips yang sangat informatif dan lengkap. Meskipun termasuk blog gado-gado, hipwee tetap memiliki visitor yang setia dan selalu siap membaca related articlenya.

Tips Memilih Niche Blog Untuk Pemula


Buatlah blog sesuai dengan niche Anda dan jangan berpikir untuk mendapatkan penghasilan dalam waktu yang singkat. Butuh perjuangan beberapa bulan bahkan bertahun-tahun untuk membangun blog berprofit. Dalam membangun sebuah blog, blogger pemula sebaiknya memperhatikan pada konten yang dibuatnya. 

Belajar SEO yang paling penting adalah belajar membuat konten blog yang berkualitas sesuai dengan keyword yang kita tembak. Cara riset keyword yang paling mudah dan sering saya gunakan adalah menggunakan google penelusuran untuk melihat blog yang berada di top 1 halaman 1 google dan juga melihat variasi dari keyword di bagian hasil pencarian. Tutorial riset keyword untuk pemula juga akan dibahas di artikel-artikel berikutnya.

Inti dari membangun blog yang sukses dan memiliki ribuan pengunjung perharinya adalah menulis dan bukan sembarang menulis. Buatlah tulisan yang berkualitas untuk mengundang banyak share dari visitor. Membuat konten yang berkualitas dan informatif tentu saja lebih memungkinkan untuk masuk ke halaman pertama google.

Tips memilih niche blog untuk pemula yang saya sarankan adalah tulislah topik yang kita kuasai dan sesuai minat. Banyak blogger pemula yang gagal karena tidak konsisten menulis setelah berniat membangun blog niche yang tidak disukai dan tidak kuasai, yang penting visitor ramai dan mencapai jutaan tiap harinya. Padahal, kenyataan yang sesungguhnya dalam dunia blogger adalah niche blog yang ramai akan memiliki banyak saingan dan niche blog yang sepi akan sedikit saingan. 

Karena itu, pilihlah topik yang Anda kuasai dan jangan karena melihat peluang ribuan visitor. Tips ini khusus untuk pemula agar tidak bosan dan frustasi karena blognya tidak masuk ke page 10 google. Jangan sekali-kali memiliki pikiran untuk membidik niche bule kalau belum mahir bahasa Inggris, minimal harus punya dasar bahasa Inggris yang digabung dengan google translate. 

Masih banyak niche blog yang memiliki peluang sukses karena banyaknya visitor seperti niche blog travelling, niche blog unik dan seru, dan niche pendidikan. Namun, niche blog pendidikan sebenarnya sangat luas tapi kemungkinan juga untuk mendapatkan banyak visitor sekalipun tidak update karena memiliki keyword abadi seperti rumus matematika, cara belajar bahasa Inggris.

Untuk niche seperti berita supaya jangan dilirik, ya! Niche ini telah dikuasai oleh para situs besar yang memiliki ribuan karyawan dan ratusan mitra yang siap update tiap menitnya. Contohnya, tribunnews,com dan lain-lain. Termasuk di dalamnya informasi yang sedang viral dan trending, politik dan kebijakan luar negeri.

Itulah niche blog yang paling populer dan banyak dikunjungi yang dapat menjadi acuan bagi blogger pemula dalam memilih niche blog yang tepat. Memilih niche blog yang tepat dapat mengundang dan mendatangkan banyak visitor ke blog. Jadi, jangan sampai salah pilih niche blog, ya!

Lihat juga Cara Mengubah Blogspot Menjadi COM

Demikianlah artikel tentang niche blog yang paling populer di Indonesia! Semoga bermanfaat dan terima kasih!
  October 01, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close