Skip to main content

Persahabatan Sejati Menurut Iman Kristen

Persahabatan Sejati Menurut Kristen - Apakah kita memiliki sahabat sejati atau sebaliknya, kita tidak memiliki sahabat sama sekali? Apakah kita yang tidak dapat menjalin persahabatan ataukah tidak ada yang cocok untuk menjadi sahabat kita di lingkungan kita saat ini? Bagaimana menjalin persahabatan dengan baik dan benar menurut Alkitab?
perbedaan teman dan sahabat menurut alkitab
Apakah persahabatan sejati itu? - pixabay.com
Semua tentang sahabat dan masalah dalam persahabatan akan di bahas dalam artikel ini. Tema persahabatan juga sangat cocok diangkat dalam khotbah pemuda Kristen karena dunia persahabatan memang sangat identik dengan kehidupan pemuda.

Apakah kita memiliki sahabat?


Jika ya, mengapa kita menganggap orang tersebut sebagai sahabat? Apakah karena mereka selalu bersama-sama dengan kita? Apakah karena mereka sangat baik? Atau kita masih belum mengerti arti sahabat?

Bedanya Teman dengan Sahabat


Apa bedanya antara teman dan sahabat? Kita sering mendengar istilah bahwa sahabat lebih dari pada teman. Sahabat sudah pasti teman namun belum tentu teman adalah seorang sahabat. Jika dikatakan sahabat maka sudah pasti adalah orang yang baik bagi kita dan kehidupan kita.

Bagi saya, bedanya teman dan sahabat

Sahabat adalah orang yang siap sedia mengatakan hal-hal yang tidak ingin saya dengar saat saya akan berbuat jahat. Sementara teman, terkadang mereka men-support untuk melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu atau pun mengajak kita untuk melakukan kesalahan.

Ciri-ciri Sahabat Sejati dalam Kristen


Kitab Amsal dapat menjadi salah satu pedoman orang Kristen dalam membedakan antara teman dan sahabat. Berikut ayat alkitab yang dapat membantu kita dalam membedakan teman dan sahabat.


Menurut Amsal 17:17 

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

Seorang teman yang benar-benar sahabat adalah orang yang selalu menaruh kasih setiap waktu. Sahabat akan selalu ada, baik dalam keadaan suka maupun duka. Dalam keadaan sulit, sahabat bukan hanya bersimpati tetapi juga dapat berempati dan merasakan secara langsung penderitaan yang kita alami. 

Seorang sahabat siap membantu dalam kesulitan tanpa membuat alasan apapun. Dan kalau pun mereka berhalangan saat dibutuhkan karena suatu hal maka kita juga akan mengerti jika kita adalah benar-benar sahabat.


Menurut Amsal 18:24

Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.

Kita tahu dan dan benar-benar memahami rasa cinta kasih antar saudara kandung. Seorang sahabat yang bisa menyatakan kasihnya seperti itu dapat kita anggap sebagai saudara sendiri.


Menurut Amsal 27:5-6

5 Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. 6 Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.

Seorang sahabat tidak akan berdiam diri ketika sahabatnya akan berbuat kesalahan. Mereka tidak akan segan untuk menegur bahkan "memukul" saat sahabatnya akan jatuh ke dalam kejahatan yang membahayakan dirinya sendiri.

Contoh Persahabatan Sejati dalam Alkitab


Kisah Daud dan Yonatan dapat menginspirasi kita semua tentang arti persahabatan yang sesungguhnya. Daud yang tanpa kesalahan apapun terhadap Saul, ayah dari Yonatan ingin membunuh Daud. Bagaimana reaksi Yonatan saat orang tuanya sendiri bermaksud jahat terhadap sahabatnya?

Yonatan membela Daud di hadapan Saul dengan mengatakan hal-hal yang baik tentang Daud. Bahkan sampai berkali-kali Yonatan melindungi Daud dari rencana pembunuhan oleh Saul.

Sebagian orang tua dan juga anak dalam dunia ini pasti akan mengatakan bahwa Yonatan adalah anak yang durhaka karena membela Daud, musuh ayahnya. Namun mari kita lihat sisi positif dari tindakan Yonatan ini. Yonatan mengasihi Daud seperti dirinya sendri dan yang lebih penting lagi, Yonatan juga tidak ingin ayahnya, ayah yang dikasihinya jatuh ke dalam dosa karena membunuh Daud hanya karena masalah iri hati. 

Hingga pada akhirnya, Saul juga melemparkan tombaknya kepada Yonatan dengan maksud membunuhnya karena dianggap memihak kepada Daud. 

Apakah Yonatan merupakan sahabat Daud? Sudah pasti! Bagaimana dengan Daud, apakah ia juga menganggap Yonatan sebagai sahabatnya?

Pada pasal-pasal berikutnya, Daud menunjukkan kesetiaannya kepada Yonatan. 2 kali Daud memiliki kesempatan untuk membunuh Saul tetapi tidak dilakukannya. Bahkan ketika Saul dan Yonatan tewas, Daud menyanyikan nyaian ratapan tanda perkabungan.

Kisah persahabatan Daud dan Yonatan ini adalah gambaran tentang persahabatan yang sesungguhnya. Keduanya saling membantu dan saling melindungi satu sama lain. Pelajaran yang paling berharga dari kisah 2 sahabat sejati ini adalah tentang kesetiaan.

Ciri-ciri Teman yang Buruk


Bukan sahabat, tapi teman-teman di sekitar kita juga dapat berpengaruh negatif jika kita tidak membentengi diri dengan senjata rohani. Seperti kata pepatah, dengan siapa kamu bergaul seperti itulah kemungkinan besar sifatmu nantinya. Bukan untuk menghindari orang-orang seperti ini tapi lebih kepada supaya kita lebih waspada dan membentengi diri terhadap pengaruh negatif dari teman di lingkungan kita.

1. Mengajak untuk berbuat jahat


Banyak teman-teman di sekitar kita yang akan mengejek ketika kita tidak ingin terlibat dengan masalah mereka. Bahkan, mereka akan memanas-manasi agar kita terpancing dan terperangkap dalam masalah mereka.

2. Meninggalkan saat sudah terjatuh


Saat sudah terjatuh dalam masalah mereka akan membela diri masing-masing. Dan ketika kita yang terperangkap malah mereka akan meninggalkan kita dan pura-pura tidak tahu masalahnya. Dan yang paling parah, terkadang mereka membela diri mereka sendiri.

Masalah dalam Persahabatan


Persahabatan di kalangan remaja dan pemuda Kristen juga tidak lepas dari berbagai problema. Apa saja masalah dalam persahabatan yang dapat mengancam persahabatan?

1. Dunia Percintaan


Tidak bisa dipungkiri bahwa persahabatan kerap kali hancur karena masalah hati. Banyak remaja yang saling menjatuhkan untuk mendapatkan pasangan lawan jenis yang mereka inginkan. Persahabatan hanya mengenal kasih dan tidak mengenal iri hati maupun rasa cemburu.

2. Merasa Dimanfaatkan


Banyak orang yang hanya mau untungnya saja dan tidak mau mengenal hal-hal yang kurang menguntungkan. Tidak sedikit orang yang merasa dimanfaatkan dalam persahabatan. 

3. Menyalahgunakan Arti Kesetiaan


Ada juga kasus persahabatan berakhir karena menyalahgunakan kesetiaan. Banyak orang yang ingin mempertahankan imannya tetapi bertentangan dengan keyakinan dan Firman Tuhan.

Banyak sekali masalah-masalah dalam hubungan persahabatan. Saat itulah, ikatan persahaban sedang diuji. Jika kita memang bersahabat dan memiliki sahabat maka masalah seharusnya dapat menjadikan ikatan persahabatan lebih erat lagi. Kita harus bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap masalah. Lihatlah sisi positif dari masalah tersebut.

Bagaimana menjalin persahabatan yang baik dan benar? 


Jadilah tulus dan selalu jadikan firman Tuhan sebagai dasar persahabatan. Jangan berdalih dengan menggunakan asas dan dasar kesetiaan terhadap teman maka kita mengabaikan perintah Allah.

Seorang sahabat akan menuntun ke jalan yang benar, memberikan tumpangan dan penghiburan di waktu kesusahan. Dan tidak akan mengajak untuk berbuat sesuatu yang melanggar firman Tuhan.

Tidak perlu mencari sahabat karena sahabat akan datang dengan tidak terduga. Kita berteman dengan semua orang seperti pada umumnya. Dan terkadang beberapa dari antara mereka akan menjadi sahabat yang baik.

Kita tidak dapat menemukan sahabat di saat sedang sukses dan dalam kondisi baik. Namun kita akan menemukan sahabat sejati saat kita sedang lemah dan terjatuh. Saat kita sedang lemah, seorang teman yang sesungguhnya akan menghibur dan merasakan benar keadaan kita. 

Apakah kamu memiliki sahabat? Jaga dan teruslah membangun kasih persahabatan agar tidak ada satupun masalah yang dapat menghancurkan persahabatan itu. Dalam persahabatan dan dalam suatu hubungan, perselisihan dan perbedaan pendapat itu memang kadang harus ada. Namun perbedaan tersebut dapat menjadi warna-warni dalam kehidupan kita.
Jadilah sahabat yang baik! Persahabatan sejati membuat kita mempertahankan idenditas kita sebagai orang Kristen. Semoga artikel tentang persahabatan ini bermanfaat, terima kasih, Tuhan Yesus berkati!
  September 24, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close