Skip to main content

7 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga - Wanita karir atau ibu rumah tangga? Mau kerja tapi ngurus buah hati? Cobalah untuk membuat bisnis sendiri dengan 7 peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang dapat dikerjakan sambil mengurus si kecil.

Banyak wanita yang sudah ingin membina rumah tangga tapi belum ingin berhenti sebagai wanita karir. Memang bukan suatu keharusan bagi seorang wanita untuk berhenti dari pekerjaannya setelah menikah. Namun, tugas utama dari ibu rumah tangga adalah mengurus rumah dan anak.
peluang bisnis ibu rumah tangga modal 1 juta
Peluang Bisnis untuk ibu rumah tangga - pixabay.com
Artikel ini saya buat untuk memberikan inspirasi bisnis kepada setiap ibu rumah tangga bahwa tidak ada yang dapat membatasi mereka dalam berkreasi dan menyalurkan hobinya, sekaligus mendapatkan penghasilan sendiri.

Bagi Anda yang sudah menjadi ibu rumah tangga dan saat ini sedang jenuh di rumah tanpa kegiatan apapun bisa mencoba terjun ke dunia wirausaha. Yups! Di era modern saat ini, bekerja dan menghasilkan uang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, kapan dan di mana saja kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Ibu rumah tangga yang selain sibuk mengurus rumah tangganya dan terjun ke dunia bisnis seringkali menemukan pengalaman hidup yang berarti dan menantang. Banyak dari ibu rumah tangga yang telah berhasil membangun usahanya dari rumah yang awalnya hanya karena ingin menyalurkan hobinya. Mereka dapat memanajemen waktunya antara keluarga dan bisnis, antara merawat anak dan menjalankan bisnis.

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Dapat Dilakukan Dari Rumah


1. Menjadi Reseller


Pekerjaan yang paling diminati di antara mama-mama muda adalah menjadi reseller. Entah itu produk kecantikan, produk pakaian, maupun produk rumah tangga. Menjadi reseller memang pekerjaan yang tidak terlalu sulit untuk dijalankan. 

Hanya saja, untuk mencari supplier yang bisa dipercaya menjadi poin nomor satu jika ingin menjadi reseller. Selain itu, untuk ibu-ibu yang tinggal di desa kecil terkadang tidak memiliki jaringan pasar yang luas. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi ibu rumah tangga yang bekerja sebagai reseller untuk dapat menjalankan bisnisnya dengan teknik internet marketing.


2. Membuka Bisnis Toko Kelontong


Memiliki bisnis seperti toko kelontong memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, kita dapat membangun toko kelontong secara perlahan dengan membeli barang-barang murah untuk mengisi warung. 

Modal utama yang harus dimiliki untuk membuka bisnis ini adalah tempat untuk menjual atau warung. Kebanyakan bisnis seperti toko kelontong ini dapat sukses besar jika mengkombinasikannya dengan berjualan makanan dan minuman. Tentu saja harus memperhatikan target pasar dan daya beli masyarakat. Misalnya saja jika di desa, kebanyakan orang memilih untuk memasak sendiri dari pada membeli.

3. Memulai Bisnis Tanaman


Memelihara tanaman dapat menjadi salah satu hobi yang dapat mengalirkan pundi-pundi rupiah ke dalam kantong bunda. Bisnis tanaman di sini dapat dimulai dari tanaman hias seperti bunga. Teknik penanaman tanaman yang digunakan adalah menggunakan teknik tabulampot. Selain hemat pekarangan juga sangat mudah perawatannya.

4. Membuat Kerajinan Tangan 


Beberapa hari yang lalu, saya membeli jepitan rambut seharga Rp25.000,- yang modalnya hanya Rp5.000,- ditambah lem lilin dan kain untuk membuat motif bunga pada jepitan rambut tersebut. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan dalam bidang seni, dapat menekuni bisnis ini. Contoh lainnya adalah membuat tas dari manik-manik ataupun mendaur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan dan memiliki daya beli.

Saat ini, banyak sekali tutorial yang tersebar di youtube maupun di blog yang menjelaskan cara membuat suatu karya dari barang bekas. Jika bunda dapat memanfaatkan semua itu dengan baik maka sukses sudah dekat dengan bunda.

5. Terjun ke Dunia Bisnis Kuliner


Bisnis kuliner yang saya maksud di sini dapat berupa menjajakkan makanan ringan atau pun kue-kue basah yang dibuat sendiri. Selain itu, bunda juga dapat membuka usaha catering yang menerima pemesanan kue atau masakan jika ada event tertentu. Bisnis ini dapat dikombinasikan dengan membuka warung kopi kecil-kecilan.

Pilihan lainnya untuk bisnis di dunia kuliner adalah membuka kursus memasak untuk mama-mama mudah yang baru mengenal dapur.

6. Menjadi Agen PPOB


PPOB atau payment poin online bank juga tidak kalah mudah untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga. Dengan menggunakan satu aplikasi tertentu. Anda sudah bisa menjadi penjual pulsa selulur dan data, juga termasuk pulsa prabayar dan rekening listrik. 

Bahkan pembayaran seperti BPJS dan lain-lain dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Tipsnya, pilihlah aplikasi yang terpercaya dan benar-benar murah dan respon cepat. Rekomendasi aplikasi PPOB yang saya sarankan adalah Payfazz. Sampai sekarang saya masih menggunakan aplikasi ini untuk mengisi pulsa sendiri.

Untuk bergabung dengan Payfazz, bisa gratis dengan melihat Cara Kerja Payfazz dan Keuntungannya

7. Menjadi Penulis


Banyak ibu rumah tangga yang hanya duduk di depan laptop tetapi bisa menghasilkan uang setiap bulannya. Pekerjaan yang paling mudah untuk ibu rumah tangga adalah menjadi penulis. Bukan hanya membuat novel tapi juga dapat menjadi content writer yang bergabung di situs besar seperti UC News dan Jalantikus.com.

Namun, saya lebih menyarankan untuk membuat website sendiri atau blog sebagai investasi masa depan. Menjadi kontributor di situs lain hanya memberikan keuntungan sementara.

Bukan tidak mungkin bahwa bisnis bunda yang berawal dari rumah ini dapat mengubah lingkungan tempat tinggal, kan? Jadilah inspirasi! Peluang usaha untuk ibu rumah tangga di atas semua dapat dijalankan dengan modal di bawah 1 juta. 

Perlu diketahui bahwa kondisi lingkungan juga harus diperhatikan saat memutuskan untuk berbisnis. Misalnya, usaha sampingan ibu rumah tangga di desa pastinya tidak akan cocok dengan bisnis seperti catering karena peminatnya pasti akan sepi. Berbeda dengan bisnis seperti agen kuota yang pastinya akan selalu ramai baik di kota maupun di desa karena sebagian besar orang membutuhkannya.
Demikianlah contoh peluang bisnis yang dapat menjadi usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tanpa mengganggu fokus mengurus keluarga. Terima kasih dan semoga bermanfaat! Terima kasih!
  September 30, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close