Skip to main content

5 Ide Bisnis Yang Akan Menjadikanmu Lebih Kreatif

Ide Bisnis Kreatif - Yakin kalau kamu memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi? Coba buktikan dengan membuat sebuah bisnis kreatif yang laris! Jika belum kreatif, maka kamu bisa membaca artikel ini untuk dapat menemukan contoh ide bisnis kreatif yang akan memberimu inspirasi.

"Ideation without execution is delusion!" - Salah satu orang sukses di dunia

contoh ide bisnis yang kreatif dan unik
Contoh Ide Bisnis Kreatif - pixabay.com
Salah satu hal yang membuat sebagian orang menjadi seorang entrepreneur adalah kegairahannya untuk mencari tantangan baru. Dalam pencarian bisnis baru tersebut, mereka kadang kesulitan mencari ide dan peluang usaha yang cocok.

Pada tulisan ini, kita akan membahas beberapa contoh industri kreatif yang dapat menjadi ladang usaha bagi mereka yang berniat menjadi entrepreneur, sekaligus menjadikan pelakunya lebih kreatif. Tidak bisa dipungkiri bahwa ide bisnis kreatif saat ini bertebaran di mana-mana dan sebagian besar pelakunya sukses mencuri perhatian pasar. 

Bagaimana mendapatkan ide bisnis kreatif?


Hello! Inilah yang menjadi tantangan semua entreprenur. Bisa dikatakan bahwa hampir semua bisnis saat ini merupakan hasil pengembangan dari ide bisnis sebelumnya dan disitulah keuntungannya. Dengan ide bisnis tersebut, kita tinggal meracik sedikit bumbu agar bisa membuat inovasi yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Untuk dapat mendapatkan ide bisnis kreatif, seorang entrepreneur harus mampu berpikir out of the box dan kreatif. Sebelem berimajinasi terlalu jauh, langsung saja berikut beberapa contoh yang dapat menjadi inspirasimu dalam berbisnis nantinya.

Lihat juga Cara Mendapatkan Uang dari Google Gratis Setiap Hari

Contoh Ide Bisnis Kreatif 


Langsung saja, berikut contoh ide bisnis kreatif untuk Anda.

1. Bisnis Di Bidang Furniture


Bisnis kreatif di bidang furnitur masih terbuka lebar. Berapa banyak rumah dan apartemen baru setiap harinya? Berapa banyak rumah tangga baru yang membutuhkan perabot rumah tangga? Pastinya sangat banyak, kan? Nah, bisnis yang satu ini cocok karena membutuhkan kreatifitas yang penuh dalam membuat produk mebel yang diperlukan, dibutuhkan dan disukai.

Perlengkapan kantor dan rumah yang semakin meningkat membuat pebisnis di bidang ini akan kewalahan menerima orderan. Kunci suksesnya adalah membuat furnitur yang kreatif dan tahan lama, tahan banting dan awet. Just Kidding, brother's!

2. Crafters


Untuk kamu yang memiliki kemampuan dalam mendesain maka bisnis ini cukup menjanjikan. Tidak banyak yang menggeluti bidang kreatif ini padahal sangat dibutuhkan. Inovasi yang kreatif ini sangat disukai oleh sebagian besar orang, terutama yang menyukai dunia seni. Contoh peluang usaha kreatif di bidang ini adalah mendesain amplop dan sampul surat, taplak meja, kain korden dan lain sebagainya. Jika desainmu cantik dan pengerjaannya berkualitas maka kamu akan dicari di mana-mana, bukan kamu juga sih, tapi produkmu.

3. Berhidroponik dari Barang Bekas


Salah satu contoh usaha yang benar-benar unik di bidang pertanian dan memuat saya kagum adalah bisnis tanaman organik, hidroponik. Banyak yang mengatakan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang besar. Namun dengan barang-barang seadanya kamu bisa berhidroponik di rumah dengan memanfaatkan botol minuman bekas dan alat-alat lainnya. Sangat kreatif dan membuat rumah terlihat lebih segar dan sehat.

Saya sendiri lebih tertarik dengan dunia tanaman. Beberapa hal yang menguntungkan dari bisnis di dunia tanaman adalah produk yang dihasilkan dibutuhkan oleh hampir semua umat manusia di dunia ini.

4. Membuat Aksesoris


Bisnis kreatif yang selanjutnya adalah membuat aksesoris dan berbagai perlengkapan unik lainnya. Aksesoris adalah barang-barang penunjang kebutuhan yang paling sering menjadi sourvenir karena kecantikannya dan harganya yang murah. Tapi jangan salah, banyak aksesoris yang berharga jutaan rupiah karena diciptakan secara home made dengan tingkat ketelitian yang tinggi. 
contoh bisnis kreatif unik
Contoh Bisnis Kreatif Sederhana dan Unik
Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis kreatif ini, kamu bisa mulai dari hal-hal yang sederhana seperti membuat gelang atau jepitan rambut yang unik, Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk membuat aksesoris sendiri maka kamu masih memiliki peluang untuk me-remake barang-barang yang sudah ada menjadi lebih cantik dan berguna. Sebagian besar orang sebenarnya tidak membutuhkan aksesoris tapi setelah melihat hal yang berbeda dan unik sedikit saja maka mereka tidak akan ragu untuk membelinya.

5. Membuat Kuliner Unik


Kreatif di bidang kuliner memang tidak akan pernah mati. Setiap harinya, ratusan ide bisnis kreatif muncul dari bidang kuliner. Bukan hanya yang telah berpengalaman, tetapi juga yang baru menjadi entreprenur pun banyak berinovasi di bidang kuliner. 

Melihat banyaknya ide unik di dunia kuliner, membuat seorang pengusaha harus bersaing dengan sangat kompetitif. Ada banyak contoh unik dan kreatif di bidang kuliner yang terbukti laris di pasaran. Inti kesuksesan meraka adalah menjadi berbeda dan memiliki produk yang berdaya jual tinggi dan disenangi. 

Jika tertarik dengan ide bisnis kuliner unik, kamu bisa mencoba mengkombinasikan antara makanan dan buah, daging dan buah, es krim dan daging dan berbagai kombinasi unik lainnya. Agar sukses di bidang ini, yang kamu butuhkan adalah membuat produk kuliner yang berbeda, bisa dalam hal segi warna, bentuk, nama yang unik dan yang terpenting adalah kualitas rasa. Dan pastikan, hasil kombinasi bahan makanan yang kamu buat bisa dimakan! :)

Bagamana menurutmu? Sebenarnya, ide yang unik itu datang dari kebiasaan dan ketekunan. Bermacam-macam usaha kreatif tidak dihasilkan dari ide tetapi dari kebiasaan dan pengamatan. Untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang masih jarang maka dibutuhkan pengalaman melihat berbagai jenis usaha kreatif. 

Dengan memiliki referensi ide bisnis yang langusng terlihat, semua orang dapat menjadi pengusaha yang sukses. Saya pernah mendengar bahwa ide dan rencana tanpa eksekusi hanyalah ilusi. Benar sekalli! Banyak orang termasuk pemuda yang katanya kreatif dan memiliki daya pikir yang hebat tetapi belum mampu menghasilkan produk apapun. Kenapa? Karena mereka hanya memiliki ide tanpa action.

Lihat juga 10 Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan

Demikianlah tulisan tentang contoh-contoh ide bisnis kreatif yang akan menjadikan seseorang lebih inovatif. Tunggu apa lagi? Let's go now! Buatlah imajinasimu menjadi nyata! Semoga bermanfaat dan terima kasih!

  September 30, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close