Doa Orang Kristen Yang Keliru

Doa Orang Kristen Yang Keliru

Doa Tapi Keliru - Hari ini, kita akan membahas 3 frase yang keliru yang seringkali masih digunakan dalam doa orang Kristen. Hal ini tidak ada kaitannya dengan cara berdoa agar dikabulkan dan juga bukan penghalang doa Kristen. Tapi ini lebih kepada pemahaman tentang belajar cara berdoa Kristen yang berhubungan dengan iman Kristen.
Doa Orang Kristen Yang Keliru
Doa Tapi Keliru - pixabay.com

Doa orang Kristen yang keliru


Seperti yang saya sebutkan di atas, ini lebih menjurus ke masalah penggunaan kata dan hubungannya dengan iman. Bukan berarti saat seseorang berdoa dengan menggunakan kalimat ini doanya salah, tapi hanya kurang tepat.

3. Membedakan Tingkat Masalah


Saat seseorang dalam masalah terkadang kita mendoakan mereka berdasarkan besar kecilnya masalah yang meraka hadapi. Sebut saja jika masalah itu berupa penyakit. Jika penyakitnya parah seperti penyakit jantung maka kita akan lebih bersungguh-sungguh dalam berdoa dibandingkan mendoakan seseorang agar disembuhkan dari penyakit seperti flu.

Tidak peduli besar kecilnya masalah dan penyakit, saat berdoa kita memang harus sungguh-sungguh. Tuhan itu dahsyat dan luar biasa! Di hadapan manusia masalah boleh berat atau ringan tapi di hadapan Allah semua itu pasti teratasi. Jadi, berdoalah dengan sungguh-sungguh karena doa itu dahsyat!

2. Meminta Tuhan untuk "Hadir Langsung"


Saat sedang dalam pergumulan, kita pun tidak jarang meminta Tuhan untuk hadir secara langsung menangani problem yang sedang terjadi. 

Saat seseorang sedang berdoa: "Tuhan, datanglah sebagai dokter yang tidak kelihatan untuk menyembuhkan..."


Kuasa doa itu dahsyat dan luar biasa! Tuhan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kejadian di dalam Alkitab di mana Yesus menyembuhkan penyakit seseorang tanpa menyentuhnya. Hal ini seperti yang dialami oleh Perempuan Siro Fenisia yang percaya (Markus 7:24-30).

Jadi, dalam berdoa, kita tidak perlu meminta Tuhan untuk hadir secara langsung lagi karena sesungguhnya Tuhan itu hadir. Tuhan dapat hadir di dalam orang-orang yang ada disekitar kita. Kadang merekalah yang diutus Tuhan untuk menjadi berkat yang membawa kesembuhan namun kita tidak menyadarinya dan menuntut Tuhan untuk hadir "secara langsung." Sekali lagi, Tuhan itu sungguh hadir.

1. Meminta Berkat di atas Berkat


Dalam ibadah Rumah Tangga, Kumpulan OIG seperti PPGT, SMGT, PWGT, doa memohon berkat ini juga seringkali kurang tepat digunakan. 

Saat seseorang berdoa: "Tuhan berkati makanan ini agar dapat menjadi kekuatan baru..."

Doa ini bisa dikatakan doa memohonkan berkat di atas berkat. Makanan itu adalah berkat yang telah tersedia dari Tuhan. Makanan adalah salah satu contoh berkat dari Tuhan.

Jadi, penggunaan kata berkatilah makanan ini sebaiknya diganti dengan kalimat yang memohonkan berkat bagi orang lain yang dalam kekurangan atau pun dengan penuh ucapan syukur menyambut berkat Tuhan.

Apakah berdoa seperti di atas salah? Sekali lagi, ini hanya bertujuan untuk lebih memperkuat dan memperdalam iman Kristen. Kadang doa seperti di atas memang sudah menjadi kebiasaan dan tidak disadari oleh sebagian orang.

Demikianlah artikel tentang doa yang keliru yang sering tidak disadari oleh seseorang saat berdoa. Doa bukan hanya berkaitan tentang cara merangkai kata-kata yang indah tapi tentang kesungguhan hati datang kepada Tuhan. Semoga bermanfaat dan terima kasih! Jangan lupa berikan lupa masukan dan komentarnya. Tuhan Yesus berkati!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!