3 Situs yang Terbukti Membayar Mahal Tulisanmu

3 Situs yang Terbukti Membayar Mahal Tulisanmu

Kamu seorang penulis lepas tapi bingung tidak tahu tempat menyalurkan idemu? Tepat sekali, kamu masuk ke sini dan melihat situs-situs yang terbukti membayar kontributornya. Di situs ini, kamu dapat menulis sesuka hati sesuai dengan keahlianmu dan mereka akan membayar artikel yang berhasil di publish.
situs legit yang membayar penulis artikel Indonesia
Situs yang terbukti membayar tulisan - pixabay.com

Situs-situs yang membeli tulisan penulis lepas ini yang saya share ini sudah terbukti membayar penulisnya. Berbeda dengan menjual artikel, di situs-situs pembeli artikel ini kamu langsung menulis artikel di situs milik mereka dan proses pengajuan artikel akan ditinjau oleh tim sebelum berhasil diterbitkan.

Menjadi penulis lepas atau content writer merupakan pilihan bagi sebagian besar orang saat ini. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, seperti ingin menambah penghasilan, lebih mudah dari pada membangun blog sendiri (untuk yang suka dunia tulis menulis), dan berbagai alasan lainnya.

Menulis Artikel Bahasa Indonesia dibayar Rupiah


Melihat dan membaca kisah sukses penulis-penulis hebat, membuat beberapa orang termotivasi untuk juga menjadi seorang penulis. Dulu, sekarang, dan masa yang akan datang tetap sama bagi seorang penulis, bahkan di masa depan inspirasi untuk menulis semakin mudah didapatkan. 

Namun semakin mudah mendapatkan informasi kebanyakan penulis memanfaatkannya untuk sesuatu yang merugikan orang lain dengan melakukan kegiatan plagiarisme.

Pembukaan di atas sesuai dengan topik kita hari ini, situs terbaik untuk penulis lepas. Tentu saja, untuk menjadi seorang penulis lepas, artikel harus jauh dari kata plagiat. Bukan berarti artikel yang akan kita buat harus 100% original, karena tulisan yang baik dan dapat dipercaya adalah tulisan yang dikembangkan dengan menggunakan referensi dari tulisan yang telah ada.

Menjadi seorang content writing atau kontributor di situs-situs besar manapun tidak akan menyetujui kegiatan meng-copy paste karya orang lain dengan mentah-mentah terlebih tanpa mencantumkan sumber yang jelas.

Saat ini, banyak situs yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk penulis Indonesia dan tentunya artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Pembayarannya juga dapat dilakukan langsung melalui rekening bank lokal maupun dompet online seperti payoneer.


Situs Menulis Artikel yang dibayar


Langsung saja, berikut situs-situs besar terbaik di dunia dan Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh para penulis lepas untuk bekerja paruh waktu.

3. Jalantikus.com


Situs berita teknologi no. 1 di Indonesia ini merupakan salah satu situs terbaik untuk para penulis lepas. Topik artikel di Jalantikus pada dasarnya membahas tentang teknologi, baik gadget (hardware), aplikasi (software), maupun gokil untuk kategori lucu.

Keuntungan menjadi penulis di jalantikus.com adalah harga artikel yang berhasil terbit lumayan tinggi, per artikelnya dihargai Rp50.000,-. Keuntungan lainnya adalah hanya dengan satu artikel terbit kita sudah bisa melakukan penarikan yang akan dilakukan oleh tim jalantikus sendiri melalui pemberitahuan via email.

Namun untuk menjadi kontributor di jalantikus membutuhkan keahlian dalam hal dunia tulis menulis. Dari sembilan artikel yang saya kirimkan hanya satu artikel yang berhasil diterbitkan. Dan hal ini saya akui karena artikel-artikel memang tidak memadai dan layak untuk diterbitkan di jalantikus.

Pembayaran dilakukan di awal bulan setelah mengirimkan data diri dan rekening bank melalui replay email dari tim jalantikus.

Pengalaman saya menulis di jalantikus cukup singkat. Dari 10 artikel teknologi yang saya submit, hanya satu artikel yang diterima. Untuknya, sistem pembayarannya memang per artikel sehingga di awal bulan, saya dibayar receh Rp50.000,-.

2. Babe.news


Situs babe.news (baca berita) dengan logo babe (sebutan ayah untuk orang Betawi) ini merupakan salah satu situs terbaik untuk dimanfaatkan oleh para penulis lepas.

Kategori artikel di babe.news lebih banyak daripada jalantikus dengan kategori-kategori seperti artikel unik, dan lain-lain dimana artikelnya lumayan bebas namun tetap mengedepankan tulisan yang informatif dan berita bukan sekedar cerita belaka.

Jika Sebelumnya Setiap artikel yang terbit di babe.news dihargai Rp 50.000 namun sekarang sistemnya menggunakan sistem views atau tampilan. Dengan kebijakan baru tersebut satu artikel terbit di babe.news dapat mencapai Rp 100.000 sesuai dengan banyaknya jumlah tampilan.

Minimal pembayaran di babe.news adalah Rp 200.000. Dari pengalaman saya menulis di babe.news belum pernah menerbitkan artikel karena memang artikel tersebut merupakan editan dari artikel yang ditolak di jalantikus1.com.

Keunggulan-keunggulan babe.news adalah transparansi dalam pendapatan setiap anggotanya. Setiap minggu, penghasilan tentang anggotanya mulai dari yang paling tertinggi dapat dilihat di dashboard babe.news. 

Selain itu, para kontributor yang dinilai berpengalaman dan berkualitas dapat dijadikan sebagai penulis tetap babe.news sehingga tulisan-tulisannya dapat dikonfirmasi lebih cepat.

1. UC News


UC News adalah salah satu situs terbaik saat ini yang terbukti membayar penulisnya dengan harga yang lumayan berdasarkan banyaknya views dan kategori artikel yang ditulis. Setelah bergabung di grup facebook dengan para kontributor dan membaca pengalaman para penulis UC News, situs ini termasuk salah satu situs yang terbaik untuk para penulis lepas.

Untuk pembayaran sendiri dilakukan melalui 2 cara, yaitu payoneer dengan minimal payout50$ sedangkan untuk penarikan langsung ke rekening bank membutuhkan saldi 100$ untuk dapat diproses.

Saya memasukkan situs ini ke dalam daftar situs terbaik untuk penulis lepas berdasarkan review dan pengalaman yang dibagikan oleh para kontributornya. Untuk kategori tulisan di UC News memiliki banyak sekali kategori. Beberapa kategori yang dapat kamu pilih memiliki sub kategori lagi.

Jenis-jenis kategori di UC News adalah teknologi, olahraga, seru, anime dalam kategori hiburan, drama, film, dan masih banyak lagi. Karena hal inilah, UC News hadir dengan informasi-informasi baru karena setiap harinya satu penulis dapat menerbitkan sebanyak 5 artikel.

Untuk sistem dan hal lainnya mengenai UC News, masih belum saya ketahui pasti karena saat ini saya masih dalam tahap penantian, menunggu kepastian dari pendaftaran yang sudah lima hari tanpa balasan dari pihak UC News. (3/26/2018) Pendaftaran untuk menjadi penulis di UC News sedikit lebih ketat membutuhkan scan KTP dan Nomor Induk Kependudukan tidak boleh didaftarkan untuk kedua kalinya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang UC News akan saya update ketika telah menjadi penulis di UC News. 

UPDATE 2019, Pengalaman saya menulis di UC News sudah di-share di blog ini pada kategori Penulis Lepas. Sudah banya penulis lepas yang menjadi penulis lepas melalui UC News ini. So, kamu yang masih pemula dalam dunia tulis menulis tidak perlu minder untuk menjadi kontributor di UC News.

Bagaimana denganmu? Adakah situs-situs terbaik lainnya yang cocok untuk para penulis lepas? Jika ada, bagikan di kolom komentar di bawah untuk memberikan informasi kepada para pembaca lainnya.

Dimanapun kamu menawarkan tulisan sebagai penulis lepas, kita kembali pada prinsip pembukaan di atas, jauh dari kata plagiat. Karena pada dasarnya, situs-situs besar seperti yang disebutkan di atas tidak akan menerbitkan artikel yang dianggap tidak berkualitas terlebih hasil jiplakan dari karya orang lain.
Demikianlah tulisan tentang website terbaik untuk para penulis lepas. Kembali di bulan akhir September ini, saya kembali fokus menulis artikel di blog sendiri dibandingkan menulis artikel di situs lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!