5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal

5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal

Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Emang blog bisa menghasilkan uang? Saya ragu jika blog yang menghasilkan uang. Tapi yang benar adalah blogger yang menghasilkan uang. Blogger yang menghasilkan uang telah berhasil membangun blog yang berpenghasilan. Cara membuatnya gimana? Tanpa modal?

Pada hari ini, kita akan membahas cara mendapatkan uang dari blog yang bertujuan untuk melihat cara umum yang digunakan blogger dalam menghasilkan uang dari blog. Tips dapat uang dari blog ini dapat digunakan tanpa modal maupun dengan modal, sehingga sangat cocok untuk blogger pemula.
cara mudah mendapatkan uang dari blog
Cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula - pixabay.com

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal


Menghasilkan uang dari dunia online memang tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun hanya duduk didepan laptop atau smartphone dengan modal internet, menghasilkan uang dari internet membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Menjadi blogger memang tidak mudah namun sedikit menyenangkan bagi mereka yang memang hobi blogging. Menghasilkan uang dari blog memang membutuhkan banyak pengorbanan termasuk menghabiskan banyak waktu hingga benar-benar mampu membuat blog berpenghasilan.

Tidak sedikit blogger yang tujuannya menghasilkan uang dari blogging yang berhenti karena tidak menemui titik terang. Memang ngeblog itu terbilang gampang-gampang susah. Namun ngeblog adalah salah satu cara mudah dan mendidik untuk menghasilkan uang dari internet. Berbeda dengan bisnis online lainnya, menjadi seorang blogger memiliki beberapa keunggulan jika digunakan untuk mendulang pundi-pundi rupiah dan tentunya, dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan ngeblog, seorang blogger dapat menghasilkan uang dengan jalan yang sedikit lebih aman dan menjanjikan. Tidak sedikit juga blogger yang menjadikan blogger sebagai profesinya. Hal ini memang karena ngeblog memang lebih mudah menghasilkan uang dari internet meskipun lama tapi awet jika dibandingkan dengan bisnis online lain.

Pada dasarnya, ngeblog tidak membutuhkan modal, kecuali modal waktu, kuota internet dan lain-lain. Namun ngeblog juga bisa membutuhkan banyak modal jika sudah berhubungan dengan platform CMS (Content management system) atau tempat untuk menulis, domain, template premium dan hosting.

Banyak yang lebih memilih mengeluarkan banyak modal untuk membangun blog yang berpenghasilan namun tidak semua sukses. Ada sebagian yang menggunakan platform gratis seperti blogger dan bisa menghasilkan uang. Saya saat ini lebih memilih blogger dengan domain TLD karena alasan lebih murah dan aman untuk pemula.

Bagaimana Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang?


Agar bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang setiap bulannya, kita harus memiliki blog yang bevisitor. Pengunjung adalah sumber penghasilan dari sebuah blog. Semakin banyak pengunjung semakin besar penghasilan blogger.

Cara membuat blog yang ramai pengunjung?

1. Belajar SEO
2. Membuat Artikel berkualitas
3. Sabar dan konsisten menulis

Darimana Blogger Mendapatkan Uang?


Membangun sebuah blog membutuhkan waktu dan proses. Namun jika telah berhasil maka seorang blogger bisa sedikit bersantai dan mencari kesibukan di dunia nyata. Berikut beberapa cara yang terbukti ampuh untuk menghasilkan uang dari blog.

1. Menjadi Publisher Iklan


Pada umumnya, seorang blogger menghasilkan uang dari blogging dengan menjadi publisher iklan atau penayang iklan. Google adsense adalah yang paling banyak digunakan oleh blogger. Hal ini karena sampai saat ini google adsense masih yang tertinggi dalam hal pembayaran kepada para publishernya. Dan memang menjadi publisher iklan google adsense telah terbukti oleh banyak blogger yang gajian tiap bulannya minimal 100$.

2. Mengikuti Program Afiliasi


Program afiliasi adalah program yang menggunakan sistem downline dan upline atau sistem perekrutan member. Banyak blogger yang menggunakan peluang ini untuk mencari member sebanyak-banyaknya yang tentunya akan menghasilkan uang dari nge-blog. 

Ada berbagai jenis afiliasi yang patut dicoba oleh seorang blogger yang terbukti menghasilkan uang dari blog secara gratis. Pilihlah situs afiliasi dengan cermat.

3. Ternak Google Adsense


Bukan rahasia lagi bahwa untuk mendaftar dan diterima Google Adsense tidak semudah yang dibayangkan terutama blogger pemula. Penolakan dari adsense pun masih sering saya alami sampai saat ini. Hal ini karena google adsense hanya akan menyetujui blog yang dianggapnya memiliki kualitas yang layak untuk menampilkan iklannya. Atas dasar inilah, iklan adsense menjadi sesuatu yang langkah dan mahal.

Akun adsense non-hosted yang fresh atau baru full approve saja dihargai di atas Rp350.000,- dan untuk Hosted biasanya lebih murah sekitar Rp250.000,-. Untuk akun adsense yang sudah berumur tentunya harga jualnya lebih mahal terutama jika sudah pernah digunakan untuk gajian dari Google.

4. Menjual Blog


Blog juga merupakan aset yang sangat berharga. Beberapa blogger menjual blognya karena sudah malas ngeblog atau pun karena telah memiliki beberapa blog sehingga tidak mampu untuk dikelolah dengan baik. 

Harga jual blog lebih mahal dari akun Google Adsense. Untuk blog yang sudah berumur biasanya akan dimahar dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta, tergantung umur dan kualitas blog. Kualitas blog terlihat dari banyaknya pengunjung setiap harinya berdasarkan niche yang dipilih. Blog satu-satunya jangan dijual ya. Rugi! 

5. Menjual Produk Sendiri


Saat ini banyak reseller maupun dropshipper yang memang ingin serius lebih memilih membuat blog sendiri dalam bentuk toko online untuk memasarkan produknya. Tentu saja karena mereka ingin memiliki brand sendiri daripada menumpang pada situs-situs marketplace. 

Membangun toko online membutuhkan inovasi dan ide baru kreatif untuk dapat bersaing dengan situs penjualan online yang sudah besar dan terpercaya.

Beberapa blogger sukses yang juga sudah terbukti dalam menjual produknya adalah seperti Mas Sugeng dan Kompiajaib yang sukses menjual template hasil buatannya sendiri.

Dari kelima cara menghasilkan uang dari blog diatas, selama saya menjadi seorang blogger saya hanya merasakan uang dari blog melalui cara nomor 3 dan 4, ternak google adsense dan menjual blog. Karena itulah, kata blogger pemula masih melekat pada saya. 

Hingga satu tahun menjadi seorang blogger, saya masih belum mampu membangun blog yang benar-benar berpenghasilan. Semoga tahun 2018 ini, menjadi titik balik yang akan membuat saya menjadi publisher adsense dan gajian dari google adsense. Amin ya, aminkan bro.

Demikianlah tulisan tentang cara menghasilkan uang dari internet melalui blog yang benar-benar terbukti. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!