Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah

Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah

Aduh! Tanaman saya masih belum berbuah nih sudah lebih dari setahun. Bagaimana cara membuat tanaman cepat berbuah? Secara khusus, kita akan membahas cara budidaya tanaman buah dalam pot agar cepat berbuah.

Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah


cara mudah membuat tanaman dalam pot berbuah lebat
Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah - pixabay.com

Tanaman anda sudah berumur namun belum menghasilkan buah? Tanaman tabulampot anda sudah lama namun belum bisa menghasilkan bunga untuk menjadi buah? Nah, mungkin teknik agar tanaman cepat berbuah di bawah ini mungkin dapat mengatasi masalah anda.

Pada tulisan ini kita masih dalam tahap pembahasan tanaman buah dalam pot atau tabulampot. Setelah proses penanaman dan pemeliharaan maka kita sampai pada proses agar tanaman dalam pot cepat berbuah.

Tujuan tanaman tabulampot adalah agar tanaman berbuah dalam waktu yang tidak terlalu lama dan pada diameter tanaman yang masih kecil. Tanaman dalam pot jika dirawat dengan tepat maka dapat berbuah dalam waktu satu tahun setelah penanaman untuk tanaman seperti jeruk. Untuk beberapa tanaman seperti mangga, kelengkeng, dan lain-lain dapat berbuah pada umur lebih dari satu tahun.

Terdapat beberapa teknik agar tanaman dalam pot cepat berbuah. Teknik-teknik ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan keahlian tertentu, hanya daya pengamatan untuk mengamati peluang berbuah suatu tanaman. Langsung saja, beberapa teknik agar tanaman cepat berbuah yang juga sangat cocok diterapkan pada tanaman dalam pot.

Cara Membuat Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah


1. Pemupukan Tanaman



Sebelum memulai langkah-langkah lainnya, tahap pertama yang harus dilakukan adalah memupuk tanaman buah dalam pot. Pupuk yang digunakan adalah pupuk phonska atau pun pupuk lainnya. Tapi pupuk itu adalah pupuk yang paling disarankan untuk tanaman seperti jeruk, durian, lemon dan jeruk sangkis.



2. Pemangkasan Tangkai



Terdapat beberapa tujuan dalam pemangkasan tanaman dan salah satunya untuk memaksa tanaman berbuah. Pemangkasan tangkai yang tepat dapat membuat tanaman segera berbuah beriringan dengan keluarnya tunas baru yang membawa bunga. Perlu diingat bahwa sebelum melakukan pemangkasan tanaman dengan tujuan agar tanaman cepat berbuah sebaiknya diberikan pupuk agar tunas segera keluar.

3. Tidak Menyiram Tanaman


Tidak menyiram tanaman bertujuan agar tanaman menjadi stres dan menghasilkan buah dengan cepat. Teknik membuat tanaman stres dapat dilakukan dengan tidak menyiram tanaman beberapa hari sampai tanaman menjadi layu. 

Setelah tanaman menjadi layu segera siram tanaman. Jika anda beruntung dan tepat dalam melakukan penyetresan tanaman maka anda akan memperoleh buah dari tanaman bersamaan dengan keluarnya tunas baru pada tanaman.

Dalam beberapa kasus teknik membuat tanaman buah dalam pot cepat berbuah dapat mengalami kegagalan. Sebelum membuat tanaman cepat berbuah, juga harus diperhatikan cara perawatan dan kesiapan tanaman untuk menghasilkan buah. Tanaman yang masih belum berumur sebaiknya tidak dipaksa untuk segera menghasilkan buah.

Agar tanaman juga cepat berbuah dan selalu rutin menghasilkan buah maka teknik perawatan merupakan hal yang benar-benar penting. Pemupukan merupakan hal yang paling utama agar tanaman tetap memiliki nutrisi untuk segera menghasilkan buah.

Demikianlah artikel tentang cara membuat tanaman cepat berbuah yang cocok untuk tanaman buah dalam pot atau tabulampot. Tips membuat tanaman cepat berbuah di atas juga sangat dipengaruhi oleh jenis tanaman dan cara perbanyakannya. Menggunakan sistem cangkok pasti akan lebih cepat berbuah dibandingkan tanam biji secara langusng. Terima kasih dan semoga bermanfaat!.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!