Perbedaan dan Cara Pakai Link Dofollow dan Nofollow

Perbedaan dan Cara Pakai Link Dofollow dan Nofollow

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow - Salah satu teknik SEO yang masih terbukti sampai hari ini adalah teknik Link building berupa backlink. Backlink juga memiliki 2 jenis, yaitu link dofollow dan nofollow? Bedanya apa antara link nofollow dan dofollow? Dan cara penggunaan backlink dasar?

Mari kita bahas satu persatu tentang backlink dasar ini untuk membuat blog lebih SEO. Pengetahuan tentang kedua link ini sangat dibutuhkan dan sangat krusial jika digunakan. Dapat berakibat buruk dapat juga menguntungkan!

Apa itu Link?


Link adalah sebuah karakter khusus yang saling terhubung (tanpa spasi) yang menuju ke halaman suatu web atau biasa juga disebut sebagai URL. Dalam dunia blogging, kita harus hati-hati dengan link ini, terutama dalam fungsi dan kegunaannya sebagai backlink.

Contoh link dapat dilihat di address bar web browser yang digunakan.

https://www.wayslifestyle.com/2018/09/tips-ngeblog-untuk-pemula.html

Backlink dapat diartikel sebagai link kembali baik menuju ke halaman yang sama atau berbeda dalam satu blog maupun menuju keluar blog itu sendiri. Keluar dari blog itu sendiri artinya dapat menuju ke blog lainnya. Nah, backlink inilah yang memiliki 2 karakter yaitu link nofollow dan link dofollow.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow


Sebelum lebih jauh tentang link dan backlink, mari kita lihat perbedaan dan maksud dari nama kedua jenis link ini dalam dunia blogger.

A. Pengertian Backlink Nofollow


Kata Nofollow berasal dari kata No dan Follow dalam bahasa Inggris. Singkatnya, link nofollow
adalah link yang ke halaman lain dari blog yang sama atau pun blog yang berbeda tanpa menjadi pengikut dari link tersebut.

Cara kerja link nofollow dan dofollow dapat digambarkan seperti akun media sosial yang menjadi pengikut dan diikuti. Tentu saja, blog dengan tujuan link dofollow akan lebih beruntung karena mendapatkan pengikut (Backlink).

B. Pengertian Backlink Dofollow


Sama seperti nofollow, link dofollow juga berasal dari bahasa Inggris, Do dan Follow yang berarti blog tersebut mengikuti link yang dituju, baik di blog sendiri maupun di blog yang berbeda.

Sampai di sini, kita sudah paham perbedaan link nofollow dan dofollow ini tapi belum tahu cara menggunakannya di dalam artikel blog dan fungsinya pada blog.

Cara Penggunaan Link Dofollow dan Nofollow yang Tepat


Google adalah salah satu mesin pencari yang populer di dunia. Teknik SEO (Search Engine Optimizion) saat ini menjadikan google sebagai target utama mereka. Jika teknik SEO tersebut berhasil maka akan membuat suatu blog akan berada di halaman utama Google. Tujuannya? Untuk mendapatkan visitor unik.

Google menggunakan mesin Google Bot dalam melakukan perayapan (Crawl) terhadap suatu blog. Dalam blog tersebut terkadang terdapat link do follow maupun link no follow sesuai dengan keputusan blogger. Perayapan tersebut bertujuan untuk mengindeks halaman dan URL sampai ke akar-akarnya sehingga berpeluang muncul di halaman utama Google.

Pada dasarnya, link dofollow adalah bersifat default atau otomatis. Jadi, saat ada link yang keluar dari blog utama maka pasti bersifat dofollow. 

Namun, peringatan keras dari Google beberapa tahun terakhir membuat siapapun akan berpikir dua kali untuk memberikan link ke situs lain. Blog yang sembarang memberikan link dofollow pada blog lain akan mempertaruhkan kualitasnya, terutama blog yang masih dalam tahap pengembangan.

Cara Tepat Menggunakan Link Nofollow


Link nofollow mencegah Google untuk melakukan perayapan. Link ini sangat cocok digunakan ke link website afiliasi. Mengapa? Terlalu banyak link ke website lain dapat membuat blog dianggap melakukan spamming oleh Google yang berujung pada penurunan kualitas suatu blog untuk tampil di halaman pertama Google. 

Jadi, dalam perayapannya, Google tidak akan merayapi URL yang bersifat nofollow ini. Tidak perlu membuat link nofollow saat membuat link ke blog sendiri, seperti building link di blog sendiri, satu halaman ke halaman lainnya.

Cara membuat link nofollow

pengertian link dofollow dan cara menggunakannya dengan tepat
Perbedaan Link Nofolloe dengan Dofollow

Cara Tepat Menggunakan Link Dofollow


Seperti yang saya sebutkan bahwa pada dasarnya semua link akan bersifat dofollow. Jadi kita tidak perlu mengedit atau menjadikan link dofollow jika berniat memasang backlink ke blog lain. Link dofollow cocok digunakan terhadap blog yang memiliki relevansi topik yang tepat dengan keyword yang digunakan.

Saat membeli backlink dari situs-situs besar pastikan menggunakan link dofollow karena hasilnya akan menguntungkan untuk blog yang membeli. Jadi, hati-hati membeli backlink karena backlink nofollow kurang berkualitas untuk blog Anda. Biasanya, harganya juga akan lebih murah dari pada dofollow.

Tidak perlu khawatir untuk memasang backlink dofollow terhadap blog yang memang berkualitas. Backlink seperti ini bersifat tulus dari pemilik blog karena blog yang dituju memang memiliki informasi yang penting dan sesuai dengan topik yang dibahas (Berfungsi untuk mendukung informasi di dalam blog kita).

Namun, dalam penggunaan link dofollow memang sebaiknya dikurangi. Dalam satu artikel jumlah backlink dofollow yang mengarah ke blog lain sebaiknya hanya 1 link dofollow yang memang relevan. Kecuali jika memang kamu menggunakan blogmu sebagai content placement, mau tidak mau ya, harus sesuai perjanjian.

Salah satu kepintaran website yang baru dibangun adalah membuat kontes di mana blogger harus membuat link dofollow ke website mereka. Link seperti ini tidak baik untuk kesehatan blog SEO.

Kesimpulan


Link nofollow digunakan pada saat mereview produk yang mengharuskan kita untuk memasang link ke website produk tersebut. Contohnya blog afiliasi.

Link dofollow digunakan secara alami (nature) kepada blog yang berkualitas dan topiknya relevan dengan topik di artikel kita. Dalam pertukaran link berupa backlink, kedua blog akan sama-sama untuk jika menggunakan link dofollow (berlaku untuk blog yang kualitasnya sebanding).

Demikianlah artikel tentang perbedaan link dofollow dan link nofollow. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Terima kasih telah berkunjung dan silahkan berikan masukannya untuk kita diskusikan bersama.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!