Penghasilan Blogger Vs Youtuber, Mana yang Lebih Besar?

Penghasilan Blogger Vs Youtuber, Mana yang Lebih Besar?

Pilih Mana, Jadi blogger atau youtuber? Saya yakin saat ini kamu sedang bingung ingin menjadi konten kreator tapi masih mempermasalahkan besarnya penghasilan yang didapatkan melalui video youtube dan artikel blogger. Besar mana penghasilannya jika dimonestisasi dengan Google Adsense?
keuntungan blogger dan kelemahan youtuber
Pilih Mana, Blogger atau Youtuber? - pixabay.com
Sebelum melihat besarnya penghasilan kedua kontestan kita ini, mari kita lihat bagaimana perjuangan blogger dan youtubers agar bisa sukses menjadi publisher adsense.

Baik Blogger maupun Youtuber, sebaiknya disesuaikan dengan passion kita masing-masing.


Menjadi Youtuber


Mari kita lihat hal-hal yang akan kamu temui jika memilih menjadi seorang youtuber.

Keuntungan Menjadi Youtuber


Memonestisasi akun youtube dengan google adsense memang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan menonestisai blog atau website. Agar dapat di full approve adsense youtube, syaratnya cukup mudah, yaitu emiliki tampilan video minimal 10.000 views dan video tidak melanggar kebijakan google dan youtube.

Untuk mendapatkan pemirsa di youtube jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog. Tampil dipencarian youtube tidak membutuhkan SEO yang rumit layaknya SEO blog. Cukup manipulasi judul video, menggunakan tag yang tepat dan deskripsi maka video youtube sudah bisa mendapatkan banyak views. Selain itu, promosi video lewat sosial media jauh lebih mudah untuk mendapatkan view dari pada promosi artikel.

Kelemahan Youtuber


Hal yang paling sulit dari seorang youtuber adalah membuat konten. Tidak sekedar membuat dan mengupload video. Menjadi seorang youtuber yang pro harus benar-benar memiliki kesiapan mental dalam membuat konten. Berbeda dengan blog, pembuatan video di youtube agar dapat menarik perhatian harus dimulai dari skenario yang tepat, editing video dan audio, dan proses upload video.

Mencari ide konten yang menarik kemudian dituangkan dalam bentuk video memang membutuhkan waktu dan proses. Kecuali kategori video kreatif seperti vlog, inpiration, Q&A, maka tidak akan terlalu sulit.

Selain itu, pembagian penghasilan antara youtuber dan youtube juga lumayan besar. Youtuber dapat 55% dan youtube dapat 45%.

Lihat juga 7 Topik Blog Yang Paling Ramai di Indonesia

Menjadi Blogger


Jika kamu memilih menjadi seorang blogger maka jangan pikir akan jauh lebih mudah dari youtuber.

Kelebihan Blogger


Biaya membuat blog dan kontennya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan video youtube. Blog hanya butuh domain bahkan banyak blogger yang sukses meskipun masih menggunakan blogspot. Ataupun paling mahal hanya perpanjang domain dan update hosting bagi seorang blogger.

Konten blog adalah artikel. Membuat artikel di blog memang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu tapi hasilnya juga akan kurang berkualitas jika belum terbiasa menulis.

Pendapatan adsense dari segi pembagian hasil lebih menguntungkan blogger. Pembagian hasil sampai 68% untuk pemilik blog dan 32% untuk Google.

Kelemahan Menjadi Blogger


Hal pertama yang menjadi kendala blogger pemula adalah memonestisasi blognya dengan google adsense. Meskipun tidak semua. Proses pendaftaran adsense di blog bagi sebagian orang sudah mudah dilakukan. 

Mendapatkan pemirsa artikel di blog sangat sulit. Saya sendiri masih mengalami masalah ini sampai saat ini. Dibutuhkan kesebaran dalam menulis artikel dan belajar SEO yang cukup rumit agar artikel bisa tembus halaman pertama Google.

Pilih mana, jadi youtuber atau blogger?


Jika melihat dari rata-rata, jujur saja penghasilan dari adsense melalui youtube jauh lebih besar dari blog. Tapi perjuangan youtuber untuk membuat kontennya memang sedikit lebih rumit. Jadi, sebandinglah ya dengan penghasilan mereka. 

Tapi blogger akan berkata, bukan berarti membuat artikel SEO itu mudah, ya! Memang benar tapi tetap saja membuat konten youtube jauh lebih sulit kan?

Pertanyaan yang jauh lebih penting dari pada penghasilan adalah konten apa yang kamu suka buat? Apakah kamu lebih suka membuat konten berupa video atau lebih suka membuat konten artikel? Jika suka video ya pilihannya youtuber sebaliknya suka menulis ya pilihlah blogger. 

Atau kenapa tidak menekuni keduanya? Ah! Ini pasti akan sulit. Benar, karena itu saya memberikan tips agar fokus dengan satu tujuan. Menjadi blogger dan youtuber dapat dilakukan jika salah satu dari kedua pilihan ini sudah sukses.

Contoh blogger sukses yang mengembangkan sayapnya di dunia youtube adalah Mastimon. Blogger pemilik blog gado-gado ini telah menjadi salah satu blogger sukses di tanah air dan sekarang sedang menjalani kedua profesi ini.


Mengapa menjadi blogger atau youtuber?


Saya hanya ingin memberikan tips, jika baru mulai membuat konten fokuslah pada branding. Branding dapat menjadi investasi di masa depan ketimbang penghasilan dini. Nikmati proses membuat konten dengan konsisten dan lupakan penghasilan untuk tahun pertama.

Menjadi blogger maupun youtuber membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Alasan menjadi blogger atau youtuber?

Kesuksesan seorang blogger maupun youtuber tidaklah dilihat dari besarnya penghasilan yang mereka dapatkan. Namun kesuksesan seorang blogger dan youtuber terlihat dari manfaat konten yang mereka bagikan. Percayalah, saat kamu bermanfaat maka uang akan datang kepadamu. 

Besar mana, penghasilan youtuber atau blogger? 


Baik ngeblog maupun youtube, semuanya bisa menghasilkan kok. Ada blogger yang penghasilannya jauh lebih besar dari youtuber begitu pun sebaliknya, ada youtuber yang penghasilannya lebih besar dari blogger. 

Semuanya butuh perjuangan dan konsistensi, oleh sebab itu penghasilan youtuber dan blogger memang tidak main-main. Apa yang paling penting agar bisa menghasilkan uang dari youtube atau blog? Konten yang bermanfaat dan menarik pemirsa. Semua berawal dari konten yang kreatif.
Demikianlah artikel tentang memilih blogger atau youtuber dan penghasilan yang dapat didapatkan dari Google Adsense. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!