1001 Tips Ngeblog Untuk Pemula

1001 Tips Ngeblog Untuk Pemula

1001 Tips Ngeblog Untuk Pemula - Menjadi seorang blogger yang sukses bukanlah hal yang sulit. Tapi bukan berarti mudah seperti membalikkan telapak tangan. Bisa dibilang, menjadi blogger yang sukses susah-susah gampang, gitu!

Note: Pada akhir artikel ini, kamu akan menemukan strategi bagi blogger yang minim kuota.
tips dasar ngeblog bagi blogger pemula
Tips Untuk Blogger Pemula - pixabay.com

Saya masih blogger newbe, saya harus mulai dari mana? Bagaimana belajar menjadi blogger sukses khusus pemula? Banyak sekali kasus yang saya temui di mana blogger pemula yang baru mau nge-blog langsung menghubungkannya dengan cara menjadi blogger yang sukses membangun sebuah blog.

Tidak ada masalah dengan itu, tapi mindset seperti ini harus diubah. Menjadi seorang blogger yang menghasilkan uang itu tidak seperti beberapa pekerjaan lainnya yang menghasilkan uang dalam sekejap. Menjadi seorang blogger butuh proses.

Bagi para blogger pemula, bisa mengikuti tutorial menjadi blogger sukses di bawah ini.

Apa itu blog dan ngeblog?


Blog bisa diartikan sebagai sebuah buku catatan atau buku harian seorang blogger (Penulis di blog). Blog tersebut dapat berupa blog yang berisi informasi dan panduan bisa juga membahas tentang perjalanan hidup penulisnya, dan ada yang membahas semuanya dalam satu blog.

Apa itu ngeblog? Ngeblog bisa diartikan sebagai kegiatan menulis di blog (Blogging) secara konsisten dan teratur. Nah, ini dia yang menjadi kesulitan newbe dalam membangun sebuah blog. Banyak dari blogger yang begitu antusias membangun blog pada awal ngeblog, namun seiring berjalannya waktu mereka melupakan poin yang sangat penting dalam membangun sebuah blog, yaitu konsisten dan teratur.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula


Salah satu contoh kasus yang juga banyak ditemui di kehidupan orang-orang yang baru berniat ngeblog adalah tidak tahu cara membuat blog ataupun bingung memilih platform (rumah) atau tempat untuk membuat blog.

Saya tidak akan panjang lebar dengan ini. Jika Anda benar-benar baru mengenal dunia blogger langsung buat blog di blogger.com, pastikan telah memiliki akun gmail terlebih dahulu. Saya tidak akan membahas cara membuat blog secara lengkap karena semua petunjuk tentang cara membuat blog di blogger sudah ada di google.

Sedikit kesalahan dari blogger pemula adalah tidak mau mencoba untuk mengklik apapun yang ada di dashboard blogger. Padahal, semua menu tersebut sudah menunjukkan peran masing-masing seperti pada menu hp. Tinggal baca dan ikuti.

Pengalaman Ngeblog di Platform Blogger


Saya mengenal dunia blog sejak masih SMP. Saat itu masih menggunakan platform mywapblog.com. Pada awal ngeblog, saya juga tidak tahu apakah blog itu bisa menghasilkan uang. Tujuan utama ngeblog pada saat itu hanya untuk sekedar berbagi tentang tips dan trik symbian dan java.

Barulah, menjelang kelulusan di Sekolah Menengah Atas saya mulai belajar membuat blog di blogger.com. Pada saat itu, saya hanya menggunakan hp Nokia Symbian e-71. Banyak fitur yang tidak dapat dinikmati. Untuk mengakses dashboard blogger, hanya bisa melalui aplikasi uc browser. Untuk tempat menulis saya hanya menggunakan aplikasi explore untuk dapat membuat tulisan.

Karena fitur yang sangat terbatas saya lebih sering membaca tips-tips ngeblog dan berbagai tutorial sukses menjadi blogger. Belajar HTML sederhana juga saya temukan saat itu. 7 bulan Setelah selesai SMA, saya akhirnya dibelikan hp android. Setidaknya, saat itu ada kemajuan dalam mengakses blogger.com di aplikasi Google Chorme. 

Sejak saat itu, tugas utama saya hanya menulis dan menulis, sebagian besar masih copas mentah-mentah dari blog lain. Sekalipun copas, saya tetap memberikan link kredit ke sumber utama sebagai apresiasi. Namun bukan berarti saya tidak menulis dari ide-ide kreatif sendiri. 

Tidak lama setelah itu, saya sudah menggunakan laptop untuk ngeblog. Perbedaan ngeblog di hp android dan laptop pun sangat terasa. Akhirnya hp android hanya berfungsi sebagai pemancar wifi untuk laptop jadul milik saya yang masih digunakan untuk menulis artikel ini. 

Blog gado-gado yang menjadi teman pertama saya di blogger.com akhirnya dijual seharga Rp 260.000,- + iklan adsense hosted dan email utama. Harga yang sangat murah dan tidak akan setara jika dibandingkan waktu dan totalitas untuk mengelolah blognya selama 10 bulan.

Sampai hari ini, saya masih terkadang melihat-lihat blog tersebut yang masih update dan hanya memposting tentang lirik lagu. Saya tidak menyesal menjualnya tapi saya menemukan pelajaran berharga dari blog tersebut. Artikelnya yang selalu menjadi artikel terpopuler adalah artikel yang bukan hasil copas melainkan artikel yang saya tulis dengan ide sendiri. Bahkan tidak sedikit artikel yang sudah masuk ke halaman pertama google dan menempati peringkat atas.

Pelajaran berharga: Semakin tua suatu blog dengan konten asli dan original maka akan mudah menempati posisi tempat duduk penting di rumah google.com.

Tips Ngeblog untuk Pemula


Tips-tips ngeblog untuk pemula ini tidak mencakup seluruh tips dunia blogger. Hanya beberapa poin penting yang dapat langsung diterapkan untuk menjadi blogger sukses.

1. Konsisten, Update dan Aktif


Konsisten adalah sifat penting yang harus dimiliki oleh blogger. Konsisten BUKAN berarti harus update setiap saat dan setiap hari. Tidak perlu membuat target artikel per Minggu. Konsisten ngeblog adalah aktif membuat tulisan yang benar-benar bermanfaat. Percayalah, lama-kelamaan rutinitas ngeblog dan menulis artikel akan menjadi kebutuhan.

2. Lupakan Uang dan Adsense


Apa itu adsense? Bagaimana membuat adsense? Hal yang paling membuat saya khawatir terhadap blogger pemula ketika mereka baru mengenal blog dan sudah bertanya tentang cara mendapatkan uang dari blog dan adsense. Banyak dari teman-teman saya yang tertarik ngeblog saat mereka melihat penghasilan saya dari ngeblog dengan berjualan google adsense. 

Saya tidak ingin mereka terlena dan menjadi peternak akun adsense yang mendapatkan uang dari blog dengan cepat tanpa membangun sebuah blog branding yang penghasilannya jauh lebih keren dari pada menjadi peternak akun adsense. Percayalah, kepuasan dari kegiatan ngeblog tidak akan didapatkan dari berjualan akun google adsense. Kepuasan dari ngeblog adalah ketika seseorang mengunjungi blog kita dan mendapatkan solusi dan informasi dari setiap tulisan kita, kata per kata maupun kalimat.

Lupakan uang, lupakan adsense, beternak boleh, asal jangan lupa konsistensi menulis di blog utama. Banyak blogger pemula yang frustasi dan berhenti ngeblog karena tidak berhasil mendapatkan uang dari blog dalam waktu singkat. Mungkin mereka berpikir dapat menghasilkan uang dari blog hanya dalam seminggu, ya?

3. Tahu Tujuan Ngeblog


Wah, katanya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog, ya? Salah satu tujuan utama seseorang membuat blog adalah mencari uang. Jujur, saya pun demikian. Namun, blogger senior yang telah sukses saat ini juga benar-benar tahu cara menghasilkan uang dari blog, yaitu dengan konsisten membuat konten bermanfaat.

4. Belajar Blog dan SEO


Belajar tentang ngeblog tidak bisa lepas dari yang namanya SEO. Banyak yang mengatakan bahwa SEO itu tidak penting. Benarkah SEO tidak penting? Jika harus jujur, SEO adalah materi wajib bagi seorang blogger. 

Blogger pemula harus benar-benar mengerti tentang SEO (Search Engine Optimizion). Paling tidak, kamu harus tahu tentang cara riset keyword sederhana dan yang paling terpenting adalah cara membuat tulisan atau konten berkualitas di blog. Saya pernah mengatakan bahwa blog itu seperti warung makan dan artikelnya adalah menunya. Jika artikelmu tidak enak dibaca maka percuma punya rumah bagus! Mungkin seperti manusia, jika sifatnya jelek maka tidak akan disenangi.

Inti dari SEO Pemula: Artikel berkualitas

5. Biasakan Membaca


Mau menulis aja kok harus baca? Banyak blogger yang tidak dapat merangkai kata-kata dengan baik karena tidak suka membaca. Jika kamu tahu, sebenarnya tulisan saya tidak sebagus yang kamu baca di komputermu. Hanya saja, saya sudah mulai memiliki hobi membaca sehingga tulisan saya tidak sekacau yang dulu. Saya tidak bilang tulisan saya bagus lho sekarang tapi lebih bagus dari yang dulu.

Standar tulisan yang berkualitas: Tulisanmu hari ini dibandingkan tulisanmu tahun lalu.

6. Jangan Pusing dengan Tampilan


Belajar HTML dan mulai mengedit-edit template blogger membuat saya sangat terobsesi. Sebelumnya saya lebih fokus pada tampilan blog dan lupa membuat artikel. Bahkan banyak kuota yang saya habiskan hanya untuk mempercantik tampilan blog. 

Pada suatu masa, saya menyadari bahwa kecanduan terhadap kecantikan kadang tidak bagus untuk kesehatan blog. Karena lama di template akhirnya saya malas menulis dan berniat menjadi web designer. Namun saat ini, saya sudah kembali ke jalan yang benar yang memiliki tujuan menjadi penulis blog yang hebat, setidaknya di blog saya sendiri.

7. Tulis Artikel


Menulislah! Kunci utama dari blogger sukses yang sudah menjadi rahasia umum adalah menulis artikel. Bukan hanya menulis artikel dan update setiap harinya tapi menulis dengan tetap konsisten membuat tulisan untuk pengunjung dan bukan untuk mesin pencari seperti Google.

Artikel yang dibuat harus memenuhi standar user experience and SEO friendly. User experience berkaitan dengan menulis artikel yang membuat pengunjung tetap nyaman dan SEO Friendly yang berarti membuat Google tidak keberatan untuk memberikan tempat terbaik untuk artikel kita. Dalam banyak kasus, artikel yang user experience sudah pasti akan SEO Friendly namun tidak sebaliknya.

Ada yang mengibaratkan kalau membuat artikel yang hanya SEO seperti menggunakan bahasa Indonesia baku dalam aktivias sehari-hari. Coba deh!

Kenapa Ngeblog?


Menjadi publisher iklan google adsense?

Kenapa saya ngeblog? Ada 2 manfaat bahkan ratusan manfaat dari ngeblog. Selain dapat membantu orang juga dapat menjadi sumber penghasilan. Menjadi publisher iklan seperti iklan Google adsense adalah salah satu dari ribuan cara menghasilkan uang dari blog. Banya cara untuk menghasilkan uang dari blog, seperti berjualan dan menjadi reseller atau pun menjual produk sendiri atau keahlian sendiri. 

Modal utama untuk menghasilkan uang dari blog adalah memiliki visitor unik dari search engine seperti Google. Memang saya telah membuktikan bahwa ada banyak cara menghasilkan uang dari blog dengan cara ternak akun adsense atau pun bermain fb ads to adsense. Tapi, apa manfaat pada akhirnya? Nothing! Nothing! Percayalah, tidak ada sama sekali manfaatnya jika kita melihat masa depan. 

Mungkin kamu mendapatkan uang dengan teknik tersebut tapi ketika kamu berhenti maka tidak ada lagi. Berbeda jika kamu membangun sebuah blog yang dapat masuk ke halaman pertama google maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang apapun untuk beriklan. Semuanya akan datang dengan sendirinya. Itulah pentingnya membuat blog bagi pemula!

Tips Khusus Untuk Blogger Pemula


Salah satu masalah yang paling sering membuat saya was-wasan adalah masalah kuota. Bagi seorang pemula seperti saya, masalah kuota internet bisa menjadi persoalan yang serius. Mau update artikel tapi kuota terbatas. Bagi para blogger senior masalah kuota bukanlah hal yang utama, mereka biasa menggunakan wifi indihome. Lah saya? Hanya menggunakan kuota promo dari provider sejuta umat.

Tips khusus untuk blogger pemula ini sebenarnya untuk blogger yang kekurangan budget seperti saya. Agat kuota tidak menjadi alasan, sebaiknya segera konsultasikan ke pakarnya. wkwkwk

Tips dari saya untuk mengatasi masalah kuota sekarat dan mahal adalah membuat artikel terlebih dahulu di notepad atau Ms. Word atau selalu mematikan data seluler ketika sedang menulis artikel. Jika membuat artikel di notepad sebelum di-publish maka dapat memberikan waktu untuk menulis beberapa artikel. Jadi, ketika update, dapat menghemat kuota dengan teknik CTRL + A, CTRL + C, dan CTRL + V. Atau jika cadangan artikel sudah banyak dan kuota masih tetap mahal maka dapat mencari wifi gratisan.

Agar dapat menjadi blogger sukses, alasan tidak dibutuhkan dan keterbatasan tidak menjadi penghalang. Menulislah sebisa mungkin dan jangan pernah melakukan copy paste, paling tidak, jika memang mentok dengan ide baru gunakanlah teknik rewrite atau menulis ulang beberapa artikel menjadi satu artikel.

Satu tips lagi untuk blogger pemula dan juga blogger senior, jangan lupa beribadah dan berdoa. Bekerja juga jangan lupa!
Tidak terasa sudah 2 jam saya di depan laptop membuat artkel sederhana ini. Selalu belajar dan tetap bersabar adalah kunci sukses blogger pemula menjadi blogger pro. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!