Peluang Bisnis Pertanian yang Menjanjikan di Masa Depan

Peluang Bisnis Pertanian yang Menjanjikan di Masa Depan

Peluang Bisnis Pertanian - Peluang bisnis masa depan di dunia pertanian memang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Namun jika kita melihat trend saat ini, peluang usaha yang menjanjikan di dunia pertanian masih terbuka lebar. Banyak peluang bisnis yang cocok untuk masyarakat pedesaan agar menjadi wirausahanwan yang sukses.

Ada sedikit yang lucu saat membahas bisnis pertanian di masa yang akan datang. Saat ini, banyak sekali yang meremehkan bisnis di dibidang agrobisnis maupun agribisnis ini. Bahkan pertanian masa kini saja sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian orang. Kabar baiknya, ternyata pertanian yang ditinggalkan tersebut adalah sistem pertanian tradisional menjadi sistem pertanian modern.
peluang menjanjikan pertanian di masa depan
Bisnis Pertanian di Masa Depan - pixabay.com
Namun tetap saja, saat ini bisnis pertanian menuju modern ini hanya dijalankan oleh sebagian orang saja. Di desa yang mayoritas berprofesi sebagai petani menuntut anaknya untuk sekolah dan sebisa mungkin tidak bekerja di sawah maupun kebun lagi.

Tentu saja, hal ini karena peluang pertanian di masa depan masih belum terlihat oleh sebagian orang. Namun ada juga orang tua yang memberikan kebebasan bagi anak-anaknya untuk menentukan jalan hidupnya di masa depan seperti mereka yang memilih bidang agribisnis dan agrobisnis.

Negara Indonesia yang merupakan negara agraria harus lebih mengedapankan inovasi di bidang pertanian ketimbang berpindah ke industri. Jika hal ini dicapai maka Indonesia dapat berjaya dalam bidang pertanian di masa depan dan tentunya akan menyejahterakan masyarakat dari pada bekerja di perusahaan indsutri dan tambang.

Peluang pertanian di masa mendatang sudah tergerus oleh zaman. Tapi bukan berarti pertanian akan hilang. Di masa yang akan datang pertanian akan menjadi bisnis yang populer. Saat ini, banyak teknik pertanian tradisional yang mulai ditinggalkan untuk menjalankan bisnis pertanian modern yang hasilnya lebih baik, efisien waktu dan tempat.

Petani modern saat ini didukung oleh kemajuan TI dan bidang pengetahuan lainnya. Bisnis tabulampot dan hidroponik akan menjadi cara baru dalam mengembangkan tanaman dilahan yang sempit. Di desa tentu teknik bercocok tanam dengan tabulampot dan hidroponik tentu memiliki keuntungan seperti pemanfaatan lahan sehingga produksi hasil pertanian semakin tinggi.

Masa depan pertanian Indonesia yang menuju ke arah modern ada ditangan petani muda. Petani muda harus mampu bersosialisasi dengan petani masa kini yang masih mengandalkan teknik tradisional. Tentu saja untuk membuat gebrakan yang besar di bidang pertanian memiliki banyak tantangan. Tantangan pertanian di masa yang akan datang adalah memenuhi permintaan pasar. Pada masa yang akan datang, diperkirakan permintaan terhadap produk pertanian akan semakin tinggi.

Prospek bisnis pertanian di masa depan akan mengalami pertumbuhan yang baik. Setidaknya akan ada hubungan timbal balik antara pebisnis modern bidang lainnya dengan pebisnis di bidang pertanian. Bahkan sesama pebisnis yang bergerak di bidang pertanian juga mau tidak mau harus membentuk simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Contohnya, para petani akan membutuhkan mesin pertanian dan juga produk pertanian seperti pupuk dan lain sebagainya.

Peluang Usaha Pertanian yang Akan Sukses di Masa Depan


1. Menanam Sayuran Organik


Sayuran organik menggunakan teknik hidroponik atau tanpa bahan kimia sama sekali. Kecenderungan masyarakat modern untuk hidup sehat mendorong mereka untuk membeli sayur-sayuran organik yang bebas dari pestisida dan bahan kimia. 

Prospek pertanian di bidang sayur-mayur organik memang sangat tinggi. Peluang usahanya masih terbuka lebar. Hanya saja, tantangan usaha yang satu ini berada pada keahlian untuk mengelolah tanaman secara hidroponik. Namun tidak perlu khawatir dengan cara pengelolaan tanaman hidroponik. Terdapat banyak sekali panduan bertani teknik hidroponik di buku, youtube maupun website pertanian lainnya. Bahkan sudah ada beberapa website dan youtube yang fokus membahas cara bertani hidroponik ini. Tantangan yang kedua dalam bertani hidroponik adalah modal yang dibutuhkan juga lumayan besar. Namun, masalah modal bukanlah hal yang besar dalam hal bisnis pertanian. "Di mana ada kemauan di situ ada jalan."

2. Penggunaan Mesin Pertanian Berteknologi Tinggi


Semua bidang dan lini kehidupan pada dasarnya dapat dikombinasikan dengan bisnis pertanian. Penggunaan mesin pertanian modern memang sudah dilakukan beberapa tahun belakangan. Di desa saya misalnya, mesin traktor pertanian yang jumlahnya hanya puluhan belum dapat mencukupi kebutuhan pertanian yang luasnya sekitar 400-an hektare.

Peluang bisnis untuk menjadi penjual mesin pertanian atau pengembang mesin pertanian yang dapat membantu petani pastinya akan sangat dibutuhkan oleh petani modern. Tentu saja, peralatan yang canggih dapat menjamin keperluan produksi dan pemeliharaan tanaman.

3. Menjual Bibit Tanaman


Bibit tanaman, terutama tanaman unggul memiliki tingkat permintaan pasar yang tinggi. Tanaman seperti bibit sayur yang telah dikemas akan menjadi populer di masa yang akan datang. Bibit tanaman hias dan buah dengan teknik tabulampot akan menjadi alternatif bertani di lahan yang sempit dan pilihan untuk meletakkan tanaman di teras rumah yang tidak membutuhkan banyak tempat. 

Untuk dapat menjalankan bisnis pertanian yang satu ini maka dibutuhkan ketekunan. Perawatan tanaman membutuhkan proses sehingga harus dilakukan dengan perlahan. Tips yang dapat dilakukan agar bisnis berjualan bibit sukses dikerjakan adalah dengan fokus pada satu tanaman dan membuat indukannya sehingga dapat dikembangkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Memiliki banyak tanaman dalam satu waktu hanya akan menganggu fokus sehingga sulit untuk berkembang dalam waktu cepat.

Masih banyak peluang usaha pertanian modern yang cocok di masa depan. Dan ketiga contoh di atas adalah peluang yang sudah dapat dimulai saat ini juga. Misalnya bertanam sistem hidroponik dan menjual bibit tanaman dapat menjadi pilihan saat ini. Tentu saja permintaan pasar saat ini dan yang akan datang akan terus meningkat.

Demikianlah analisa peluang bisnis pertanian di masa depan yang menguntungkan. Bertani bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tapi juga sebagai salah satu hobi yang sangat menyenangkan jika dijalankan dengan serius. Tapi jangan terlalu banyak menganalisa dan mulailah menanam. Jangan biarkan harimu tanpa menanam apapun. Waktu sangat berharga! Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!