Skip to main content

Prinsip Gila dan Kisah Sukses Bob Sadino Singkat

Prinsip Gila dan Kisah Sukses Bob Sadino Singkat - Pada kesempatan ini, kita akan berkenalan dengan salah satu panutan dalam dunia entrepreneur Indonesia dengan ide bisnisnya yang kontroversi dan "gila", yang sebagian orang sebut sebagai "ajaran gila". Saya yakin bahwa semua anak muda yang tertarik dengan dunia kewirausahaan pasti pernah mendengar nama Bob Sadino dan kisah hidupnya.
nasihat sukses bob sadino dalam merintis usaha
Cerita Bob Sadino - wajibbaca.com
Siapa sih Bob Sadino itu? Bambang Mustari Sadino (lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung), 9 Maret 1933 – meninggal di Jakarta, 19 Januari 2015 pada umur 81 tahun). Pria yang identik dengan kemeja dan celana pendeknya ini lebih akrab disapa Om Bob. Bob Sadino adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bob_Sadino)

Dulu Om Bob harus bertahan hidup dengan berjualan telur. Tapi kini, dia memiliki supermarket ternama di Indonesia. Bukan hanya itu, usaha Bob Sadino memiliki banyak perusahaan dan jenis usaha di Indonesia, salah satunya yang diwariskan kepada putrinya, perusahaan KemChick yang menjual sayur-mayur organik, supermartket bergengsi untuk kelas atas. Dialah yang pertama kali memperkenalkan sistem hidroponik di Indonesia, sistem budidaya tanaman tanpa tanah. Selain Kem Chick Bob Sadino juga pemilik dari jaringan usaha perusahaan Kemfood.

Kisah Sukses Bob Sadino


Berhenti bekerja dan memilih wirausaha Bob Sadino memulai usahanya dengan berjualan telur ayam. 

Menurut pendapatnya, Bob Sadino dalam perjalanan bisnisnya, dia tidak menangkap peluang dengan pikiran dan otaknya melainkan dengan matanya.

Di penghujung satu tahun menjadi kulih bangunan, Bob Sadino melihat peluang usaha. "Saya perhatikan telur ayam di Indonesia berbeda dengan telur ayam di Eropa dan Amerika." Menurut penjelasan Bob Sadino di Kick Andy. 

Tanpa pikir panjang, Bob Sadino langsung menulis surat ke teman-temannya di Belanda untuk mengirimkan ayam yang bisa bertelur sekaligus majalah tentang cara memeihara ayam tanpa tahu nama ayam tersebut.

Sukses usaha Om Bob tidak semudah seperti yang kita bayangkan sekarang ini. Pada awalnya, Bob Sadino berjualan telur dari rumah ke rumah dan hasilnya nihil, tidak ada yang mau beli karena telur itu beda dengan telur di Indonesia.

Keberuntungan sepertinya memihak ke Bob Sadino saat menjajakkan telur yang dijualnya ke orang bule dan berhasil dibeli. Itulah awal mula kesuksesan Bob Sadino yang berkembang seiring berjalannya waktu.

Tips Sukses Berbisnis Ala Bob Sadino


Semua rahasia dan strategi bisnis Bob Sadino dalam memulai dan mengeloah usahanya sehingga menjadi kaya telah tersebar di mana-mana. Saat merintis usahanya, Bob Sadino juga melalui proses jatuh bangun. Namun kegigihannya dan ide gobloknya telah membuatnya menjadi salah satu pengusaha tersukses di Indonesia.

1. Hilangkan Rasa Takut Untuk Memulai


Salah satu yang membuat bisnis tidak pernah berjalan adalah karena tidak pernah di mulai. Bob Sadino mengatakan bahwa untuk terjun ke dunia bisnis, rasa takut harus dibuang, takut tidak ada modal, takut gagal, takut resiko.

2. Jangan Berharap!


"Jangan mengharap! Karena setiap harapan, dibelakang harapan ada kekecewaan. Jika Anda berharap banyak maka Anda akan kecewa besar. Jika Anda berharap setengah-setengah maka Anda tidak akan terlampau kecewa. Tapi kalau Anda tidak mau kecewa, jangan berharap! Ngapai berharap?

Banyak orang menceritakan ide bisnisnya agar orang mau membantunya atau pun membuat orang lain melakukan ide bisnisnya. Seorang entrepreneur tidak boleh berharap. Ia harus melakukannya sendiri terlebih dahulu untuk memulai.

3. Harus Punya Kemauan


Kemauan itu harus dilengkapi dengan tekad yang bulat dan berani mengambil peluang, harus tahan banting dan tidak boleh cengeng. "Kamu jatuh, bangun lagi."

4. Di belakang Resiko Ada Peluang


Ide yang juga paling menarik dari Bob Sadino pendapatnya tentang resiko. Saat semua orang menjauhi dan tidak menyukai resiko maka Bob Sadino menganggap dirinya sebagai "pencari resiko" bahkan lebih ekstrimnya lagi "pemburu resiko." Menurutnya, di belakang resiko terdapat peluang sesuai besarnya resiko.

5. Rencana dan Ide Bisnis Bukan Hal Yang Mutlak


Bob Sadino berpendapat bahwa rencana dan bisnis plan bukanlah hal yang mutlak dimiliki jika ingin memulai suatu bisnis. "Rencana dan wacana kapan jalannya? Rencana sebelum dijalankan adalah omong kosong besar. Rencana harus dijalankan." Orang yang tidak punya rencana dan tidak punya tujuan dia bisa melangkah. Sekali melangkah, ia akan terus melangkah sampai pada tujuannya.

Tips berbisnis dari Bob Sadino yang dapat dipelajari oleh para generasi sekarang memang tidak terhitung. Prinsip bisnis Bob Sadino yang cenderung out of the box membuat banyak orang mengatakan bahwa ide bisnis Om Bob itu tidak cocok untuk diterapkan. Tapi pendapat tersebut salah! Ide dan tips bisnis dari Bob Sadino bertujuan untuk orang-orang yang ingin berwirausaha tapi tidak memiliki keberanian untuk memulai.

Kata-kata Bijak Menginspirasi Bob Sadino


Banyak wirausahawan yang sudah membuktikan ide Bob Sadino dan menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Berikut beberapa kata bijak inspirasi dan nasehat dari pengusaha fenomenal ini yang dapat membuka jalan pikiranmu yang ingin memulai usaha sendiri. 

Kata-kata Mutiara Bob Sadino


"Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usahanya sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar." - Bob Sadino 
"Yang benaran punya ngga akan banyak bicara seperti mereka yang belaga sok punya." - Bob Sadino 
"Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak..." - Bob Sadino 
"Disaat kita memakai jam tangan seharga Rp500.000,- atau Rp500.000.000,- kedua jam itu menunjukkan waktu yang sama." - Bob Sadino 
"Saat kita membawa tas atau domper seharga Rp500.000,- atau Rp500.000.000,- kedua-duanya sama dapat membantu membawa sebagian barang atau duit." - Bob Sadino 
"Ketika kita terbang dengan first class atau economy class maka saat pesawat terbang dan jatuh kita pun ikut jatuh." - Bob Sadino 
"Jangan mendidik anakmu menjadi orang kaya. Didiklah mereka menjadi bahagia sehingga saat mereka desawa nanti, mereka menilai segala sesuatu bukan dari harganya." -  Bob Sadino 
"Jika kau ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tetapi jika kamu mau berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama." - Bob Sadino 
"Nikmati hidup dan tetap bersandar pada Tuhan yang punya kehidupan." - Bob Sadino
Lihat juga Kata-kata Pendaki Gunung Romantis
Demikianlah Tips berbisnis dan berwirausaha ala Pengusaha Sukses Bob Sadino yang semoga dapat menginspirasi anak muda yang ingin berwirausaha. Semoga bermanfaat dan semoga sukses berwirausaha. Terima kasih!
  September 30, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close